Akhirnya, buku panduan atau pedoman Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dikeluarkan juga oleh DIKTI. Dengan keluarnya buku panduan ini, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi jelas.
Pertama, perjanjian BPP-DN untuk calon dosen kini hanya bersifat dwipartit (dua pihak), yaitu antara kamu dan DIKTI saja, tidak lagi melibatkan kampus asal. Jadi sekarang prosesnya lebih mudah. Kamu tidak perlu repot lagi meminta tanda tangan rektor kampus asal kamu. Kamu cukup menandatangani surat perjanjian tersebut di atas materai, dan bereslah sudah. Tanda tangan Bapak Supriadi Rustad (Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan DIKTI) tidak perlu diurus. Dibiarkan kosong saja. Format perjanjian BPP-DN untuk calon dosen sesuai lampiran 1 tersedia di menu Unduh.
Lalu bagaimana dengan surat perjanjian dan surat penugasan di lampiran 4 dan 5? Apakah calon dosen juga perlu membuat kedua surat tersebut? Saat ini, saya belum bisa memberi jawaban pasti, karena saya sendiri belum mendapat informasi yang jelas. Namun, kelihatannya kedua surat tersebut diperuntukkan bagi dosen, bukan calon dosen. Karena jika dibandingkan dengan buku panduan BPPS tahun lalu, format kedua surat tersebut sama dengan format yang diperlukan dosen untuk mendaftar BPPS (lihat lampiran 2 buku panduan BPPS tahun lalu di sini).
Kedua, ada sedikit perbedaan antara bidang keilmuan strategis untuk calon dosen antara di buku panduan dan di materi sosialisasi. Perbedaan terletak pada bidang ilmu kependidikan dimana PKKh digantikan oleh PAUD. Kamu tidak perlu bingung. Informasi di buku panduan ini yang harus diikuti. Bidang keilmuan strategis untuk calon dosen selengkapnya bisa kamu lihat di buku panduan.
Kamu sebaiknya memilih program studi yang linier dengan program studi kamu sebelumnya. Karena salah satu pertimbangan dalam memilih pelamar BPP-DN adalah keterkaitan antara pendidikan yang akan kamu tempuh melalui beasiswa ini dengan pendidikan yang telah kamu tempuh. (bisa dibaca di halaman 11, poin 3).
Lalu bagaimana dengan surat perjanjian dan surat penugasan di lampiran 4 dan 5? Apakah calon dosen juga perlu membuat kedua surat tersebut? Saat ini, saya belum bisa memberi jawaban pasti, karena saya sendiri belum mendapat informasi yang jelas. Namun, kelihatannya kedua surat tersebut diperuntukkan bagi dosen, bukan calon dosen. Karena jika dibandingkan dengan buku panduan BPPS tahun lalu, format kedua surat tersebut sama dengan format yang diperlukan dosen untuk mendaftar BPPS (lihat lampiran 2 buku panduan BPPS tahun lalu di sini).
Kedua, ada sedikit perbedaan antara bidang keilmuan strategis untuk calon dosen antara di buku panduan dan di materi sosialisasi. Perbedaan terletak pada bidang ilmu kependidikan dimana PKKh digantikan oleh PAUD. Kamu tidak perlu bingung. Informasi di buku panduan ini yang harus diikuti. Bidang keilmuan strategis untuk calon dosen selengkapnya bisa kamu lihat di buku panduan.
Kamu sebaiknya memilih program studi yang linier dengan program studi kamu sebelumnya. Karena salah satu pertimbangan dalam memilih pelamar BPP-DN adalah keterkaitan antara pendidikan yang akan kamu tempuh melalui beasiswa ini dengan pendidikan yang telah kamu tempuh. (bisa dibaca di halaman 11, poin 3).
Ketiga, jumlah uang bulanan yang diterima antara satu orang dengan orang lain mungkin berbeda. Karena tunjangan biaya domisili sebesar Rp. 500.000,- per bulan hanya diberikan jika tempat studi kamu berada di provinsi yang berbeda atau jarak lebih dari 100 km dengan domisili/perguruan tinggi asal kamu.
Keempat, batasan umur lebih jelas karena ada patokannya sekarang. Bagi calon dosen maksimal 26 tahun untuk S2, dan 28 tahun untuk S3 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan; dan untuk tenaga kependidikan maksimal 40 tahun untuk S2, dan 42 tahun untuk S3 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan.
Keempat, batasan umur lebih jelas karena ada patokannya sekarang. Bagi calon dosen maksimal 26 tahun untuk S2, dan 28 tahun untuk S3 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan; dan untuk tenaga kependidikan maksimal 40 tahun untuk S2, dan 42 tahun untuk S3 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan.
Terakhir, program BPP-DN ini ternyata juga bisa diikuti oleh warga negara asing yang ingin menempuh pendidikan pascasarjana di perguruan tinggi Indonesia.
Buku Panduan BPP-DN DIKTI 2013 tersedia di menu Unduh.
Buku Panduan BPP-DN DIKTI 2013 tersedia di menu Unduh.
wahhhh,,, terimakasih banyakk,,, setidaknya ada sedikit gambaran ttg surat penugasan calon dosen,,,
ReplyDeleteoiya, klo mas sdh mendapat informasi pasti terkait surat penugasan dr rektor, mohon di share lagi mas,,,,
terima kasih banyak masssss,,,,,
Pd ketentuan calon pnerima BPP-DN hal.8,,kalimat awalny ngatakn permohonan u/ memperoleh BPP-DN hrus mndapatkn "persetujuan" pimpinan PT asal pelamar dan diajukn kpd direktur PPs yg dtuju.
ReplyDeleteApa itu mksdny kta hrus buat surat permohonan yg d tnda tngan n dsetujui oleh pimpinan PT asal kta ya?
disitu tertulis jelas bagi DOSEN dan TENAGA PENDIDIKAN, bukan CALON DOSEN. anda termasuk yg mana?
Deletekalau calon dosen maka tidak perlu membuat.
Berarti tidak ada lagi univ. pengirim/sponsor mas? Lalu surat perjanjian BPP-DN untuk calon dosen dengan pihak dikti itu di uploud pada saat pendaftaran online atau gimana ni mas? mohon penjelasannya mas
ReplyDeletedi-upload pada saat pendaftaran online, dan diserahkan ke PPs pada saat mendaftar BPP-DN.
Deleteyg diupload saat daftar online utk salon dosen itu yg lampiran 1 ya mas?
DeleteAss,, trmksh atas infonya, tapi masih bingung juga antara syarat utk calon dosen, hanya lampiran 1 atau perlu menyertakan lampiran 4 dan 5,, mohon bantuan informasinya y mas yg mana menjadi syrat utk calon dosen, trims
ReplyDeletekalo yang lampiran 4 itu gimana ya?
ReplyDeletedi bagian paling bawah perlu tiga tandatangan.
pihak pertama ditandatangani kita
pihak kedua ditandatangani direktur PPS tujuan
terus tandatangan rektor... (rektor univ. asal atau rektor univ yang memberikan rekomendasi)?
yang kopertis juga.. jadi surat2 yg ada pedoman ada surat perjanjian dengan dikti, surat ijin ikt selksi, surat ijin , kopertis, sama surat perjanjian penerima dengan bppdn itu ttdnya ada tiga pihak pertama ada 2 dan rektor itu siapa ya mas? dan apakah ada formulir lamaran beasiswa BPP_DN seperti bpps yang ada formulirnya? trimakasih sangat ditunggu sharingnya..
DeleteKalau menurut saya, lampiran 4 itu dibuat oleh PPs tujuan kita. Karena disebutkan dalam bagian ketentuan bagi PPs penyelenggara BPP-DN (hal.7). Jadi kemungkinan diproses ketika kita sudah menjadi penerima BPP-DN.
DeleteSedangkan lampiran 5 tampaknya hanya diperuntukan untuk Dosen.
bidang keilmuan psikologi gak ada ya..? atau termasuk bidang keilmuan kesehatan? mohon info.. barangkali ada yang tau.. :) terimakasih...
ReplyDeletemohon info berdasarkn panduan bpp-dn 2013, apkah bisa untuk yg on-going mas?terimkasih mas
ReplyDeleteMas, apakah pegawai LPMP boleh melamar untuk program BU ini? Karena masih di lingkup kemdikbud juga? trima kasih
ReplyDeleteTerima kasih atas informasinya mas.
ReplyDeleteSaya mau tanya, untuk tahun lalu dan dua tahun lalu, apa saja yang harus diupload saat mendaftar BU mas?
Lalu, rencana saya wisuda besok Mei sehingga ijazah baru diberikan saat itu. Apakah boleh mendaftar BPP DN menggunakan SKL saja?
Saya sudah tanya ke PPs nya (UGM) kalo mereka boleh, tp tidak tahu untuk DIKTI nya.
Terima kasih
MAs kalau sudah dapat kepastian soal lampiran 4 dan 5 tolong diinformasikan ya! kalau bisa dalam topik baru agr mudah mencarinya. Terimakasih.
ReplyDeleteJadi untuk calon dosen berkas BPP-DN apa saja yang mesti dikirimkan ke PPs penyelenggara disamping persyaratan2 akademik PPs penyelenggara?
ReplyDeleteMas.. terima kasih atas infonya..
ReplyDeletesaya ingin bertanya..
sejak 3 minggu ini website beasiswa luar negeri di http://beasiswa.dikti.go.id/ln/ bisa diakses dan saya sudah mendaftar untuk perguruan tinggi luar negeri..
saya sudah mendapat nomer registrasinya..
jadi, apakah saya masih bisa mendaftar BPPDN, mengingat peserta hanya boleh memilih salah satu jenis beasiswa yang disediakan..
terima kasih sebelumnya mas..
kamu tidak bisa mendaftar BPP-DN, karena memang hanya boleh memilih satu jenis beasiswa saja dalam saat yang bersamaan..
Deletesalam...
ReplyDeletesaya penerima BU tahun 2012. terkait dengan SK Direktur Diktendik No. 390/E4.4/2013 Tanggal 18 Maret 2013 tentang pengaturan tunjangan biaya domisili untuk penerima beasiswa pascasarjana apakah itu hanya berlaku untuk penerima tahun 2013/2014 atau yang on-going juga?
terima kasih..
Padahal sudah tanggal 1 April 2013 tapi masih belum bisa daftar. :(
ReplyDeletebenar..padahal pendaftaran pasca UNY hampir berakhir :(
Deleteudah bisa daftar kok. saya udah coba.
DeleteAssalamu'alaikum mas, saya mau tanya juga..
ReplyDeletesaya lulus s1 dari ITB, mau melanjutkan s2 di ITB juga.
Lalu rencana menjadi dosen di salah satu universitas di semarang.
itu apakah perlu mengisi surat penugasan juga atau bagaimana?
terima kasih
Waalaykumussalam
Deletekalo ikut BPP DN, seperti yang tertulis di surat perjanjian dengan dikti, qt harus mau ditempatkan di univ seluruh indonesia selama n+1 (n=masa studi s2)
wa 'alaikum salam..
Deletecalon dosen cukup membuat lampiran 1 saja. lampiran 4 dan 5 tidak perlu.
sy mau nnya mas, gimn dengn Besiswa Tenaga Kependidikan 2013, apakah pegawai ttp pada PTS bs dftr Besiswa Tenaga Kepend? mhon infox. thanks
ReplyDeletemenurut buku panduan BPP-DN halaman 6 (PERSYARATAN CALON PENERIMA BPP-DN UNTUK TENAGA KEPENDIDIKAN), tenaga kependidikan dari PTS tidak bisa mendaftar beasiswa ini.
DeleteAdakah yang sudah bisa mendaftar BPP-DN di webnya? Barusan saya coba gagal terus.
ReplyDeletesaya udah coba daftar dan berhasil. udah dapat bukti pendaftarannya juga :)
DeleteTerima kasih Mas, atas infonya.
ReplyDeleteSaya mau bertanya, di pendaftaran untuk calon dosen, pendaftar harus mengisi NIP, apakah berarti pendaftar tersebut harus mendapatkan NIP dari kampus asal??? Terima kasih...
NIP / NIK : di isi nomer KTP
DeleteKTP : juga di isi nomer KTP
CMIIW
Instansi Asal di isi apaan nih? di kosongi juga gak mau.
NIP/NIK diisi strip (-) aja.
DeleteKTP diisi nomor KTP.
Instansi asal (dan alamatnya) juga diisi strip (-) aja.
telp instansi di isi (-) gak mau, dikosongi juga gak mau. di isi apa nih mas?
Deleteformat nomor telpon itu 4 digit kode wilayah, ditambah 6 digit nomor telponnya. jadi diisi 0 sebanyak 10 buah aja.
Deletemas mau tanya, saya sudah berhasil daftar tapi saya lupa mengupload foto. saya sudah mendapat nomor registrasi dan password apakah bisa menambahkannya?
Deletebisa. pilih menu Ubah Data.
DeleteSaya ingin bertanya, yang dimaksud NIP/NIK di pendaftaran calon dosen itu adalah Nomor Induk Pegawai/Nomor Induk Kepegawaian atau Nomor Induk Kependudukan??
ReplyDeleteTerima Kasih...
NIP = Nomor Induk Pegawai (untuk di PTN)
DeleteNIK = Nomor Induk Karyawan (untuk di PTS)
untuk calon dosen, NIP/NIK diisi strip (-) aja.
mas, yang mengunggah berkas surat ijin rektornya di isi apa? yang di lampiran 1 itu bukan?
Deleteiya. klo calon dosen diisi lampiran 1 aja.
Deleteisi Masukkan 'Kabupaten Id' itu apa ya ? saya isi nama kabupaten selalu error "Masukkan 'Kabupaten Id'"
ReplyDeletekota/kabupaten itu harus dipilih dari daftar yang ada. jika tidak, akan error seperti itu.
Deletedaftarnya bisa di dapat dimana?gak ngerti..
DeleteTerima kasih banyak mas atas info2 yang sangat bermanfaat. Akhirnya 1 April 2013 itu tiba juga :)
ReplyDeleteSaya mau bertanya Mas, selain lampiran 1 apalagi yg harus diunggah saat pendaftaran online? Terima kasih.
saya udah coba daftar tadi. yang diminta itu surat ijin rektor/koordinator kopertis sama foto aja. untuk calon dosen, saya rasa surat ijin rektor/koordinator kopertis itu maksudnya lampiran 1.
DeleteMas, apa benar untuk calon dosen yang dimaksud surat ijin rektor itu lampiran 1? saya kok masih bingung
Deletemenurut saya, surat ijin rektor itu diisi lampiran 1. soalnya klo itu diisi sama lampiran 5, trus lampiran 1 nya dimasukin kemana?
Deleteiya sih mas, saya juga bingung. panduan dan form pendaftarannya kok ga sinkron :)
Deletesurat ijin yang di panduan juga judulnya surat penugasan ptn pemilik dosen.
oia mas, saya kok juga belum bisa upload foto ya. klik unggah fotonya tidak berfungsi
coba pakai browser Internet Explorer..
Deleteini malah gak bisa upload data mas.. padahal dah bisa klik ubah data :'(
Deleteiya sama ni, saya juga baru saja melakukan perubahan data instansi, utk instansi awal dan alamat di strip (-) saja dan utk telepon angka 0 sebanyak 10,, tetapi gak bisa unggah photo sama ijin rektor,, gmna ya mas?
Deletemas...batas minimal IPK sangat ketat ya :( IPK saya 2.97..tidak bisa melanjutkan pendaftaran..apakah ada cara nya agar bisa mendaftar :'(
ReplyDeletesayangnya tidak ada. yang memproses pendaftaran online adalah sistem komputer yang tidak punya perikemanusiaan.
Deletejika saya menuliskan 3.00 agar dapat menembus system itu jelas tidak diperbolehkan ya mas ? :(, pdhl sy sudah mendapat rekomendasi dr prodi untuk beasiswa ini :(
Deletetidak boleh. itu namanya curang.. lagian nanti juga pasti ketahuan saat verifikasi berkas fisik. ntar kamu di-blacklist sama DIKTI buat selama-lama-lamanya.
Deletebaik mas..mungkin memang belum rezeki sy di beasiswa ini :)
Deletemas, mau tanya, saya masih bingung, ketentuan pps penyelenggara minimal terakreditasi B itu untuk Dosen saja apa calon Dosen juga?
ReplyDeleteuntuk dosen saja.
Deletemas, yg di lampiran 1 itu mesti di print out dulu di tanda tangan bermaterai baru di scan lagi gitu ya??
ReplyDeleteato lgsg di upload tanpa tanda tangan??
dicetak, ditempeli materai, ditanda tangan, discan, trus di upload.
Deleteass, mas data yg sudah dibuat terus diubah lagi berpengaruh gak saama penilaian?
ReplyDeleteselama datanya benar, nggak apa2 diubah lagi.
Deletemaaf mas tanya lgi, kok udah diubah gak bisa upload photo sama ijin rektor ya?
DeleteMas saya sudah daftar tapi belum upload foto dan surat perjanjian,,saya coba ubah data tapi d menu unggah berkasnya tdk bsa terbuka??gmn dong mas
ReplyDeleteUntuk ubah datanya tidak ada batasan yah hanya bisa sekian kali??
terimakasih banyaaaaak atas info-infonya selama ini, semoga kita semua berhasil amin....
ReplyDeletemas indra, kalau belum uploade lapiran 1, apa bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu? ( uploade lampiran 1 nya nyusul di uploade?)
ReplyDeletemas, bukannya PAUD gak digantiin PKh, soalnya dua-duanya tetep ada kok
ReplyDeletejadi, intinya berapa file yang harus di upload ke web BPPDN bagi calon dosen?
ReplyDeletetks
dua: lampiran 1 dan foto.
Deletemas saya mau tanya, saya kan belum bekerja. terus daftar ke pps penyelenggara. untuk biayanya saya ngomong sama petugasnya mau ikutan beasiswa bpp-dn. tapi harus ada syarat syaratnya. syarat2nya apa gitu? soalnya untuk sementara biaya kuliahnya saya ceklis yang biaya sendiri dulu sebelum ada syaratnya katanya
ReplyDeletemas indra.. untuk yang jenis pekerjaan, instansi asal, dll gmn ya? di isi (-) saja ya mas? krna sy blum bekerja
ReplyDeletemas saya udah di kirim kartu pendaftaraan bpp-dn dari dikti ke email, tapi gada fotonya, padahal udah saya unggah.
ReplyDeletegimana sarannya? diubah data juga gada kiriman lagi..
makasi...
Tadi aku sudah coba register, cuman kok jurusan Pkh yang di UPI Bandung gak ada di list yah? adanya PLS padahal yang ada di buku panduan adanya PKh, PLS gak ada. Mohon Konfirmasinya yah mas
ReplyDeleteTerima kasih :)
Mas, mau nanya. yg untuk calon dosen. di data diri kan ada di minta NIK n KTP juga. Itu gmn? Bukannya NIK dn KTP itu sama aja y?
ReplyDeleteMakasih sebelumnya mas.
NIK = Nomor Induk Karyawan.. klo di PTS, dosennya pakai NIK. klo di PTN pakai NIP (Nomor Induk Pegawai).
Deletemas saya upload foto sama surat perjanjian sampe 3x, jadi semuanya tersimpan di file unggah. tapi ga ada juga kiriman tanda pendaftaran yang ada foto sayanya. minta sarannya
ReplyDeleteSaat mendaftar online kemarin, saya tidak berhasil mengunggah lampiran 1 dan foto karena nampaknya fasilitas "Klik Unggah" tidak berfungsi. Namun barusan saya login untuk mengubah data dan alhamdulillah berhasil dengan melakukan klik 2x pada tulisan "Unggah"nya. Walaupun sepertinya tdk bisa di-klik, tapi ternyata bisa. Jika sudah berhasil nanti ada keterangan "file telah tersimpan..."
ReplyDeleteDemikian, semoga bermanfaat.
aslm.mas kalo untuk calon dosen untuk surat yang di unggah hanya surat perjanjian kita dengan dikti aja??atau dengan surat lain yang ada pd lampiran 4 dan 5??
ReplyDeleteaslm mas, lampiran 1 cuma tnda tngan saya (pihak pertama) diatas mtrai aj kn? yg rektor n pihak kdua dkosongkn kn mas?
ReplyDeletemohon informasiny.. tks.
oya mas, format lampiran 1 yg ada d menu unduh mas kok beda ya sma yg dpanduan bpdn? yg punya mas cuma dtanda tngan sma dikti n pihak prtama, sdgkn yg dpanduan ada rektor jg? jd yg mana yg bner mas? tks.
ReplyDeleteMaaf, Mas lihat buku panduan yang mana ya? Di buku panduan BPP-DN 2013 lampiran 1 tidak ada ttd rektor, hanya ttd dikti dan pelamar.
Deleteaslm. mas aq udh dftar. tapi ternyata pas aku upload fotonya gak masuk, jd belum aku cetak buktinya, eh pas aku ubah data gak bisa lagi dicetak, jadi gmana tu mas, biar aku bisa cetak bukti ny?
ReplyDeletedi email yang dari DIKTI setelah selesai daftar kan ada link buat cetak bukti pendaftaran. kalau pun tidak dapat email, baca komentar ini.
DeleteBlog ini sangat membantu sekali buat kawan kawan termasuk saya yang ingin mengajukan beasiswa dikti juga,,, terimakasih banyak mas indra Azimi, Blog ini sangat membantu sekali...
ReplyDeleteSalam kenal mas...
dan kalo bole bertanya.....
berarti untuk periode tahun ini calon dosen harus mau ditempatkan dimana saja di seluruh indonesia,, nah kalo calon dosen yang mendapat rekomendasi dari ptn asal, namun belum memiliki NIP/NIK dan belum terdaftar sebagai dosen, apa bisa ketika mengajukan BPP-DN setelah lulus akan mengabdi ke PTN asal penerima BPP-DN?? mohon penjelasannya mas Indra :)
mas kalo misalnya yang lampiran 1 isi surat perjanjiannya yang point "Pihak Pertama bersedia untuk ditempatkan di salah satu Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia" saya ganti jadi di PT asal saya aja gimana ya mas?trus kalo misalnya surat rekomendasi dari PT itu harus ditandatangani sama rektor aja ya mas?gabisa cm dari kaprodi/dekan aja gitu..hehe makasih ya mas infonya :)
ReplyDeleteAss mas indra, saya mau nanya, untuk pilihan program studi s2 (calon dosen) itu terbatas pada prodi-prodi yg tersedia di web pendaftaran Bpp-dn itu saja ya mas..? selain program studi yg tersedia di web pendaftaran tsb, brarti tidak bisa mendaftar bpp-dn, bgitu ya mas..? terima kasih
ReplyDelete_afriadi_
wassalamu'alaikum.., aku ikut ngejawab yah
Deletebuat calon pendaftar, kita cuman boleh memilih bidang keilmuan yang ada dalam list dikti, di luar dari itu gak bisa.
Terima kasih mas infonya.
DeleteOh iya, kalo latar s1 sy teknik perencanaan wilayah dan kota. sy mau mendaftar bpp-dn ke ugm ke jurusan magister sistem dan teknik transportasi. dan itu tidak terlalu linier dengan s1 sy. pendapat mas gmana.?
Afriadi
bagusnya si kalo linier, tapi kalopun gak linier seenggaknya masih berkorelasi. Untuk lebih jelasnya mungkin mas bisa cari tahu dulu persyaratan di PPS tujuannya gimana, karena setahuku ada beberapa PPS yang mengharuskan linier ada juga yang gak pp kalo beda.
Delete*mungkin temen2 yg lain ada yg mau ngebantu jawab
Mas, mau nanya kmaren kan ngisi no KTP ny salah trus klik ubah data tp kok ga bisa diubah ya mas yah...
ReplyDeleteItu gimana solusinya mas, apakah nanti ada pengaruhnya???
Assalamualaikum mas indra. Saya berencana sekolah di PPs IPB dan mengikuti BPP-DN 2013. Saya hampir setiap hari membaca setiap keluhan, pertanyaan dan saran dari teman2 semua disini. Ini sangat informatif, terima kasih.
ReplyDeleteJadi, apa saja berkas BPP-DN yg harus saya kirim ke PPs IPB, bersamaan dgn seluruh berkas PPs IPB lainnya via pos?
Terima Kasih
mas indra tau tidak cara menghapus file yg sudah terunggah? pasal nya sy sudah unggah lampiran 1 sama foto tp kok file tersimpannya masing2 jadi ada 2 file mas.. pdahal sy unggahnya hnya sekali saja :-( .. mhon pencerahannya
ReplyDeleteAssalamu'alaikum
ReplyDeleteHanya untuk berbagi informasi mengenai lampiran 4 dan 5 yg masih bingung untuk calon dosen.
Calon dosen hanya perlu mengunggah lampiran 1,sedangkan lampiran 4 dan 5 diperuntukan untuk dosen&tendik.
DIKTI telah melakukan revisi panduan BPP-DN 2013,bisa dilihat pada hal.8 dan bisa didownload pada :
http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/download/page
salam kenal semua
ReplyDeletemaaf dr forum ini ada gak yang melamar BPP DN k UI skema calon dosen,, pada buku pedoman halaman 10 pelamar diminta menyerahkan berkas Ke ketua program studi/dekan fakultas, bagaimana dengan di UI apa rekan rekan sekalian tau infonya, apakah kita harus menyerahkan seperti yang tertulis di panduan BPPDN, trus mekanismenya gimana?
terimakasih
selamat malam,
ReplyDeletemas untuk jenis pekerjaan kan ada asisten ama magang dll, nah saya mau tanyakan tu asisten dalam artian yg mana?
asisten praktikum atau asisten dosen atau asisten apa? soalnya kan kesemuanya statusnya bukan pegawai resmi (saya hanya di jurusan bukan di univnya)
permisi..
ReplyDeleteini beasiswa on goin 'r apa? aku mahasiswa s2 angkatan 2012. bisa ikut daftar?
saya coba daftar online di situs dikti.. sudah memasukan nama kabupaten.. tapi belum bisa lanjut, setiap di klik yang keluar masukan kabupaten id. apa itu maksudnya kabupaten id. mohon pencerahan ny
ReplyDeleteuntuk kabupaten harus memilih dari daftar yang muncul. jika nama kabupaten dimasukkan manual (tidak dipilih dari daftar) akan muncul error seperti itu.
Deletemaaf mas..sya kok gak bsa juga..gak ada daftar yang muncul..gmna kalo yang di kota?
Deletemaaf sya masih bingung..mohon pnjelasanx mas..
assalmaualaikum,,
ReplyDeletemas,, saya mau nanya, kalau kita belum punya ijazah (belum wisuda) tapi masa studi sudah selesai(sudah ujian skripsi),, syarat ijazahnya boleh diganti Surat Keterangan Lulus (SKL) gak?
trimakasih..
Mas, tau nomor Call Center BPP-DN tidak ya? Ku bermasalah tahun kelahiran. Saya kan kelahiran 30 Desember 1986, dan tentunya masih 26lebih 9bulan pada september besok. Tapi tdk bisa registrasi Online karena sistim memblokir tahun kelahirannya. Padahal yang kelahiran 1 Januari 1987 masih bisa ikut (cmn beda beberapa hari). Thank you
ReplyDeleteada yang ke its gak?
Deletemas, saya mau nanya..
ReplyDeletekalau email konfirmasinya gk masuk ke email saya..
saya harus gimana??
mas , kalo misalnya transkrip dan ijazah saya belum keluar gmna ya? bisa gak klo saya pake transkrip sementara dan surat keterangan lulus dari dekan untuk dftar BPP-DN 2013? soalnya saya masih fresh graduate, mhon pencerahannya mas....
ReplyDeletemas,, apa boleh dftr beasiswa BPP-DN ke lebih dari 1 universitas?
ReplyDeleteistilahnya jaga2 kalo 1 universitas tidak diterima, msh ada kesempatan ketrima di universitas lain.. thx
tidak boleh dan tidak bisa.
Deleteassalamualaikum..mas indra, sbnrnya srat rekmndasi dosen dibutuhkan tdk mas utk di upload di online dikti?sy msh sungguh binggung
ReplyDeletesaya mau bertanya, sblmnya saya ingin mendaftar pada PPs Ui. tetapi ternyata telah ditutup dan saya ingin mengubah ke universitas lain. namun, pada bagian ubah data, jurusan dan universitas tidak bisa diubah. bagaimana cara mengubahnya ya? terimakasih
ReplyDeletemas, saya mau nanya..
ReplyDeletekalau email konfirmasinya gk masuk ke email saya..
saya harus gimana?? - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2013/03/informasi-dari-buku-panduanpedoman-bpp.html#sthash.5FhXBPug.dpuf
saya mau tanya terkait surat di lampiran 1 untuk calon dosen. Apakah tidak bisa kita memilih sendiri penempatan jadi dosen di universitas tertentu, atau memang harus pasrah menerima penempatan dari dikti?
ReplyDeleteterima kasih