Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Wednesday, March 27, 2013

Informasi dari Buku Panduan/Pedoman BPP-DN 2013

Akhirnya, buku panduan atau pedoman Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dikeluarkan juga oleh DIKTI. Dengan keluarnya buku panduan ini, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi jelas.

Pertama, perjanjian BPP-DN untuk calon dosen kini hanya bersifat dwipartit (dua pihak), yaitu antara kamu dan DIKTI saja, tidak lagi melibatkan kampus asal. Jadi sekarang prosesnya lebih mudah. Kamu tidak perlu repot lagi meminta tanda tangan rektor kampus asal kamu. Kamu cukup menandatangani surat perjanjian tersebut di atas materai, dan bereslah sudah. Tanda tangan Bapak Supriadi Rustad (Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan DIKTI) tidak perlu diurus. Dibiarkan kosong saja. Format perjanjian BPP-DN untuk calon dosen sesuai lampiran 1 tersedia di menu Unduh.

Lalu bagaimana dengan surat perjanjian dan surat penugasan di lampiran 4 dan 5? Apakah calon dosen juga perlu membuat kedua surat tersebut? Saat ini, saya belum bisa memberi jawaban pasti, karena saya sendiri belum mendapat informasi yang jelas. Namun, kelihatannya kedua surat tersebut diperuntukkan bagi dosen, bukan calon dosen. Karena jika dibandingkan dengan buku panduan BPPS tahun lalu, format kedua surat tersebut sama dengan format yang diperlukan dosen untuk mendaftar BPPS (lihat lampiran 2 buku panduan BPPS tahun lalu di sini).

Kedua, ada sedikit perbedaan antara bidang keilmuan strategis untuk calon dosen antara di buku panduan dan di materi sosialisasi. Perbedaan terletak pada bidang ilmu kependidikan dimana PKKh digantikan oleh PAUD. Kamu tidak perlu bingung. Informasi di buku panduan ini yang harus diikuti. Bidang keilmuan strategis untuk calon dosen selengkapnya bisa kamu lihat di buku panduan.

Kamu sebaiknya memilih program studi yang linier dengan program studi kamu sebelumnya. Karena salah satu pertimbangan dalam memilih pelamar BPP-DN adalah keterkaitan antara pendidikan yang akan kamu tempuh melalui beasiswa ini dengan pendidikan yang telah kamu tempuh. (bisa dibaca di halaman 11, poin 3).

Ketiga, jumlah uang bulanan yang diterima antara satu orang dengan orang lain mungkin berbeda. Karena tunjangan biaya domisili sebesar Rp. 500.000,- per bulan hanya diberikan jika tempat studi kamu berada di provinsi yang berbeda atau jarak lebih dari 100 km dengan domisili/perguruan tinggi asal kamu.

Keempat, batasan umur lebih jelas karena ada patokannya sekarang. Bagi calon dosen maksimal 26 tahun untuk S2, dan 28 tahun untuk S3 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan; dan untuk tenaga kependidikan maksimal 40 tahun untuk S2, dan 42 tahun untuk S3 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan.

Terakhir, program BPP-DN ini ternyata juga bisa diikuti oleh warga negara asing yang ingin menempuh pendidikan pascasarjana di perguruan tinggi Indonesia.

Buku Panduan BPP-DN DIKTI 2013 tersedia di menu Unduh. 

110 comments:

  1. wahhhh,,, terimakasih banyakk,,, setidaknya ada sedikit gambaran ttg surat penugasan calon dosen,,,
    oiya, klo mas sdh mendapat informasi pasti terkait surat penugasan dr rektor, mohon di share lagi mas,,,,
    terima kasih banyak masssss,,,,,

    ReplyDelete
  2. Pd ketentuan calon pnerima BPP-DN hal.8,,kalimat awalny ngatakn permohonan u/ memperoleh BPP-DN hrus mndapatkn "persetujuan" pimpinan PT asal pelamar dan diajukn kpd direktur PPs yg dtuju.
    Apa itu mksdny kta hrus buat surat permohonan yg d tnda tngan n dsetujui oleh pimpinan PT asal kta ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disitu tertulis jelas bagi DOSEN dan TENAGA PENDIDIKAN, bukan CALON DOSEN. anda termasuk yg mana?
      kalau calon dosen maka tidak perlu membuat.

      Delete
  3. Berarti tidak ada lagi univ. pengirim/sponsor mas? Lalu surat perjanjian BPP-DN untuk calon dosen dengan pihak dikti itu di uploud pada saat pendaftaran online atau gimana ni mas? mohon penjelasannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. di-upload pada saat pendaftaran online, dan diserahkan ke PPs pada saat mendaftar BPP-DN.

      Delete
    2. yg diupload saat daftar online utk salon dosen itu yg lampiran 1 ya mas?

      Delete
  4. Ass,, trmksh atas infonya, tapi masih bingung juga antara syarat utk calon dosen, hanya lampiran 1 atau perlu menyertakan lampiran 4 dan 5,, mohon bantuan informasinya y mas yg mana menjadi syrat utk calon dosen, trims

    ReplyDelete
  5. kalo yang lampiran 4 itu gimana ya?
    di bagian paling bawah perlu tiga tandatangan.
    pihak pertama ditandatangani kita
    pihak kedua ditandatangani direktur PPS tujuan
    terus tandatangan rektor... (rektor univ. asal atau rektor univ yang memberikan rekomendasi)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kopertis juga.. jadi surat2 yg ada pedoman ada surat perjanjian dengan dikti, surat ijin ikt selksi, surat ijin , kopertis, sama surat perjanjian penerima dengan bppdn itu ttdnya ada tiga pihak pertama ada 2 dan rektor itu siapa ya mas? dan apakah ada formulir lamaran beasiswa BPP_DN seperti bpps yang ada formulirnya? trimakasih sangat ditunggu sharingnya..

      Delete
    2. Kalau menurut saya, lampiran 4 itu dibuat oleh PPs tujuan kita. Karena disebutkan dalam bagian ketentuan bagi PPs penyelenggara BPP-DN (hal.7). Jadi kemungkinan diproses ketika kita sudah menjadi penerima BPP-DN.
      Sedangkan lampiran 5 tampaknya hanya diperuntukan untuk Dosen.

      Delete
  6. bidang keilmuan psikologi gak ada ya..? atau termasuk bidang keilmuan kesehatan? mohon info.. barangkali ada yang tau.. :) terimakasih...

    ReplyDelete
  7. mohon info berdasarkn panduan bpp-dn 2013, apkah bisa untuk yg on-going mas?terimkasih mas

    ReplyDelete
  8. Mas, apakah pegawai LPMP boleh melamar untuk program BU ini? Karena masih di lingkup kemdikbud juga? trima kasih

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas informasinya mas.
    Saya mau tanya, untuk tahun lalu dan dua tahun lalu, apa saja yang harus diupload saat mendaftar BU mas?
    Lalu, rencana saya wisuda besok Mei sehingga ijazah baru diberikan saat itu. Apakah boleh mendaftar BPP DN menggunakan SKL saja?
    Saya sudah tanya ke PPs nya (UGM) kalo mereka boleh, tp tidak tahu untuk DIKTI nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. MAs kalau sudah dapat kepastian soal lampiran 4 dan 5 tolong diinformasikan ya! kalau bisa dalam topik baru agr mudah mencarinya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Jadi untuk calon dosen berkas BPP-DN apa saja yang mesti dikirimkan ke PPs penyelenggara disamping persyaratan2 akademik PPs penyelenggara?

    ReplyDelete
  12. Mas.. terima kasih atas infonya..

    saya ingin bertanya..
    sejak 3 minggu ini website beasiswa luar negeri di http://beasiswa.dikti.go.id/ln/ bisa diakses dan saya sudah mendaftar untuk perguruan tinggi luar negeri..
    saya sudah mendapat nomer registrasinya..
    jadi, apakah saya masih bisa mendaftar BPPDN, mengingat peserta hanya boleh memilih salah satu jenis beasiswa yang disediakan..
    terima kasih sebelumnya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu tidak bisa mendaftar BPP-DN, karena memang hanya boleh memilih satu jenis beasiswa saja dalam saat yang bersamaan..

      Delete
  13. salam...
    saya penerima BU tahun 2012. terkait dengan SK Direktur Diktendik No. 390/E4.4/2013 Tanggal 18 Maret 2013 tentang pengaturan tunjangan biaya domisili untuk penerima beasiswa pascasarjana apakah itu hanya berlaku untuk penerima tahun 2013/2014 atau yang on-going juga?

    terima kasih..

    ReplyDelete
  14. Padahal sudah tanggal 1 April 2013 tapi masih belum bisa daftar. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar..padahal pendaftaran pasca UNY hampir berakhir :(

      Delete
    2. udah bisa daftar kok. saya udah coba.

      Delete
  15. Assalamu'alaikum mas, saya mau tanya juga..
    saya lulus s1 dari ITB, mau melanjutkan s2 di ITB juga.
    Lalu rencana menjadi dosen di salah satu universitas di semarang.
    itu apakah perlu mengisi surat penugasan juga atau bagaimana?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam

      kalo ikut BPP DN, seperti yang tertulis di surat perjanjian dengan dikti, qt harus mau ditempatkan di univ seluruh indonesia selama n+1 (n=masa studi s2)

      Delete
    2. wa 'alaikum salam..
      calon dosen cukup membuat lampiran 1 saja. lampiran 4 dan 5 tidak perlu.

      Delete
  16. sy mau nnya mas, gimn dengn Besiswa Tenaga Kependidikan 2013, apakah pegawai ttp pada PTS bs dftr Besiswa Tenaga Kepend? mhon infox. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut buku panduan BPP-DN halaman 6 (PERSYARATAN CALON PENERIMA BPP-DN UNTUK TENAGA KEPENDIDIKAN), tenaga kependidikan dari PTS tidak bisa mendaftar beasiswa ini.

      Delete
  17. Adakah yang sudah bisa mendaftar BPP-DN di webnya? Barusan saya coba gagal terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah coba daftar dan berhasil. udah dapat bukti pendaftarannya juga :)

      Delete
  18. Terima kasih Mas, atas infonya.
    Saya mau bertanya, di pendaftaran untuk calon dosen, pendaftar harus mengisi NIP, apakah berarti pendaftar tersebut harus mendapatkan NIP dari kampus asal??? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIP / NIK : di isi nomer KTP
      KTP : juga di isi nomer KTP
      CMIIW
      Instansi Asal di isi apaan nih? di kosongi juga gak mau.

      Delete
    2. NIP/NIK diisi strip (-) aja.
      KTP diisi nomor KTP.
      Instansi asal (dan alamatnya) juga diisi strip (-) aja.

      Delete
    3. telp instansi di isi (-) gak mau, dikosongi juga gak mau. di isi apa nih mas?

      Delete
    4. format nomor telpon itu 4 digit kode wilayah, ditambah 6 digit nomor telponnya. jadi diisi 0 sebanyak 10 buah aja.

      Delete
    5. mas mau tanya, saya sudah berhasil daftar tapi saya lupa mengupload foto. saya sudah mendapat nomor registrasi dan password apakah bisa menambahkannya?

      Delete
  19. Saya ingin bertanya, yang dimaksud NIP/NIK di pendaftaran calon dosen itu adalah Nomor Induk Pegawai/Nomor Induk Kepegawaian atau Nomor Induk Kependudukan??
    Terima Kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIP = Nomor Induk Pegawai (untuk di PTN)
      NIK = Nomor Induk Karyawan (untuk di PTS)

      untuk calon dosen, NIP/NIK diisi strip (-) aja.

      Delete
    2. mas, yang mengunggah berkas surat ijin rektornya di isi apa? yang di lampiran 1 itu bukan?

      Delete
    3. iya. klo calon dosen diisi lampiran 1 aja.

      Delete
  20. isi Masukkan 'Kabupaten Id' itu apa ya ? saya isi nama kabupaten selalu error "Masukkan 'Kabupaten Id'"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kota/kabupaten itu harus dipilih dari daftar yang ada. jika tidak, akan error seperti itu.

      Delete
    2. daftarnya bisa di dapat dimana?gak ngerti..

      Delete
  21. Terima kasih banyak mas atas info2 yang sangat bermanfaat. Akhirnya 1 April 2013 itu tiba juga :)
    Saya mau bertanya Mas, selain lampiran 1 apalagi yg harus diunggah saat pendaftaran online? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah coba daftar tadi. yang diminta itu surat ijin rektor/koordinator kopertis sama foto aja. untuk calon dosen, saya rasa surat ijin rektor/koordinator kopertis itu maksudnya lampiran 1.

      Delete
    2. Mas, apa benar untuk calon dosen yang dimaksud surat ijin rektor itu lampiran 1? saya kok masih bingung

      Delete
    3. menurut saya, surat ijin rektor itu diisi lampiran 1. soalnya klo itu diisi sama lampiran 5, trus lampiran 1 nya dimasukin kemana?

      Delete
    4. iya sih mas, saya juga bingung. panduan dan form pendaftarannya kok ga sinkron :)
      surat ijin yang di panduan juga judulnya surat penugasan ptn pemilik dosen.
      oia mas, saya kok juga belum bisa upload foto ya. klik unggah fotonya tidak berfungsi

      Delete
    5. coba pakai browser Internet Explorer..

      Delete
    6. ini malah gak bisa upload data mas.. padahal dah bisa klik ubah data :'(

      Delete
    7. iya sama ni, saya juga baru saja melakukan perubahan data instansi, utk instansi awal dan alamat di strip (-) saja dan utk telepon angka 0 sebanyak 10,, tetapi gak bisa unggah photo sama ijin rektor,, gmna ya mas?

      Delete
  22. mas...batas minimal IPK sangat ketat ya :( IPK saya 2.97..tidak bisa melanjutkan pendaftaran..apakah ada cara nya agar bisa mendaftar :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya tidak ada. yang memproses pendaftaran online adalah sistem komputer yang tidak punya perikemanusiaan.

      Delete
    2. jika saya menuliskan 3.00 agar dapat menembus system itu jelas tidak diperbolehkan ya mas ? :(, pdhl sy sudah mendapat rekomendasi dr prodi untuk beasiswa ini :(

      Delete
    3. tidak boleh. itu namanya curang.. lagian nanti juga pasti ketahuan saat verifikasi berkas fisik. ntar kamu di-blacklist sama DIKTI buat selama-lama-lamanya.

      Delete
    4. baik mas..mungkin memang belum rezeki sy di beasiswa ini :)

      Delete
  23. mas, mau tanya, saya masih bingung, ketentuan pps penyelenggara minimal terakreditasi B itu untuk Dosen saja apa calon Dosen juga?

    ReplyDelete
  24. mas, yg di lampiran 1 itu mesti di print out dulu di tanda tangan bermaterai baru di scan lagi gitu ya??
    ato lgsg di upload tanpa tanda tangan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicetak, ditempeli materai, ditanda tangan, discan, trus di upload.

      Delete
  25. ass, mas data yg sudah dibuat terus diubah lagi berpengaruh gak saama penilaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama datanya benar, nggak apa2 diubah lagi.

      Delete
    2. maaf mas tanya lgi, kok udah diubah gak bisa upload photo sama ijin rektor ya?

      Delete
  26. Mas saya sudah daftar tapi belum upload foto dan surat perjanjian,,saya coba ubah data tapi d menu unggah berkasnya tdk bsa terbuka??gmn dong mas
    Untuk ubah datanya tidak ada batasan yah hanya bisa sekian kali??

    ReplyDelete
  27. terimakasih banyaaaaak atas info-infonya selama ini, semoga kita semua berhasil amin....

    ReplyDelete
  28. mas indra, kalau belum uploade lapiran 1, apa bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu? ( uploade lampiran 1 nya nyusul di uploade?)

    ReplyDelete
  29. mas, bukannya PAUD gak digantiin PKh, soalnya dua-duanya tetep ada kok

    ReplyDelete
  30. jadi, intinya berapa file yang harus di upload ke web BPPDN bagi calon dosen?
    tks

    ReplyDelete
  31. mas saya mau tanya, saya kan belum bekerja. terus daftar ke pps penyelenggara. untuk biayanya saya ngomong sama petugasnya mau ikutan beasiswa bpp-dn. tapi harus ada syarat syaratnya. syarat2nya apa gitu? soalnya untuk sementara biaya kuliahnya saya ceklis yang biaya sendiri dulu sebelum ada syaratnya katanya

    ReplyDelete
  32. mas indra.. untuk yang jenis pekerjaan, instansi asal, dll gmn ya? di isi (-) saja ya mas? krna sy blum bekerja

    ReplyDelete
  33. mas saya udah di kirim kartu pendaftaraan bpp-dn dari dikti ke email, tapi gada fotonya, padahal udah saya unggah.
    gimana sarannya? diubah data juga gada kiriman lagi..
    makasi...

    ReplyDelete
  34. Tadi aku sudah coba register, cuman kok jurusan Pkh yang di UPI Bandung gak ada di list yah? adanya PLS padahal yang ada di buku panduan adanya PKh, PLS gak ada. Mohon Konfirmasinya yah mas
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  35. Mas, mau nanya. yg untuk calon dosen. di data diri kan ada di minta NIK n KTP juga. Itu gmn? Bukannya NIK dn KTP itu sama aja y?

    Makasih sebelumnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK = Nomor Induk Karyawan.. klo di PTS, dosennya pakai NIK. klo di PTN pakai NIP (Nomor Induk Pegawai).

      Delete
  36. mas saya upload foto sama surat perjanjian sampe 3x, jadi semuanya tersimpan di file unggah. tapi ga ada juga kiriman tanda pendaftaran yang ada foto sayanya. minta sarannya

    ReplyDelete
  37. Saat mendaftar online kemarin, saya tidak berhasil mengunggah lampiran 1 dan foto karena nampaknya fasilitas "Klik Unggah" tidak berfungsi. Namun barusan saya login untuk mengubah data dan alhamdulillah berhasil dengan melakukan klik 2x pada tulisan "Unggah"nya. Walaupun sepertinya tdk bisa di-klik, tapi ternyata bisa. Jika sudah berhasil nanti ada keterangan "file telah tersimpan..."
    Demikian, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  38. aslm.mas kalo untuk calon dosen untuk surat yang di unggah hanya surat perjanjian kita dengan dikti aja??atau dengan surat lain yang ada pd lampiran 4 dan 5??

    ReplyDelete
  39. aslm mas, lampiran 1 cuma tnda tngan saya (pihak pertama) diatas mtrai aj kn? yg rektor n pihak kdua dkosongkn kn mas?

    mohon informasiny.. tks.

    ReplyDelete
  40. oya mas, format lampiran 1 yg ada d menu unduh mas kok beda ya sma yg dpanduan bpdn? yg punya mas cuma dtanda tngan sma dikti n pihak prtama, sdgkn yg dpanduan ada rektor jg? jd yg mana yg bner mas? tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Mas lihat buku panduan yang mana ya? Di buku panduan BPP-DN 2013 lampiran 1 tidak ada ttd rektor, hanya ttd dikti dan pelamar.

      Delete
  41. aslm. mas aq udh dftar. tapi ternyata pas aku upload fotonya gak masuk, jd belum aku cetak buktinya, eh pas aku ubah data gak bisa lagi dicetak, jadi gmana tu mas, biar aku bisa cetak bukti ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di email yang dari DIKTI setelah selesai daftar kan ada link buat cetak bukti pendaftaran. kalau pun tidak dapat email, baca komentar ini.

      Delete
  42. Blog ini sangat membantu sekali buat kawan kawan termasuk saya yang ingin mengajukan beasiswa dikti juga,,, terimakasih banyak mas indra Azimi, Blog ini sangat membantu sekali...
    Salam kenal mas...


    dan kalo bole bertanya.....
    berarti untuk periode tahun ini calon dosen harus mau ditempatkan dimana saja di seluruh indonesia,, nah kalo calon dosen yang mendapat rekomendasi dari ptn asal, namun belum memiliki NIP/NIK dan belum terdaftar sebagai dosen, apa bisa ketika mengajukan BPP-DN setelah lulus akan mengabdi ke PTN asal penerima BPP-DN?? mohon penjelasannya mas Indra :)

    ReplyDelete
  43. mas kalo misalnya yang lampiran 1 isi surat perjanjiannya yang point "Pihak Pertama bersedia untuk ditempatkan di salah satu Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia" saya ganti jadi di PT asal saya aja gimana ya mas?trus kalo misalnya surat rekomendasi dari PT itu harus ditandatangani sama rektor aja ya mas?gabisa cm dari kaprodi/dekan aja gitu..hehe makasih ya mas infonya :)

    ReplyDelete
  44. Ass mas indra, saya mau nanya, untuk pilihan program studi s2 (calon dosen) itu terbatas pada prodi-prodi yg tersedia di web pendaftaran Bpp-dn itu saja ya mas..? selain program studi yg tersedia di web pendaftaran tsb, brarti tidak bisa mendaftar bpp-dn, bgitu ya mas..? terima kasih
    _afriadi_

    ReplyDelete
    Replies
    1. wassalamu'alaikum.., aku ikut ngejawab yah
      buat calon pendaftar, kita cuman boleh memilih bidang keilmuan yang ada dalam list dikti, di luar dari itu gak bisa.

      Delete
    2. Terima kasih mas infonya.

      Oh iya, kalo latar s1 sy teknik perencanaan wilayah dan kota. sy mau mendaftar bpp-dn ke ugm ke jurusan magister sistem dan teknik transportasi. dan itu tidak terlalu linier dengan s1 sy. pendapat mas gmana.?

      Afriadi

      Delete
    3. bagusnya si kalo linier, tapi kalopun gak linier seenggaknya masih berkorelasi. Untuk lebih jelasnya mungkin mas bisa cari tahu dulu persyaratan di PPS tujuannya gimana, karena setahuku ada beberapa PPS yang mengharuskan linier ada juga yang gak pp kalo beda.

      *mungkin temen2 yg lain ada yg mau ngebantu jawab

      Delete
  45. Mas, mau nanya kmaren kan ngisi no KTP ny salah trus klik ubah data tp kok ga bisa diubah ya mas yah...
    Itu gimana solusinya mas, apakah nanti ada pengaruhnya???

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum mas indra. Saya berencana sekolah di PPs IPB dan mengikuti BPP-DN 2013. Saya hampir setiap hari membaca setiap keluhan, pertanyaan dan saran dari teman2 semua disini. Ini sangat informatif, terima kasih.

    Jadi, apa saja berkas BPP-DN yg harus saya kirim ke PPs IPB, bersamaan dgn seluruh berkas PPs IPB lainnya via pos?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  47. mas indra tau tidak cara menghapus file yg sudah terunggah? pasal nya sy sudah unggah lampiran 1 sama foto tp kok file tersimpannya masing2 jadi ada 2 file mas.. pdahal sy unggahnya hnya sekali saja :-( .. mhon pencerahannya

    ReplyDelete
  48. Assalamu'alaikum
    Hanya untuk berbagi informasi mengenai lampiran 4 dan 5 yg masih bingung untuk calon dosen.
    Calon dosen hanya perlu mengunggah lampiran 1,sedangkan lampiran 4 dan 5 diperuntukan untuk dosen&tendik.
    DIKTI telah melakukan revisi panduan BPP-DN 2013,bisa dilihat pada hal.8 dan bisa didownload pada :
    http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/download/page

    ReplyDelete
  49. salam kenal semua
    maaf dr forum ini ada gak yang melamar BPP DN k UI skema calon dosen,, pada buku pedoman halaman 10 pelamar diminta menyerahkan berkas Ke ketua program studi/dekan fakultas, bagaimana dengan di UI apa rekan rekan sekalian tau infonya, apakah kita harus menyerahkan seperti yang tertulis di panduan BPPDN, trus mekanismenya gimana?


    terimakasih

    ReplyDelete
  50. selamat malam,
    mas untuk jenis pekerjaan kan ada asisten ama magang dll, nah saya mau tanyakan tu asisten dalam artian yg mana?
    asisten praktikum atau asisten dosen atau asisten apa? soalnya kan kesemuanya statusnya bukan pegawai resmi (saya hanya di jurusan bukan di univnya)

    ReplyDelete
  51. permisi..

    ini beasiswa on goin 'r apa? aku mahasiswa s2 angkatan 2012. bisa ikut daftar?

    ReplyDelete
  52. saya coba daftar online di situs dikti.. sudah memasukan nama kabupaten.. tapi belum bisa lanjut, setiap di klik yang keluar masukan kabupaten id. apa itu maksudnya kabupaten id. mohon pencerahan ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kabupaten harus memilih dari daftar yang muncul. jika nama kabupaten dimasukkan manual (tidak dipilih dari daftar) akan muncul error seperti itu.

      Delete
    2. maaf mas..sya kok gak bsa juga..gak ada daftar yang muncul..gmna kalo yang di kota?
      maaf sya masih bingung..mohon pnjelasanx mas..

      Delete
  53. assalmaualaikum,,
    mas,, saya mau nanya, kalau kita belum punya ijazah (belum wisuda) tapi masa studi sudah selesai(sudah ujian skripsi),, syarat ijazahnya boleh diganti Surat Keterangan Lulus (SKL) gak?
    trimakasih..

    ReplyDelete
  54. Mas, tau nomor Call Center BPP-DN tidak ya? Ku bermasalah tahun kelahiran. Saya kan kelahiran 30 Desember 1986, dan tentunya masih 26lebih 9bulan pada september besok. Tapi tdk bisa registrasi Online karena sistim memblokir tahun kelahirannya. Padahal yang kelahiran 1 Januari 1987 masih bisa ikut (cmn beda beberapa hari). Thank you

    ReplyDelete
  55. mas, saya mau nanya..
    kalau email konfirmasinya gk masuk ke email saya..
    saya harus gimana??

    ReplyDelete
  56. mas , kalo misalnya transkrip dan ijazah saya belum keluar gmna ya? bisa gak klo saya pake transkrip sementara dan surat keterangan lulus dari dekan untuk dftar BPP-DN 2013? soalnya saya masih fresh graduate, mhon pencerahannya mas....

    ReplyDelete
  57. mas,, apa boleh dftr beasiswa BPP-DN ke lebih dari 1 universitas?
    istilahnya jaga2 kalo 1 universitas tidak diterima, msh ada kesempatan ketrima di universitas lain.. thx

    ReplyDelete
  58. assalamualaikum..mas indra, sbnrnya srat rekmndasi dosen dibutuhkan tdk mas utk di upload di online dikti?sy msh sungguh binggung

    ReplyDelete
  59. saya mau bertanya, sblmnya saya ingin mendaftar pada PPs Ui. tetapi ternyata telah ditutup dan saya ingin mengubah ke universitas lain. namun, pada bagian ubah data, jurusan dan universitas tidak bisa diubah. bagaimana cara mengubahnya ya? terimakasih

    ReplyDelete
  60. mas, saya mau nanya..
    kalau email konfirmasinya gk masuk ke email saya..
    saya harus gimana?? - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2013/03/informasi-dari-buku-panduanpedoman-bpp.html#sthash.5FhXBPug.dpuf

    ReplyDelete
  61. saya mau tanya terkait surat di lampiran 1 untuk calon dosen. Apakah tidak bisa kita memilih sendiri penempatan jadi dosen di universitas tertentu, atau memang harus pasrah menerima penempatan dari dikti?

    terima kasih

    ReplyDelete