Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Monday, March 18, 2013

Pendaftaran BPP-DN dibuka 1 April

Akhirnya, muncul juga kepastian dari DIKTI mengenai kapan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) mulai dibuka. Pendaftaran BPP-DN secara online dibuka mulai tanggal 1 April sampai 30 Mei. Informasi ini berasal dari materi Sosialisasi Beasiswa BPP-DN DIKTI 2013, yang tersedia mulai hari ini di halaman resmi pendaftaran BPP-DN, http://beasiswa.dikti.go.id/dn/

Dari materi sosialisasi tersebut, kita juga dapat mengetahui bahwa persyaratan BPP-DN ini hampir sama dengan persyaratan BU tahun lalu. Untuk calon dosen yang master, kamu hanya perlu memiliki IPK S1 minimal sebesar 3,0 dan berusia maksimal 26 tahun. Sedangkan yang doktor, kamu hanya perlu memiliki IPK S2 minimal sebesar 3,25 (dari skala 4) dan berusia maksimal 28 tahun (BU tahun lalu maksimal 30 tahun).

Untuk masa pengabdian calon dosen, BPP-DN ini sama dengan BU tahun lalu, yaitu selama masa kuliah ditambah satu tahun. Namun sayang sekali, materi sosialisasi BPP-DN ini tidak memuat format surat perjanjian, sehingga kamu masih belum bisa mengurus surat perjanjian dengan kampus asal kamu saat ini. Formatnya ada di Buku Panduan BPP-DN yang sampai sekarang masih belum keluar.

Perbedaan berikutnya antara BPP-DN dengan BU tahun lalu adalah berkurangnya bidang keilmuan strategis yang disediakan. Jika BU tahun lalu memiliki 13 bidang keilmuan strategis, BPP-DN tahun ini hanya ada 10 bidang, yaitu: Ilmu Bahasa, Ilmu Kependidikan, Ilmu Kesehatan, MIPA, Ilmu Teknik, Ilmu Pertanian, Ilmu Kesenian dan Ilmu Kebudayaan, Olah Raga, Manajemen Kebencanaan dan Pariwisata.

Jika ada yang berkurang, tentu saja ada yang bertambah. Salah satu hal yang menggembirakan dari BPP-DN ini adalah naiknya uang bulanan yang akan kamu terima. Untuk calon master, kamu akan menerima Rp. 3.250.000,- per bulan atau naik sekitar satu juta rupiah dibandingkan BU tahun lalu. Sedangkan untuk calon doktor, kamu akan menerima Rp. 3.500.000,- per bulan atau naik Rp. 775.000,- jika dibandingkan dengan BU tahun lalu. Jadi semakin bersemangat kan untuk mendapatkan beasiswa ini?

Bagaimanakah mekanisme pendaftaran BPP-DN secara online? Kamu bisa membacanya di materi sosialisasi BPPDN di halaman 21.

Materi Sosialisasi Beasiswa BPP-DN DIKTI 2013 tersedia di sini.

134 comments:

  1. untuk yg itb, pendaftaran kan berakhir akhir bulan ini. apakah boleh daftar gelombang ini lalu daftar BPP-DN atau harus menunggu gelombang 1a?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun saya dulu (BU 2011) daftar gelombang 1 baru daftar BPP-DN sih bisa. kurang tahu kalau sekarang..

      kamu sudah pada baca pengumuman SPS ITB tanggal 18 Maret kemarin belum? di situ dikatakan bahwa prosedur BPP-DN di ITB baru akan diinformasikan setelah ada informasi dari DIKTI. pengumumannya bisa dilihat di http://www.sps.itb.ac.id/ind/wp-content/uploads/file/BPP-DN.pdf

      Delete
    2. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  2. seandainya masukin berkas dengan biaya pribadi karena akhir pendaftaran/penerimaan pasca ITB tgl 27 maret.apakah bisa mengurus untuk ikut beasiswa BPDN setelah tgl 1 aprilnya?
    makasih bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun saya dulu (BU 2011) bisa. kurang tahu kalau sekarang..

      dytchia sudah pada baca pengumuman SPS ITB tanggal 18 Maret kemarin belum? di situ dikatakan bahwa prosedur BPP-DN di ITB baru akan diinformasikan setelah ada informasi dari DIKTI. pengumumannya bisa dilihat di http://www.sps.itb.ac.id/ind/wp-content/uploads/file/BPP-DN.pdf

      Delete
    2. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  3. Mas, saya sudah donlod yang PDF Sosialisasi BPPDN
    Disitu yang saya liad di bagian UNDUH BERKAS yang tertera :
    1. Surat Ijin Rektor
    2. Foto Berwarna

    Apakah memang cuma itu berkas yang dibutuhkan ?
    Dan jika untuk CALON DOSEN apakah bisa mendapatkan Surat Ijin Rektor ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo tahun lalu, lebih banyak mbak. dan untuk calon dosen tidak pakai surat ijin rektor, tapi pakai surat penugasan dari rektor.

      Delete
    2. Itulah yg sy herankan. Kok ini sedikit ya.
      Kalo boleh tahu mas, waktu tahun lalu berkas apa saja yang dibutuhkan ?

      Delete
    3. Salam kenal mas indra. Mau tanya, redaksi surat penugasan dr rektor itu seperti apa ya? mungkin bisa dishare ke kami. Soalnya di kampus sy blm pernah ada yg mengusulkan beasiswa ini, jd pihak kampus blm paham redaksi dr surat penugasan dr rektor tsb. Terima kasih

      Delete
    4. saya nggak ingat persisnya mbak nhinis. sudah 2 tahun yang lalu soalnya. kalau tidak salah sih: form A, foto berwarna, ijazah, surat tanda diterima di kampus tujuan, surat ijin rektor, surat perjanjian, dan sertifikat TOEFL.

      Delete
    5. waktu tahun saya (BU 2011) nggak ada surat penugasan mbak saucha. jadi saya nggak punya contohnya. surat penugasan itu baru muncul di BU 2012..

      karena DIKTI tidak mengatur bagaimana redaksi surat penugasan, jadi redaksinya terserah pihak kampus asal mbak aja. intinya, di dalam surat itu, rektor menugaskan mbak (sebutkan identitas mbak) untuk kuliah pascasarjana (sebutkan master/doktor) di perguruan tinggi apa (sebutkan), program studi mana (sebutkan), menggunakan dana BPP-DN dari DIKTI.

      Delete
    6. Terima kasih infonya mas indra. Kami sebagai peminat BU ini sangat terbantu dgn blog ini. Mhn jika ada info2 update, sgera dikabarkan melalui blog ini. Thanks :D

      Delete
  4. Kok status penerimanya harus pns ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mbak. itu maksudnya mungkin "tenaga kependidikan perguruan tinggi berstatus PNS".

      Delete
  5. mas indra saya mau tanya untuk pendaftaran bpp-dn ini,di kampus ITS untuk jalur non bpps adalah sampai 30 mei,sedangkan bppdn baru mulai pendaftaran, mohon pencerahan nya?
    dan untuk pengabdian nya apakah kampusnya kita sendiri yang menentukan?dan tanda tangan rektor yang dimaksud itu apakah tanda tangan rektor penyelennggara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibaca di sini mbak.

      pengabdian DIKTI yang menentukan. tanda tangan rektor dari kampus asal.

      Delete
  6. Mas Indra, Sy S1-nya Teknologi Informasi. Sedangkan untuk melanjutkan dengan BPPDN calon dosen hanya ada Ilmu Teknik. itu bagaimana maksudnya Ilmu strategis...?

    Untuk CALON DOSEN itu dapat surat penugasan dari Rektor mana maksudnya...?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya S1-nya teknik informatika. S2-nya ambil magister informatika. kebetulan di ITB program studi tersebut adanya di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. jadi nggak pusing lagi pas daftar. karena kedua-duanya ada embel-embel teknik.. di kampus lain, mungkin informatikanya ada di Fakultas Ilmu Komputer. nah, kalau ini, ditanyakan ke PPs kampus tujuan mas aja. karena mereka yang bisa memberi jawaban pasti.

      surat penugasan itu dari rektor kampus asal.

      Delete
  7. Selamat siang Mas Indra,
    Saya melihat panduan BPP-LN di mana pada lampiran 5 terdapat surat perjanjian layaknya BU. Namun, surat perjanjian itu bukan lagi tripartit tapi dwipartit antara calon dosen dan dikti. Biasanya persyaratan BU-LN=BU-DN, apakah mungkin jika pada pendaftaran BPP-DN nanti tidak memerlukan tanda tangan rektor ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja.. jika memang demikian, maka pelamar BPP-DN tahun ini sangat beruntung. uang beasiswanya naik. kemudian proses mendaftarnya lebih mudah karena tidak perlu mengurus berkas di kampus asal.

      Delete
  8. bidang keilmuan akuntansi dan PAUD disediakan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAUD tahun lalu ada. sekarang tidak lagi.. kalau akuntansi, setahu saya dari dulu memang tidak ada.

      Delete
    2. terima kasih jawabannya mas
      oh iya, aku mau mastiin
      sekarang adanya PLB n PPKh yah
      PLB bukannya sama dengan PPKh? Oh yah mas, bedanya Calon dosen dengan tenaga pendidik apa yah?

      Delete
    3. PKKh = pendidikan kebutuhan khusus.
      PLB = pendidkan luar biasa.
      saya juga kurang tau apa bedanya..

      tenaga pendidik itu pegawai non dosen di perguruan tinggi, seperti staf Tata Usaha, teknisi lab, dan lain-lain.

      Delete
  9. Saya mau bertanya mas, kira2 untuk yg mau melanjutkan S2 di ITB lebih baik mendaftar PPS dulu atau menunggu pendaftaran beasiswa dulu ya? Thx b4.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa tunggu BPP-DN buka saja dulu, baru daftar. sudah baca pengumuman terbaru dari ITB tentang BPP-DN belum? lihat di http://www.sps.itb.ac.id/ind/wp-content/uploads/file/BPP-DN.pdf

      artikel saya di blog ini yang judulnya "Daftar PPs Dulu, atau Daftar BPP-DN Dulu?" mungkin juga bisa memberi pencerahan.

      Delete
    2. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  10. maaf mas sya mau tnya,,itu ada ga yang jurusan pendidikan bahasa inggris.mkasihh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada. pendidikan bahasa asing dan daerah termasuk bidang keilmuan strategis BPP-DN.

      Delete
  11. dapat balasan dari admin sps itb,,

    Semua beasiswa ditutup tgl 27 Maret 2013, lengkapi dulu persyaratan yang
    dari ITB dan persyaratan beasiswa jika sudah ada tinggal disusulkan.

    Trim

    Salam

    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekan Sekolah Pascasarjana (SPS) ITB mengatakan kamu bisa mendaftar BPP-DN di gelombang 1 atau gelombang 2. Selengkapnya baca di tulisan terbaru saya.

      Delete
  12. assalamualaikum mas indra saya mau tanya kalo daftar BPP DN
    boleh ndak daftar di dua Universitas yang berbeda?
    trus klo saya melihat sosialisasi BPP Dn untuk lulusan PTS harus memiliki surat ijin dari Rektor atau koordinator kopertis/PTS,, tu maksudnya rektor PTSnya atau surat izin dari kopertis wilayah masing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      tidak boleh..
      klo PTN, surat ijin rektor. klo PTS, surat ijin koordinator kopertis. calon dosen nggak perlu surat ijin.

      Delete
    2. kalo calon dosen harus bersedia di t4kan dimana saja ya mas??/
      trus kalo saya sudah mengajar di PT tapi belum memiliki NIDN dan ingin mengikuti BPP DN tu akan masuk ke kategori calon Dosen atau k Dosen ya mas??? sya masih bingung mengenai hal itu.. dan Kalo sya mendaftar BPP DN apa bisa saya di t4kan di tempat saya mengajar sekarang??

      Delete
    3. calon dosen harus bersedia ditempatkan dimana saja.. jika tidak punya NIDN, harus melamar sebagai calon dosen. dengan menunjukkan surat pengangkatan sebagai dosen, kamu bisa meminta kepada DIKTI agar ditempatkan di tempat kamu mengajar sekarang. namun keputusan akhirnya tetap di tangan DIKTI.

      Delete
  13. Assalamualaikum
    Mohon penjelasannya untuk perjanjian dengan universitas asal mas (pengabdian setelah selesai masa kuliah s2).
    Apa saja kewajiban prodi/jurusan tempat saya mengabdi terhadap si pengabdi?
    Karena kemaren saat saya hendak mengurus surat perjanjian TTD Rektor, saya harus bertemu dengan ketua Prodi, dan beliau keberatan jika ada kewajiban2 yang harus dipenuhi tempat mengabdi terhadap si pengabdi. Seperti memberi gaji misalnya.
    Bagaimana ya ini mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      saya kurang tahu juga kalau yang ini. coba ditanyakan ke Pak Ridwan di DIKTI saja. kontaknya lihat di sini.

      Delete
  14. Assalamu'alaikum Wr Wb..
    Maaf mas, aku mau tahu gimana prosedur administrasi'y misalkan kalo qt udah dinyatakan lulus PPS n dapat beasiswa BPP-DN, apakah semua pembiayaan (Uang muka+Pembyaran SPP) langsung dibayarkan oleh DIKTI atau menggunakan biaya pribadi dulu, ntar lalu digantiin ma DIKTI ato gmna yah?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      setahu saya tidak ada yang namanya uang muka.. untuk SPP, jika beasiswa belum keluar, bisa mengajukan penangguhan. jadi tidak perlu menggunakan biaya pribadi.

      Delete
  15. jadi BU dan BPP-DN itu sama ya Kang?
    kalau on going bagaimana prosedurnya?

    ReplyDelete
  16. mas, untuk memperjelas, dari link pps di UGM ini http://um.ugm.ac.id/2013/home.php?title=page&p=130403 yang termasuk 10 bidang keilmuan strategis yang bisa didaftar yang mana saja mas?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas, apa bisa mendaftar dengan IPK 2,75 jika PPS contohnya di UGM memberikan kebijakan begitu? sedangkan syarat beasiswa Dikti itu harus memiliki IPK 3.0?

      Delete
    2. 10 bidang keilmuan strategis daftarnya ada di materi sosialisasi BPP-DN.. kalau mau lulus di PPs aja, IPK 2.75 tidak masalah. tapi kalau mau lulus di PPs dan dapat BPP-DN, IPK-nya minimal harus 3.

      Delete
  17. Mas indra azimi ada yang ingin saya tanyakan lagi mas, dalam sosialisasi ada dijelaskan tahapan pendaftaran online mas, di point ke 8 unggah berkas. berkas yang pertama mengenai Surat ijin rektor/Koordinator Kopertis (PTN), kalau untuk calon dosen yang di uplod apa mas? apakah surat penugasan kuliah dari univ. sponsor/pengirim atau gimana mas? apakah sudah bisa diurus dari sekarang mas? Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya idem dengan pertanyaan ini mas Indra, mhon jwabanya bgmna klo calon dosen apa yg msti diuplod? trimaksih....

      Delete
    2. apa-apa yang mesti di-upload, dilihat saja nanti setelah pendaftarannya buka.. mengurusnya juga nanti saja, setelah pendaftarannya buka. supaya tidak salah. kan ada waktu 2 bulan mengurusnya.

      Delete
    3. maaf,klo bpp-dn dri ktegori calon dosen yg tadinya S1 di PTS apakah hrus puny surat izin kopertis mas??

      Delete
  18. Replies
    1. jika psikologi termasuk ilmu kesehatan, berarti ada.

      Delete
  19. assalamualaikum

    mas ada pengumuman tidak beasiswa s2 dikti unggulan di IPB.
    krena ada pengumuman di IPB penutupan pendaftaran untuk jalur dikti tanggal 30 april. mohon informasinya..terima kasih

    ReplyDelete
  20. Beasiswa untuk bidang study ilmu komunikasi tidak ada y mas Indra Azimi? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun lalu ada mbak. sekarang tidak lagi.

      Delete
    2. maaf mas, waktu registerasi kemarin aku kok liat di list jur.ilmu komunikasi masih ada kok. kalo gak salah di Univ.hasanuddin :D

      Delete
  21. mau tanya mas..untuk yg on going bagaimana? trima kasih

    ReplyDelete
  22. salam kenal mas indra :)
    mau tanya, kalo ilmu kesehatan menyangkut apa aja ya mas?? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa semua program studi yang menyangkut kesehatan. soalnya DIKTI tidak memberi batasan.

      Delete
  23. Mas, utk prodi bimbingan konseling, da tdk nggih mas??
    Mksh sblm'y...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang bgt ms BPP-DN utk bimbingan konseling tdk da yah mas...:(
      Klo utk psikologi d tahun 2013 ni da tdk nggih mas??
      Mksh byk mas ats informasinya...:)

      Delete
    2. jika psikologi termasuk ilmu kesehatan, berarti ada.

      Delete
    3. Biar qt tahu prodi pa saja yg di rekomendasikan oleh BPP-DN dmn yah mas??
      d panduan soal'y msh umum, klo kejuruan d ilmu pendidikan yg sesuai dengan buku panduan BPP-DN 2013 mksd'y pa nggih mas??
      Nuwun...:)

      Delete
    4. kalau itu harus ditanyakan langsung ke PPs kampus tujuan.

      Delete
    5. Oh gitu, mas...
      berarti utk prodi yg d tawarkan sebaiknya d tanyakan d kampus tujan msg2?
      klo utk mekanisme'y qt harus terdaftar d kampus tujuan dulu/dftr k dikti dulu nggih mas??
      Mksh byk mas info'y...:)

      Delete
    6. mekanisme pendaftaran baca di menu Cara Daftar. baca juga tulisan saya di blog ini yang berjudul Daftar PPs Dulu, atau Daftar BPP-DN Dulu?

      Delete
  24. Mas sya mau tanya mas, berarti klo tidak punya kampus asal, qt masih bisa ikut beasiswa ini ya mas? Trs mas format perjanjian bermaterainya bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. format perjanjiannya tunggu buku panduan BPP-DN keluar aja.

      Delete
  25. Mas untuk calon dosen apakah harus membuat surat ijin dari rektor juga atau hanya membuat surat bersedia menerima ikatan kerja dari dikti dan apakah mas tau bagaimana format suratnya? Terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabarnya, untuk calon dosen mulai tahun ini hanya perlu membuat surat perjanjian saja. tapi kepastiannya tunggu buku panduan BPP-DN keluar.

      Delete
  26. http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ kok gak bisa dibuka ya???

    ReplyDelete
  27. Assalamu Alaikum. Salam kenal Mas Indra, saya Ima dari Samarinda. Saya sungguh tertarik ikut BPP_DN. Saya mau bertanya, surat perjanjian untuk calon dosen yang berasal dari PTS apakah di TTD oleh Rektor atau Koord.Kopertis? Kedua, apakah surat ini disubmit p[ada saat registrasi atau nanti setelah dinyataklan lulur kemudian disusulkan? Thanks for your assistance.
    Best, Nirma

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabarnya surat perjanjian untuk calon dosen tahun ini hanya antara kamu dan DIKTI saja. jadi tidak perlu kampus asal lagi. namun kepastiannya menunggu buku panduan BPP-DN keluar.. surat perjanjian dimasukkan pada saat mendaftar BPP-DN.

      Delete
    2. dari bku panduan yang ada di menu unduh, itu ada surat perjanjian di lampiran 4, terdapat NIDN/NIK, yang mengatakan bahwa jika ada NIDN menggunakan NIK, sedangkan saya sebagai calon dosen belum mendapat nomor apapun dari kampus tempat mengabdi saya kelak..mohon pencerahannya mas :)

      Delete
    3. maaf bertanya lagi..di lampiran 4 itu ada pihak 1 itu kita pelamar kan ya ? pihak 2 itu tempat prodi 2 yang qt tuju bukan ya ? sedangkan rektor itu rektor kampus tempat qt mengabdi nanti atau bagaimana ya ? terima kasih :)

      Delete
  28. Mas, kalau surat perjanjian siap ditempatkan di seluruh ptn/pts seluruh Indonesia seperti apa ya?
    Saya berminat untuk mendaftar Beasiswa Unggulan / BPP-DN tapi belum menjadi dosen.
    Kemudian, saya mendaftar di BPP-DN terlebih dahulu atau mendaftar di universitas yang saya tuju terlebih dahulu?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. format surat perjanjiannya ada di buku panduan BPP-DN. hanya saja saat ini buku panduan tersebut belum dikeluarkan DIKTI.. seharusnya daftar BPP-DN dulu baru daftar PPs. namun ada juga kampus yang memiliki kebijakan boleh daftar PPs dulu, berkas BPP-DN nya menyusul.

      Delete
    2. maaf, memang beda ya mas indra antara materi sosialisasi bpp-dn dngan buku panduan dikti? trmksih

      Delete
    3. terima kasih mas atas pencerahannya :)

      Delete
  29. Assalamu'alaikum mas indra
    apasih bedanya calon dosen dengan tenaga pendidik?
    apakah untuk mengikuti program tenaga pendidik dikti kita sudah lebih dulu mengabdi di univ.tertentu ataukah boleh sama sekali belum pernah?terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      tenaga pendidik itu pegawai tetap non dosen di universitas, seperti staf tata usaha, teknisi lab, dan lain-lain. jadi harus sudah bekerja dulu, baru bisa ikut yang tenaga pendidik.

      Delete
  30. Pedoman BPP-DN 2013 udah ada mas indra,,bsa dlihat d beasiswa.dikti.go.id/dn/ atau bsa jg liat d studi.dikti.go.id

    ReplyDelete
  31. mas, saya achmad suryadi:

    saya mau daftar s2 UGM dgn BPPDN tapi di jadwal pendaftaran dan UM UGM nya berisi "Menyesuaikan dengan jadwal pendaftaran BPP-DN DIKTI 2013 " nah, sekrang sudah keluar panduan nya dari dikti, tapi di panduan dituliskan , selambat2nya berkas usulan penerima bppdn tgl 27 juni plg lambat. jadi Pendaftaran dan UM UGM kapan ya mas ?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mencoba memberikan saran mas, mas aktif menanyakan ke prodi tujuan mas di UGM biasanya yang paling tahu tentunya prodi tujuan, kapan pendaftaran dan proses lainnya

      Delete
    2. kalau boleh tau kapan tanggal seleksi di UGM mas? saya kemaren menanyakan bulan mei katanya, tapi pastinya ga ada informasi mas, terimakasih

      Delete
    3. Berikut jawabannya:

      jadwal UM bisa saudara pilih sewaktu saudara mendaftar secara online.

      Delete
    4. tapi di jadwal UM tanggal 2 seleksinya mas? maksud mas mungkin PAPS sama acept ya? kalau PAPs sama Acept memang boleh sebelum tanggal seleksi dilakukan setahu saya mas

      Delete
    5. Bentar mas,. ki8ta samakan presepsi dulu, bukannya yang tes tanggal 2 juni atau 4 juni itu tes PAPs dan Acept ya? kalo bukan seleksi yg mana yang mas maksd?

      Delete
    6. Iya betul mas tapi PAPS sma Acept bisa dilakukan sbelum tanggal 2 juni jadi nanti tinggal dilampirkan saja mas, itu yang saya tau. PAPS seleksinya di Fak. Psikologi UGM sedangkan acept di pusat bahasa, ada jadwal rutinnya mas. tapi kalau ga sempat tapi ingin langsung ikut di tanggal 2 juni jg gpp mas.

      Delete
    7. brarti kita bayar lagi kan buat tes nya mas,., hmm,., berat di ongkos mas,., maklum,., saya ikut yang tanggal 4 mas,. kalo boleh tw , mas ikuit jg? UGM jg?

      Delete
    8. Insyaaalah iya mas ngambil UGM juga

      Delete
    9. Jurusan apa mau ambil mas? saya dari UNRI

      Delete
  32. mas,,buku panduan BPPDN nya sdh keluar,,cuma ada beberapa hal yg tdk sy mengerti
    menurut info yg sy dapat calon dosen tdk perlu melampirkan surat rekomendasi dr PT asal,,tp d buku panduan mengatakan harus memiliki surat penugasa,,apakah surat penugasan itu juga berlaku utk calon dosen,,atau dosen saja??

    ReplyDelete
  33. buku panduan BPPDN bs didonlot dmn mas?
    thanks

    ReplyDelete
  34. assalamu'alaikumwr.wb.
    Saya dari Aceh,mau bertanya,
    1.di BPPDN dituliskan salah bidang ilmu strategis bagi calon dosen bidang untuk ilmu Pendidikan adalah bahasa asing dan daerah.yang ingin sy tanyakan apa magister Pendidikan bahasa indonesia include dalam bidang strategis tersebut?
    2.Saya sebenarnya berminat untuk memilih linguistik di UPI.tapi tahun 2012 ada penerima BU yang ternyata jurusan linguistik yg dibatalkan oleh DIKTI(http://sps.upi.edu/2012/09/pembatalan-mahasiswa-penerima-beasiswa-unggulan-dikti-2012/)apa UPI hanya direkomendasikan oleh DIKTi untuk jurusan kependidikan saja?jadi sy jadi khawatir.
    mohon penjelasannya.terima kasih

    ReplyDelete
  35. asw...
    Pendidikan Matematika apa include dalam bidang strategis ilmu kependidikan MIPA bang?
    mohon jawabannya terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam.. iya, include. MIPA = Matematika + IPA

      Delete
  36. Asslmkum nama saya hana mas indra. Maaf mau tanya kalo di buku panduan di bppdn itu ada kata minimal 80% penerima bppdn adalah staf atau lulusan luar kampus penyelenggara. Itu maksudny gmn? Sedang saya mendaftar di kampus yg sama dg s1 saya dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      maksudnya penerima BPP-DN di kampus penyelenggara dari kalangan internal (staf dan lulusan) maksimal cuma boleh 20%. sisanya harus dari luar. karena kamu mendaftar di kampus yang sama dengan S1 kamu dulu, kamu termasuk yang 20% ini.

      Delete
    2. Berarti sedikit sekali kemungkinannya? Wah atau saya daftar di kampus lain aja ya mas?

      Delete
    3. mendaftar BPP-DN itu cuma boleh di satu kampus tujuan aja. nggak boleh mendaftar di dua kampus secara bersamaan..

      Delete
  37. Mohon maaf ralat mas saya masih akan daftar jadi apakah pernyataan 80% itu harus jadi pertimbangan juga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi PPs kampus tujuan, aturan 80% itu wajib dilaksanakan. bagi kamu, aturan tersebut boleh dipertimbangkan, boleh juga tidak.. kalau kamu yakin bisa masuk yang 20%, tidak apa2 daftarnya ke kampus S1 kamu lagi.

      Delete
  38. maaf mas, mau tanya, untuk ilmu hukum apakah dapat mengajukan BPP DN? dan apakah hrs tercantum sbgai pegawai/dosen di universitas terkait? mohon infonya, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo calon dosen tidak bisa. bisanya cuma untuk dosen dan tenaga kependidikan.

      Delete
  39. sore mas, mau nanya, kalau untuk ilmu hubungan internasional bisa ga mengajukan BPP DN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa. mulai tahun ini hubungan internasional tidak termasuk bidang keilmuan strategis lagi.

      Delete
  40. Selamat sore, saya Ratna. Saya ingin memastikan, jika mengacu pada buku panduan (BPP-DN) apakah pelamar yang berstatus sebagai calon dosen juga WAJIB melampirkan Surat Ijin Rektor(PTN)/Koordinator Kopertis(PTS???? Mohon petunjuk, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di web pendaftaran BPP-DN, calon dosen diminta mengunggah surat ijin rektor/koordinator kopertis dan foto. menurut saya, surat ijin rektor/koordinator kopertis itu diisi lampiran 1 aja.

      Delete
  41. Mas..sya mau tanya...
    klw dr teknik industri mau lanjut ke teknik mesin bsa ndk y??
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum wr. wb...
    terimakasih mas atas infonya..

    mohon pencerahan mas..
    bagi yg calon dosen, pengisian NIK dan KTP sama ya mas??
    dalam unggah file ijin rektor, cukup mengunggah lampiran 1 saja mas??
    terimakasih.

    wassalam.

    ReplyDelete
  43. Assalamu'alaikum.. maaf mas, mohon bantuan informasinya. setelah saya mencoba mendaftar beasiswa dn ini ternyata dibutuhkan Surat Ijin Rektor(PTN)/Koordinator Kopertis(PTS). Ini berbeda dgn tahun yang lalu, kata temen saya dia ga pakai rekomendasi dr universitas cukup mengisi perjanjian dengan dikti saja. Pertanyaan saya, apakah tahun ini beasiswa itu hanya untuk calon dosen yang sebelumnya bekerja pada universitas atau bisa juga bagi saya yang ga bekerja di sebuah universitas. Terus saya baca dr komentar mas di atas, surat ijin itu semacam surat penugasan dari universitas. Otomatis saya ga bisa daftar ya karena surat tugas itu kan biasanya untuk orang yang sudah bekerja di tempat yang mengeluarkan surat. Apakah benar begitu ?

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  44. Tolong bagi temen2 yang tau jawabannya, monggo di jawab yah
    aku kan dah daftar, nah aku agak bingung
    ntar, klo misalkan insha Allah kita keterima, trus kita kuliah, lulus., kita ntar ngabdi di mana yah? apa kita dipilihin ma DIKTI ato gmna?

    hatur nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lho Isi Perjanjian di Lampiran 1 poin 2 dibaca dan dipahami lagi. Kalau sudah paham pasti Insya Allah pertanyaanmu bisa kamu jawab sendiri.

      Delete
  45. mz, sya ingin bertanya, untuk halaman pendaftaran beasiswa dr dikti. di hal pendaftaran online dituliskan wajib mengisi NIDN. tp saya berasal dr PTS, apa boleh NIDN diganti dn NIK ?? trimakasih..

    ReplyDelete
  46. Mas, ada berkas toefl gak yg harus diupload di bppdn? Trims.

    ReplyDelete
  47. Ass... Mas Indra..
    Perkenalkan sy ikmal asal makassar..
    sy mw nanya nih...
    soal persyaratn PPs yang mensyaratkan rekomendasi dosen ahli yang dibuat dalam dua rangkap.. sy sdah diberi rekomendasi oleh dosen ahli.. tp cmn 1.. & i2 tdk bisa sy rangkapkn krn di masukin dalam amplop...
    bs nd klo cmn 1 rangkap aja..
    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam..
      itu maksudnya rekomendasi dari dua orang dosen ahli, masing-masing satu rangkap saja. kalau cuma dari satu orang, peluang kamu lolos di PPs kecil.

      Delete
    2. ooww... 1 rangkapn aja ya mas.. Trims mas indra..
      maksud sy sebelumnya i2 sy dah dpt rekmendasi dari 2 dosen ahli.. tpi masing2 di masukin dalam amplop.. trus sy baca ulang persyaratan PPs nya i2.. seluruh dokumen dibuat dalam 2 rangkap.. i2 mas yg sy bingungin sebelumnya...

      Lagi Mas.. Klo untuk daftar BPP_DN kategori calon dosen yg diapload cmn 3 kan mas..(prjanjian dengan Pihak dikti, surat ket. lulus & Transrip Nilai)...??
      trus klo g' punya sertifikat toefl & TPA tetap bisa kan mas daftar BPPDNnya...??
      trims sebelumnya mas...

      Delete
  48. Assalamu'alaikum.. yg mendaftar di UGM di salah satu persyaratan disuruh menyertakan Surat rekomendasi dari Perguruan Tinggi, institusi pemerintah atau swasta , apakah itu juga berlaku untuk calon dosen.. ?

    ReplyDelete
  49. mas untuk BU on going dalam negri ada ngga untuk tahun ini ... ?

    ReplyDelete
  50. Assalaamu'alaikum wrwb,
    Mas, boleh nggak ya udah mendaftar melalui jalur BPP DN ujian 23 Mei, kemudian daftar lagi memlalui jalur Non BPP DN yang ujian tgl. 15 Juni 2013 yang akan datang.....?
    Tlg ya Mas........................?

    ReplyDelete
  51. Asalamualaikum,
    Salam sejahtera untuk bapak / ibu.
    Saya pendaftar beasisa BPP-DN dikti. Tetapi ada masalah ketika selesai upload foto terjadi ke erroran sehingga saya tidak sempat mengetahui pasword saya, bisakah membantu saya untuk mengetahui pasword dikti saya? penting sekali.

    Mohon sekiranya bapak/ibu untuk dapat memberikan info lebih lanjut.
    Nama : Ratna Hermiati
    No Pendaftaran : TUZNOIBPHY

    Atas pertolongan dan perhatian, saya ucapkan trima kasih.

    ReplyDelete
  52. Asalamualaikum,

    Maaf sebelumnya mas, saya mau tnya
    sayy daftar dikti kmrn, pas mau unduh berkas n foto, koneksi internetnya error.
    skrg saya mau daftar lg, ngulang dr awal, tp pas mau lanjut stlh mengisi data diri, ga bisa mas.
    ada kata begini:
    "Anda tidak diperkenankan mendaftar lebih dari satu, silakan cek email Anda untuk melihat No Registrasi/User dan Password
    Anda tidak diperkenankan mendaftar lebih dari satu kali, silakan cek email Anda untuk melihat No Registrasi/User dan Password"
    Tp setelah saya cek email ga ada pemberitahuan dari dikti, mohon bantuan dan solusinya ya mas.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di email bagian trash nya.. Kayaknya kebuang ke trash..

      Delete
  53. Ass...S1 saya jurusan manajemen informatika dengan gelar S.Kom dan saya ingin mengajukan BPP-DN,tapi ingin mengambil jurusan ilmu manajemen..karena menurut saya kedua jurusan tersebut berada pada rumpun ilmu yang sama...apakah saya bisa diterima...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk BPP-DN on going bagaimana prosedurnya mas?
      Kapan pengumuman nya mas untuk yang tahun 2013 mas?

      Untuk lampiran 1
      PERJANJIAN
      antara
      Calon Dosen Penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) Ditjen Dikti
      dengan
      Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi


      Tanda tangan

      Pihak Kedua,
      Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      (Supriadi Rustad)
      NIP. 19600104 198703 1 002

      Diperoleh dari mana?
      Terimakasish...

      Delete
  54. Maaf MAS... sy mau brtanya...
    pda laman dikti/dn ada "kesanggupan" ,itu mksdnya gmna??
    sdgkan wktu pndftran kmrin sy sdh upload surat rekomendasi dri Rektor PTN sy S1. Terima Kasih...

    ReplyDelete
  55. Dear Admin,
    Saya Ratna.

    Apakah beasiswa BPPDN ini juga termasuk membiayai keseluruhan SPP di PTN??? Terima kasih

    ReplyDelete
  56. cara mencantumkan fhoto ke bukti pendaftaran cara online gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah otomatis maz waktu kita upload foto

      Delete