Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Friday, March 14, 2014

BPPDN 2014 untuk Calon Dosen Ditiadakan!

Ada kabar buruk buat teman-teman yang ingin melamar Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) tahun 2014. Tidak seperti tahun-tahun lalu, mulai tahun ini DIKTI tidak lagi membuka pendaftaran bagi calon dosen. Mulai tahun ini, BPPDN hanya untuk dosen dan tenaga kependidikan.

Isu tentang tidak adanya BPPDN 2014 untuk calon dosen memang sudah santer terdengar sejak beberapa waktu lalu. Ketika pertama kali saya mendengarnya, saya sendiri pun merasa tidak percaya. Karena peminat beasiswa ini masih sangat banyak, dan Indonesia masih kekurangan tenaga dosen.

Saya juga teringat perkataan Bapak M. Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) pada saat pembekalan penerima Beasiswa Unggulan 2011 calon dosen yang telah lulus dan akan melakukan pengabdian bulan Desember 2013 lalu. Beliau mengatakan, "Kita itu sebenarnya kekurangan stok orang-orang yang memenuhi syarat secara akademik untuk bisa menjadi dosen. Padahal kebutuhan untuk menjadi dosen tidak bisa ditunda-tunda." (Berita selengkapnya ada di sini). Berdasarkan perkataan beliau, saya mengira program BPPDN calon dosen akan tetap dilanjutkan. Namun ternyata, kenyataannya berbeda..

Info mengenai tidak adanya BPPDN 2014 untuk calon dosen saya konfirmasikan kebenarannya berdasarkan keterangan dari tiga narasumber. Pertama, info dari seorang teman yang menelpon staf DIKTI yang mengurus masalah BPPDN. Hasil pembicaraan mereka: BPPDN 2014 untuk calon dosen tidak ada, tetapi untuk dosen dan tenaga kependidikan masih ada. Kedua, info dari seorang teman yang mengikuti pengarahan dari seorang dosen koordinator program beasiswa DIKTI di suatu kampus. Katanya, mulai tahun ini DIKTI tidak lagi boleh mengurus calon dosen. Yang mana itu berarti BPPDN 2014 untuk calon dosen tidak ada.

Ketiga, info dari utusan panitia Scientific Meeting III dengan Sekretaris DIKTI. (Scientific Meeting merupakan suatu forum silaturahmi penerima BU/BPPDN se-Indonesia dengan DIKTI). Info yang didapat juga senada dengan kedua narasumber yang telah saya jelaskan di atas.. Kesimpulannya: BPPDN 2014 untuk calon dosen memang tidak ada lagi, alias ditiadakan. (Narasumber dibuat anonim untuk menjaga privasi).

Nah, sampai di sini, apa yang bisa teman-teman lakukan? Teman-teman tetap bisa melanjutkan kuliah S2/S3 dengan beasiswa. Hanya saja, penyedia beasiswanya bukan lagi DIKTI. Ada beberapa beasiswa yang bisa teman-teman lamar, misalnya Beasiswa LPDP Kemenkeu, Beasiswa Unggulan Kemdikbud, beasiswa kementerian lainnya, beasiswa khas kampus (misalnya di ITB ada beasiswa voucher), beasiswa dari pemerintah daerah tempat teman-teman berasal, beasiswa dari lembaga/yayasan non pemerintah, dll.

Oleh karena sampai saat ini saya bukan penerima beasiswa-beasiswa di atas, maka saya tidak dapat bercerita banyak mengenai beasiswa-beasiswa tersebut seperti saya bercerita dan berbagi mengenai BU/BPPDN/BPPLN DIKTI (setidaknya dalam waktu dekat ini). Namun jika ada penerima beasiswa-beasiswa tersebut di atas yang ingin berbagi info, silahkan mengirimkan tulisannya ke saya, untuk kemudian dimuat di blog ini.

Semoga berhasil!

63 comments:

  1. Wahhh sanyang bgt :'( hiksss :'( kok bsa u :'(. Huhuahuaaa. Sedihnya... Pdhal bru niat mau dftr beaiswanya :'(

    ReplyDelete
  2. klo BPPLN calon dosen gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beasiswa tersedia banyak untuk mahasiswa berprestasi,namun bukan lagi calon dosen, silahkan di LPDP Kemenkeu buka saja webnya. Intinya ikatan dinasnya harus kembali berkiprah ke Indonesia

      Delete
  3. Waaaaa sayang sekali... padahal teman2 sy mau daftar bppdn caldos tahun ini :(

    ReplyDelete
  4. Klo dilihat dari jumlah penerima beasiswa sudah cukup banyak untuk beberapa tahun kedepan. Karena diktipun masih kesulitan untuk menempatkan lulusan yang telah ada.

    ReplyDelete
  5. Brarti yg lulusan thun ini klo mau daftar BPPDN dikti g bsa mas?

    ReplyDelete
  6. Kalo bpp ln msh bs utk calon dosen ga ?

    ReplyDelete
  7. Aduuhhh.... Sedih banget bacanya... T.T
    Padahal sudah excited bgt mau daftar tahun ini...
    Mudah2an pihak dikti berubah pikiran...

    ReplyDelete
  8. bagaimana kalau kita rame2 tanya ke dikti, bisa lewat telpon, email, surat pembaca, bahkan datang langsung ke dikti bagi yang memungkinkan. siapa tau kalau banyak yang minat gitu, dikti mau berubah pikiran atau setidaknya menjelaskan mengapa bppdn 2014 tidak terbuka bagi calon dosen.

    ReplyDelete
  9. Informasi nya sangat up to date,
    tapi bagaimanapun juga tetap pantau terus situs bpp-dn (http://beasiswa.dikti.go.id/dn/). Disanalah pemberitahuan final/resmi Dikti.
    Karena tahun-tahun sebelumnya juga beredar issue-issue seperti ini.
    Jika memang tidak ada lagi, teman-teman mesti lebih bergerilya memburu beasiswa lain. Tentunya dengan persiapan yang matang....
    *Salam sukses selalu*
    -penerima bpp-dn Undip tahun 2013-

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kita buka web BPPDN di atas, klik menu Daftar Beasiswa, untuk tahun masuk 2014, cuma ada pilihan dosen dan tenaga kependidikan. silahkan dicek.

      Delete
    2. mas mau tanya, untuk persyaratan Toefl itu sangat menentukan tidak, karena saya sendiri tidak memiliki kemampuan dalam bahasa inggris, persyaratan lainnya Insha Allah sesuai persyaratan..

      Delete
  10. Bener Pak Indra, saya sudah cek juga. Tapi ketika saya klik dosen, dan terbuka, di sana ada piihan calon dosen yang belum memiliki NIK. Calon dosen di sini maksudnya, dosen yang sudah mengajar di suatu instansi/univ tetapi belum memiliki NIK atau orang yang mau mencalonkan diri sebagai dosen? Siapa yang tau maksudnya, berbagi informasi ya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak monica, saya juga berpendapat ada item tanda bintang yg tertera katanya bagi calon dosen yg tidak memiliki NIP atau NIK isi saja dengan dash (-) itu berarti bagi calon dosen insya Allah masih ada kok...

      Delete
    2. semuanya sudah di isi, tapi kok kolom namanya tidak muncul ya?

      Delete
    3. tetap optimis, saya pribadi sudah hampir dua tahun nungguin, setalah tahun kemaren gagal ikut seleksi. pada laman daftar beasiswa memang tidak terdapat untuk calon dosen. kalau menurut saya itu karena yang dibuka baru untuk BPP-LN, sebagaimana kita tahu BPP-LN tahun ini kan memang meniadakan calon dosen. Tetap optimis buat semua yang udah nungguin BPP-DN :D

      Delete
    4. Mb Indira : tadi saya coba lihat, pas mau ditulis dash (-) ternyata tidak bisa.

      Delete
  11. Iya setelah dibuka distep yang ke2, ada "Jika Dosen, nama pelamar diambil dari NIDN yng telah diinputkan
    Untuk Calon Dosen yang belum memiliki NIK, silakan inputkan anda dash ( - )" saya juga masih bingung dengan maksud itu, tapi mending kita pantau saja web resmi dari dikti

    ReplyDelete
  12. sangat disayangkan kalau smpai di tiadakan, sudah lebih 2 tahun mempersiapkan buat ikut tapi ditiadakan.

    ReplyDelete
  13. Mau mmberikan informasi.ad informasi bahwa yg d tiadakan itu ktanya calon dosen untuk s3.kl utk s2 katanya masi ad utk calon dosen..mungkin kita memang hrus menunggu pengumuman final dari dikti

    ReplyDelete
  14. buat agan2 mohon d tunggu sampai bulan 4 ... mudah2an ADA tuh bppdn.

    ReplyDelete
  15. Iya optimis saja, mudah2n tetap ada. kalw tidak ada terus bagaimana dengan nasib mhs2 yang secara akademik memilki potensi tapi secara ekonomi tak mampu? sangat disayangkan sekali, padahal indonesia membutuhan banyak orang2 yg berkualitas untuk menjadikan dan mengubah indonesia sendiri. #mengubah menjadi yg lebih baik

    ReplyDelete
  16. benar-benar bikin galau deh berita ini, udah hampir 2 tahun nungguin gara-gara tahun kemaren ngga bisa ikut seleksi tapi tahun ini pas udah niat bgt ikutan malah ada info seperti ini. semoga aja ada, kasian kami yangkurang mampu tapi ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  17. Ya Allah.. sedih sekali mbacanya.. semoga tahun ini masih ada.. kita tunggu saja, teman2..

    ReplyDelete
  18. Tetap optimis saja, bersabar semoga ada kebijakan dari pihak DIKTI

    ReplyDelete
  19. kabar ini belum pasti.. Ayo kawan2 kita berdoa semoga bppdn utk caldos tetap diadakan!!.. amiinn

    ReplyDelete
  20. kok http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ gkbs dibuka y mas/mbk? yg bs dbuka malah ini : http://beasiswa.dikti.go.id/web/, cm kok ttp aja link BPPDN ny msh ksng

    ReplyDelete
  21. Klo yang aku lihat di PASCA ITS disitusnya uda buka pendaftaran BPPDN 2014 dan memang hanya untuk dosen dan Tendik...jadi yah memang informasi ini betul...soalnya klo kita melihat Menteri pendidikan itukan asal ITS jadi yah boleh dibilang segala informasi pasti lebih mengutamakan mantan kampusnya itu....http://pasca.its.ac.id/index.php?its=content&p=24

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pada poin pertama di bagian persyaratan pendaftar tertulis: Dosen perguruan tinggi negeri dan dosen tetap yayasan yang memiliki NIDN atau calon dosen / staff tenaga kependidikan di lingkungan Kemendikbud.. Jadi bisa jadi calon dosen disamakan dengan staff tendik karena satu jenis beasiswa, contoh BU pada tahun sebelum 2013. In Sya'a Allah, do'a kita yang berusaha dan bekerja keras diijabah oleh Allah SWT. Tetap ikhtiar, bismillaaaaaahhhh......

      Delete
  22. iya nih web diktinya ga bisa terbuka. apa sedang di revisi ya biar ada kolom calon dosennya (aamin) ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut mendoakan mbak, amieeenn...

      Delete
    2. Amiiin...smoga doa kita semua di ijabah :)

      Delete
    3. untuk calon dosen ditiadakan mungkin dikarenakan tahun kemarin saja masih banyak lulusan yang belum ditempatkan, ditambah masalah calon dosen yang enggan ditempatkan didaerah pelosok sebagai dosen, ada pula masalah gaji kecil. Jadi saatnya bukan untuk mencari beasiswa calon dosen. Beasiswa umum lebih banyak, silahkan buka web LPDP, atau DIKTI untuk beasiswa unggulan, anda tidak perlu dibebankan harus jadi dosen, syaratnya hanya harus kembali ke indonesia dan mengabdi sesuai bidang kemampuan anda. Baik beasiswa dalam dan luar negeri.

      Delete
  23. sebenrnya ada gak si BPPDN 2014/2015..
    soalnya situsnya aja udah gak bisa di buka sekarang,,,

    ReplyDelete
  24. Sekedar informasi, tadi saya telpon. Orang Dikti mengatakan bahwa BPPDN itu masih akan dirapatkan dalam rapat koordinasi. Jadi, sabar saja dan harap ditunggu informasinya di web dikti.

    ReplyDelete
  25. smoga msih ada, ane udh niat banget mau daftar bpp-dn ini

    ReplyDelete
  26. semoga masih ada beasiswa bppdn tahun ini.. amiiin *ini doa dari segenap mahasiswa yg berminat mengabdi pada negara*

    ReplyDelete
  27. Sejauh yg saya tahu 'porsi anggaran' BU calon dosen diarahkan ke Beasiswa LPDP. Ayo....sama saja silahkan apply rame-rame

    ReplyDelete
  28. Semoga masih ada bppdn untuk caldos thn 2014 ini ya mas mbak. Mari kita sama2 berdoa dan berharap yg terbaik Aamiin.

    ReplyDelete
  29. Bppdn sudah benar-benar ditiadakan bagi calon dosen. Surat edarannya sudah diterbitkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana ya surat edaran tersebut bisa didapatkan? minta link-nya atau tolong kirim file surat edaran itu ke email saya ya! alamatnya ada di sini.

      Delete
  30. iya.. ada surat edarannya beredar di Grup FB yaitu di grup Menuju BPPDN Dikti 2014, disitu suratnya menunjukkan BPPDN tahun ini hny unt Dosen Tetap, Tendik, PNS Kopertis dan PNS Ditjen Dikti. surat nya ditandatangi oleh Supriadi Rustad, per tanggal 17 Maret 2014 yg dikirimkan ke seluruh kmpus penyelenggara BPPDN

    ReplyDelete
  31. Saya dapat kabar dari teman yang menerima caldos bppdn 2011, emang kabarnya dikti agak kesulitan menempatkan caldos.. mungkin itu salah satu pertimbangan bppdn caldos ditiadakan. tp tunggu aj kabar selanjutnya..semoga masih bisa kita daftar :)

    ReplyDelete
  32. sudah ditetapkan, beasiswa calon dosen 2014 tidak ada.
    http://www.dikti.go.id/id/2014/03/28/penyelenggaraan-bpp-dn-2014/?lang=id

    ReplyDelete
  33. Yahh.. sayang sekali beasiswa ini ditiadakan untuk calon dosen. Padahal sudah cepet-cepet lulus biar bisa daftar beasiswa ini.. Tapi masih banyak jalan menuju Roma, katanya LPDP juga bagus sih..

    ReplyDelete
  34. Yah,, aq taunya telat sih.. Kalo tau ada beasiswa ini tahun tahun kemaren aq daftar deh.. Sekarang giliran mw daftar malah ditiadakan :(

    ReplyDelete
  35. silahkan buka link ini http://studi.dikti.go.id/study/page-12-persyaratan-bpps.jsp di sana tertulis ada persyaratan beasiswa bppdn bagi calon dosen. persyaratannya baru update tanggal 1 april 2014. apakah masih ada harapan untuk beasiswa bppdn bagi calon dosen???

    ReplyDelete
  36. dari laman http://studi.dikti.go.id/ ... ada info beasiswa bppdn 2014 untuk calon dosen, tpi surat resminya belum ada...

    ReplyDelete
  37. saya coba lihat di pengumuman web dikti http://studi.dikti.go.id/study/page-12-persyaratan-bpps.jsp

    disitu tertera tanggal 01-04-2014 ada persyaratan untuk calon dosen juga

    Oleh S. P. Diassari 01-04-2014 12:36:17

    Sesuai dengan tujuannya, beasiswa ini diperuntukan untuk dosen yang telah memiliki NIDN. Secara rinci persyaratan calon penerima BPP-DN untuk dosen adalah sebagai berikut :
    a) Dosen tetap pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang telah mempunyai NIDN;
    b) Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009. Surat Keputusan Tugas Belajar (sebagaimana tercantum pada peraturan tersebut) harus diperolehnya maksimal satu tahun sejak diterima sebagai mahasiswa. Segala konsekuensi yang diakibatkan oleh tidak diurusnya SK Tugas Belajar tersebut menjadi tanggung jawab dosen yang bersangkutan dan perguruan tinggi yang mengirimnya.

    Bagi calon dosen harus memenuhi:

    Tidak berstatus CPNS/PNS dan tidak memiliki sertifikat pendidik
    Memiliki minat menjadi dosen
    Memiliki skor TOEFL minimal 500 saat dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa
    Memiliki ikatan kerja atau bersedia menjalin ikatan kerja dengan PTP atau PTM
    Bersedia menjalani ikatan kerja selama satu kali masa studi normal plus satu tahun (n + 1)

    Persyaratan lebih lengkap dapat dibaca pada Panduan BPP-DN.

    padahal Surat Keputusan itu tertanggal 17 maret 2014.
    Maksudnya apa ini? informasi yang di web dan di SK kok rancu.

    Trus untuk persyaratan Dosen yang mau lanjut Magister/S2 harus punya NIDN. Bukannya syarat untuk jadi dosen harus S2, S1 pun hanya akan jadi asisten dosen dan apa mungkin bisa didaftarkan NIDN nya kl masih S1?. apa itu diperuntukkan bagi dosen2 tua yang belum kualifikasi S2.
    Mohon pencerahannya teman-teman

    Perubahan kebijakan yang menggelikan. Semoga masih dibuka untuk calon dosen. kasihan teman2 yang sudah semangat dan mempersiapkan segalanya, walaupun masih ada beasiswa lain. - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2014/03/pendaftaran-bppdn-2014-dibuka-31-maret.html?showComment=1397106220289#c4166592264008335540

    ReplyDelete
  38. Teman-teman sekalian, mari kita berdoa saja agar kita-kita yang memiliki mimpi untuk mendapatan beasiswa calon dosen bai BPP-LN maupun BPP-DN akan segera terwujud.

    Nah, kalo pengalaman saya beda lagi.
    Saya ada koneksi yg merupakan interviewer DIKTI dan kebetulan dosen di UGM.
    Beliau mengatakan bahwa Beasiswa Calon Dosen sudah dibuat panduannya dan kemungkinan sebentar lagi akan ada pengumumannya. Wallahua'lam.

    Namun memang ada perbedaan dengan aturan main tahun lalu. Kali ini yang dimaksud 'calon dosen' adalah kita-kita yang sudah memiliki universitas homebase (tempat akan mengabdi) namun belum memiliki NIDN. Dan itu harus dilampirkan pada saat daftar beasiswa. Formatnya harus ada tanda tangan / kotra dengan Rektor Universitas homebase dalam bentuk akta notaris. Jadi memang rada beda dgn tahun lalu yg akan ditempatan oleh DIKTI.

    Kiranya begitu. Mari sembari berdoa, kita tunggu saja pengumuman resminya dan berusaha mencari universitas yang bisa kita jadian sebagai homebase.

    Cheers,
    MPR

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIlahkan anda buka LPDP dan DIKTI Beasiswa Unggulan untuk beasiswa umum. Beasiswa masih tersedia untuk siswa berprestasi. Jadi jangan menunggu beasiswa calon dosen. Jika anda berminat jadi dosen, seyogyanya, ketika lulus S2 anda sudah menjadi calon dosen, silahkan pilih perguruan tinggi yang anda inginkan. Silahkan buka webnya.

      Delete
  39. Kapan ya pengumumanya...ko blom ada yaw..mohon infonya misal sudah ada panduan dan pengumumanya

    ReplyDelete
  40. aslm
    nama saya Muh. Alam Nasyrah Hanafi NIDN: 0901118801
    saya mau nanya mengenai kelengkapan pendaftaran onlinenya, saya tdk bisa melanjutkan kelengkapannya karena bermasalah dengan "PASWORD", saya tdk bisa masuk ke LOGIN pendaftaran selanjutnya. saya lupa berapa PASWORD nya untuk login

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga punya masalah yamg sama dengan Pak Alam Nasyrah, sudah menghubungi dikti via telp. email, fb, & twitter, blm juga mendpt respon. rencananya saya mau datang langsung aja ke dikti

      Delete
  41. iye salam kenal aja mba Witha
    ada no.pin atau telpon yg bisa sy hubungi ke qt.. Saya mau minta tolong untuk titp nama saya juga ke dikti untuk dberikan pasword, soalnya saya berdomisili d makassar
    pin saya: 291FB0C4 telp. 085231119242

    ReplyDelete
  42. Assalammualaikum Wrh Wbr

    Nama saya Yos Witarsa, sudah punya NIDN = 3402047802, tapi koq nggak bisa daftar beasiswa S2 untuk Dosen karena adanya keterangan/ tulisan yang menyatakan bahwa : "Pendaftaran Beasiswa tidak dapat dilanjutkan. Beasiswa tersedia hanya bagi Dosen yang bertugas di Perguruan Tinggi dibawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan" Mohon penjelasannya, terima kasih

    Wassalammualaikum Wrh Wbr

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek nomor NIDN anda, apakah valid? cek ke DIKTI/Perguruan tinggi anda

      Delete
  43. Assalamu'alaikum wr.wb....
    Sungguh sangat disayangkan BPPDN yang calon dosen telah ditiadakan. Karena ada teman saya yang kemaren daftar namun blum lolos dan berencana ikut lagi tahun ini, namun setelah ada pengumuman diatas menjadi pupuslah harapannya untuk melanjutkan studi.

    Memang dengan adanya beasiswa ini, akan sangat membantu dan memberi peluang besar bagi yang berminat untuk melanjutkan studi. Saya termasuk penerima beasiswa BPPDN angkatan 2013 dan kemungkinan yang terakhir.

    Info yang saya dapatkan dari pasca mengenai kenapa BPPDN calon dosen tahun ini ditiadakan adalah karena banyak penerima beasiswa yang sudah selesai studi, namun tidak menjalankan pengabdian yang seharusnya dilakukan atau dalam istilah lain "melarikan diri". Hal inilah yang mungkin menjadi penyebab utama beasiswa calon dosen tahun ini ditiadakan.
    Salah satu contoh penerima beasiswa calon dosen yang tidak patuh bisa dilihat di studi.dikti.go.id di bagian bawah, di unduhan, PENGUMUMAN !!!

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIlahkan anda buka LPDP dan DIKTI Beasiswa Unggulan untuk beasiswa umum. Beasiswa masih tersedia untuk siswa berprestasi. Jadi jangan menunggu beasiswa calon dosen. Jika anda berminat jadi dosen, seyogyanya, ketika lulus S2 anda sudah menjadi calon dosen, silahkan pilih perguruan tinggi yang anda inginkan. Silahkan buka webnya. - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2014/03/bppdn-2014-untuk-calon-dosen-ditiadakan.html?showComment=1429262718021#c4324406349194445432

      Delete
    2. Assalamualikum,
      saya ingin menanyakan untuk beasiswa BPPDN calon dosen 2015 juga ditiadakan juga ya?
      Terima kasih,

      Delete