Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Thursday, March 14, 2013

Beasiswa Unggulan 2013 Tidak Ada?

Kemarin saya menerima email terusan dari Rian Anggara yang berisi percakapan via email antara dia dan Bapak Ridwan Anzib mengenai Beasiswa Unggulan 2013. Rian Anggara adalah salah satu orang yang berminat untuk mendaftar beasiswa ini, aktif mencari informasi dan mau berbagi. (Semoga dia berhasil mendapatkan beasiswa untuk pendidikan pascasarjana-nya.) Sedangkan Bapak Ridwan Anzib adalah Kepala Subdirektorat Program dan Evaluasi, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikti. Beasiswa Unggulan ini merupakan salah satu program yang beliau tangani.

Dari email tersebut, saya mendapat keterangan bahwa Beasiswa Unggulan untuk tahun 2013 ini tidak ada. Ternyata, kabar angin yang saya dengar akhir-akhir ini benar. Mungkin kamu terkejut. Mungkin kamu tidak percaya. Sudah menunggu-nunggu beasiswa ini keluar. Sudah mencari informasi kesana kemari. Sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Tapi begitulah kenyataannya. Beasiswa Unggulan tahun 2013 tidak ada. Program Beasiswa Unggulan mulai tahun 2013 ini diganti dengan program baru bernama Beasiswa Pendidikan Pascasarjana. Hehe..

Mulai tahun ini, terjadi beberapa perubahan kebijakan beasiswa DIKTI. DIKTI menyederhanakan program beasiswanya yang bermacam ragam (daftarnya bisa kamu lihat di sini) menjadi empat beasiswa saja. Dua diantara empat beasiswa tersebut adalah Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN). Kedua beasiswa ini (BPP-DN dan BPP-LN) terbuka untuk dosen tetap, calon dosen dan tenaga kependidikan tetap di perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadi, untuk kamu yang sebelumnya ingin mendaftar Beasiswa Unggulan, mulai tahun ini mendaftarnya ke Beasiswa Pendidikan Pascasarjana. Untuk keluar negeri, kamu bisa mendaftar BPP-LN di http://beasiswa.dikti.go.id/ln/. Pendaftarannya sudah buka sekarang. Sedangkan untuk di dalam negeri, kamu bisa mendaftar BPP-DN di http://beasiswa.dikti.go.id/dn/. Hanya saja pendaftarannya untuk saat ini belum dibuka. Jika kamu buka web pendaftaran BPP-DN tersebut, kamu akan menemukan menu untuk Daftar Beasiswa belum aktif.

Oleh karena Beasiswa Unggulan mulai tahun ini diganti menjadi Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, maka blog inipun akan menyesuaikan. Ke depan, blog ini insya Allah akan membahas Beasiswa Unggulan tahun 2011-2012 serta Beasiswa Pendidikan Pascasarjana tahun 2013 dan seterusnya. Beberapa bagian blog ini (seperti menu Kampus Asal, Kampus Tujuan, Cara Daftar, Besar Uang, Tanya Jawab, Unduh dan lain-lain) akan saya update segera setelah saya memahami Beasiswa Pendidikan Pascasarjana.

Jika kamu memiliki informasi yang bermanfaat terkait Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, kamu bisa memberi tahu saya, agar informasi tersebut bisa saya publikasikan di blog ini, dan teman-teman pengunjung lainnya bisa mendapatkan manfaat dari informasi tersebut.


Sebagai penutup tulisan ini, berikut beberapa artikel terkait BPP-DN:

84 comments:

  1. Mas indra. kemarin sktr jam 2 siangg saya telpon ke kontak BU 2012.karna mrasa blum puas sama email saya kemarin. katanya untuk tahun ini masih ada tapi blum diumumkan saja. itu yang membuat saya bingung mas. beriitanya masih simpang siur.
    kalo mas indra ada kenalan di dikti. coba mas tanyakan mas.heee
    tolonh pncerahnnya mass

    ReplyDelete
  2. Saya juga salah satu pencari beasiswa BU (BPP-DN), terima kasih sekali mas Indra yang telah memberikan info dengan web ini, sangat membantu sekali.
    Ikut nimbrung ya mas,,
    Untuk mas Rianzz Boyzz, beasiswa BU itu masih ada, cuma ganti nama saja jadi BPP-DN (setelah saya baca-baca link yang diberikan mas Indra tersebut). Kita tunggu saja buku panduuannya, mungkin akan di lauching bersama dengan hari H sosialisasi, kalau di lihat di webnya kan itu ada undangan sosialisasi, mungkin sekarang baru tahap sosialisasi ke PPS penyelenggara.
    Maaf jika ada yang salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pikir juga begitu. ganti nama saja. untuk bidang keilmuan strategis tetap sama. untuk syarat mendaftar kurang lebih sama. masa pengabdian juga sama. yang positif beda sejauh ini universitas penyelenggaranya, jadi lebih banyak.

      Delete
  3. oke,,, mass,, heeeee

    mas rianzzz boyzzz,,, saya nama aslinya mas rian anggara,heee
    salam kenal mas,
    makasih infonya mas,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sudah terjawab ya? saya sepakat dengan mas mfsidiq. ini cuma ganti nama saja. disertai sedikit perubahan mekanisme. detilnya kita tunggu panduannya dulu.

      Delete
  4. makasih infonya.
    saya awalnya mau apply BU dan daftar di ITB. Batas akhir penyerahan berkas pendaftaran (berkas BU/BPP-DN dan berkas untuk PPs penyelenggara) akhir bulan ini. Sedangkan pendaftaran BPP-DN belum dibuka. Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 2011 kejadiannya kurang lebih sama kayak tahun ini mbak. waktu itu pengumuman pendaftaran BU baru keluar beberapa hari setelah tes masuk gelombang 1 selesai diadakan. akhirnya ITB membuka pendaftaran gelombang 1A khusus untuk calon penerima BU.. saya rasa tahun 2013 ini akan seperti itu juga.

      Delete
    2. iya.. terima kasih infonya

      Delete
    3. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  5. saya juga peminat BU tahun 2013 ini. Info dari Mz Indra diatas sangat bermanfaat sekali. brusan juga saya mau download undangan sosialisasi BPP-DN, tapi harus login dlu. gmana ya caranya ...?? teman2 yang mungkin lebih dulu dapat panduan BPP-DN mohon di share ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. panduannya memang belum bisa didownload. nanti saya sediakan di menu Unduh jika sudah ada.. saat ini DIKTI sedang mensosialisasikan beasiswa ini ke kampus penyelenggara. mungkin setelah semua siap, baru pendaftaran dibuka dan panduannya bisa didownload.

      Delete
  6. terima kasih banyak atas informasi yang diberikan.
    Setidaknya saya mendapat sedikit pencerahan :)

    ReplyDelete
  7. Mas.... mau tau link Dikti buat mendwnlod formulir pndaftran BPP-DN (BU) dmana ya mas??
    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk BPP-DN tidak ada formulir pendaftaran. cukup isi data online di web pendaftaran, kemudian cetak bukti pendaftarannya. setelah itu lengkapi dengan berkas lain seperti fotokopi ijazah, transkrip, TOEFL, dll. kirim ke kampus tujuan.. untuk saat ini pendaftarannya belum dibuka. jadi ditunggu saja dulu.

      Delete
  8. saya juga peminat BU sudah cari info sana sini..makasih banyak mas.....info up date nya.....
    semoga update infonya bsa saya terima terus...saya mahasiswa Unversitas jambi disumatera....kabar2 diuniv katanya BU di PTN penyelenggara udah buka..tapi info resmi belum ada..makanya bingung......mohon informasinya teman2 semua...

    ReplyDelete
  9. numpang galau....salam galau pemburu BU 2013,,,,heheheh..
    terima kasih atas info nya mas....
    ditunggu info selanjutnya....

    ReplyDelete
  10. Mas indra, mau tanya untuk tes ELPT ITB gmn ya mas? kok saya nyari infonya belum jelasnya, kan klo TPA mau ikut bayar 350 ke rekening tersebut, tapi klo ELPT ga ada keterangannya harus gmn ya? mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk English Language Proficiency Test (ELPT ITB) silahkan langsung menghubungi UPT Bahasa ITB aja ya! http://www.lc.itb.ac.id/
      Tlp. 022-2505674, 022-4254037
      (Kampus ITB Gedung Labtek VIII lantai 1).

      Delete
  11. Assalamualaikum...
    mas boleh minta tlong di posting email percakapan dari sdr kita Rian Anggara yang berisi percakapan via email antara dia dan Bapak Ridwan Anzib mengenai Beasiswa Unggulan 2013...
    semoga bermanfaat... terima kasih atas postingannya...
    sukses selalu...
    Wassalamualaikum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      email antara Rian Anggara dan Bapak Ridwan Anzib memang tidak saya posting karena saya rasa tidak perlu ditampilkan. jika Ocin merasa perlu, silahkan tuliskan email Ocin di sini, dan email tersebut akan segera saya forward ke Ocin.

      Delete
    2. oke... trm ksh mas...
      okin90@gmail.com

      Delete
    3. emailnya sudah saya forward.

      Delete
    4. iya mas terima kasih y mas...
      sudah saya balas juga kan?

      Delete
  12. mas Indra sya membaca berulang-ulang web yg pean link... mengenai perubahan BU menjadi BPP-DN, lalu muncul pertanyaan d paragraf ke-3 (terakhir) d web tersebut, sbb :
    "Untuk itu, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi terus berupaya untuk mendorong dan meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen yang memiliki kualifikasi akademik minimal magister melalui beragam pendekatan. Satu diantaranya adalah dengan memberikan beasiswa kepada dosen tetap, baik yang bekerja di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat pascasarjana di dalam negeri atau di mancanegara."

    ada kata-kata MEMBERIKAN BEASISWA KEPADA DOSEN TETAP... nah loh...@@@@??? apkah BPP-DN ini untuk yg sudah jadi dosen saja... mhon informasi... terima kasih...
    sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPP-DN ini untuk dosen tetap, calon dosen dan tenaga kependidikan tetap di perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. tulisan di atas benar. hanya saja kurang lengkap..

      Delete
  13. mas indra saya juga sedang nunggu buat daftar beasiswa BPP-DN untuk daftar di kampus ITS,nah apakah saya harus mendaftar s2 dulu di ITS,atau nunggu seleksi dari BPP-DN ini?
    karena di ITS ada 2 pendaftaran nya yaitu BPPS dan non-BPPS?
    termasuk yang manakah BPP-Dn ini mas?apakah BPPs atau non BPPS?
    maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa sebaiknya menunggu pengumuman BPP-DN keluar dulu mas. BPP-DN ini nanti ada gelombang pendaftaran tersendiri.

      Delete
  14. Terima kasih informasinya mas, sangat-sangat bermanfaat. Mudah-mudahan secepatnya panduan BPPDN ini diumumkan. Ada yang saya tanyakan juga mas sebelum saya baca postingan ini, saya juga ada melihat jadwal BPPDN di google dan hasilnya rata-rata menunjukkan kalau beasiswa ini di tujukan untuk dosen di PTN atau PTS, mohon pencerahannya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. program beasiswa dari DIKTI ada Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS), ada Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN). kalau BPPS memang hanya untuk dosen. tapi kalau BPP-DN, untuk dosen tetap, calon dosen dan tenaga kependidikan tetap di perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. mohon dibedakan.

      Delete
  15. Mas Indra, kalau On Going bagaimana?

    ReplyDelete
  16. Terima kasih informasiny
    Saya ingin bertanya apakah beasiswa pendidikan pascasarjana ini dibuka juga untuk mahasiswa yang sdh mengikuti pendidikan di PT penyelenggara? (On going) seperti beasiswa unggulan tahun sebelumnya
    Mohon pencerahannya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu mbak. kita tunggu pengumuman resmi BPP-DN dulu aja.

      Delete
  17. Ikut nimbrung, jika melihan jadwal BU 2012, bulan Maret adalah kegiatan sosialisasi. kemudian di bulan April - 11 Mei jadwalnya adalah Pendaftaran baik di web dikti maupun di PPs. Kemungkinan BPP-DN Tahun 2013 ini jadwalnya sama seperti tahun lalu.

    ReplyDelete
  18. Terima kasih infonya mas Indra, oia klo tahun2 sebelumnya apakah salah satu syarat penerima beasiswa S2 BPP-DN untuk calon dosen, umurnya maksimal 26 tahun.? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPP-DN baru ada tahun ini mas. tahun2 sebelumnya namanya BU. salah satu syarat BU 2012, untuk calon dosen, usia maksimal 26 tahun untuk yang S2 dan maksimal 30 tahun untuk yang S3.

      Delete
  19. Terima kasih atas infonya mas...
    Saya mau minta saran, saya berencana mendaftar di UNY. Sebaiknya saya mendaftar S2 di UNY dulu apa menunggu seleksi BPP-DN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alur yang benar itu daftar BPP-DN dulu mbak, baru daftar ke PPs. klo mbak daftar ke PPs sekarang, untuk sumber dana mbak mesti milih Pribadi, karena BPP-DN kan belum buka dan belum tersedia..

      insya Allah saya akan membahas hal ini lebih detil di tulisan saya berikutnya.

      Delete
    2. makasih banyak mas indra, :)

      Delete
  20. Terima kasih infonya mas indra. .

    oh ya saya berencana mau daftar s2 di ITB yang gelombang 2, kira-kira menurut mas indra, saya masih bisa ikut besiswa BPP-DN nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yang gelombang 2 di ITB itu untuk umum. raushan daftarnya di gelombang khusus untuk BPP-DN aja. sekarang memang masih belum diumumkan. insya Allah nanti setelah BPP-DN resmi dibuka, akan segera diumumkan.

      Delete
    2. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  21. penerima BU setelah lulus S2/S3 apa lagsung diangkat jd dosen?atau sifatnya pengabdian sj?pengabdiannya seperti apa? tenaga honorer atw sukarela?
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak langsung diangkat jadi PNS dosen. namun jika di kampus tempat kamu bekerja ada formasi CPNS yang sesuai, dan kamu mendaftar, kamu akan diprioritaskan untuk diangkat jadi PNS.

      status setelah lulus adalah dosen tidak tetap (honorer). jadi kamu tetap akan mendapat penghasilan bulanan yang besarnya sesuai ketentuan kampus tempat kamu bekerja nanti.

      Delete
  22. mas Indra,apakah semua beasiswa dari dikti diperuntukkan bagi tenaga pengajar (dosen)? Apakah ada beasiswa pasca sarjana untuk lulusan S1 yang fresh graduated ? Terima kasih,,
    mohon pencerahannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mbak. program BPP-DN dan BPP-LN ini juga ditujukan bagi calon dosen. yaitu lulusan S1 fresh graduated yang ingin kuliah pascasarjana dan ingin menjadi dosen.

      Delete
  23. mas...tolong info secepatx yahh,,kalau sdh ada info soal BPP-DN,,
    btw blognya bermanfaat sekali
    trimakasih...

    ReplyDelete
  24. maaf mas, kalo beasiswa unggulan dari dikti sama dari link ini http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/ bedanya apa ya mas?kalo dari kemendiknas, pendaftaran online nya udah dibuka mas, tapi saya juga belum dapet info apa apa dari kampusnya, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang di link itu, namanya BU BPKLN. BU DIKTI dan BU BPKLN itu sama2 dari Kemdikbud.. perbedaannya banyak. BU DIKTI ada masa pengabdian setelah lulus, BU BPKLN tidak. BU DIKTI hanya untuk calon dosen dan tenaga kependidikan, BU BPKLN masyarakat umum bisa mendaftar. BU DIKTI komponen biayanya lebih banyak (dan otomatis jumlah uang yang diterima akan lebih besar) daripada BU BPKLN. dan lain-lain..

      Delete
    2. oh gitu ya mas, okedeh makasih mas :)

      Delete
  25. Mas Indra.. kalau mahasiswa S1 yang baru lulus di tahun 2013 ini bisa mendaftar BPP DN tidak?
    Untuk Ijazah yang belum keluar, apakah boleh menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL)? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarjana fresh graduated bisa mendaftar mbak. asal syaratnya lengkap aja.. setahu saya mendaftarnya wajib pakai ijazah. soalnya kalau cuma SKL, bisa jadi si pelamar belum menyelesaikan kewajibannya pasca sidang, sehingga ijazah-nya tidak keluar.

      Delete
  26. Trimakasih infonya mas indra, sedikit mengurangi kegalauan saya karena itb pendaftaran ditutup akhir bulan ini, tapi mudah2an info BPP-DN bisa keluar secepatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  27. Mas indra tadi sya baca sosialisasi_beasiswa BPP-DN 2013, disana tercantum :
    "Peserta BPP dalam negeri (BPP-DN)
    adalah dosen tetap, calon dosen
    perguruan tinggi, dan tenaga
    kependidikan perguruan tinggi berstatus
    PNS, di bawah binaan Kementerian
    Pendidikan dan Kebudayaan"
    apakah pelamar BPP-DN dikhususkan untuk PNS atau non PNS juga bsa mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg non PNS juga bisa daftar mbak. itu maksudnya "tenaga kependidikan perguruan tinggi berstatus PNS". garis bawahnya nggak sampai ujung saja.

      Delete
    2. ma .. saya erna .. mau tanya .. kalo beasiswa yang baru lulus s1 mau lanjut s2 .. bisa menggunakan BPP-DN ini mas? jadi belum terdaftar menjadi s2 .. baru mau daftar s2 .. sekaligus daftar BPP-DN .. bisa tidak mas?

      Delete
    3. bisa. banyak pelamar BPP-DN ini yang sama seperti mbak.

      Delete
  28. Mas, sy mau nanya kalau udah slesai, apakah saya akan dikembalikan sbg honorer di kmpus yang memberikan rekomendasi? gmn klo kmpus trsebut tdk mbutuhkan honorer pd program studi yg sy ambil ketika S2? Bisakah sy melamar kerja sbg dosen d kmpus lain yg jg d bwh kemendikbud?

    ReplyDelete
    Replies
    1. DIKTI yang menentukan mengabdi dimana. jika kampus yang memberikan rekomendasi ternyata tenaga dosennya sudah cukup, maka mbak mengabdinya di kampus lain yang tenaga dosennya masih kurang.

      Delete
  29. mas, saya mau tanya, kalau saya sudah keterima S2 dan ingin daftar gmn ya (on going) ? apa saya harus tanya ke bagian akademik prodi s2 saya langsung mengenai formulir dan lain2ny? lalu website beasiswa.dikti.go.id nya tidak bisa dibuka ya? maaf banyak pertanyaannya, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  30. mas, di link http://www.manajemenpendidikantinggi.net/index.php/policy-brief/10-halaman/161-kebijakan-pemerintah-tentang-beasiswa-pascasarjana-sesi-1 disitu tertulis untuk calon dosen S2 terdapat jurusan hubungan internasional dan ilmu komunikasi, tetapi di pdf sosialisasi bppdn 2013 untuk calon dosen S2 tidak ada jurusan tersebut. yang benar yang mana, ya? terima kasih

    ReplyDelete
  31. Assalam Wr Wb.

    Mas Indra Azimi mohn penjelasan dari mas.
    Sy ingin mendaftar di PPs UGM dengan BPPDN DIKTI 2013 ini untuk Calon Dosen.
    Pada borang pendaftaran pengisian data Online di BPPDN DIKTI 2013, terdapat berkas yang hrus di Upload, salah satunya adalah surat izin rektor, pertanyaan sy:
    1. apakah "surat izin rektor" itu sama dengan "Surat Izin Belajar" ataukah sama dengan "surat perjanjian antara DIKTI dan penerima BU"?
    2. Di mana form surat rekomendasi atau izin yg sy maksud di atas bisa sy dapatkan?
    padahal pada BU tahun 2012 memiliki buku panduan yg sngat rinci penjelasnnya dan surat yang sy maksud suda terlampir pada Panduan tsb, akan tetpi untk BPPDN DIKTI 2013 (sebelumnya BU) ini, mnurut sy penjelsannya masi ada yg mis.
    3. Apakah benar BPPDN DIKTI 2013 ini hanya mengcover penerimanya selama 1 tahun sj? bagaimana untuk waktu studi untuk tahun berikutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      (1) calon dosen tidak perlu surat izin rektor.
      (2) buku panduan BPP-DN sampai saat ini masih belum keluar. yang ada baru materi sosialisasinya. format perjanjian dan keterangan rinci lainnya ada di buku panduan.
      (3) untuk master 2 tahun, doktor 3 tahun. namun jika mendaftar sebagai mahasiswa on-going, bisa saja hanya menerima beasiswa selama 1 tahun.

      Delete
    2. ingin bertanya mas..di buku panduan yang ada di menu unduh ada lampiran 1 dan lampiran 4 untuk calon dosen..yang ingin ditanyakan di lampiran 4 itu jika tdk ada NIDN ataupun NIK bagaimana ya ?

      lalu itu pihak ke 2 nya itu PPS penyelanggara kan ya ? ada rektor itu rektor calon kampus untuk mengabdi atau bagaimana ya ? terima kasih :)

      Delete
  32. mas, mau nanya kalau beasiswa BU BPKLN Kemdikbud buka pndaftarannya kapan? soalnya di laman resminya ga ada pnjelasan ataupun buku panduan. truz BU BPKLN untuk dalam atau luar negeri?
    trimakasih..

    ReplyDelete
  33. ingin bertanya mas, pada pengisian form BPP-DN 2013 yang online untuk calon Dosen pada poin NIP/NIK dan pada lampiran pekerjaan itu mengisinya bagaimana ya jika belum pernah bekerja? mohon keterangannya, terimakasih :)

    ReplyDelete
  34. ass,, mas mau tanya formulir bppdn kita dapat di mana ya... trus kalo umur 28 tahun mash bisa daftar bppdn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wslm.., untuk formulir BPP DN gak ada karena kita daftarnya di http://beasiswa.dikti.go.id/dn/, tetapi sebelumnya emang perlu ngisi beberapa lampiran (tergantung mb mau daftar sebagai calon dosen, dosen atau tendik). untuk info lebih jelas mungkin mb bisa mendownload buku panduannya di web di atas (menu kategori unduh file, letaknya bagian kanan).

      Delete
  35. Nimbrung nanya ni mas,,,
    Apa gk semua jurusan ya dapat beasiswa ini.
    Ketika daftar ke UPI, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia tidak termasuk di akunnya,,,,
    MOhon penerangannya,,,,

    ReplyDelete
  36. mau tanya. sertifikat TOEFL itu apa yang mengeluarkannya harus dari campus tujuan ya? apa boleh dari instansi yang lain?
    tq

    ReplyDelete
  37. maaf mas saya mau nanya, untuk pendaftaran beasiswa unggulan pendaftaran sampai tanggal brp? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran online BPP-DN sampai 30 Mei. pendaftaran di PPs sesuai jadwal dari kampus masing-masing.

      Delete
  38. Mas... Prodi ap aj yg terpilih d its??? Krn yg kulihat gak semua di panduan ad... Trus, di its... Prodi statistika, ad gak??? Mkshhh

    ReplyDelete
  39. mas,, untuk calon dosen disebutkan bahwa umur tidak boleh lebih dari 26 tahun.. apakah benar??

    ReplyDelete
  40. mas indra saya mau mendaftar beasiswa on going dan saya sudah buka pendaftaran beasiswa BPP-DN tetapi di situ pilihan tahun masuk hanya 2013, sementara saya masuk ke perguruan tingginya tahun 2012. Akhirnya saya urungkan niat saya untuk melanjutkan pendaftaran beasiswanya. Apakah beasiswa on going tahun 2013 ini belum dibuka atau memang tidak ada? saya ingin informasinya apabila mas indra tahu tentang beasiswa on goig dalam negeri untuk tahun 2013. Tks

    ReplyDelete
  41. mas, maaf saya mau tanya.
    apakah pendaftar beasiswa yang bukan dosen
    (sama sekali belum pernah magang maupun menjadi asisten) bisa mendapatkan beasiswa ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. daftarnya sebagai calon dosen.. kamu tidak perlu status sebagai calon dosen dari kampus manapun. cukup tanda tangan surat perjanjian bermaterai dari DIKTI (sesuai format lampiran 1 buku panduan BPP-DN).

      Delete
    2. asiiikkk makasih banget ya mas.. tadinya udah mau nyerah kirain ga bisa.. ^^

      Delete
    3. mas indra saya sudah daftar s2 di universitas yg saya tuju di prodi ilmu linguistik, tapi di pilihan program studi cuma tersedia kajian pariwisata. mau dikosongkan juga ga boleh. akhirnya saya isi kajian pariwisata gapapa ya mas?
      saya juga belum meng-upload surat pernyataan dari rektor dan foto yang diminta buat mendaftarkan diri di menu daftar bea, tapi kayanya data saya langsung bisa dimuat. apa gapapa gitu aja mas?

      Delete