Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Wednesday, March 6, 2013

Beasiswa Unggulan 2013 untuk On-Going

Tulisan ini dibuat khusus buat kamu, mahasiswa on-going yang ingin mendaftar Beasiswa Unggulan 2013. Mendapat pertanyaan mengenai apakah mahasiswa on-going bisa mendaftar BU 2013 atau tidak, terus terang saya belum tahu jawabannya. Karena sampai tulisan ini dibuat, DIKTI belum juga mengeluarkan pengumuman pendaftaran maupun buku panduan BU 2013.

Namun jika kita berkaca pada BU tahun 2012 yang lalu, setahu saya, tidak ada mahasiswa on-going yang mendapatkan beasiswa tersebut. Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa Unggulan Dalam Negeri di 15 perguruan tinggi penyelenggara (bisa kamu lihat di http://www.dikti.go.id/?p=4730&lang=id) menunjukkan bahwa penerima beasiswa tersebut mahasiswa baru semua, tidak ada yang on-going.

Dan jika kita membaca buku panduan BU 2012 (bisa kamu lihat di menu Unduh), bagian Ketentuan Tambahan poin 4, halaman 10: "Beasiswa diberikan kepada calon penerima Beasiswa Unggulan yang berstatus sebagai mahasiswa baru untuk jangka waktu paling lama 24 bulan bagi program magister (S2) dan 36 bulan bagi program doktor (S3) di dalam negeri."

Saya juga telah bertanya kepada teman-teman sesama penerima Beasiswa Unggulan di beberapa perguruan tinggi, dan tidak ada satupun dari mereka yang mengatakan bahwa ada mahasiswa on-going yang mendapatkan BU 2012.

Adapun untuk BU tahun 2011, mahasiswa on-going memang bisa mendaftar beasiswa tersebut. Kamu bisa melihat Hasil Seleksi Beasiswa Unggulan Ditjen Dikti 2011 Tahap I dan Hasil Seleksi Beasiswa Unggulan Ditjen Dikti 2011 Tahap II untuk mengeceknya. Link tersebut merujuk ke web Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) wilayah XII, karena pengumuman tersebut di web DIKTI sudah tidak tersedia lagi.

Kesimpulannya, BU 2011 untuk on-going ada, BU 2012 untuk on-going tidak ada, dan BU 2013 untuk on-going masih tanda tanya.

Update:
Enam hari setelah tulisan ini keluar, ada yang memberi tahu saya bahwa ada BU 2012 untuk on-going di Institut Pertanian Bogor (IPB). Dan setelah saya cek, ternyata memang benar ada. Artikel ini buktinya.

20 comments:

  1. apakah ada kemungkinan tidak ada lagi BU mas,.
    kami berharap program ini berlanjut sebagaimana biasa dan bahkan untuk bisa menambahkan kuotanya.

    terimaksih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keberlanjutan program BU ini tergantung pada kondisi keuangan negara, dan tingkat keberhasilan program BU yang sudah berjalan.. tahun ini insya Allah BU masih ada. kamu bisa baca tulisan ini: Email dari DIKTI tentang Beasiswa Unggulan 2013

      Delete
  2. Salam,
    Sekedar info, untuk tahun 2012 sebagian mahasiswa pascasarjana IPB ada yang mendapat beasiswa on-going :-), saya termasuk salah satu penerima BU 2012 dan teman saya BU on going 2012. Selain itu kita juga ada membentuk Perkumpulan Penerima BU Nasional, pertemuan pertama telah dilaksanakan di UGM dan yang Ke 2 insya Allah di IPB dalam waktu dekat ini (Mei), bagi penerima BU silahkan bergabung ya


    semoga Bermanfaat infonya
    Rian

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga,
      makasih mas buat infonya. nanti saya perbaiki tulisan di atas. mas atau teman mas itu bisa cerita lebih banyak nggak mengenai BU on-going ini? terutama tentang bagaimana cara daftarnya. buat teman-teman di sini.

      mengenai PPBU, saya juga termasuk salah satu anggotanya. sebelum buat tulisan di atas, sempat nanya2 juga ke teman-teman PPBU. cuma ya begitu. nggak ada yang bilang klo yang on-going ada.

      Delete
    2. mas rian n mas indra.. bagaimana cara daftar on going? mhon kalau ada info dishare.. terima kasih...

      Delete
    3. Untuk On Going 2012 yang lalu, syarat-syaratnya seperti biasa (sama seperti penerima BU umum: 1. Daftar online; 2. Persiapkan berkas ditambah transkrip nilai dan surat aktif kuliah diantar langsung ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru di Rektorat Kampus, diberkas diberi keterangan beasiswa Unggulan On Going. Setelah itu ya nunggu pengumuman :-), Biasanya ada keterangan di Buku Panduan untuk yang akan mengambil beasiswa on going 2012

      Catatan:
      Tapi proses yang di atas adalah yang di IPB ya, yang kampus lain saya kurang tahu :-), jika ada info tambahan yang dibutuhkan bisa email saya di : rianjuanda@gmail.com

      Delete
    4. saya udah berkali-kali baca buku panduan BU 2012 mas. dan nggak ada satupun keterangan mengenai on-going. mungkin mas rian bisa menunjukkan kepada saya di bagian mana, halaman berapa dari buku panduan BU 2012 yang menerangkan mengenai on-going?

      sekalian bisa minta kontak teman mas yg penerima BU on-going nggak? yang kira-kira bersedia ditanyai sama teman-teman di sini. nanti informasi kontaknya akan saya publikasikan di tulisan saya yang berikutnya.

      Delete
    5. salam bang Rian Van Atjeh...peu haba bang?

      lon didi, lagi kuliah S2 di ITS, mau tanya ttg on going BU, bang boleh minta tolong dikirimin file2 berkas usulan beasiswa BU on goingnya bang, terutama format surat rekomendasi dari rektor/PT asal, jika berkenan dikirim ke email didi.peace@gmail.com

      terimong geunaseh bang, smoga sabee sukses dan sehat

      Delete
    6. Beasiswa bu apa sama dengan beasiswa.dikti.go.id/dn?

      Delete
  3. Terimakasih mas indra blog yg sangat membantu dan mmbrkn pencerahan :)
    Ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak.. tapi khusus tulisan saya tentang on-going ini, ada sedikit kesalahan dan belum sempat saya koreksi. karena ternyata ada mahasiswa on-going (di IPB) yang nerima BU tahun lalu.

      Delete
  4. mau tanya mas..pengumuman yang on going apakah sudah keluar? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang masih belum keluar mbak. klo ada info baru insya Allah saya post di blog ini.

      Delete
    2. sy mhssw pasca itb, tlng share info jk ada pngmuman buat on going ya :)

      Delete
  5. mohon info berdasarkn pnduan bpp-dn untuk on going 2013 y mas,,,terimakasih

    ReplyDelete
  6. assalam,saya mau bertanya kan untuk bisa ikut pendaftaran BU itu harus dosen tetap/calon dosen/tenaga kependidikan PT.nah sedangkan saya mau daftar s2 itb pengajaran matematika gelombang 2 dan hanya sebagai guru honor SMA.apakah bisa saya mengikuti program BU tersebut?mohon infonya,makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mendaftar sebagai calon dosen asalkan memenuhi persyaratan sesuai di Pedoman BPP-DN 2013.

      Untuk prodi tujuan, sepertinya tidak bisa mendaftar di Pengajaran Matematika ITB karena prodi tersebut tidak termasuk ke dalam program BPP-DN. Surat penetapan prodi ini dari Dikti ke ITB sudah bisa diunduh di lama SPS-ITB di sini:
      http://www.sps.itb.ac.id/ind/wp-content/uploads/2013/prodi-bppdn-itb-2013.pdf

      Mengenai pendaftaran, sayang sekali gelombang 2 hanya untuk umum. Kalau ingin mengikuti BPP-DN harus gelombang 1 (sudah berlalu) atau gelombang 1A.

      Delete
  7. untuk beasiswa on going dikti tahun ini ada tidak ya?
    kampus saya bilang tahun ini tidak ada skema ongoing dikti.

    terima kasih

    ReplyDelete
  8. Ongoing thn ini, Ada sudah dibuka tgl 5 juli smp 26 juli 2013, yg mau sy tnykan apa syarat ongoing itu hrs sudah kuliah selama 2 semester ya? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat dimana info beasiswa on goingnya? mau dong linknya. thx

      Delete