Alhamdulillah, DIKTI merevisi Buku Panduan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN). Revisi ini membuat jelas berkas apa saja yang diperlukan untuk melamar BPP-DN. Sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi berkas apa yang harus kamu kumpul.
Di halaman 8 buku panduan, dinyatakan bahwa surat penugasan/ijin dari rektor/koordinator kopertis (lampiran 5) hanya diperlukan bagi dosen dan tenaga kependidikan. Calon dosen tidak perlu membuat lampiran 5.
Kemudian di halaman 65 buku panduan, dinyatakan bahwa lampiran 4 merupakan Perjanjian antara Dosen dan Tenaga Kependidikan Penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana dengan Program Pascasarjana Penyelenggara BPP-DN. Jelaslah sudah bahwa calon dosen tidak perlu membuat lampiran 4.
Selanjutnya, di halaman 10 buku panduan, dinyatakan bahwa pelamar BPP-DN untuk calon dosen harus menyerahkan berkas kelengkapan kepada Sekolah/Program Pascasarjana di kampus tujuan sebagai berikut:
- Fotokopi ijasah dan transkrip;
- Surat Perjanjian dengan Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (lampiran 1);
- Bukti registrasi online yang sudah dilengkapi dengan pasfoto;
Sesuai ketentuan di atas, kamu tidak perlu membuat surat rekomendasi melamar BPP-DN dari kampus asal. Karena memang tidak diminta. Sekarang, untuk calon dosen, bisa dikatakan tidak ada lagi yang namanya kampus asal. Karena kamu tidak perlu membuat surat apapun dari kampus asal.
Untuk kamu yang bukti registrasi online-nya tidak menampilkan foto yang telah di-unggah, fotonya ditempel manual saja.
Update: Bukti registrasi online sekarang sudah menampilkan foto yang telah di-unggah. Silahkan dicek.
Update: Bukti registrasi online sekarang sudah menampilkan foto yang telah di-unggah. Silahkan dicek.
Mas itu maksdunya Direktur Program/Dekan Fakultas Pascasarjana adalah PPS tujuan kan mas?
ReplyDeletetrims
iya. dekan PPs kampus tujuan.
DeleteAssalamualaikum Mas Indra
DeletePerkenalkan saya Vina
Numpang nanya mas.
Saya ikut BPPDN di PPs UM. truskan di buku panduan itu kita disuruh mengirim 3 berkas ke Program/Dekan Fakultas Pascasarjana.
Saya berdomisili di Padang Sumbar. Jd sya kirimnya lewat Pos kah Mas? Mohon pencerahanya Mas.
Terimakasih Sebelumnya Mas
wa 'alaikum salam wr. wb.
Deleteboleh dikirim lewat pos, dititip ke teman, atau diserahkan langsung. yang penting dokumennya sampai ke PPs UM.
Oh bgitu ya Mas.
DeleteTerimakasih banyak Mas.
Mas Indra, mohon perjelasan terkait apa yang harus di abload kedalam biling abload, jika kita tidak perlu lagi surat rekomendasi,
Deleteterimaksih.
iya mas itu maksudnya, ke dekan fakultas adalah ke univ asal kan? bukan fakultas lngsung!
ReplyDeleteke dekan PPs kampus tujuan.
Deleteapa yang perlu di urus dengan dekan pps kampus tujuan? infonya ak krg ngerti
Delete_mira_
Maksudnya, berkas-berkas berikut:
Delete1. salinan ijazah dan transkrip.
2. surat perjanjian dengan dikti (lampiran 1)
3. bukti registrasi online
dikirimkan ke program pascasarjana tujuan kita. kalau belum mengirimkan berkas pendaftaran, dikirimkan barengan sama berkas itu. Kalau udah ngirim duluan (misalnya ITB gelombang I seperti saya) boleh menyusul (berdasarkan info dari admin SPS-ITB).
mas GraeQO :ke 3 brkas berkas bpp-dn itu ttep di kasih ke gedung annex kan? coz aq juga insyaALLAH aq mw ambil ITB jg..
Deletemksh mas..
mas gretqo di bukti pendaftaran fotonya ditempel manual saja
Deletemakasii ka indra info nyaaa.... sgt mencerahkan..
ReplyDeletemakasi y kak infonya..
ReplyDeletebenar-benar membantu :)
mas,kalau ijasah belum keluar apa bisa digantikan dengan SKL ? karena ijasah saya baru keluar tanggal 21 mei,bagaimana solusinya ?
ReplyDelete@Anonymous:
ReplyDeletebener, diantar atau dikirim ke SPS di Gedung Annex barengan sama berkas pendaftaran, atau antar langsung kalau berkas tsb menyusul.
@Ulfa: coba ditanya dulu ke PPs tujuan. Kalau saya daftar Gelombang I ITB kemaren bisa pakai SKL, tapi pihak SPS-ITB hanya menerima SKL yg dikeluarkan rektorat. Disamping itu transkrip nilai boleh pakai transkrip sementara. Saya kirimkan transkrip sementara yg dikeluarkan fakultas saja.
Yang jelas pendaftaran kita tidak dipersulit kok, asal sudah ada usaha.. Saya merasakan banyak toleransi yang diberikan. Semoga berhasil..
alhamdulillah
ReplyDelete:)
nambahin mas
bagi calon dosen jgn lp lampirkan "surat kesediaan mengabdi"
itu ada pada bukti pendftaran
loh... dimana itu? kok sy ndk tau... it donlod dmn? bukannya cm lampiran 1 sja y? trm ksh
Deletecoba daftar dulu di http://beasiswa.dikti.go.id/dn
Deletekalau sudah, diprint, ada tuh
Assalamualaikum wrwb..
ReplyDeleteMas Indra perkenalkan saya Ai Eti, sy sudah mendaftar online hanya saja saya lupa belum upload surat perjanjian dan foto. tapi bukti registrasi saya sudah bisa dicetak. ketika saya mau melakukan ubah data malah tidak bisa, dan ketika mendaftar ulang tertulis tidak bisa registrasi ulang. itu bagaimana ya? apakah akan bermasalah? mohon pencerahannya mas, terimakasih. Wassalamualaikum wrwb..
wassalam.. sama dengan persoalan yang sy alami mbak,. kalau sudah dapat solusi tolong petunjuknya..makasih
DeleteSaya rasa yang di upload bukan surat perjanjian, melainkan surat ijin dari rektor atau kopertis bagi yang telah menjadi dosen atau tendik
Delete@tresnaai dan anonim: Data bisa diubah namun memang harus dimulai dari langkah pertama dan berurutan
surat kesedian mengabdi itu sama aj dg surat perjanjian lampiran 1 kan mba mer?
ReplyDeletegmn mas GretQo??
iya, surat pengabdian itu ya maksudnya lampiran 1.
DeleteAssalamualaikum Mas
DeletePerkenalkan saya Silvina Mas.
Saya kebetulan tinggal di Padang Sumbar.
saya melamar ke PPs UM..jadi ke 3 berkas itu apakah sya kirim lewat pos? trus surat perjanjian itu yang dikirim yang aslinya atau boleh tidak yang copianya? krna takut gak sampe ke tujuan. trus rencanya akan diserahkan di saat ujian.
Menurut mas bagaimana baiknya?Mohon bantuannya Mas.
Trima kasih sebelumnya Mas..
menurut saya,,pertanyaan ttg pengiriman berkas-berkas langsung telfon ke PPs UM.
DeleteOk mas..Thanks
Deletebaru gabung nih mas,, mau nanya, jadi untuk calon dosen berkas yang diupload selain foto apa yahh ?? lampiran 1 atau apa mas ?? makasihh :)
ReplyDeletelampiran 1 aja kok.
Deletekan lampiran 1 nya ada dua lembar mas,, jadi yg discan yg halaman 1 atau 2 nya ??? tempat untuk mengupload kan cuma 1... sisanya untuk upload foto... gmana nih mas ?? tengs bantuannya ;)
Deletescan dua-duanya. nanti tempel aja ke word. kan jadi satu berkas doc. kalau saya yang word itu diubah lagi jadi pdf buat jaga-jaga aja.
Deletemas greatQo berarti yg daftar online d dikti yg diuplod surat penugasan kopertis it baerti lampiran 1 sj nggeh yg dimaksud? untuk calon dosen
Deletecalon dosen cukup lampiran 1 aja kok. gak ada yang lain. coba baca panduan yang sudah direvisi.
Deletemmm kurang tau jg ya sama apa gak
ReplyDeleteklo mer buat surat pernyataan bahwa bersedia ditempatkan dimna saja
siapin aja
klo pun sama ya udah gpp
klo beda kita udah ada n persyaratan kita cukup
maaf, minta bantuannya
ReplyDeleteitu yang lampiran 1 yang perlu diunggah berarti di scan tanpa ttd direktur pendidik dan tenaga kependidikan?? hanya materai dan ttd calon penerima beasiswa kan?
untuk tes, nantinya tes dilakukan di Pps tujuan kah??
makasih
iya scan, cukup tanda tangan kita di atas materai saja.
DeleteTes sesuai dengan PPs tujuan.
dibukti pendaftaran online fotonya ditempel manual saja, betul ga mas gretqo
Deleteiya tempel manual saja. kalau saya, pdf nya saya buka pakai word terus tempel fotonya sebagai image disitu, terus diprint, atau bisa dijadikan pdf lagi.
Deletecoba cek lagi saja di menu Cek Registrasi kemudian klik cetak pendaftaran. Soalnya tadi saya coba dan ternyata sudah ada foto di kartu / bukti pendaftarannya padahal kemarin2 dicek belum ada juga. Jadi silakan dicek ulang, soalnya ada beberapa tambahan juga dari kartu / bukti pendaftaran sebelumnya.
Deletewah iyah udah ada fotonya, cek teman teman
Deletekalo boleh tau penambahan2 pa yang da di bukti pendaftarannya mas?signifikan gak dengan yang sbelumnya?karena q dah terlanjur ngrim berkasnya ke PPS
Deletekira2 surat yg ada di lampiran 1 tsb perlu diketik ulang (donload di blog ini jg ada) apa cukup diprint terus ditulis tangan aja ya??trs brrti yg diupload hanya foto dan lampiran 1 tsb kan..thanks...
ReplyDeletewahhh mas kalo gitu, kita masi bisa ditempatin di kampus asal kita ga mas nanti udah lulus kuliah?pake surat rekomendasi dari rektor gitu misalnya :D
ReplyDeleteGak tau juga ya, soalnya di surat perjanjian kita udah setuju ditempatkan dimana saja. Takutnya nih kalau kita ngurus penempatan gitu, kan melanggar perjanjian itu. Bisa dipenalti sebanyak dua kali biaya yang udah kita terima.
Deletemengurus penempatan sekarang saya rasa percuma saja. malah bisa berbahaya. ntar yang melakukan seleksi BPP-DN menganggap kamu mau enaknya saja.. kamu itu baru mendaftar BPP-DN. belum tentu dapat BPP-DN. jangan berbuat di luar prosedur yang telah ditetapkan DIKTI.
DeleteKlo sudah ada.
DeleteMendingan dilengkapin semuanya.
Buat meyakinkan ketua PPsn-ya
Karena kan kalo tidak butuh nanti sama panitia langsung dibuang.
-Pengalaman Beasiswa BPP-LN-
S2 MATEMATIK UGM ada yang sudah daftar gak?
ReplyDeleteaku belum..masih bingung nih..mas sendiri sudah daftar online?
DeleteBelum,. bingung knpa?
ReplyDeletebingung ngisi data2nya...takut ada yang salah jadi rencana mau bareng temenku ngisinya...hehehe
DeleteAssalamualaikum.
ReplyDeleteKak Indra, perkenalkan saya Iwan. Beberapa hr yang lalu saya udah daftar BPPDN. ternyata ada yang salah dengan nomor KTP saya. ketika mau di "ubah data" nya ga bisa. mau daftar lagi dengan email yang sama/ email yang lain ga bisa juga. katanya "Anda sudah mendaftar". Mohon pencerahannya.
Trimakasih sebelumnya..
Waslm.
kak indra, saya sudah daftar BPP DN tapi yang dibagian pekerjaan yang instansi asal saya beri tanda (-) tapi tetap masih minta diisi, diisi apa ya kak? mohon bantuannya kak
ReplyDeleteteman-teman semua ada yang tau format Draft Usulan Topik Penelitian khusus bagi pelamar S2 itu biasanya seperti apa ya? Di prodi yang saya tuju ada syarat ini, dan cuman satu lembar aja.
ReplyDelete@Rinaldi Daswito, memangnya prodi yang dituju prodi apa dan di universitas mana mas?
DeleteProdi IKM UGM mas
DeleteAssww....sya seorg dsen tetap di perguruan tinggi swasta (universitas flores) skrg sdang melanjutkan klia di unversitas negeri malang klas kerja sma. tpi mesti dibiayai sendri.apa sya bsa mendptkan beasiswa ini. makasi.
ReplyDeleteAssalamu'alaikum Mas Idra.
ReplyDeleteLampiran 4 merupakan "PERJANJIAN antara Dosen dan Tendik Penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana dengan Program Pascasarjana Penyelenggara BPP-DN".
Pada contoh surat perjanjian tersebut ada isian untuk NIDN/NIK 1).
Coba lihat dibagian paling bawah halaman contoh surat perjanjian ada disebutkan
1) Jika Calon Dosen tidak mempunyai Nomor Induk Dosen Nasional maka gunakan Nomor NIK.
Gimana?
Terima Kasih
Wassalam
Maksudnya mungkin begini Pak.
DeleteNIDN untuk dosen PNS, sedangkan NIK untuk dosen non-PNS.
CMIIW.
Sepertinya hal itu luput direvisi oleh DIKTI. Lagipula judul lampiran 4 sudah diganti kok. Jadi calon dosen tidak perlu melampirkan lampiran 4.
Deletekak, saya mau tanya tentang formulir pendaftaran ITS untuk pemohon BPP-DN, kok belum disesuaikan dengan revisi pedoman BPP-DN ya? Saya yang ingin mendaftar sebagai pemohon BPP-DN (calon pendidik) jadi bingung formulir mana saja yang harus diisi oleh calon pendidik
ReplyDeleteSaya juga berencana mendaftar ke ITS, kemarin saya sudah bertanya ke pihak pasca ITS. Menurut mereka, kalo kita mendaftar BPP-DN sebagai calon dosen, kita tidak perlu mengisi form B, C dan D atau form yang mensyaratkan adanya izin atau surat rektor.
DeleteMakasih lusi.
DeleteSatu lagi, kalau untuk lampiran poin 5 artinya tidak perlu dilampirkan juga ya?
Mbak lusi sudah melakukan pendaftaran online ITS? Untuk sumber biaya studi tidak ada pilihan BPP-DN, yang ada hanya Biaya Sendiri, Biaya Instansi, Beasiswa BPPS, dan Kerjasama. Apa saya harus memilih Beasiswa BPPS?
Deletesaya sudah daftar online, kendala saya juga sama dengan mbak ami. Kemarin sudah tanya ke ITS, katanya pilih lain2. Tapi setelah di-cek ulang g ada piliha lain2. Jadi, mungkin besok kudu tanya lagi ke its nih..hehe
Deleteuntuk calon dosen, kita pilih Biaya Sendiri aja mbak
Deletemba, saya konfirmasi lagi ke PPs ITS via telpon, untuk calon dosen pilih "Kerjamasama" kata petugasnya
DeleteWaduh, saya kemarin juga udah telpon sama staf PPS ITS. Katanya untuk calon dosen pilih biaya sendiri. Mana yang benar ya, padahal saya sudah terlanjur mengisi pendaftaran online.
DeleteTadi saya sudah konfirmasi lagi, menurut pihak PPs ITS, diisi biaya sendiri ataupun kerjasama sama2 diperbolehkan.
Deleteoh iya mba
Deletemba lusi, saya mau nanya lagi, di persyaratan umum pendaftaran PPs ITS ada ketentuan:
- Menyatakan kesanggupan menyelesaikan pendidikan magister di Program Pascasarjana ITS
- Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku
Di formulir pendaftaran sepertinya engga ada, mba buatnya gimana?
mas indra, kalau saya mendaftar di UI gelombang 2 tes 30 Juni apakah tetap berpeluang mendapat BPPDN? kalau melihat di jadwal kegiatan penyelenggaraan bppdn, proses status dan verifikasi sudah dilakukan pada tgl 7-21 juni.
ReplyDeletesaya terlambat mendaftar di gel pertamanya, mas. dan apa saya harus mendaftar ulang di web dikti kalau mau mengubah kampus dan prodi tujuan?
mohon sarannya
jadi kalo pps nya mensyaratkan surat rekomendasi, gappa mas kalo ga membuat itu?
ReplyDeletekkok di halaman 10 ga ada informasi seperti yg dibilang ya
Rekomendasi Akademik ya? Itu bukannya syarat buat PPs kan.. Bukann buat BPP-DN.
Deleteiya syarat di IPB, itu tetap harus dibuat ya?
DeleteAss, mas indra
ReplyDeletesaya sudah dftr online di dikti cmn saya ingin mengubah perguruan tinggi tujuan s2 saya, tp kok ga bisa ya,, apa emng tidak boleh diganti? thanks
gak bisa diganti kayaknya.. Saya pernah coba, memang gak bisa.
Deletekira-kira solusinya gimna ya
DeleteSalam kenal, saya Vevi.
DeleteIya, saya jg sama kasusnya, ingin merubah PT tujuan S2 saya.
Solusinya gimana ya? Mohon bantuan pencerahan.
Tks.
halo mas indra.. saya juga memiliki keluhan yang sama nih.. tentang perguruan tinggi tujuan s2 saya.. ko tidak bisa diganti ya.. kira-kira kontak dikti yang mana yang bisa dihubungi ya?
ReplyDeletemas indra, aku ternyata pencet "unggah" nya kebanyakan, jadi file yg ter-upload kedobel2, wlpun isinya sama...bisa dihapus ga ya??apa ga masalah kali ya...
ReplyDeleteass...
ReplyDeleteperkenalkan nama saya via saya mau tanya..
uuntuk yg calon dosen srat apa aja yg perlu dilampirkan? dan setelah kita daftar online..langkah selanjutnya apa?apakah daftar ke PPs yg dituju dulu atau gimna?thenks info nya...please replay..
Coba baca dulu artikel ini sama panduan BPP-DN nya teliti mbak..
DeletePendaftaran ke PPs tujuan terserah saja asalkan pengumuman kelulusannya sebelum batas pelaporan usulan calon peneria BPP-DN dari PPs ke Dikti (27 Juni).
menurut pedoman BPP-DN yang bru keluar..untuk peserta calon dosen gag ada mlmpirkan lamppiraan 1 (lampiran 1 dkrm k PPS penyelenggara) tapi saya ragu...
DeleteYang pendaftaran BPP-DN nya bermasalah, silakan dicoba hubungi Dikti dulu ke alamat email yang dibagikan mas Indra di sini subdit_pk@dikti.go.id
ReplyDeletesemoga terbantu.
Pada pendaftaran online dikti, untuk tujuan PPS UM kenapa jurusan yang muncul otomatis itu hanya 5 jurusan ya? Jurusan yang saya tuju tidak muncul. Apa yang harus saya lakukan? Trims infonya ya.
ReplyDeletekarena prodi yang ditunjuk DIKTI sebagai penyelenggara BPP-DN di UM hanya 5 itu. jika prodi yang kamu tuju termasuk dalam bidang keilmuan strategis, berarti kamu harus mendaftar ke kampus tujuan lain yang menyelenggarakan prodi tersebut.
DeleteKalau boleh tahu untuk tujuan PPS UM jurusan yang muncul otomatis itu hanya 5 jurusan, jurusan nya apa saja ya? Trims
Deleteassalamualaikum mas,,menurut mas,,apakah syarat IPK berpengaruh besar ditiap univ nya???
ReplyDeleteberbeda ato sama kah syarat IPK nya di tiap univ/fakultasnya???
wa 'alaikum salam wr. wb.
Deletetiap universitas punya syarat IPK masing2, yang bisa berbeda satu sama lain. namun DIKTI juga punya syarat IPK.. kamu harus lulus syarat IPK dari universitas agar kamu diterima kuliah di sana. dan kamu harus lulus syarat IPK dari DIKTI agar kamu bisa mendapat BPP-DN.. jadi pengaruhnya besar.
Kawan-kawan semuanya, foto sudah keluar di cetak registrasi. monggo di cek bukti pendaftaran masing-masing
ReplyDeleteAssalamu Alaikum Mas Indra,
ReplyDeleteSaya Nirma dari Samarinda, kaltim. Saya mendaftar ke PPs UM Malang untuk calon dosen. Di buku panduan BPP-DN ditulis bahwa berkas dikirimkan ke PPs Penyelenggara, sedangkan pada panduan PPs UM dikatakan bahwa pelamar BPP-DN diminta menyerahkan berkas pada saat ujian tulis. Apakah saya harus mengirimkan berkas-berkas sebelum ujian atau cukup saya serahkan pada saat ijian nantinya?
Salah satu syarat dari UM juga adalah Surat Rekomendasi untuk disusulkan sebagai calon penerima BPP-DN dari pimpinan PTN/PTS, apakah ini juga belaku untuk calon dosen? Atau cukup dengan lampiran 1 dibuku panduian itu? Mohon pencerahannya Mas dan teman2 yang daftar di UM. Many thanks.
Best,
Nirma
wa 'alaikum salam wr. wb.
Deletejika keterangan dari PPs UM memang demikian, berarti kamu menyerahkan berkas2nya saat ujian tulis saja nanti.. mengenai surat rekomendasi, sesuai petunjuk di buku panduan BPP-DN yang telah direvisi, calon dosen tidak memerlukan surat tersebut.
Salam Kenal..saya jg daftar d UM mbak..saya dari Pekanbaru
DeletePas daftar k halaman UM nya kog gk ada kolom u upload ijazah ya? padahal kn diminta utk dipersiapkan..yg ada kolom upload fot aja..gmn t mbak?
salam kenal saya Dika... saya juga daftar di UM mbak Nirma, Mohon pencerahannya mbak lgkah2 mendaftar online UM gmna ya? trims
DeleteAssalamu Alaikum Mas Indra dan Kak Nirma,
ReplyDeleteSaya Ai dari Padang. Saya juga mendaftar ke PPs UM Malang untuk calon dosen. Disalah satu syarat berkas yg akan dibawa ketika ujian, pada poin7 ada surat pernyataan yg menyatakan belum pernah mendapat beasiswa BPP-DN. Apa surat itu kita sendiri yang buat atau sudah ada formatnya? trus harus bermateraikah? mohon bantuannya. terima kasih - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2013/04/berkas-bpp-dn-2013.html#sthash.Dn037Di2.dpuf
Assalamualaikum Ai...
DeletePerkenalkan Ini Vina.Wah sama dong..Vina jg dr Padang n Juga ambil UM..
Ai ambil jurusan apa? ada no hp gak?
Mna tau kita bsa sering..^_^
wa 'alaikum salam wr. wb.
DeleteDIKTI tidak memberikan format khusus. coba ditanya ke UM saja, ada format khusus dari mereka atau tidak. kalau tidak, berarti buat sendiri..
tukaran nomor hp lewat email aja ya! jangan ditulis di sini.
Oh iya Mas,,Thanks...
DeleteMas, ikut gabung, syukur2 mendapatkan bantuan jawaban. saya daftar sebagai cados, untuk S3 Prodi Teknologi pendidikan konsentrasi PAUD di UNJ jakarta. tapi ketika online pilihan S3 prodi itu di kampus yang dituju kok tidak ada ya? padahal di pedoman tertulis, cados bisa daftar PAUD dan salah satu univ-nya adalah UNJ. mungkin ada solusi. sebab, saya berkali2 telpon pihak univ dan dikti kok tidak diangkat. terimakasih
ReplyDeletewah, foto yang sudah saya unggah tetap tidak keluar pada saat menampilkan bukti cetak form registrasi. Padahal saya sudah coba unggah foto 3X. Mohon solusinya. Trims
ReplyDeletemas rinaldi dan mas indra
ReplyDeleteberkas2 saya semua (termasuk kartu pendaftaran online) sudah saya kirimkan ke PPS (UPI)minggu lalu ,tapi masih dengan foto tempel manual, kira2 gak pa2 tah?
Mas Kurniawan ngambil apa di UPI?
DeleteDi syarat S2 UPI menyertakan surat rekomendasi akademik ya.itu perlu ga?
makasih
mas kurniawan: nggak apa-apa.
Deletemas aji: surat rekomendasi akademik itu syarat PPs. jadi tetap diperlukan.. yang tidak perlu itu surat rekomendasi dari rektor kampus asal untuk mengajukan BPP-DN.
makacih mas indra atas pencrahanya.
Delete@mas aji: saya ambil S2 Pend.Or
memang surat rekom akademik masuk dalam form pndaftaran UPI, jadi memang harus ada, dan sangat perlu.
asslmlkm, mas saya ingin menanyakan, untuk alon dosen ilmu hukum kan tidak ada ya? kalau ambil tidak linear itu bgaimana? kasihan mas yg ilmu hukum berniat menjdi dosen tapi tidak ada peluang di bppdn, hanya untuk tenaga pendidik saja..
ReplyDeleteBerarti dikti belum membutuhkan tambahan dosen ilmu hukum :)
DeleteCoba ikut beassiwa lain seperti LPDP Depkeu http://www.beasiswalpdp.org/
saya yulia, pendaftar bpp dn UNY. saya kemarin sudah menanyakan ke panitia bahwa berkas yang harus di serahkan ke PPS UNY adalah
ReplyDelete1. transkrip dan ijasah yang dilegalisir
2. bukti pendaftaran online
3. surat perjanjian (kalo udah diterima)
4. surat keterangan dari rektor bahwa kita adalah CALON DOSEN dari kampus yang bersangkutan. (kalau tidak melampirkan ini, kita tidak akan diusulkan oleh UNY sebagai calon penerima BPP DN)
ini kalo di UNY , kalau di kampus lain mungkin berbeda
untuk file pengganti surat perjanjian yang diupload, dari kampus saya sendiri, unnes, menydiakan surat keterangan yang ditandatangani ileh rektor. berisi bahwa qt mahasiswa unnes dan berhak mengikuti ujian pps sebagai calon penerima bpp dn.
just share :-)
oh pantas saja kemarin berkas saya masih ditolak oleh panitia PMB PPS UNY karena belum ada surat bertanda tangan rektor dari kampus asal.
DeleteAss mas dan rekan -rekan semua saya khairani asal padang. saya mau upload surat lampiran 1 dan foto kenapa tidak keluar ya saat cek registrasi? saya mengalami kendala. mohon bantuan dari rekan-rekan semua trimakasih
DeleteAss mba yulia mw nanya ,,,, q jg kebetulan mw daftar di PPs uny, apa harus ada yach surat rekomendasi dari rektir perguruan tinggi asal ??? dan formatnya gimana ?? karena dari pengumuman untuk bpp dn ygbaru direvisi katanya calon dosen hanya perlu melampirkan lampiran 1 gimna mbak ???
Deletemohon infonya terima kasih
ass. mbk yulia trakhir pndaftarn di UNY kpn? krn sy liat dibrosurnya tgl 19 mei udh tes trakhir, pdhl di dikti trakhir pndaftarn 30 mei. krn sy liat dibrosurnya tdk ada kterangan pndaftarn trakhirnya.. mhn infonya...
Delete@mas 4gp: iya.. saya juga begitu. poin no 4 itu syarat utama kata bu Endah
Delete@mba khairani: sekarang sudah bisa mba. klik di menu cek registrasi. tar tinggal masukin username dan tanggal lahir :)
@mba fhuji: bukan surat rekomendasi tepatnya, tetapi surat keterangan dari rektor bahwa pelamar merupakan calon dosen di kampus yang bersangkutan. untuk formatnya, sesuai dengan kampus masing2, tinggal minta dibuatkan saja, tentunya kalau mba fhuji sudah mendapat ijin/kepastian dari pihak prodi/birokrasi kampus untuk menjadi dosen setelah mba fhuji menyelesaikan studi s2/s3.
@anonymous: waalaykumussalam. menurut update info terbaru, pembayaran di bank mandiri adal tgl 15 april-10mei, nah setelah melakukan pembayaran dapat melakukan registrasi online. untuk berkas yang dikirimkan, yang penting sampai sebelum hari ujian (tanggal 19 mei), misal belum lengkap, bisa dilengkapi saat ujian dilaksanakan.
untuk dikti, bukannya tanggal 21 juni ya mba? saya rasa ndak masalah.
___yulia___
tambahan untuk mba fhuji:
Deleteuntuk surat keterangan calon dosen tersebut merupakan syarat mutlak untuk mendaftar BPP DN di UNY, jika tidak menyertakan itu, kita tidak akan diusulkan UNY sebagai penerima BPP DN ke dikti, alias kita harus membiayai studi secara mandiri
Assalamualaikum.
DeleteIya mendingan lengkapi semua.
Insya allah klo sudah mengkapi semua
berkas. (termasuk rekomndasi rektor
dan kopertis) dan apapun itu (termasuk
bagi yang minta rencana penelitian).
Berarti kita sudah memaksimalkan ikhtiar.
Dan hal itu menjadikan berkas kita sulit untuk ditolak oleh panitia.
Trik jitu nya "Jangan biarkan berkas kita memiliki celah sehingga kita ditolak sama PPs"
makasih infonya mba yulia
Deletemba boleh nggak klo dikirimin format surat keterangan yg mba yulia punya biar nanti klo pas minta di universitas sy lebih jelas,,, klo boleh ngirimnya ke email Q mba Jha_nuari25@yahoo.co.id
thank infonya mba
mba yulia thanks atas infonya
Deletekebetulan sy jg mendaftar di PPs UNY
pada saat daftar online BPP DN, kan harus mengupload surat ijin Rektor
apakah yang dimaksud itu adalah surat yang sesuai dengan Lampiran 1?? mohon bantuannya mba ^_^
mohon petunjuknya, saya juga masih bingung kok UNY syaratnya ada tambahan seperti itu. mb surat keterangannya bisa minta gak ya?buat contoh di email ranifa90@gmail.com trimakasih
DeleteKalau boleh saya juga mhn dikirim contohnya spt apa, sy juga berencana di UNY. email saya: studentfv@gmail.com. Trmksh
Deleteklau boleh saya juga, email sy denixindra_23@yahoo.co.id
Deleteaslm.mas..tahun lalu saya diterima di UPI dengan BU 2012.tapi saya tidak ambil karen terkendala biaya. Sekarang tabungan saya udah cukup, dan mendaftar lagi untuk BPPDn 2013, tapi saya khawaatir apakah saya tidak di diskualifikasi??karena saya tidak ambil BU 2012??tapi pas pendaftaran online BPPDN 2013 saya bisa daftar dan bisa cek bukti pendaftaran nya,Menurut mas dan mbak gmana??terima kasih.
ReplyDeleteKalo menurut Panduan BPP-DN halaman 8 tentaang Ketentuan bagi Calon Penerima Beasiswa poin 2:
DeleteBeasiswa tidak diberikan kepada pelamar yang pernah menerima BPPS,
BU, atau Beasiswa Luar Negeri Dikti pada jenjang pendidikan
pascasarjana yang sama.
Kalau yang dulu belum menerima kemungkinan masih bisa. Dulu belum ada tandatangan penerimaan beasiswa kan? Saya rasa masih bisa. Dicoba dulu saja.
Untuk PPS UPI syaratnya apa saja ya? apakah ada TOEFL saya ambil Prog. Pend. Bahasa Inggris. lw da brp skornya?
Deletesilahkan liat di website resmi SPS UPI di http://sps.upi.edu/akademik/penerimaan-mahasiswa/
Deleteinfo persyaratan dan skor toefl lengkap di situ.
semoga membantu.
Asslm mas
ReplyDeleteSaya Iqbal Amiruddin Ihsanu (Alumni S1 Kehutanan Unila)
Saya juga mendapat masalah dalam registrasi online. Saya ingin merubah prodi tujuan namun tidak bisa diganti.
Saya sudah email ke: dikti@dikti.go.id dan juga ke subdit_pk@dikti.go.id namun belum ada respon.
Mohon bantuan dan solusinya
wah, masalah saya jg sama, pengen ngubah kampus tujuan tp kagak bisa padahal udah ngirim ke email para pengurus, tp gak ada blasan ampe skrg. siapa yg bisa kasih solusi ya?? klo udah kayak gini :(
Deletewah sma tu saya juga mengalami msalh yg sma bsa gk mas?
ReplyDeleteBERKAS BPPDN YANG DILAMPIRKAN DALAM MENGIRIM BERKAS KE UNIV TUJUAN ITU APA SAJA YA?????
Deleteassalamualaikum,, mas,,
ReplyDeletekog saya masih bingung yaa,,yg dimaksud calon dosen itu gmana???apa yang daftar bpps untuk calon dosen gak boleh fresh graduate???karena di formulir pendaftaran pps tujuan kog harus menyertakan sk??dan kog kyaknya untuk yg sudah dosen,,pdahal kan pps yg saya tuju ada juga yg untuk calon dosen,,menurut mas gmna??? - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2013/04/daftar-prodi-s2-untuk-bpp-dn-calon-dosen.html#sthash.AEXdZkza.dpuf
calon dosen itu maksudnya yang sudah lulus s1 dan tidak berstatus sebagai PNS maupun CPNS.
DeleteBPPS itu beasiswa untuk dosen PNS. Tahun ini BPPS digabung dengan BU (beasiswa unggulan, untuk calon dosen dan namanya berubah menjadi BPP-DN.
Karena statusnya calon dosen tentu belum punya SK, makanya tidak perlu dilampirkan. Yang diperlukan hanya surat perjanjian bahwa setuju untuk ditempatkan sebagai dosen dimana saja di seluruh Indonesia dalam masa pengabdian (n+1 tahun.
Mas Indra kalau persyaratan kedua (surat perjanjian dg Ditjen Dikti memakai materai kan, trus untuk tandatangan Ditjen Dikti nya bagaimana, apakah dikosongkan? terima kasih
ReplyDeleteTapi untuk syarat dokumen yg harus di upload kan ke laman DIKTI itu lampiran yg harus ditandatangani oleh rekrot dan koordinatr kopertis kan?
Tanda tangan Pak Supriadi Rustad (Direktur Diktendik Dikti) dikosongin aja mas.
DeleteYang diupload di laman bppdn itu harus ditandatangani, tapi cuma untuk dosen ya (bukan calon dosen).
Terima kasih mas jawabannya :)
Deletemas adhe mw nanya,,,kalau yg di upload di laman bppdn itu untuk calon dosen apakah perlu juga mengupload surat dari ijin dari rektor ???
Deletemohon informasinya
Sepertinya tidak, karena calon dosen kan tidak/belum terikat dengan PT manapun. Makanya bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia (surat lampiran 1).
DeleteMau bertanya juga mas adhe..untuk Lamp 4 pedoman BPP-DN memang headernya perjajnjian antara dosen dan tendik penerima beasiswa pascasarjana, tetapi footernya ada tulisan bagi calon dosen jika belum mempunyai NIDN maka gunakan NIK..sebenarnya calon dosen pake Lamp 4 ga ya...terimakasih
DeleteKayaknya nggak, soalnya udah dipertegas lagi kok di pedoman yang udah direvisi.. Coba dilihat lagi ketentuan bagi calon dosen.
DeleteSaya mau bertanya lagi nih mas. Tentang pengajuan berkas calon dosen pelamar BPP-DN (ijazah/transkrip, surat perjanjian, bukti pendaftaran online) apakah diserahkannya harus sebelum pengumuman hasil seleksi di PPs ? atau menyerahkannya ketika setelah pengumuman hasil seleksi ?
DeleteTerima kasih.
sebelum pengumuman hasil seleksi.
Deletemalah harusnya barengan sama berkas pendaftaran PPs. Tapi kalau menyusul bisa kok (hubungi PPs tujuan dulu).
makasih infonya mas adhe ,,,, :)
Deleteaslm. mas... mau tanya, akses pps penyelenggara di http/beasiswa.dikti.go.id/dn/index/php.cms/admin itu untuk apa yah?
ReplyDeletesy bingung, soalnya pas dimasukin username n pasword sy, ditolak. mohon informasinya yah mas... thankyou.
itu untuk pps nya mas, mereka yg isi apakah anda berhak memperoleh bppdn atau tidak
Deleteow.. begitu... oke.. thankyou.. informasinya sngat membantu... :)
Deletemas,kq saya jadi ragu balik, isian buat instansi asal itu emank di stripkan (-) atau diisi dengan PTN S1 kita?
ReplyDeleteada yg daftar s2 ke itb ga? mo tanya di surat pembiayaan magister klo kta mengajukan beasiswa jadi dittd saa siapa hya?? trus pas di daftar online pasca itb. ada kolom suber dana. pas diklik bppdn muncul nik, instansi dan nama instansi.. itu instansi gimana?? ak ga ngerti mohon siapapun pencerahannya.. thankss
ReplyDeletesurat itu orang tua yg tanda tangan walaupun kita mengajukan beasiswa, makanya tidak dibuat materai krn hanya syarat saja.
DeleteNIK bagi dosen/karyawan swasta, jika mbak caldos bisa dikosongkan saja, untuk instansi itu tempat mbak bekerja, jika belum bekerja kosongkan juga. setau saya begitu. :)
waktu saya coba nik ditulis (-) bisa dkosongkan tapi tmpat instansi aada tulisan harus diisi..jadi malah tidak bisa melanjutkan ke format selanjutnya.. itu bagaimana ya mas?
Deletesetau saya instansi itu ya untuk org yg sudah jadi dosen/bekerja, tapi kalau begitu kejadiannya coba mbak tanya aja ke tim SPS ITB, soalnya saya peserta gelombang 1 belum ada isian bppdn, yg ada isian BU.
DeleteMbak Feny, saya juga mengalami masalah yang sama nih sama Mba Feny.
DeleteSebelumnya, salam kenal dulu, Mba.. Saya Merry. Saya juga ada kendala di menu 4: Sumber Dana itu. Kalau boleh tau, Mba Feny jadinya gimana nih Mba? Sudah ada solusi kah?
Untuk lebih aman, lebih baik sumber dana tetap diisi (oleh ortu ato wali) itu untuk antisipasi seandainya tidak lolos mendapatkan beasiswa, jadi kita masih bisa melanjutkan dengan biaya sendiri.
Delete1 lgi mas..ditulisnya pribadi/sponsor yah? hehe makasih sebelumnya.. saya baru mau mengurus soalnya baru dapat ijazah dan tpa & toeflnya keamrin telat jadi ikut yg tambahan.. 1a.. >_< mohon pencerahannya
ReplyDeletekalau mbak dari instansi, buat instansi apa, kalau yg orang tua buat pribadi dg status anak kandung.
DeleteMohon pencerahan..untuk Lamp 4 pedoman BPP-DN memang headernya perjajnjian antara dosen dan tendik penerima beasiswa pascasarjana, tetapi footernya ada tulisan bagi calon dosen jika belum mempunyai NIDN maka gunakan NIK..sebenarnya calon dosen pake Lamp 4 ga ya...terimakasih
ReplyDeletesetau saya NIDN untuk pegawai PNS dan NIK untuk non PNS tapi udah bkerja di instansi, tapi ada yg bilang NIK itu nimor KTP.
Deletecaldos hanya perlu lampiran 1 aja, kalau lampiran 4 nya udah ada ya dilampirin aja lagi.
mas makasih tapi maaf ak ada lagi yg mo ditanya..disurat pernyataan mengikuti MAGISTER.. dibawahnya emang jadi belum pernah dropout atau mengikuti program DOKTOR yah?ak baru baca kalimat dibawahnya apa memang seperti itu?kemudian untuk program studi dan nim diisi atau dikosongkan? makasih mas.. mohon pencerahannya lagi..
Deletesatu lagi mas lampiran 1 tidk usah diupload ya? disitu yg musti diupload soalnya surat izin kopertis dan foto? apa earti untuk cados hanya foto saja? kemudian di pekerjaan kita kan pilih calon dosen disitu ada kolom instansi asal tapi ada keterangan wajib diisi apakah kita isi dengan instansi kita waktu s1? makasihh
Deletesurat pernyataan itu sama dengan surat tidak pernah drop out. mengenai formatnya ikuti saja yg udah diberikan mbak. untuk nim sama prodi dikosongkan aja mbak, kan belum pernah/bukan mahasiswa ITB. ada yg bilang untuk cados uplod lampiran 1 sama foto saja, tapi saya udah urus surat ijin rektor mbak, jadi surat rektor yang saya uplod. tapi saya pikir ada benarnya juga untuk cados yang tidak ada surat rektor meng-uplod lampiran 1, krn tempat mengabdi nanti sepenuhnya dikti yang nentukan berdasarkan prioritas.
Deleteok terimakasih mas.. di lampiran ada penelitian dan publikasi ilmiah.. itu wajib diisi? klo penelitian.. seperti skripsi dan TA itu bisa masuk ga mas? makasihh :)
Deletesama-sama, iya bisa, TA dan laporan KP bisa dibuat di lampiran itu atau penelitian-penelitian yang lainnya mbak feny.
Deleteuntuk surat rekomendasi dari dosen disitu kan harus pake map tertutup apa 2-2nya dipisah ato disatukan ya mas? map luarnya berarti bebas yah? maap kalau kurang penting tapi saya bingung..
Deletesedikit membantu bwt fenny.
Deletegunakan map masing-masing saja, karena setiap dosen selesai memberikan rekomendasi buat kita, segara saja di masukkan amplop dan di rekatkan amplopnya.
karena sifatnya kan rahasia, bahkan kita saja seharusnya tidak boleh melihat isi dari rekom tersebut. kalau 2 surat jadi 1 amplop kan ada kekhawatiran keaslian kondisi surat (manipulasi).
setuju dgn mas Kurniawan.
Deletesaya ada sedikit pertanyaan, untuk berkas" pendaftaran di itb itu kan rangkap 2 (satu asli + satu copy).
Deleteyang saya bingung, untuk surat rekomendasi dosen itu kan dalam amplop tertutup, bagaimana carany meng'copy surat rekomendasi dosen yang sudah d masukkan amplop yang direkatkan?
apa dosen ny disuruh menulis dua kali ato bagaimana?
mohon bantuan nya.
terimakasih.
ass.. mas indra...
ReplyDeletemas gmn ya klo g punya sertifikat toefl & tpa trus daftar PPs UGM ...
Bs nd'...??
ntar ikut tes mas, kalo udah punya sertifikat2 itu ntar ga perlu ikut tes masuk..
Deletesaya jg mau ke ugm mas...
mas jurusan apa??
Sy Rencana Ambil Jurusan MIPA Prodi Matematika Mas...
Deleteklo mas Indra sendiri ambil jur. apa..??
bisa daftar,,asal ikut ujian masuk,,kalo yg udah pny sertifat toefl & TPA tdk perlu ikut ujian msk
ReplyDeletemas klo tes masuknya kira2 itu jenis tesnya yang mana ya...
ReplyDeletetes bidang studi jurusan.. ataukah tes TPA Sama TOEFL..??
Tes TPA dan Toefl, kemudian tes bidang studi jurusan.
DeleteLebih lengkapnya, silakan cek http://www.pasca.ugm.ac.id/v2.1/ex/4/pendaftaran-ujian-masuk
nanti bisa ikut ujian masuk mas,, akan tetapi kalau kita sudah tes rutin seperti acept dan paps kalau udah memenuhi standar minim nilai dari DAA tetep menyarankan untuk mengikuti ujian masuk, karena nilai akan tetap diambil nilai yang tertinggi.
Deletehallo mas,perkenalkan sy ivon. sy sdh daftar di web dikti. tp koq wkt mw buka adminx, ID & password tdk cocok? :(
ReplyDeletekira - kira kenapa itu yah??
makasih..
Admin itu buat PPs penyelenggara mbak.
Deleteass... knp pas buka situs upi tidak ada beasiswa untuk calon dosennya mas? apa memang tidak ada atau gmn? trims
ReplyDeletebeasiswa calon dosen ini dari dikti. coba baca baik2 dulu ya.
Deletewebsitenya http://beasiswa.dikti.go.id/dn
Dear all,
ReplyDeleteapakah kita masih perlu melampirkan surat kesanggupan biaya kalau kita daftar BPP DN ini?
saya bantu jawab,
DeleteTergantung syarat dari prodinya.
Ada prodi yg mengharuskan tetap melampirkan surat tersebut.
untuk lebih aman, sebaiknya diisi.
Deleteitu untuk antisipasi seandainy tidak diterima beasiswa, kita bisa dipindahkan k jalur umum ato dengan biaya sendiri.
Ada yang daftar S2 ITS gak?
ReplyDeleteAssalamu'alaikum, Mz saya mau tanya,
ReplyDeleteuntuk surat perjajian dengan dikti ada tanda tangan Direktur dikti, nah dptnya gimana tu, apa kita ke kantor dikti, atau dikumpulkan dengan dibiarkan kosong gitu cuma tanda tangan kita aja?
trims
wassalamu'alaikum
Wa'alaikumussalam
DeleteSaya bantu jawab ya Mba. Sejauh yang saya tahu, ttd Direktur Dikti dikosongkan saja, Mba.
maaf, nanya juga nih mbak,,
Deletekalau tanggalnya bagaimana?apakah dikosongkan atau diisi tanggal pada saat kita mengisinya?
makasih :)
Saya isi dengan tanggal saat mengisi, Mba :)
Deletewah.. makasih mbak Mimi info nya... :)
Deletesmoga diberi kemudahan
Sama-sama, Mba Arifah :)
DeleteSemoga Allah mudahkan ..
Ada yang tahu Syarat BPPDN UGM apa saja ya?... terima kasih
ReplyDeletesilakan cek di http://www.pasca.ugm.ac.id/v2.1/ex/4/pendaftaran-ujian-masuk
DeleteAslm,,, mas mw nanya Q dah daftar di laman bpp dn truz Q bc di buku panduan kebijakan bpp dn itu ada akses pps penyelenggara ??? maksudnya laman itu khusus untuk pps penyelenggara atau pendaftar bpp dn mas ??
ReplyDeletemohon infonya
Kalau katanya "akses pps penyelenggara" ya sudah jelas itu untuk pps penyelenggara.
Deletesaya baru saja mendaftar OL dikti, tapi ada salah penulisan pada nama.
ReplyDeleteternyata ada bbrapa item (termasuk nama) yang tidak bisa diedit.
apa tidak masalah?
ato harus mengulang mendaftar OL?
mohon informasinya, terimakasih.
ass.. temen-temen ada yang bisa bantu? untuk surat perjanjian point 2, setelah menyelesaikan program s2 sekurang-kurangnya satu/dua kalimasa studi normal ditambah satu tahun. nah untuk satu/dua itu yang harus dicoret yang mana ya kalau untuk daftar yang s2?
ReplyDeletesy coba bantu.. satu utk s2, kalau dua itu utk s3..
Deletekurang tepat mas irwan.. satu untuk dalam negeri. dua untuk luar negeri.
Deleteow gitu ya bang.. hehehe.. siplah :D
Deleteaslkm. mohon bantuannya dong, saya sdah daftar ol untuk beasiswa clon dosen dalam negeri. tapi di data perguruan tinggi tujuan datanya keliru, setelah mau di ubah kok tdk bisa yah ? mohon bantuannya yah :)
ReplyDeleteiya sama...masalah yang saya alami juga gitu.
Deletesaya juga tidak bisa merubah prodi pada halam Perguruan tinggi tujuan..
bagaimana solusinya ya ...
Apakah pendaftar UGM yang masih berstatus calon dosen harus melampirkan lampiran 4? Rektor yang dimaksud di lampiran 4 itu sebenarnya rektor yang mana (rektor universitas tujuan atau rektor universitas asal pendaftar)?
ReplyDeletemas apa bener no registrasinya berupa huruf,, soalnya t4 sy keluarnya huruf.. ktika sy check di registrasi ada tp ktika sy mau mgubaha data malah ga trdftr,, tlg dunk mas ksi sran
ReplyDeleteSalam kenal Mas, untuk calon dosen yang belum memilki instansi kerja pada perguruan tinggi, apakah pada "unggah dokumen Surat Ijin Rektor(PTN)/Koordinator Kopertis(PTS)", memang harus di sertakan dalam unggahnya dari salah satu instansi tsb atau yang unggah ini cukup menggunakan lampiran 1 saja. mohon pencerahannya. terima kasih
ReplyDeletesalam,, maaf mas di bukti registrasi stelah daftar bpp-dn kok fto sy ga muncul2 yh,, sesuai saran padahal ukuran ftonya udah sy prkecil terus tapi ttep ga muncul!! msti gmna ya mas??! trmksih.
ReplyDeletefotonya tempel manual aja kalau gitu mas..
DeleteAssalamu'alaikum.Wr.Wb. Mas indra.
ReplyDeletemohon Pencerahannya.
saya dulu mendaftar BPPDN di kampus 1 gelombang 1,sebelum 1 april, otomatis pada waktu itu hanya persyaratan PPs saja tanpa Berkas BPPDN. kemudian ketika Pendaftarn online dibuka ternyata dalam daftar Prodi di kampus 1 tidak tersedia prodi yang saya tuju.
lalu saya mendaftar BPPDN untuk kampus lain (kampus ke-2) lengkap (Persyaratan PPS + Berkas Online).
beberapa hari yang lalu nama saya tercatat di pengumuman penerimaan kampus 1 dengan status "kasus Khusus" dan berlabel sumber dana Beasiswa BPPDN.meskipun saya sudah pernah konfirmasi pengunduran diri saya khawatir ketika verifikasi Dikti, nama saya tercatat di 2 kampus. padahal persyaratan BPPDN di buku pedoman adalah " hanya boleh mendaftar di 1 PPS penyelenggara".
meskipun pendaftaran online dan Berkas BPPDN saya di kampus 2 apakah ini akan menjadi masalah nantinya bagi saya.
dan apakah ada kemungkinan kampus 1 akan tetap menginput nama saya di layanan admin Online dikti dengan status di tolak/tidak diterima?
terima kasih mas.
@mas indra azimi
ReplyDeletemas saya ingin bertanya: sehubungan dengan proses registrasi online beasiswa BPPDN, saya sudah mendaftar, namun terjadi kesalahan dalam pengisian data PERGURUAN TINGGI TUJUAN (khususnya pengisian data JURUSAN yang saya pilih). apakah saya masih bisa mengubah data tersebut? saya mencoba email pada dikti namun sampai saat ini masih belum ada jwaban..mohon pencerahan dan bantuan..