Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Tuesday, May 7, 2013

SPPD bagi Pelamar BPP-DN Calon Dosen

Pertama-tama, saya ucapkan selamat bagi kamu yang telah berhasil lulus di seleksi masuk Program/Sekolah Pascasarjana kampus tujuan kamu. Ini berarti sedikit lagi langkah kamu untuk mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) akan tercapai.

Setelah lulus, tentunya kamu harus mendaftar ulang. Salah satu berkas yang kamu perlukan untuk mendaftar ulang adalah Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). Surat ini diperlukan agar biaya perjalanan kamu dari daerah asal menuju kampus tujuan bisa diganti.

SPPD ini hanya boleh ditandatangani oleh pejabat yang berwenang. Bagi pelamar BPP-DN dosen dan tenaga kependidikan, tentu tidak ada masalah. Karena mereka memiliki pimpinan di institusi tempat mereka bekerja. Pertanyaannya, bagaimana dengan calon dosen? Siapa yang harus menandatangani SPPD mereka?

Hari ini saya menerima email yang menjawab semua pertanyaan di atas. Email tersebut dikirim oleh Adhe Aryswan, salah satu calon mahasiswa yang melamar BPP-DN calon dosen ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia telah bertanya mengenai SPPD ini ke pihak Sekolah Pascasarjana (SPS) ITB dan mendapat jawaban sebagai berikut:
Dari: Warji (pegawai SPS ITB)
Ke: Adhe Aryswan

SPPD silahkan di ttd oleh Kepala Desa/Lurah setempat dan melampirkan tiket dari daerah anda ke Bandung.

Wassalam
Jadi, bagi kamu pelamar BPP-DN calon dosen, SPPD ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah tempat kamu tinggal. Kemudian kamu juga harus melampirkan tiket perjalanan kamu dari daerah asal menuju kampus tujuan.
Oh ya, berdasarkan pengalaman, boarding pass kamu jangan dibuang dan juga jangan sampai hilang. Karena bisa saja itu juga diminta untuk melengkapi SPPD dan tiket.

Contoh SPPD dapat kamu lihat di sini.

40 comments:

  1. itu yang dilamirkan tiuket pesawat ya,. bagaimana dengan yang tinggal didaerah, sehingga harus melakukan perjalanan dulu 2jam dari tempat tinggal ke bandara, apa itu ditanggung pemerintah juga? kalo iya, apa yang dilampirkan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya untuk perjalanan dinas ada aturannya. namun sayang di buku panduan BPP-DN tidak ada keterangan mengenai ini. waktu tahun saya, biaya transportasi tidak ditanggung. jadi saya kurang tahu juga gimana aturannya..

      Delete
  2. lampirkan saja semuanya mas. kita tidak tahu soal penggantian, soalnya tidak ada informasi apapun dari dikti tentang sppd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalau jarak rumah saya ke bdg itu dekat, dan cuma diperlukan naik angkutan umum (mobil elf/bus) biasa yang ga pake tiket, itu gmn?

      Delete
    2. Mungkin bukti bayar semacam kwitansi. Sepertinya transportasi apapun yang diperlukan untuk pergi ke Bandung dan ada bukti pembayarannya.

      Delete
    3. kalau tidak pakai tiket, mungkin kwitansi bisa dipakai.. yang penting di situ ada nama kamu (nama lengkap), berangkat dari mana, menuju ke mana, kapan perjalanan dilakukan, dan jumlah uang yang kamu bayarkan.

      Delete
    4. mas indra saya mau tanya tapi rada OOT, mohon pencerahannya mas..
      1. Saya mendaftar salah satu pilihan prodi yang terdapat saat registrasi online di web dikti untuk calon dosen, dan berhasil.
      2. Kemudian saya juga sudah daftar online jalur BPP-DN dan membayar biaya pendaftaran di pps tujuan, dan berhasil.
      3. Saat saya akan menyerahkan berkas, petugas di pps yang saya daftar bingung, karena prodi yang saya daftar tidak termasuk program keilmuan strategis di pedoman dikti.
      Pertanyaannya, kalo prodi yang bisa didaftar hanya prodi yang termasuk program keilmuan strategis, mengapa ada pilihan lain saat registrasi online di web dikti dan saya juga bisa mendaftar?

      Delete
  3. Mas, saya mau tanya lagi. Ini kasus teman saya, Dia sudah daftar, tapi balasan emailnya tidak ada. jadi dia tidak tahu paswordnya. sedangkan usernya dia tahu, dan coba di cek regristasi, muncul. cuma, masalahnya, dia belum uploade data, dan di pilihan ubah data meminta pasword, nah itu bagaimana? dia sudah coba kirim email ke web yang ditulis di web ini, tp blm ada balasan. ada no yg bisa dihubungi atau tempat bertanya lain gg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kasusnya dengan sya mas, saya sudah bisa cetak bukti pendaftaran tapi balasan email dari dikti belum saya dapatkan, mohon pencerahannya ?.

      Delete
    2. Mungkin servernya sibuk karena banyak request..
      Maaf saya tidak tahu lebih lanjut.

      Delete
  4. mas, saya diterima di itb, dan dari s1 smpai sekarang saya nge-kost di bandung. perjalanan dari rumah saya ke bandung kurang lebih 3 jam dan itu ditempuh dengan sepeda motor. bagaimana untuk tiket perjalanannya? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang tinggal di Bandung rasanya lebih mudah kalau datang saja ke SPS-ITB dan langsunng tanya di sana. Informasi dari sana tolong dikabarkan ke sini ya :-)

      Delete
    2. Mas, barusan saya tny sps,sy juga dari bandung, katanya kalo dari bandung juga pas daftar ulang tidak perlu melampirkan surat sppd itu :)

      Delete
  5. mas, SPPD itu dibuat setelah lulus seleksi PT tujuan atau setelah lulus beasiswa BPPDN????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sih persyaratan untuk daftar ulang di PT tujuan. Sepertinya menjelang lulus BPP-DN.

      Delete
    2. tau ga kapan pasti pengumumannya??
      tks

      Delete
  6. Asslmkm,,
    Mau tanya, saya salah satu pendaftar beasiswa BPP-DN Calon Dosen Kampus tujuan UNY. Dan Alhamdulillah saya sudah diterima tes seleksi S2 UNY. Yang saya ingin tanyakan, apakah berarti saya harus membayar uang registrasi S2 UNY saya terlebih dahulu secara pribadi???? sebab batas waktu pembayaran registrasinya dibatasi hingga 14 Juni 2013.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Salam Pak,.
    mau tanya saya adalah salah satu Pendaftar beasiswa BPP-DN Calon Dosen Kampus tujuan adalah UNDIP Pascasarjana Epidemiologi,. Saya sudah Lulus tes seleksi dan harus registrasi batasnya tanggal 12 Juni 2013. Apakah informasi tentang status sebagai penerima bisa saya ketahui sebelum itu?? di mana saya bisa melihat daftar penerimanya??
    adakah alamat email atau kontak person yg bisa saya hubungi untuk informasi lebih lanjut. saya kwatir ketika saya sudah melakukan registrasi sedangkan nanti saya tidak lulus sebagai penerima beasiswa, akan sia-sia uang registrasi saya karena saya tidak sanggup melanjutkan tanpa beasiswa. terima kasih banyak Pak atas bantuannya. GB..

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah ada bahasan mengenai sppd... ada yang masih kurng paham..saya pendaftar gel.1a :)

    1. ttd yang kosong itu dittd oleh palurah ya, itu semua yang ksong?ada 5 kolom kan? itu oleh pa lurah?

    2. klo ttd Wakil Dekan Sumber Daya Sekolah Pascasarjana ITB dittd nya kita datangi atau itu dikosongkan??

    termakasih mohon pencerahannya ..

    ReplyDelete
  9. ada yg tau ga gimana cara mastiin kalau kita sudah diusul BPP-DN oleh PPs penyelenggara??

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah diterima sebagai mahasiswa baru.

      Delete
    2. justru karena udah diterima saya bertanya mas adhe. :D

      Delete
    3. Ya maksud saya kalau kita udah diumumkan diterima sbg mahasiswa baru dari jalur bppdn, otomatis kita diusulkan sebagai calon penerima bppdn. penyerahan nama2 tersebut tentu diurus oleh pps..

      Delete
  10. Permisi,, bagi pelamar BPP DN, adakah yg mencoba ke PPs penyelenggara Universitas Indonesia?

    ReplyDelete
  11. mas adhe, bisa kasih penjelasan tidak gimana cara ngisinya? itu formatan yang di download bikin bingung cara ngisinya.
    terima kasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada contohnya di website SPS-ITB http://www.sps.itb.ac.id/ind/wp-content/uploads/file/LEMBAR-OTORISASI-MAHASISWA-BARU.doc

      kalau bingung, serahkan saja ke kelurahan, saya rasa mereka tahu cara pengisiannya.

      Delete
  12. kapan yah penstatusan dari PPs penyelenggara?katanya tgl 17 Juni - 21 Juni penstatusanx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin maksudnya entry data usulan calon penerima bppdn ke dikti.

      Delete
  13. bagaimana kita bisa tau status kita sdh pasti penerima BPPD-DN??? mohon bantuan penjelasannya sebelum tgl 25,.tks

    ReplyDelete
  14. menurut panduan, pengumumannya minggu ketiga Juli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana dengan kami yang sudah lulus dan harus segera registrasi?? ada kontak yang bisa kami hubungi?? tks

      Delete
    2. registrasi saja seperti biasa. kalau pembayaran biaya masuk dan spp sepertinya bayar sendiri dulu, nanti diganti dikti kalau lolos bpp-dn.
      hubungi saja pusat informasi pps tujuan ya.

      Delete
  15. Assalamualaikum..
    mas adhe aryswan,
    itu kan ada 5 kolom tabel ttd yang kosong itu dittd oleh pak lurah, mas?
    Trus untuk ttd Wakil Dekan Sumber Daya Pascasarjana ITB ttd nya itu dikosongkan saja atau minta ttd nya ke beliau?
    Terima kasih banyak mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum minta ttd ke Lurah, saya rasa isinya sama dengan contoh. Serahkan saja ke petugas Kelurahan.
      Ttd Wakil Dekan SPS ITB, tentu saja dibiarkan kosong karena nanti SPPD itu kita serahkan ke SPS ITB.

      Delete
  16. Assalam,, maaf semua, sya ada pertanyaan yg agak janggal, apakah biaya mtrikulasi ikut di cover oleh Bppdn? Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam.. biaya matrikulasi tidak termasuk.

      Delete
    2. Assalamu alaikum mas.,.
      saya diterima di S3 ITB
      bagaiamana peluang untuk ditetapkan sebagai penerima BPPDN?
      apakah yang diusulkan itu sudah hampir pasti menerima BPPDN?

      Delete
  17. Min, admin, mohon donk dijelaskan ttg link ini http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/cms/registration/loginAgreement biar kita jelas semua. O ya maksudnya homebase apa ya?

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum.
    Kalau SPPD yang ke UGM bagaimana? udah ada yg tahu nama pejabat yg menandatanganinya?

    ReplyDelete