Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Friday, July 12, 2013

Hasil Penetapan Status Pelamar BPP-DN Calon Dosen 2013

Hari ini ketika saya membuka web DIKTI, ada pengumuman baru di sana, yaitu pengumuman hasil penetapan status pelamar Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) untuk Calon Dosen tahun 2013. Surat resminya tertanggal 10 Juli 2013, dan baru ditayangkan di web DIKTI hari ini, tanggal 12 Juli 2013. Kamu dapat membaca surat tersebut di sini.

Ada tiga hal penting yang bisa kita ambil dari surat DIKTI tersebut. Pertama, bahwa ujian tambahan (TOEF dan TPA) yang awalnya akan diadakan setelah kamu lulus seleksi di PPs kampus tujuan dan seleksi administrasi di DIKTI, tidak jadi dilaksanakan.

Kedua, daftar pelamar BPP-DN Calon Dosen yang lulus di PPs kampus tujuan dan kemungkinan besar akan menjadi penerima BPP-DN dapat dilihat di sini. Jika nama kamu ada di sana, bersyukurlah, tetapi jangan terlalu senang dulu. Karena masih ada proses yang harus kamu lalui untuk menjadi penerima BPP-DN. Kamu baru boleh tenang jika nama kamu muncul di lampiran Surat Keputusan (SK) Penerima BPP-DN Calon Dosen yang kemungkinan akan keluar bulan Juli ini atau Agustus nanti.

Jika nama kamu tidak ada di daftar yang lulus di atas, carilah nama kamu di daftar pelamar BPP-DN Calon Dosen yang tidak lulus di PPs kampus tujuan di sini. Jika nama kamu ada di daftar ini, berarti BPP-DN tahun ini bukan rejeki kamu. Namun jika nama kamu juga tidak ada di daftar yang tidak lulus, berarti telah terjadi kesalahan. Kamu sebaiknya menanyakan itu langsung ke PPs kampus tujuan kamu dan/atau ke DIKTI.

Dari kedua daftar di atas, bisa kita lihat bahwa yang lulus seleksi di PPs kampus tujuan sebanyak 4.045 orang, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 8.602 orang. Sehingga rasio antara yang lulus dan yang tidak lulus sekitar 1:2. Tingkat persaingan yang tidak begitu ketat bukan?

Ketiga, untuk kamu yang termasuk dalam daftar pelamar BPP-DN Calon Dosen yang lulus di PPs kampus tujuan, kamu diminta untuk mengisi pernyataan kesanggupan penempatan/mengabdi pada perguruan tinggi yang sudah ditetapkan oleh DIKTI di menu Kesanggupan web pendaftaran BPP-DN. Waktu pengisian dibatasi tanggal 11-25 Juli 2013.

Apa saja yang perlu diisi, dan bagaimana mengisinya? Saya sendiri kurang tahu karena saya tidak bisa membuka menu Kesanggupan. Nama saya tidak termasuk dalam daftar pelamar BPP-DN Calon Dosen yang lulus di PPs kampus tujuan tahun ini. Hehe.. Dan juga karena waktu saya mendaftar beasiswa ini dua tahun yang lalu, tidak ada menu Kesanggupan yang harus diisi.

Jika kamu bisa membuka menu Kesanggupan, dan kamu mau berbagi ke yang lain, kamu bisa mengirimkan screenshot-nya ke saya, untuk kemudian saya olah dan saya tampilkan di blog ini.


UPDATE:
  • Jika web BPP-DN bermasalah, kamu masih bisa melihat daftar pelamar BPP-DN Calon Dosen yang lulus di sini, dan yang tidak lulus di sini.
  • Jika kamu lulus tetapi belum bisa masuk ke menu Kesanggupan, kamu dapat melihat screenshot form tersebut di sini.

260 comments:

  1. buat info temen2,
    jadi setelah masuk ke menu kesanggupan, ada username dan password yang hrus diisi, sama dengan waktu qta pertama daftar dikti.
    lalu ada isian... universitas mana temen2 mau ditempatkan dan buat yang udah punya kontrak juga boleh tuh diisi...
    saya punya file jpg tentang screenshotnya tapi saya gak bisa masukin ke comment (*gimana ya caranya..?)

    cuma, yang jdi pertanyaan saya, berarti.. CALON DOSEN boleh punya ikatan sama universitas asal dunk ya...? jadi gak mesti kontrak sama dikti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salm mba
      .. plis kirim donk screenshootnya d olivia_he16@yahoo.co.id

      Vi

      Delete
    2. udah dikirim.. cek ya..

      tapi kak indra juga sudah upload yang lebih jelas di blog ini.. bisa dicek mbak vi..

      Delete
    3. aku juga mbak Myra kirim ke:arek_abenk@yahoo.com
      pliss ya,,

      Delete
    4. Aslmkm. sya minta formnya jg mbak..trmksh
      Ners_Juli@yahoo.co.id

      Delete
    5. Assalamualaikum. mb Mira ada contoh surat kesanggupan pemberian gaji dari rektor,? kalau ada, boleh dikrimkan melalui email iniysaia@yahoo.co.id ? terima kasih

      Delete
    6. kak, kirimin contoh surat pernyataan rektornya juga dong di: heniarsan@gmail.com

      btw disini ada yang lulus magister Universitas Negeri Malang ndak? makasih sebelumnya :)

      Delete
  2. tapi koq gak bisa tersimpan yah??? apa mesti punya homebase? tadinya sy milih universitas yg dicantumkan, kan gak ada homebase tapi gak bs tersave. mana deadline juga :-)

    ReplyDelete
  3. Ikutan share teman2. Saya punya Surat dari Rektor kampus saya tetapi di surat itu tidak ada pernyataan tentang "gaji". Sedangkan di isian "kesanggupan" diminta untuk menunjukkan "Surat Rektor" yang menyatakan memberikan gaji bagi Calon Dosen nanti. Kalau saya tetap saya unggah mungkin saja bisa jadi bahan pertimbangan. Teman-teman yang lain bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brother, Bisa di kirim ke Email saya itu ttg Surat dari Rektor brother. saya hanya mau lihat sperti gmana contoh suratnya. karna Dikti tdk memberikan sample/Format surat Rektor (Homebase). So bisa di kirim ke Email saya juga brother ardhysupraba@yahoo.com Thank you very much.

      Delete
    2. saya juga masih sangat bingung dengan informasi tentang Surat pernyataan Rektor sebab formatnya tidak dilampirkan di website dikti. Sarannya jga bagus saudara.. boleh saya minta dikirim formatnya di Email muhammadashar37@yahoo.com.
      mohon bantuannya dan terima kasih.

      Delete
    3. Boleh minta contoh format surat pernyataan rektornya mas?
      fina_rastic@yahoo.co.id

      Delete
    4. gan tolong kirim email ke putri.prat@gmail.com ane butuh banget gan

      Delete
    5. kirim juga ke email saya gan: arek_abenk@yahoo.com
      terima kasih

      Delete
    6. tolong dikirimkan kealamat email sy jg mas. jfitraha@gmail.com
      thanks in share

      Delete
    7. bisa tolong kirim juga ke saya wahyudi_zahar@yahoo.com
      pusing ni mau buat contohnya g ada
      terima kasih ya

      Delete
    8. Kalau boleh kirimkan juga ke saya fadilsiaga@gmail.com.
      Makasih sebelumnya, semoga dimudahkan urusannya. :-D

      Delete
    9. Assalamualaikum.
      mas, boleh minta tolong dikirimkan "Surat Rektor" yang menyatakan memberikan gaji bagi Calon Dosen melalui email iniysaia@yahoo.co.id ? terima kasih.. :)

      Delete
    10. Bisa minta tolong "Surat Rektor" yang menyatakan memberikan gaji bagi Calon Dosen dikirim ke saya juga? spypuzpa@gmail.com. Terimakasih sebelumnya

      Delete
  4. - di menu kesanggupan terdapat isian NIM (untuk pelamar S2, masukkan NIM S1, untuk pelamar S3, masukkan NIM S2), apakah itu berarti NIM saat kuliah di universitas asal?

    - terdapat daftar 35 PT yang harus dipilih dan ternyata lokasinya sebagian besar di luar Jawa, apakah pilihan kita nantinya akan berpengaruh terhadap status kita diterima atau tidak?
    1. Institut Seni dan Budaya Indonesia
    2. Institut Teknologi Kalimantan
    3. Institut Teknologi Sumatera
    4. Politeknik Kediri
    5. Politeknik Muara Taweh
    6. Politeknik Negeri Batam
    7. Politeknik Negeri Madiun
    8. Politeknik Negeri Ujung Pandang
    9. Politeknik Sendawar
    10. Politeknik Tanah Laut
    11. Politeknik Terpikat Sambas
    12. Universitas 19 November Kolaka
    13. Universitas Andi Djemma Palopo
    14. Universitas Bangka Belitung
    15. Universitas Borneo
    16. Universitas Cenderawasih
    17. Universitas Graha Nusantara
    18. Universitas Jambi
    19. Universitas Lambung Mangkurat
    20. Universitas Malikussaleh
    21. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
    22. Universitas Mulawarman
    23. Universitas Musamus Merauke
    24. Universitas Negeri Papua
    25. Universitas Nusa Cendana
    26. Universitas Palangka Raya
    27. Universitas Pattimura
    28. Universitas Sam Ratulangi
    29. Universitas Samudra Langsa
    30. Universitas Siliwangi
    31. Universitas Sulawesi Barat
    32. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
    33. Universitas Swadaya Gunung Djati
    34. Universitas Timor
    35. Universitas Trunojoyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba unin BPPDN gelombang berapa? kalau gel 1 udah ada pengumuman lulusnya(diterima). tinggal mengisi kesanggupan saja, saya rasa ngga pengaruh buat gel 1 (yg penting terisi) karena memang sudah diterima.

      Delete
    2. saya gelombang 1 mas. pemilihan universitas disesuaikan dengan ada tidaknya jurusan kita di universitas tersebut ya mas?

      Delete
    3. pasti donk mba :D , ntar kalau ga ada mau ngajar dimana hayo? :D
      udah bisa browsing universitas yg bisa menampung ilmu yang kita peroleh di pascasarjana.

      Delete
    4. hoiya mas :D makasiiiii
      kalo yang NIM itu diisi Nomor Induk Mahasiswa kita dulu sewaktu masih kuliah S1 di universitas asal ya?

      Delete
    5. saya termasuk daftar pelamar yang lulus di PPs, saya juga sudah memilih universitas penugasan, tetapi saya membuat kekeliruan karena saya memilih di politeknik yg tidak ada jurusan saya (ilmu linguistik). apakah bisa diganti ya ?

      Delete
    6. Maaf mas Abdrian syah, apakah pengumuman lampiran 1 tsb hanya penetepan status lulus di PPS penyelenggara? sedangkan beasiswanya belum tentu lulus?

      Delete
    7. mbk unin, 35 PT itu untuk yang tidak ada rekomendasi alias surat rektor y mbk?? kebetulan saya blom ngisi menu kesanggupan dan belum mempunyai rekomendasi. mhn info nya. laman beasiswa dikti juga susah diakses. terimaksh.

      Delete
    8. @anonymous: setau saya, yang 35 PT itu buat yang gak ada surat rekomendasi... dan disesuaikan dengan jurusan temen2 masing2 ya... dicek2 aja mana universitas yang ada jurusan temen2... SEMANGAT!!

      @rizka: Uhmm.. bisa diganti koq, kemaren saya masih galau ya, saya ganti beberapa kali, bisa... (*sampe sekarang juga masih galau) rencananya mau mencoba minta rekomendasi kampus asal dulu... karena pilihannya jauh2 banget! dan status kita pas ikatan dinas 3 tahun itu kan honorer ya, kalo gak salah... jadi takut berat di ongkos..hehehe :-D

      @unin: setau saya, iya... NIM-nya waktu kuliah di S1...

      Delete
    9. @ Mb Myra: Brarti setelah kita lulus S2/S3 nanti kita cuma mengabdi 3 tahun saja ya mbk menjadi dosen di universitas2 sesuai pilihan kita???
      Setelah 3tahun lalu bagaimana?

      Delete
    10. Terima Kasih mbak Myra :)
      Berarti pengumumannya setelah tanggal 25 Juli ya ?

      Delete
    11. setelah masa pengabdian 3 tahun, kita bisa berhenti menjadi dosen, pindah tempat mengajar, atau tetap lanjut mengajar di universitas pilihan kita tersebut.

      Delete
    12. mas indra, apakah pindah tempat mengajar itu prosesnya mudah? apakah pihak dikti mau membantu? misalkan kita mau pindah ke univ asal kita(tampat kita kuliah S1). soalnya masih bingung nih, pada jauh2 smua kampusnya. maunya sih stelah ngabdi, pulang lagi. mohon solusinya.

      Delete
    13. This comment has been removed by the author.

      Delete
    14. mas indra tolong kirimi contoh surat pernyataan rektor tentang kesanggupan gaji ke putri.prat@gmail.com

      Delete
    15. itu sudah final mas yang lampiran 1. Yang dimaksud belum final itu karena kita masih diharuskan mengisi pada form 'kesanggupan'. Lalu setelah itu kita hanya menunggu SK resmi dari dikti dan PPs penyelenggara. SK tersebut berdasarkan lampiran 1 dan peserta yg telah melengkapi form 'kesanggupan'.
      CMIIW - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2013/07/hasil-penetapan-status-pelamar-bpp-dn.html?showComment=1373949600383#c8595937009829572376

      Delete
  5. Screenshoot laman tersebut sudah saya kirim ke email yahoo Mas Indra :) semoga dapat diberikan intepretasi Mas Indra mengenai laman tersebut dan menjadi informasi lebih lanjut untuk pengisiannya, dan menjadi informasi tambahan bagi teman-teman pelamar BPPDN lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa minta alamat email mas indra?? thx

      Delete
  6. teman2 semua,. itu dedline isi kesanggupan lkan dari tgl 11-25 juli, brarti pengumuman bppdn diktinya setelah tgl 25 juli ya? alias mundur dari jadwal minggu ke 3 juli?

    ReplyDelete
  7. pada isian kesanggupan harus upload berkas kontrak dengan pihak univ. asal..
    "Surat keterangan yang ditanda tangani oleh Rektor (tidak dapat diwakilkan), yang menyatakan kesanggupan dalam pemberian gaji."
    saya memiliki surat kontrak, tapi ditandatangi oleh dekan..
    sedangkan surat yg ditanda tangani oleh rektor hanya surat rekomendasi (tidak menyebutkan kontrak/kesanggupan dlm pemberian gaji)..
    apa saya harus mengurus 1 surat kontrak lagi tetapi dengan ttd Rektor, atau saya hanya mengunggah surat rekomendasi rektor dan surat kontrak dekan (dalam 1 berkas)??
    mohon solusinya.. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, Uhmmm... aman-nya sih ngurus surat yang sesuai dengan yang diminta DIKTI mas/mbak anonymous...
      urus surat yang ditandatangani rektor dan ada kesanggupan memberikan gaji. (*saya juga baru tau kalo cados boleh ada homebase, karena waktu daftar dikti dulu tulisannya kalo gak salah, cados cuma kontrak sama dikti, hehehe... mudah2an kita semuanya dilancarkan prosesnya ya, aaaamiin...)
      karena surat ini penting juga buat mas/mbak nantinya... kan gak lucu kita ngajar gak dibayar, hihihi....

      Delete
    2. mbak mira tolong kirimi contoh surat keterangan rektornya ya ke putri.prat@gmail.com trims

      Delete
    3. mba mira saya juga minta tolong contoh surat nya donk di wahyudi_zahar@yahoo.com terimakasih

      Delete
    4. mbak mira... saya juga minta dikirimkan contoh suratnya donk di santri_stath08@yahoo.com .terimakasih

      Delete
    5. asslmlkm,
      mbak mira saya juga minta tolong dikirimkan ke email saya ya poetragi@gmail.com. thanks

      Delete
    6. Dear Mba Mira dan teman"....saya juga minta tolong dikirimkan contoh surat keterangan rektor ke enno0910@gmail.com . Thanks a lot.

      Btw saya seneng bgt "nemu" web ini berasa ketemu dgn teman" seperjuangan...semoga kita semua beneran lulus menjadi penerima beasiswa bbpdn 2013, Amin :)

      Delete
  8. sya lulus BPPDN ini, saya masih bingung yang dimaskud dengan home base
    di form pengisian dulu saya mengisi univresitas asalal saya sebagai intansi asal. apakah instansi asal itu maksudnya bagi yang telah mempunyai sk kontrak ?
    bagaiman yang belum punya? aoakah bisa diurus dan diupload jika ada?
    bagaiman kalu tidak mendapaykan sk kontrak dri universitas asal yang dicntumkan sbg instansi asal tidak apa memilih universitas lain yang ad dipilihan?
    mohon masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm.. sebenernya gini, menurut kefahaman saya (mudah2an ga salah)...

      ada dua kemungkinan :
      1. kita punya rekomendasi dari homebase(kampus/instansi asal) yang mengandung pernyataan kalo setelah lulus S2 lewat jalur beasiswa dikti ini, kita akan bekerja sebagai dosen disitu dan pihak kampus bersedia mengangkat kita sebagai dosen tetap atau bersedia menggaji kita selama masa ikatan dinas 3 tahun itu. jangan lupa suratnya HARUS DITANDATANGANI REKTOR...

      atau...
      2. kita gak punya surat rekomendasi kayak gitu, maka kita harus mengisi universitas mana yang dipilih buat kita ditempatkan (ada 35 pilihan) disesuaikan dengan ketersediaan jurusan temen2...
      misal pengen di Unswagati, tapi ternyata disitu gak ada jurusan kita, ya berarti jangan dipilih... cari yang lain...

      begitu kiranya, mudah2an gak salah dan bisa manfaat :-)

      Delete
    2. makasih pendapatnya mba.. berarti kalo sekarang kita baru mau mulai nurus surat yang dimaksud dikti itu di univ asal kita ngak apa ya mba?

      Delete
    3. menurut saya gak papa.. kan gak ada tulisannya kita harus ngurus dari sebelum pengumuman.. hehehe
      saya juga baru ngurus hari senin besok ke ketua (rektor), karena awalnya pas daftar saya fikir bener2 cuma butuh perjanjian lampiran satu saja, tapi kalo ternyata ada kesempatan mengabdi di kampus asal harus kita manfaatkan sebaik2nya dan diusahakan semaksimal mungkin..
      ayo mas/mbak Anonymous, SEMANGAT ngurusnya!!!

      Delete
    4. Mba ada contoh formatnya? Forward ke olivia_he16@yahoo.co.id. thanks. Vi

      Delete
    5. Mbak/mas yg sudah punya surat pernyataan dekan dan rektor saya boleh minta tolong dikirimkan contohnya ke tety_dh@yahoo.com
      Terimakasih banyak sebelumnya ��

      Delete
    6. Boleh minta contoh format surat rekomendasi homebase nya mb?
      fina_rastic@yahoo.co.id

      Delete
    7. mba tolong kirimi contoh surat yg ditandatangi rektornya (format) ke putri.prat@gmail.com

      Delete
    8. wah makasih infonya, oh iya mbak boleh minta tolong contoh surat rekomendasinya dikirimin ke email saya mbak...
      made.riyan.adi@gmail.com
      Trimakasih mbak

      Delete
    9. aku juga mau dong format surat kesanggupan pemberian gaji yang ditantadatangi rektor. email: khansa_zilfa@yahoo.com
      Thx

      Delete
    10. mbak, tlg dikirim jg format surat keterangannya ke email saya : uya.ayrus@gmail.com
      terimakasih

      Delete
    11. saya juga mau minta contoh surat rekomendasi homebase nya mbak ya...
      email ke: arek_abenk@yahoo.com
      thanks mbak Myra Wardati ....

      Delete
  9. Mas/mbak yang sudah memperoleh Beasiswa Unggulan, saya ingin bertanya terkait dengan penempatan di universitas rekomendasi dikti.
    Apabila sudah ditempatkan, apakah bisa untuk mendaftar di universitas lain?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. yaampun mas,saya lupa password saya dulu. Bgmn solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek email nya teman paswor dnya sama dengan pasword pertama yng dikirim via email waktu registrasi

      Delete
    2. saya juga lupa pasowrd .,
      udah cek email,
      tapi kagak ada,
      mohon bantuan dan solusinya ya,,
      trims

      Delete
    3. saya juga mengalami kasus yang sama, akan tetapi sekarang sy sudah dapat password sy lg dr saved password di browsernya. cb masukin huruf pertama password pada kotak passwordnya klo passwordnya tersimpan pasti akan muncul dropbox berisi passwordnya. kalau lupa huruf awalnya bisa dicoba dengan mengurutkan setiap huruf dr a-z. syaratnya mencobanya di komputer yang dulu di pakai buat daftar online dikti. kalau di menu kesanggupan tidak muncul coba di menu ubah data. semoga berhasil.

      Delete
  11. Saya tidak mempunyai SK Rektor yang berisi kontrak calon dosen dan gaji. Apa berarti saya tinggal mengisikan 2 UNIV yang telah direkomendasikan oleh DIKTI (diantara 35 Univ yg telah tertera disitu)???? Tanpa perlu saya meng'upload SK Rektor?

    ReplyDelete
  12. web nya beasiswa dikti overload mungkin ya, gak bisa dibuka dan download... boleh diuploadkan hasil pengumumannya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau minta tolong kirimkan via email saya sandydanar@gmail.com
      thanks :)

      Delete
    2. Betul sekali tidak bisa dibuka ... mohon share info nya bagi yg Lulus ataupun Tidak Lulus. Trims

      Delete
    3. Sudah saya kirim^^
      silahkan cek emailnya.

      Delete
  13. pagi ini baru buka, bisa minta tolong kirim hasil downloadnya ke saya?
    mfsidiq@gmail.com

    ReplyDelete
  14. iya ga bisa dibuka..mungkin kalo bleh bisa dikirim hasil downloadannya ke email rima.meilita@yahoo.com akan sangat membantu...^_^

    ReplyDelete
  15. iya gabisa di buka nihh,
    apakah bisa dikirim ke email sy juga luky.lucky@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. KO LAMAN KESANGGUPANNYA DOWN YA? KETIKA SY MEMASUKKAN NO REG DAN PASSWORD, SETELAHNYA ERROR..
    MOHON INFO, APAKAH TEMAN2 MENGALAMI KENDALA SERUPA?
    TERIMAKASIH SEBELUMNYA..

    REZA py

    ReplyDelete
    Replies
    1. nampaknya banyak yang akses mas lamannya. saya juga sudah masuk, tapi gak bisa save hasil editnya.

      Delete
    2. Saya belum bs login nih...

      Delete
    3. Webnya memang down menjelang maghrib sampai sahur tadi #semalaman nggak tidur nungguin :)
      tp kalau siang2 lancar kok..
      dan jangan lupa browsernya Mozila

      Delete
  17. DEAR ALL,
    SEKEDAR INFORMASI, SAYA SUDAH BISA MENGISI LAMAN KESANGGUPAN..
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. di laman kesanggupan ada apa aja bang? cuma ngisi univ. tujuan, isian2 lain atau ada info lebih lanjut??

      Delete
  18. td sy sudah bs, sudah ad tulisan -data sudah disimpan-.
    trus sy log out, saya coba masuk, dan simpan sekali lagi. down lagi..
    hikz..
    mohon info, kira2 data sy sdh tersimpan atau jd error ya?

    Reza PY

    ReplyDelete
  19. Teman2 ada gak yang punya contoh form surat SK Rektor yang berisi kontrak calon dosen selama 3 tahun dan gaji ???

    Minta tolong dong kirim di email riswandy_wandy@yahoo.com

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut nebeng ya, yng punya contohnya, hehehe
      myrawardatisari@gmail.com

      trims

      Delete
    2. minta tolong dikirimkan ke email saya juga ami.tara14@gmail.com
      terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. mohon bntuan kirim ke email saya jg ya aysantiyp88@yahoo.com thx a lot.. caiyoooo...

      Delete
    4. minta tlng jg ya,, kirim ke email saya aguswayanyulianto@gmail.com
      thanks...
      slm semangat

      Delete
    5. Mohon kesini juga ya nini.kshe44@gmail.com

      Delete
    6. tolong form nya di forward juga ke : pawennari.muhammad.arief@gmail.com terimakasih sebelumnya,,,

      Delete
    7. jika berkenan tolong saya dikirimi jga ya..lullu_uny@yahoo.com ,,trimakasih

      Delete
    8. saya juga mau, meskipun ga sama persis mungkin dapat beri bayangan bagaimana suratnya..tolong kirimkan ke rima.meilita@yahoo.com..terimakasih

      Delete
    9. mohon diforward kesini juga, inspirasi_mataharipagi@yahoo.com.
      terimakasih.

      Delete
    10. kalo berkenan, mohon d kirimkan ke email sy jg.. sq.ramadhani@yahoo.com... terima kasih sblumx ^^

      Delete
    11. jika berkenan mohon juga dikirim juga ke email saya, luckyradita@gmail.com
      semoga dapat memberikan pencerahan, amiin, thx

      Delete
    12. Mohon diforward disini juga y,,,noorsofiyati@yahoo.com. smg qt mendapat beasiswanya

      Delete
    13. Please contoh format surat pernyataan/keterangan Rektor di krimkan juga ke email saya ya temen2 sekalian ardhysupraba@yahoo.com Thank you very much.

      Delete
    14. mohon juga dikirim ke email saya filledouce.me@gmail.com ya..terima kasih..

      Delete
    15. ikutan dong, di gustavx@yahoo.com , terimakasih. semoga kita semua dilancarkan.

      Delete
    16. mohon sya juga dikirim form rektor ke diahpriyawati@gmail.com
      terima kasih sebelumnya.

      Delete
    17. saya juga ya mas/mbak.
      email di Kurniawan_8866@yahoo.com
      terima kasih banyak.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek email mba.

      dari : Pendaftaran BPPS Online.^^

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  21. Buat yang ingin download file lampiran dari DIKTI dan belum sempat mendownloadnya karena server error, ini saya uploadkan lampirannya.
    Lampiran 1 : http://goo.gl/i8T8G
    Lampiran 2 : http://goo.gl/UIOrd

    ReplyDelete
  22. Aku baru ngeh.. jadi intinya nama-nama yang terdaftar di Lampiran 1 gak pasti keterima BPP-DN ya? hehe.. tapi sebagai CALON PENERIMA BPPDN YANG TELAH DINYATAKAN LULUS OLEH PPs PENYELENGGARA (note: bukan dinyatakan lulus oleh DIKTI loh yaaa?)Tadinya aku pikir nama2 itu udah ditetapin sebagai penerima BPP-DN
    #Harap2Cemas

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti yg dicantumkan disitu belum tentu ketrima BPPDN Dikti ya? mohon infonya

      Delete
    2. bukannya udah pasti lulus : nih kalimat lampiran 1: Daftar pelamar beasiswa calon dosen yang telah dinyatakan lulus oleh pascasarjana penyelenggara BPP-DN,
      yang selanjutnya diwajibkan untuk mengisi kesanggupan penempatan/mengabdi pada perguruan tinggi yang sudah ditetapkan
      oleh Ditjen Dikti, pada menu kesanggupan

      Delete
    3. santai mas anonymous, hasil itu dari dikti, wong downloadnya aja dari situs dikti. :D

      Delete
    4. Bukannya kalo lolos beasiswa itu tulisannya "penetapan penerima beasiswa" gitu,,,??

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. nama2 yang ada di lampiran 1 itu memang belum pasti lulus jadi penerima BPP-DN. coba dibaca dengan teliti dokumen yang link nya dikasi sama Andrian syah. di poin 1, ada tertulis "penetapan SK penerima BPP-DN bagi calon dosen". SK itu yang memastikan kamu jadi penerima BPP-DN atau tidak. bukan surat penetapan yang sekarang. surat penetapan yang sekarang itu hanya memastikan bahwa kamu diakui oleh DIKTI telah lulus seleksi di PPs kampus tujuan.

      NB: kamu tidak perlu bingung. surat penetapan untuk BPP-DN tidak hanya satu buah. surat penetapan yang sekarang masih belum final.

      Delete
    7. betul apa kata mas Ummu Fahd, untuk mas Andrian Syah sepertinya kemampuan berbahasanya ttg pemahaman kata perlu diasah lagi. "Penetapan Penerima Beasiswa" berbeda maknanya dg "Penetapan Pelamar Beasiswa".
      Penetapan Penerima Beasiswa ===> Menetapkan siapa - siapa saja yg berhak menerima beasiswa tsb.
      Penetapan Pelamar Beasiswa ===> Menetapkan siapa - siapa saja yg berhak melamar beasiswa tsb. (ingat melamar belum tentu diterima, kalau anda pernah mencoba melamar pekerjaan pasti tahu).

      dalam beasiswa ini ada 3 status yg dilalui agar mendapat beasiswa BPP-DN:
      1. Calon Penerima BPP-DN, adalah semua orang yg mendaftar beasiswa secara online dan mendaftar di PPs Penyelenggara lewat jalur beasiswa.
      2. Pelamar Beasiswa BPP-DN, adalah beberapa dari Calon Penerima yg telah dinyatakan lolos di PPs Penyelenggara dan mendaftar lewat jalur beasiswa. [Penyeleksian dilakukan di masing2 PPs Penyelenggara BPP-DN melalui berbagai macam cara, misalnya Ujian Masuk].
      3. Penerima Beasiswa BPP-DN, adalah sekumpulan orang dari Pelamar (belum tentu semua) yg berhak menerima beasiswa BPP-DN. [Penyeleksian dilakukan oleh DIKTI selaku pemberi beasiswa, yg sedianya akan dilakukan tes TOEP dan TPA untuk proses seleksi (anda yg sudah membaca file hasil_penetapan_status_pelamar_bpp-dn_cados_2013.pdf pada hal nomor 1 pasti tahu hal itu), tapi karena waktu yg sempit maka tes tersebut ditiadakan. Akan tetapi karena batalnya tes itu, bisa jadi mungkin DIKTI akan menyeleksi lewat skor TPA dan/atau TOEFL yg dimiliki Pelamar saat mengikuti seleksi di PPs Penyelenggara]. Biasanya akan keluar suatu SK bagi Penerima Beasiswa, dan mungkin judulnya "Surat Keputusan Penerima Beasiswa Program Pascasarjana Dalam Negeri Tahun 2013"

      Sekian analisis dari saya semoga menjadi pencerahan bagi yg masih ragu dan/atau bingung akan penetapan status.

      Best regards,

      ---
      Anonymous

      Delete
    8. hehe, mas/mbak anonymous analisis yg sangat bagus :), bisa jadi pemahaman sy yg salah. yah, mudah2an yg di lampiran 1 itu diterima semua. Aamiin

      Delete
    9. saya setuju dengan analisa mas / mba bro anonymous, briliant. saya yakin pasti mas bro Andrian syah bisa membaca dengan teliti, monggoh dilihat file lampiran_1_penstatusan_caldos.pdf. Baca dengan teliti tulisan ini

      "Daftar pelamar beasiswa calon dosen yang telah dinyatakan lulus oleh pascasarjana penyelenggara BPP-DN"

      baca pelan2, dilihat tulisannya, diresapi dan dipahami. Apakah ditulisan itu ada kata "penerima"? Tidak kan? Yang ada kn tulisan "pelamar beasiswa calon dosen yang telah dinyatakan lulus oleh pascasarjana penyelenggara BPP-DN" bukan "penerima beasiswa". pascasarjana penyelenggara BPP-DN itu mana saja? Lihatlah daftarnya di buku panduan BPP-DN.

      #Ingat, kita ini sudah mahasiswa, dah lulus pula S1nya, ada yg lulus cumlaude juga. Kita bukan siswa SD yg baru mulai belajar membaca tulisan.

      Delete
    10. anonymous 2, sip, ya mungkin tulisannya belum terlalu saya resapi dan pahami dan terlalu gegabah, dan benar kita bukan anak SD lagi, maka belajarlah berkomentar dengan mengenalkan diri. tunjukkan diri kita ini memang sudah S1, S2, bahkan cumlaude lagi.:)

      Delete
    11. betul kata ummu fadh, cos di menu kesanggupa tulisanya begini:
      "Laman ini diperuntukkan bagi calon dosen yang telah dinyatakan LOLOS ADMINISTRASI dan AKADEMIK di masing-masing perguruan tinggi tujuan"

      yg mengisi menu kesanggupan itu HANYA LOLOS ADMINISTRASI dan AKADEMIK di masing-masing perguruan tinggi tujuan bukan seleksi dikti.... setelah mengisi menu kesanggupan... dikti akan menyleksi lagi.....

      mohon dikoreksi... trims

      Delete
    12. itu sudah final mas yang lampiran 1. Yang dimaksud belum final itu karena kita masih diharuskan mengisi pada form 'kesanggupan'. Lalu setelah itu kita hanya menunggu SK resmi dari dikti dan PPs penyelenggara. SK tersebut berdasarkan lampiran 1 dan peserta yg telah melengkapi form 'kesanggupan'.
      CMIIW

      Delete
    13. kok sepertinya lampiran 1 itu belum final ya...karena kalau saya baca di pedoman/buku panduan BPP-DN hal 7 poin 4 dan 5 yaitu

      4. Daftar usulan di atas diseleksi oleh PPs penyelenggara dan harus sudah ditetapkan statusnya sebagai pelamar BPP-DN yg memenuhi syarat di PPs Penyelenggara sesuai prioritas melalui laman beasiswa.dikti.go.id/dn selambat-lambatnya pada tgl 21 juni
      5. Daftar nama mahasiswa yg diajukan (ditetapkan statusnya) oleh pimpinan PPs hanya "bersifat usulan", sedangkan penentuan penerima BPP-DN ditetapkan oleh direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti.

      jadi sepertinya ditunggu saja SK nya..mudah2an yang di lampiran 1 itu semua diterima.. Aamiin :)

      Delete
  23. Numpang tanya ya,. yg sdh berhasil pilihan utk universitas penempatan 1 dan 2 bisa sama ga ya.. tks

    ReplyDelete
  24. Pada lampiran hasil penetapan status pelamar BPP-DN Cados disebutkan bahwa bagi peserta yang sudah mempunyai ikatan dengan perguruan tinggi diwajibkan mengunggah "surat pernyataan Rektor/Direktur/Ketua yang akan mengangkat yang bersangkutan menjadi dosen TETAP perguruan tinggi tersebut"
    Apakah isi pernyataan tersebut harus mengangkat kita sebagai dosen TETAP? Apa tidak boleh sebagai dosen KONTRAK?

    ReplyDelete
  25. contoh form surat SK Rektor yang berisi kesediaan menggaji dan mengangkat menjadi dosen tetap tolong di bagi donk..trims

    ReplyDelete
  26. bagi teman yg dah punya cntoh SK dr rektor kediaan di gaji , mohon di bagi2 dong ke email saya ini
    adyelfiadi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berkenan, tolong kirim ke email saya juga ya,
      ichi90_ayyashi@ymail.com
      trimakasih...

      Delete
    2. saya juga mau, muhammadasfar@yahoo.co.id
      makasih sebelumnya

      Delete
  27. saya minta tlong dikimi uga dong mbak myrawardati cntoh SK Rektor@.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...
      sebagai konfirmasi, sekarang saya juga belum punya masa'...
      saya baru mau ngurus senin nanti, karena hari sabtu dan minggu kampus libur, ;-)
      nanti kalo sudah ada contoh atau informasi saya akan kirim ke kak indra biar ditampilkan di blog-nya insya Allah...

      Delete
  28. mau nanya homebase hrs universitas negeri kah?apakah swasta boleh?
    saya juga mau dikirmi file contoh sk rektor ttg kesediaan gaji ke email saya cynthia.putri12@yahoo.co.id
    terima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please contoh form/format SURAT PERNYATAAN/KETERANGAN REKTOR dikirim juga ke email saya rekan-rekan sekalian ardhysupraba@yahoo.com Thank you very much.

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa belum tentu dapat? bukankah pengumuman kelulusannya sudah jelas dari DIKTI? :D
      atau mas Ummu BPPDN gelombang 2?

      Delete
    2. saya perempuan,,(ummu fahd = ibunya fahd)

      Saya gelombang 1,, saya masih ragu kalau itu sk penetapan penerima beasiswa..
      saya tunggu saja berita selanjtnya..

      Delete
    3. ups, maaf mba. sy tidak tahu, iya ditunggu saja mudah2an yang di lampiran 1 itu semua diterima. Aamiin :)

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. bismillah....setelah baca komentar dari mb Myra Wardati : setau saya, yang 35 PT itu buat yang gak ada surat rekomendasi... dan disesuaikan dengan jurusan temen2 masing2 ya... dicek2 aja mana universitas yang ada jurusan temen2... SEMANGAT!!

    nah, berarti surat keterangn tersebut HANYA HARUS DIUPLOAD bagi yang mempunyai HOME BASE ya?
    Sehingga kesimpulannya : bagi calon penerima yang sudah lolos, ada 35 pilihan tempat pengabdian. Nah kita diberi kesempatan milih 2 tempat, begitu kah?
    Sederhananya : bagi yang tidak punya surat kontrak atau perjanjian dengan kampus kita, maka TIDAK PERLU UPLOAD SURAT KETERANGAN, dan HANYA MENGISI 2 PILIHAN KAMPUS TEMPAT PENGABDIAN....

    mohon dikoreksi, karena saya rasa kita semua harus jelas dalam urusan ini.
    #saya masih bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu bingung. kesimpulan kamu benar.

      Delete
    2. Alhamdulillah, terima kasih banyak. ^_^ SIP!!!
      soalnya dari komentar semuany di atas, banyak yang masih bingung dengan surat keterangan tsb.
      Nah, kalau seperti ini : tugas sekarang adalah menentukan 2 pilihan tempat pengabdian,karena DIKTI memberi kesempatan memilih....pilihlah yang paling representatif (dg alasan dekat rumah, kampus, atau pastinya da disana program studi yang bisa kita aplikasikan/ajarkan setelah lulus S2)
      "Jika Saudara diberi kesempatan memilih Perguruan Tinggi sesuai dengan daftar di atas, Perguruan Tinggi mana yang akan Saudara pilih: "
      Karena udah nulis surat "SIAP DITEMPATKAN DIMANA SAJA DI INDONESIA" maka kita juga harus siap kalau tidak sesuai 2 pilihan kita tsb.
      Bismillah, Allah selalu beri kita yg terbaik....^_^

      Delete
    3. Hmm, jadi kalau yang ada surat rekomendasi, nanti pengabdiannya di univ yang memberi rekomendasi tersebut ya? Bukan di salah satu 35 pilihan univ yang ditawarkan Dikti?

      Delete
  32. kirim ke saya juga donk format gaji rektornya.... ke fjbismillah89@gmail.com

    ReplyDelete
  33. Teman2 yg msih eror saat registrasi kesangupan. Pastikan bhwa teman2 membuka nya melalui Mozila firefox jng membuka nya melalui gogle chrome. silakan dicoba.

    ReplyDelete
  34. Jika memang lampiran 1 belum pasti menerima beasiswa, kenapa ada istilah 'tidak lulus' pd lampiran 2?
    apakah 8000an yg tidak lulus tersebut adalah org" yg sekedar iseng mendaftar beasiswa secara OL?
    Atau itu termasuk peserta yg tidak lolos di pps ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di lampiran 2 itu y yg daftar BPP-DN juga secara online namun tidak diterima di PPs Penyelenggara. Dan sebagian dari yg ada didaftar itu pasti ada yg cuma iseng dan/atau sekedar menguji sistem pendaftaran onlinenya seperti apa, misalnya saja mas admin blog ini. So, use your logic. Baca tulisan pada pengantar di lampiran 2 secara teliti dan pelan2, serta diresapi dan pahami setiap katanya. Jangan permalukan guru bahasa indonesia anda dulu.

      Delete
    2. jangan begitu komen anda seakan2 org lain itu lebih bodoh dari anda. kalau mau pakai logic, coba anda cek nama2 mahasiswa yang lulus pps penyelenggara (coba ITB) dg dana BPPDN tapi namanya ada di lampiran 2. bisa anda jelaskan? pernah belajar kata AMBIGU kan di bahasa Indonesia? satu tulisan bisa ditafsirkan lebih dari satu makna. so jangan merasa paling benar. oke? salam damai :)

      Delete
    3. Benar,.saya juga melihat kasis sperti itu, (ITB) diab lulus di PPs penyelenggara, tapi dia diletakkan namanya di lampiran ke 2. apa maksudnya itu? saya semula berpikir apa itu kesalahan atau emank sudah keputusan?
      ya mudah2an sajaaa semua yg di lampiran satu lulus BPPDN dikti tahun ini,. Aamiin,.,. tenag ja mas bro,.doakan yg trbaik..

      Delete
    4. Let's take a flashback. Ingatlah saat mendaftar BPP-DN. Ada 2 berkas dari BPP-DN yg harus dikumpulkan saat kita melamar di PPs Penyelenggara, bukti pendaftaran online yg ada fotonya & lampiran 1 yg isinya kontrak dg DIKTIyg harus ditandatangani diatas materai. Mungkin dia yg anda maksud itu hanya mendaftar online saja dan tidak mengumpulkan salah satu dan/atau keduanya, atau pada kontrak kerjanya dia tidak menggunakan materai, atau bahkan dia hanya mengumpulkan kontrak kerja tanpa ada materai dan tandatangannya. Kejadian itu otomatis menyebabkan dia gagal diajukan oleh ITB sebagai Pelamar BPP-DN meski dia diterima ITB lewat jalur beasiswa. Ketidakjujuran dalam mengisi form online BPP-DN(misal pada form IPK), juga bisa berdampak pada gagalnya pengajuan Pelamar oleh PPs Penyelenggara. Untuk lebih jelasnya lebih baik anda tanyakan langsung kpd ybs dan pihak ITB kenapa itu bisa terjadi. Semoga kita disini bisa membedakan antara Pelamar, Penerima, dan Tidak dinyatakan sebagai Pelamar. Pelamar dan Penerima adalah 2 kata yg jelas berbeda. Pelamar belum tentu jadi Penerima, tetapi Penerima sudah jelas Pelamar.

      Delete
    5. sudah sudah santai aja broooo,.,. lg bulan puasa nih. sekedar mengingatkan saja, di panduan beasiswa bppdn itu terdapat jumlah penerima bpps sekitar 4000an dan beasiswa unggulan sktr 3000an. (untuk 2011 dan 2012). jika beasiswa bpps dan unggulan diganti jadi beasiswa bppdn dengan alokasi jumlah penerima sama, maka kemungkinan besar yang ada di lampiran satu itu lulus semua (cuma 4045). tinggal meminta kesanggupannya saja. jangan lupa bagi anda yang termasuk kriteria calon dosen, anda sudah membuat surat perjanjian untuk pengabdian dimana saja. jika kita fikirkan lagi, dengan adanya kesanggupan tsb memungkinkan kesanggupan tersebut merupakan alat pengukuran kekonsistenan dari calon dosen. singkatnya, lebih baik caldos nda usah memaksakan utk mengupload surat dari rektor. kecuali yang dosen, o iya,.,. lupa. dikarenakan dosen (yg ber-NIDN) daftarnya hanya sedikit, makanya ada gelombang 2 yg khusus dosen dan on-going. dari aksi-aksi dikti tsb, bisa kita simpulkan bahwa kuota utk beasiswa tsb masih belum penuh. oleh karena itu, saya yakin 99% semua nama yg ada di lampiran satu lulus semua. klo 1% nya adalah kesialan saja dah. hehehe

      Delete
    6. Mas Anonymous..
      Jika, saya pada saat proses pendaftaran di dikti lalu mengupload surat perjanjian dan kemudian di menu kesanggupan mengupload surat rekom dari rektor apakah (kemungkinan) itu berpengaruh pada saat proses seleksi di dikti nanti..? karena di universitas asal saya, di buka prodi baru yang sesuai dengan jurusan saya^^
      kira2 gimana itu ya mas..?

      Delete
    7. Gini aja mas melis. coba aja upload surat rekomendasinya, tapi isi juga dua pilihan PT dari35 PT yg diberikan oleh dikti (kemungkinannya 50:50 untuk lulus jika kekonsistenan yg dijadikan acuan).Tapi, jika mas melis ingin 100% lulus ya jgn dilampirkan srt dr rektor, cukup isi 2 pilihan PT saja(*ini jika kekonsistenan yg dijadikan alat penyeleksian). Sekadar informasi saja, definisi home base di kopertis itu ada. Ternyata homebase itu utk yg dosen (ber_NIDN), jika kita punya NIDN berarti kita punya homebase dimana kita mengajar. Jika mas melis sdh punya NIDN, lbh baik lampirkan saja surat dari rektor. Toh kekuatannya ada di NIDN ko. Tapi klo gak punya lbh baik nda usah ngelampirin surat rekmndasi rektor. TErus juga, jika dilihat dari persyaratan beasiswa bppdn untuk dosen dan calon dosen itu berbeda. persyaratan pengajuannya lebih banyak yg dosen. Intinya jgn ingin enaknya aja, maksudnya,.,. pada saat daftar kita pake status calon dosen,,,eh di akhir-akhirnya kita ingin ditempatkan berdasarkan dengan yg kita inginkan.

      Delete
  35. Permisi..Mau bertanya... yang dimaksud Homebase itu apa ya?apakah yang sudah bekerja di salah satu instansinya? atau bisa Tempat kita mendaftar dan diterima di Perguruan tinggi saat ini?? Bingung..tolongin yahhh

    ReplyDelete
  36. malem semua.
    saya iseng ngecek nama mahasiswa yg lulus d pps dng jalur bppdn apakah ada yg namany tidak tercatat d lampiran 1 melainkan tercatat d lampiran 2.
    ternyata ada.
    dinyatakan lulus di itb melalui jalur bppdn, tp namany ada d lampiran 2.
    kalo seperti itu bagaimana mksdny ya?
    soalny kan d lampiran 1 itu dikatakan lulus d pps penyelenggara bppdn, sedangkan lampiran 2 yg d nyatakan tidak lulus.

    ReplyDelete
  37. Temen-temen yang punya contoh format surat pernyataan/keterangan Rektor bisa minta tolong dikirimkan ke email saya: annysadwic@yahoo.com? Terimakasih. :)

    ReplyDelete
  38. coba baca kembali pedoman BPP DN pada hal 10 point 2 a. silahkan interpretasikan redaksi kalimatnya.... semoga semua yang ada dalam lampiran satu bisa terkover semua dalam SK penetapan nanti... Chandra

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum..
    Maaf saya mau bertanya, email konfirmasi pendaftaran BPPDN saya kehapus. Didalamnya berisi username dan password akun BPPDN saya. Bagaimana caranya agar akun dapat dibuka kembali? sehubungan dengan pengisian form kesanggupan mengabdi. PASSWORD akun tidak ingat.

    Nama: Siti Aisah
    Asal Universitas : Universitas Padjadjaran
    Universitas yang dituju (pasca sarjana) : Institut Pertanian Bogor
    Nomor registrasi terlampir : QKWGZCNITH


    Terima kasih,
    Siti Aisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan hubungi DIKTI saja mba, lain kali jangan asal main hapus email, difilter dulu mana kira2 email yg penting dan mana yg tidak. yg penting2 jangan dihapus. padahal saya yg ngarep dapet email berisi username & password BPP-DN malah ga dapet2 sampe skrg. habis daftar dulu langsung nyoba hubungi DIKTI lewat telp n email tetep gak diangkat & dibales emailnya ttg masalahku belum nemu solusinya sampe sekarang, pdhl keterima di PPs Penyelenggara lewat jalur BPP-DN. eh mba yg dapet email malah dihapus. #facepalm

      Delete
    2. email ke sini aja mba bpp-dn@dikti.go.id minta di krimkan lagi passwordnya

      Delete
  40. ada yang tahu kontak person langsung yang berhubungan dengan hal tersebut diatas (akun BPPDN), lupa password...saya sudah menghubungi bbagian diktendik (021) 57946053, (021) 57946052, tapi belum ada respon.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga tdk ada passwordx:(
      sudh dicheck di E-mail tp nd' ada, :(
      sudh tlpon, krim E-mail tp nd' ada blasan dr dikti,
      apa kita harus kekantornya yg dijakarta?
      sy jauh dimakkassar :(

      Delete
    2. Cara 1 :
      Coba cari di email dengan key word :
      "Pendaftaran BPPS Online"

      Cara 2.
      Coba cari di folder TRASH atau folder SPAM..

      Cara 3.
      Biasanya seseorang punya email lebih dari satu. seperti yahoo dan gmai. Coba cari di keduanya.

      Semoga membantu.

      NB :
      Klo semua cara diatas sudah gagal. Ya cara terakhir adalah menghubungi adminnya BPPDN.

      Delete
    3. bpp-dn@dikti.go.id

      Delete
  41. teman-teman saya juga mau contoh SK dr rektor yr menyatakan kesediaan menerima + menggaji
    kirim ke email saya ya: enidemetri@gmail.com
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  42. saya masih bingung dengan homebase :( saya adalah pelamar beasiswa BPPDN calon dosen. homebase itu apakah univ asal atau kah univ yg mau menerima kita sebgai pegawai ttap ketika kita lulus nanti (bukan univ asal)? mohon pencerahan teman-teman :)

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum Mas Indra Azimi, perkenalkan saya Dwi, terimakasih blog2nya selalu memberikan informasi yg sagat membantu...tentang lampiran 1 tersebut, bisakah mas indra menanyakannya kpd pihak dikti via email krn saya lihat email-email dari mas Indra selalu mendapat respon yang baik dari pihak dikti. bisakah mas indra menanyakan kepastiannya apakah yg di lampiran 1 itu kira2 akan diterima semuanya atau tidak ya? thanks :)dan mohon ditanyakan kapan pengumuman/SK penerimanya keluar? karena saya bingung, kiranya pps yg saya daftar menetapkan batas waktu pembayaran registerasi, saya khawatir jika deadline registerasi jatuh tempo jauh sebelum pengumuman penerima/SK dikti, nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya barusan tanya ke DAA UGM, itu sudah final mas yang lampiran 1. Yang dimaksud belum final itu karena kita masih diharuskan mengisi pada form 'kesanggupan'. Lalu setelah itu kita hanya menunggu SK resmi dari dikti dan PPs penyelenggara. SK tersebut berdasarkan lampiran 1 dan peserta yg telah melengkapi form 'kesanggupan'.

      Teman saya yang di ITB juga demikian, di SMS sama pihak kampus utk segera melngkapi form kesanggupan.

      Dari ibu lilik di ISI Jogja, lampiran 1 sudah fix. Karena memang gak ada tes lagi.

      Dari komen yang logis:
      sekedar mengingatkan saja, di panduan beasiswa
      bppdn itu terdapat jumlah penerima bpps sekitar
      4000an dan beasiswa unggulan sktr 3000an.
      (untuk 2011 dan 2012). jika beasiswa bpps dan
      unggulan diganti jadi beasiswa bppdn dengan
      alokasi jumlah penerima sama, maka kemungkinan
      besar yang ada di lampiran satu itu lulus semua
      (cuma 4045). tinggal meminta kesanggupannya
      saja. jangan lupa bagi anda yang termasuk kriteria
      calon dosen, anda sudah membuat surat
      perjanjian untuk pengabdian dimana saja. jika kita
      fikirkan lagi, dengan adanya kesanggupan tsb
      memungkinkan kesanggupan tersebut merupakan
      alat pengukuran kekonsistenan dari calon dosen.
      singkatnya, lebih baik caldos nda usah
      memaksakan utk mengupload surat dari rektor.
      kecuali yang dosen, o iya,.,. lupa. dikarenakan
      dosen (yg ber- NIDN) daftarnya hanya sedikit,
      makanya ada gelombang 2 yg khusus dosen dan
      on-going. dari aksi-aksi dikti tsb, bisa kita
      simpulkan bahwa kuota utk beasiswa tsb masih
      belum penuh. oleh karena itu, saya yakin 100%
      semua nama yg ada di lampiran satu llus semua - See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/2013/07/hasil-penetapan-status-pelamar-bpp-dn.html?showComment=1373950021864#c9199251359128622602

      Delete
    2. Menilai ke konsistenan maksudnya apa?..
      Klo saya sih mendingan upload saja. Toh yang nyuruh nya dikti kok. Jangan2 klo gak upload malah nanti di coret. Selain itu, klo dikti gak perlu. Ngapain repot2 buat Form itu...
      "Dikti hanya pengen memastikan bahwa setelah lulus Pasca. Maka bisa langsung mengaplikasikan ilmu nya" Intinya mah biar gak nganggur... Itu sih analisa saya..

      Delete
    3. maksudnya kekonsistenan itu adalah, jika kita waktu pertama kali daftar dulu telah memiliki homebase / universitas asal, maka kita diwajibkan mengupload surat yg dimaksud DIKTI sebagaimana pernyataan kita di awal pendaftaran. namun, jika kita tidak memiliki homebase dari pertama kali daftar, kita tidak perlu repot2 cari homebase sekarang (ini namanya gak konsisten), toh kita sudah tandatangan di atas materai bahwa kita siap ditempatkan dimana saja. (ingat tandatangan di atas materai itu kuat secara hukum)

      Jadi Form itu untuk pendaftar yg memang dari awal mendaftar beasiswa sudah memiliki homebase, dan (mungkin) untuk menguji kekonsistenan pendaftar yg dari awal memang tidak memiliki homebase.

      NB : Ini belum final, saat proses seleksi masih berlanjut hingga DIKTI mengeluarkan SK Penerima BPP-DN.

      Delete
    4. itu form kesanggupan bukan hanya calon dosen saja tapi dosen juga. yg disuruh ngupload adalah yg punya homebase(dosen). klo yg gak ngupload itu adalah untuk calon dosen.mas pada saat pendaftaran statusnya dosen atau calon dosen? klo dosen,.,. ya harus upload tapi klo caldos ya nda perlu

      Delete
    5. Memangnya sudah ada dosen nya ya? Bukannya ini "semua" adalah calon dosen
      Pengumumannya kemarin kan calon dosen. Bukan DOSEN.
      . Yang jadi masalah adalah ada orang yang punya surat kesanggupan dan ada yang tidak. Nah klo tidak maka harus siap ditempatkan dimana saja.

      Jadi ada calon dosen yang sudah punya hombase. Seperti kawan2 calon dosen dari UGM yg dibuatkan oleh UGM nya.. Klo kasusnya seperti ini dan kita punya suratnya. Ngapain gak diupload... Wong disuruh.

      Delete
    6. Iya saya juga sepakat. Kesimpulannya seperti itu. Mungkin lebih enak tambahkan contoh. Lihat baik2 lampiran 1.
      nomor 1 dan 2.

      Disana tertulis.
      1.Aah Siti Fatimah (tidak memiliki instansi asal)
      2. Aan Budianto. Universitas Lampung (instansi asal)

      Jadi Aah Siti Fatimah tidak perlu repot2 mencari surat dan harus siap untuk ditempatkan dimana saja. Sementara Aan Budianto sangat disarankan mencari surat dari Universitas Lampung (sebagai instansi asal). Udah gitu di upload deh..





      Delete
    7. klo memang begitu instansi asal itu diisi oleh dikti? saya tidak memiliki homebase, namun pada pengumuman tersebut nama saya memiliki instansi asal padahal saya tidak meminta/mengirimkan/mengunggah rekomendasi apapun ketika awal registrasi. yang saya ingat saya mengisi form "instansi asal" karena ketika itu akan saya kosongkan tidak bisa, jadi saya isikan saja instansi tempat saya kuliah S1 dengan tidak mengisi form jabatan dan golongan. jadi asumsi saya instansi asal itu muncul ketika kita mengisi form "instansi asal" dan atau mengunggah surat rekomendasi rektor. kemudian apakah saya harus repot-repot mencari surat rektor sementara saya tidak memiliki homebase dan memang dari awal saya tidak memilikinya? what a waste!

      Delete
  44. Assalamualaikum teman-teman... yang punya format surat kesanggupan rektor... bisa tolong dishare? email ke email saya muti.tiarapertiwi@gmail.com
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  45. Selamat Pagi..
    Teman2 selamat ya lulus BPP-DN.
    Ada yang punya contoh form surat SK Rektor yang berisi kontrak calon dosen selama 3 tahun dan gaji ?

    Mohon bantuannya untuk mengirimkan ke email kakashie_hatake@yahoo.com

    Terima Kasih...

    ReplyDelete
  46. Saya barusan tanya ke DAA UGM, itu sudah final mas yang lampiran 1. Yang dimaksud belum final itu karena kita masih diharuskan mengisi pada form 'kesanggupan'. Lalu setelah itu kita hanya menunggu SK resmi dari dikti dan PPs penyelenggara. SK tersebut berdasarkan lampiran 1 dan peserta yg telah melengkapi form 'kesanggupan'.

    Teman saya yang di ITB juga demikian, di SMS sama pihak kampus utk segera melngkapi form kesanggupan.

    Dari ibu lilik di ISI Jogja, lampiran 1 sudah fix. Karena memang gak ada tes lagi.

    Dari komen yang logis:
    sekedar mengingatkan saja, di panduan beasiswa
    bppdn itu terdapat jumlah penerima bpps sekitar
    4000an dan beasiswa unggulan sktr 3000an.
    (untuk 2011 dan 2012). jika beasiswa bpps dan
    unggulan diganti jadi beasiswa bppdn dengan
    alokasi jumlah penerima sama, maka kemungkinan
    besar yang ada di lampiran satu itu lulus semua
    (cuma 4045). tinggal meminta kesanggupannya
    saja. jangan lupa bagi anda yang termasuk kriteria
    calon dosen, anda sudah membuat surat
    perjanjian untuk pengabdian dimana saja. jika kita
    fikirkan lagi, dengan adanya kesanggupan tsb
    memungkinkan kesanggupan tersebut merupakan
    alat pengukuran kekonsistenan dari calon dosen.
    singkatnya, lebih baik caldos nda usah
    memaksakan utk mengupload surat dari rektor.
    kecuali yang dosen, o iya,.,. lupa. dikarenakan
    dosen (yg ber- NIDN) daftarnya hanya sedikit,
    makanya ada gelombang 2 yg khusus dosen dan
    on-going. dari aksi-aksi dikti tsb, bisa kita
    simpulkan bahwa kuota utk beasiswa tsb masih
    belum penuh. oleh karena itu, saya yakin 100%
    semua nama yg ada di lampiran satu llus semua



    CMIIW -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih mas sudah tanya DAA UGM? lewat telpon kah? n email mas kalo jg boleh? btw jur apa mas?

      Delete
    2. Sudah mas, kroscek dengan Ibu Ratna dari pihak DAA UGM.
      Kalau ISI Jogja ada ibu Lilik.

      Delete
    3. Oh begitu ya...
      Oia kalau masalah tempat kita mengabdi setelah selesai studi apakah hanya 35 univ yang disebutkan dalam form kesanggupan saja?

      soalnya "katanya" kalau beasiswa unggulan tahun kemarin,nama penerima beasiswa yang tidak menggunakan rekomendasi univ masuk list di dikti,,jadi kalau ada univ kekurangan dosen tinggal merekrut penerima beasiswa tsb,,itu berarti penerima beasiswa bisa ditempatkan dimana saja di Indonesia tidak hanya 35 univ tsb... apakah seperti itu?

      Karena ada pilihan "tidak" saat kita mengisi form bagian bawah tabel "Apakah Saudara bersedia ditempatkan di Perguruan Tinggi di bawah ini?" ya/tidak
      yahh..meskipun di bawahnya kita diharuskan memilih 2 univ dari 35 uni yg tersedia...



      tolong koreksi.. :)

      Delete
    4. lebih baik caldos nda usah
      memaksakan utk mengupload surat dari rektor.
      kecuali yang dosen.
      =============================================

      Mohon maaf mas. Saya mengklarifikasi kalimat ini.
      Bukannya SEMUA nya adalah calon dosen ya. Lihat nama file Lampiran 1. Penstatusan CALDOS. Jadi di pengumuman ini SEMUA nya adalah CALDOS.

      Nah, sama Dikti, CALDOS-CALDOS itu disuruh mengupload kesanggupan ..

      Klo saya ambil kesimpulan dari kalimat mas.
      "lebih baik caldos nda usah
      memaksakan utk mengupload surat dari rektor.
      kecuali yang dosen"

      Ini adalah dua hal yang bertentangan.
      ===============================================
      Tapi apapun itu, semoga lapiran 1 Lulus semua nya ya mas.
      "maka kemungkinan besar yang ada di lampiran satu itu lulus semua (cuma 4045). tinggal meminta kesanggupannya"

      Delete
    5. Assalamulaikum teman2 semua, saya telah menanyakan ke DAA UGM Lewat email yang dibalas oleh admin daa mbak Ratna, begini pertanyaan saya:

      Saya: Selamat siang DAA UGM,

      Saya pelamar s2 ugm bppdn dikti, dimana pada web dikti http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ menu unduh terdapat lampiran 1. yang ingin saya tanyakan, apakah pada lampiran 1 tsb sudah final mendapatkan beasiswa bppdn dikti?

      Admin DAA UGM: selamat siang,

      perlu kami infokan bahwa lampiran 1 tersebut berbunyi " Daftar pelamar
      beasiswa calon dosen yang telah dinyatakan lulus oleh pascasarjana
      penyelenggara BPP-DN " bukan SK Penetapan Beasiswa, jadi daftar yang
      diterima oleh program pascasarjana di universitas tujuannya.

      terima kasih,

      ratna

      Jadi bisa teman2 simpulkan sendiri. Just info

      Delete
  47. MAAF SEBELUMNYA JIKA PERTANYAANNYA AGAK MATRE DIKIT..
    KALAU SELAMA PENGAPDIAN DI UNIVERSITAS YANG SUDAH DIPILIH,APAKAH KITA AKAN MENDAPATKAN BIAYA "GAJI"....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya... Belum aja kerja... Udah minta form gaji... Kesannya gimana gitu..

      Tapi gak apa2 lah.. Demi BPPDN tetap usaha..

      Delete
  48. Saya tadi tanya ke UPI katanya itu belum final penerima BPPDN.. buat mas/mba seniman saya mau tanya dr pihak UGM menyebutkan lampiran 1 final sebagai apa? Sebagai pemerima BPPDN atau sebagai pelamar? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belum final kok. itu mungkin mas/mba seniman waktu tanya tidak komplit, mungkin dia hanya tanya lampiran 1 itu sudah final atau belum saja. Dan kalau DAA menjawab itu sudah final ya betul, tapi maksud DAA sebenarnya adalah yg di lampiran 1 itu sudah final ditetapkan sebagai PELAMAR beasiswa dan telah diterima di UGM.

      DIKTI BELUM mengeluarkan Surat Edaran / Pengumuman yang membahas tentang PENERIMA BPP-DN, hanya baru sebatas PELAMAR BPP-DN.

      NB : Untuk yg masih bingung ini sudah final atau belum, coba bedakan antara kata PELAMAR dan PENERIMA, jika masih belum jelas membedakan keduanya hubungi Guru Bahasa Indonesia terdekat.

      Delete
    2. Sepakat, ini belum final. Tapi Semoga di FINAL kan semuanya. Amin.

      Delete
    3. y kan sebenarnyaa tinggal tanya pada penerima BU kemaren. kurang lebih kan sistemnya sama. dari jumlah pelamar yang dinyatakan lolos itu adakah yang masih dikerucutkan lagi. jika memang ada pengerucutan pada sistem BU kemaren, berarti tidak menutup kemungkinan bppdn juga akan memberlakukan aturan demikian.

      Delete
  49. Hanya saran,, lebih baik dibuatkan grup fb untuk info BPPDN cados, supaya bisa share info karena ada notifnya sehingga lebih realtime....
    jika ada yang berkenan dan telah membuat grup seperti yg disarankan, mohon untuk di share disini alamatnya,,
    trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di fb ada kayaknya bpp dn dan ln dikti

      Delete
    2. Group FB BPP DN Calon Dosen : https://www.facebook.com/groups/457950827633736/

      Silahkan join, untuk sesama calon penerima bisa sharing

      Delete
  50. Oia, yang sudah upload kesanggupan dalam pemberian gaji . Format dokumentnya apa ya ?

    PDF atau JPG.

    ReplyDelete
  51. Dear all,
    Bagi teman2 yg sudah memiliki format surat perjanjian rektor, saya minta yah....
    Tolong forward or send to burhan.kzeutsler@gmail.com
    Thx before,

    ReplyDelete
  52. kirim contoh surat pernyataan kesanggupan pengangkatan dosen tetap dan pemberian gaji dari rektor/direktur/ ketua ke : bundasayang2011@ymail.com
    diantosan, nuhun

    ReplyDelete
  53. Assalamulaikum teman2 semua, saya telah menanyakan ke DAA UGM Lewat email yang dibalas oleh admin daa mbak Ratna, begini pertanyaan saya:

    Saya: Selamat siang DAA UGM,

    Saya pelamar s2 ugm bppdn dikti, dimana pada web dikti http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ menu unduh terdapat lampiran 1. yang ingin saya tanyakan, apakah pada lampiran 1 tsb sudah final mendapatkan beasiswa bppdn dikti?

    Admin DAA UGM: selamat siang,

    perlu kami infokan bahwa lampiran 1 tersebut berbunyi " Daftar pelamar
    beasiswa calon dosen yang telah dinyatakan lulus oleh pascasarjana
    penyelenggara BPP-DN " bukan SK Penetapan Beasiswa, jadi daftar yang
    diterima oleh program pascasarjana di universitas tujuannya.

    terima kasih,

    ratna

    Jadi bisa teman2 simpulkan sendiri. Just info

    ReplyDelete
  54. Dear All,
    Ikut meramaikan ya?? :)
    Kalau menurut saya ini belum pasti final, ada kemungkinan ada yg ga diterima dari 4045 tsb. Disini dikti menekankan lagi untuk sanggup tidak mengabdi di universitas-universitas tersebut, karena kebanyakan kekurangan dosen di luar Jawa, yg di Jawa kurang lebih 3 saja (kediri, banten, cirebon).

    Seprti teman saya akhirnya tidak mengisi form kesanggupan tersebut karena jurusan dia ga ada di universitas yg di jawa, adanya yg diluar jawa, dan dia minta ttd rektor dari kampus S1nya belum dapat, kalau dia ga dapat ttd rektor dia ga ambil BPPDN caldos ini.
    Artinya 4045 tsb belum tentu diterima semua.

    Kasus lagi seperti ini, misal saya S2 ambil jurusan A, dan saya HANYA ingin universitas yg di Jawa, saya nekad milih poltek kediri padahal di Politeknik kediri tsb ga ada jurusan A. mungkin hal seperti ini yang akan menjadi pertimbangan dikti dalam seleksi kali ini.

    Group FB BPP DN Calon Dosen : https://www.facebook.com/groups/457950827633736/

    ReplyDelete
  55. lha ya itu mas maksudnya. Bagi yang ada di lampiran 1, dan mengisi form kesanggupan, yang lampiran 1 berarti sudah fix final dapet beasiswa, Tinggal tunggu SK dari dikti dan PPS penyelenggara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bener Pak Supriadi Rustad atau bukan yaaa? :)

      Delete
    2. iya, kita tinggal ngisi form kesanggupan untuk dapet beasiswanya. berdasarkan analisa waktu, dikti nda bakal ngadain tes lagi. INtinya klo mw dapet beasiswa, ya isi form kesanggupannya. SK nya keluar awal agustus sih. BTW, saya ko kurang yakin komen yg di atas dr pak supriadi rustad.

      Delete
  56. salam..
    kenapa semuanya pada bingung, coba baca baik2 pedoman BPP-DN yg menyatakan bahwa PPs tidak boleh memberikan informasi samasekali kepada pelamar selama belum ada penetapan langsung dari dikti,. kemudian coba liat lagi di file hasil penetapan status pelamar bppdn, di situ ada point yg bs di pahami dgn jls,.
    saya baru saja menyelesaikan mengisi formulir kesanggupan dan data berhasil di simpan, utk file yg harus di unggah saya memakai surat pernytaan kesanggupan mengngkat jd dosen tetap setelah usai kuliah. jd sy rasa tidak usah dibuat ribet. tks semoga membantu.
    SALAM. GOD BLESS US..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas/mbak anonymous, bisa minta tolong berbagi contoh surat pernyataannya?? mungkin bisa dikirim ke email mas Indra supaya Mas Indra yang menge-share contoh tersebut di blog ini??? trima kasih..

      Delete
    2. mksudnya gmna ini, tolong diperjelas. dan minta tolong untuk berbagi surat pernyataan kesanggupannya. sekian dan terima kasih.
      email saya: rusdimoh86@gmail.com

      Delete
    3. Mbak jika berkenan mohon kirim ya contoh surat dari rektor yg diminta dikti ke email hefri.oktoyoki@gmail.com
      Trimakasih

      Delete
    4. mb, mohon bantuannya, ini email saya, pratiwi.leite@gmail.com terima kasih

      Delete
  57. salam..mba..tolong dong kirimin format surat ke rektorat untuk homebase (universitas pilihan sendiri)...yah..pleaseeee...inoismaniar@ymail.com

    ReplyDelete
  58. mbk mas bro tlg masukannya ini sy mau nanya, saya salah satu pendaftar bppdn di uny yogya, namun nama saya dan bbrpa teman lainnya tidak dinyatakan lolos padahal kami sudah lulus seleksi dan telah registrasi ulang, selidik punya selidik kami yg tdk lolos ini mencoba menanyakan ke bagian akademik, ternyta dari pihak uny merespon kalo memang terjadi human eror dalam entry data ke dikti shingga ada bbrp nama mahasiswa yg tdak terdata di dikti pada saat pengusulan bppdn hikzzz... smpai skrng katanya pihak kampus mau memfalisitasi utk mengusulkan kembali ke dikti, tp sy pesimis dan agak ragu, gimana pendapat mas dan mbak smuanya, apa mmng masih ada pencerahan krn human eror tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus yang mas/mbak alami sama dengan saya. saya udah diterima di UI bahkan udah registrasi 15 juta, tapi nama saya ga lolos juga. setelah saya tanyakan ke UI berkas saya ga lengkap, padahal waktu itu saya mengumpulkan semua berkas lengkap.
      saya minta disusulkan ternyata dari pihak kampus sudah tidak bisa karena akses PPS ke website BPPDN sudah ditutup. saya disuruh mengurus langsung ke Dikti, saya tanyakan ke Dikti jawabanya juga mengecewakan. intinya sudah tidak bisa diusahakan..

      Delete
    2. kepada Mas Indra ataupun siapapun yang punya relasi di DIKTI tolong sampaikan keluhan kita. jangan ada lagi korban2 seperti kita.

      Delete
  59. salam.adakah yg telah menghubungi pihak dikti untuk mrminta penjelasan ttg lampiran 1.benarkah sudah pasti mendapatkan beasiswa asalkan kita mengisi form kesanggupan?
    Istiqamah.
    PPs UNY

    ReplyDelete
  60. Assalamualaikum

    Menanggapi pengumumn di laman dikti mengenai status pelamar BPP-DN 2013..
    adakah yang memilki iformasi atau link (terutama Mas Indra yg emailnya di tanggapi) untuk menanyakan kapan pengumuman final/SK dari dikti? karena saya sudah mencoba mengirim email dan menguhubungi via Telp, namun belum ada respon.
    mungkin ada yg meiliki informasi atau teman penerima BU tahun sebelumnya, apakah ada pengkerucutan setelah penetapan pelamar? jika ada sekitar berapa persen?
    Semoga yang namanya tercantum di lampiran 1 diterima semua dan kembali terantum dalam SK Dikti....
    Amiinn...

    untuk informasnya saya uapkan banyak terima kasih... ^_^

    ReplyDelete