Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Monday, April 1, 2013

Tips Agar Mendapat Beasiswa

Menurut jadwal kegiatan penyelenggaraan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) yang ada di buku panduan yang dikeluarkan oleh DIKTI beberapa waktu yang lalu, hari ini pendaftaran online BPP-DN 2013 dimulai. Tentu kamu sangat berharap kamu bisa menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut.

Di tulisan kali ini saya akan membagi beberapa tips agar kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini. Tips ini tidak hanya berlaku untuk BPP-DN saja, tetapi juga berlaku umum, untuk beasiswa lain. Berikut tipsnya.
  1. Mintalah restu dan doa orang tua kamu
    Ridho Allah bergantung pada ridho orang tua. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meminta restu orang tua kamu agar mereka ridho kamu melamar beasiswa ini. Kemudian, doa orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab dan mudah dikabulkan. Karena itu, sangat penting bagi kamu meminta doa dari mereka agar langkah kamu melamar beasiswa ini dimudahkan dan kamu mendapat hasil yang baik.

  2. Buatlah komitmen untuk menjadi lebih baik
    Berkomitmenlah pada dirimu sendiri bahwa dengan beasiswa ini kamu akan menjadi lebih baik. Jika saat ini kamu masih diberi uang saku oleh orang tua kamu, setelah mendapat beasiswa nanti, tidak boleh begitu lagi. Kamu harus mandiri. Lebih baik lagi jika kamu mau menyisihkan sebagian uang beasiswa kamu untuk orang tua kamu, atau orang lain yang membutuhkan.

    Jika kamu suka membaca buku, dan saat ini seringkali hanya membaca buku bajakan (seperti ebook yang tidak resmi), setelah mendapat beasiswa nanti, tidak boleh lagi begitu. Buku-buku bagus yang ada di toko buku dan harganya terjangkau harus kamu beli. Supaya ilmu yang kamu dapat dari buku itu membawa berkah dan sang penulis buku tersebut dapat merasakan manfaat.

    Jika kamu suka menonton film, dan saat ini seringkali menonton film bajakan yang bebas diunduh, setelah mendapat beasiswa nanti, berubahlah. Pergilah ke bioskop, tontonlah film yang bagus, agar produsernya bersemangat membuat film bagus lainnya. Dan masih banyak lagi contoh lain yang tidak bisa saya tuliskan satu per satu.

  3. Bacalah buku panduan beasiswa
    Biasanya, orang-orang malas membaca buku panduan. Nah, untuk mendapat beasiswa, kamu harus menjadi orang yang luar biasa. Jangan malas membaca buku panduan, karena banyak informasi yang bisa kamu dapat dari buku tersebut.

  4. Mintalah informasi dari sumber terpercaya
    Jika ada sesuatu yang kurang jelas, mintalah informasi dari sumber terpercaya. Kamu bisa bertanya langsung ke DIKTI (kontaknya lihat di sini), atau kamu bisa bertanya ke PPs kampus tujuan kamu (kontaknya lihat di web PPs masing-masing). Kamu juga bisa bertanya di blog ini. Saya membaca semua komentar yang masuk di blog ini. Namun, memang tidak semua pertanyaan bisa saya jawab, karena saya tidak mengetahui segalanya.

  5. Berbagilah informasi yang kamu punya
    Ada dua keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan berbagi informasi yang kamu punya. Pertama, jika informasi kamu benar, maka orang lain akan mendapatkan manfaat dan kamu telah melakukan kebaikan. Kedua, jika informasi yang kamu punya ternyata salah, maka orang lain dapat mengoreksi sehingga kamu bisa kembali ke jalan yang benar.

  6. Lebih baik lebih daripada kurang
    Jika kamu ragu tentang perlu tidaknya suatu berkas (misalnya status lampiran 4 dan 5 yang sampai saat ini masih belum jelas), kamu urus saja berkas-berkas tersebut. Jika ternyata berkas tersebut tidak diperlukan, panitia seleksi otomatis akan menyingkirkan berkas tersebut. Namun jika ternyata berkas tersebut diperlukan, kamu aman, karena berkas tersebut ada.

  7. Doakan teman-teman seperjuanganmu
    Mendoakan keberhasilan diri sendiri itu bagus, namun mendoakan keberhasilan teman-temanmu jauh lebih bagus lagi. Muslim yang satu dan muslim lainnya itu bersaudara, dan doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya tersebut, adalah mustajab dan mudah dikabulkan. Dan lagi, ketika kamu mendoakan keberhasilan teman-temanmu, malaikat juga akan mendoakan kamu dengan doa yang sama.

Saya rasa cukup tujuh saja dulu tips-nya. Semoga berhasil ya!

258 comments:

  1. assalammualaikum mas indra, saya sudah coba daftar sebagai calon dosen, tapi nik nya saya kosongkan tidak mau lanjut ya/ padahal saya sudah memilih sebagai calon dosen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      NIP/NIK diisi strip (-) aja.
      KTP diisi nomor KTP.
      Instansi asal (dan alamatnya) juga diisi strip (-) aja.

      Delete
    2. Selamat malam, mau tanya. Mas achmad yg udh dftr online, gmn ada gak ya persyaratan surat seperti pada lampiran 4 dan 5 utk calon dosen? Mhn penjelasannya.

      Delete
    3. saya udah coba daftar tadi. yang diminta itu cuma surat ijin rektor/koordinator kopertis sama foto aja. untuk calon dosen, saya rasa surat ijin rektor/koordinator kopertis itu maksudnya lampiran 1.

      Delete
    4. Oh gitu ya mas indra. Gini mas, tujuan sy adl ugm jurusan teknik elektro. Tadi sy sudah kesana utk bertanya apakah diperlukan lampiran 4 dan 5. Pihak ugm akan memberi jawaban besok pagi utk hal tsb, jd baiknya gmn ya? sy mendftr setelah mendpt kepastian dr ugm atau malam ini sy langsung dftr ya? mhn penjelasannya

      Delete
    5. oh, kalau begitu sih sebaiknya mendaftar besok aja setelah mendapat kepastian dari UGM. kan pendaftaran online masih lama.. ntar klo udah ada info tentang lampiran 4 dan 5, tolong diinfo ke sini juga ya!

      Delete
    6. Baik, siap mas Indra :D besok kalo udh dpt info dr UGM, sy share ke forum ini. :D

      Delete
    7. Assalamu'alaikum Mas Indra ketika saya daftar online alamat instansi dan instansi asal saya isi - seperti petunjuk mas Indra, tetapi untuk nomor telepon tidak bisa diisi -. ketika saya kosongi saya tidak bisa lanjut pada tahap selanjutnya, sebaiknya nomor telepon instansi tersebut saya isi dengan apa? terima kasih..

      Delete
    8. ass,, mas saya sudah coba daftar tetapi yg instansi saya isi universitas asal, apa masih bisa diubah ya? kemudian utk yg lampiran ijin rektor utk calon dosen lampiran 1 saja ya mas?

      Delete
    9. mbak anggraeni, format nomor telpon itu 4 digit kode wilayah, ditambah 6 digit nomor telponnya. jadi diisi 0 sebanyak 10 buah aja.

      Delete
    10. Saya juga kebingungan mengisis nik dll. tapi berhasil untuk mengosongkannya dengan cara 1) mengisi secara asal semua kolom yg sebenarnya tidak usah di isi
      2) terakhir setelah semua proses beres, lakukan review di kolom petunjuk di sebelah kanan.
      3) hapus semua data yang tidak diperlukan di rangkaian prosesi di sebelah kiri
      4) hasilnya kolom yang kita hapuspun hilang
      5) cetak

      *Ketidaknyamanan itu mungkin webnya belum dimutakhirkan dan belum diperbaiki oleh webmasternya.
      kasus tersebutpun terjadi di pendaftaran online UGM, ketika saya mendaftar tadi malam pilihan jadwal ujian masuk UGM hanya ada yang bertanggalkan 6 Juli 2013, padahal untuk pelamar BPP-Dn seharusnya tanggal 2 Juni.

      Delete
    11. mas kalau saya kasusnya ga bisa cetak kartu pendaftaran, apa harus daftar ulang pakai email yang baru?

      Delete
    12. wah,sama mbak @saucha,saya juga mau daftar ke teknik elektro UGM,
      baru hari ini ke jogja buat nyicil2 ngurus dokumen :D

      Delete
  2. Aslm.m'f mas sy tanya. untuk pengisian program studi pd kampus tujuan apakah hrus ssuai dgn pilihan yg sdh disediakan di form pendftran.
    misalnya sy ingin mengambil jurusan teknologi pembelajaran di universitas negeri malang jenjang S2, namun pada pilihan autocomplete-nya tidak ada.
    bagaimana itu mas?trma ksh byk sblmnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam..
      jika tidak ada, berarti tidak bisa melamar BPP-DN ke jurusan tersebut.

      Delete
  3. Assalamu'alaikum Mas Indra,
    Syukran buat Tips di atas beserta informasi yg amat berharga di blog ini.
    Saya sendiri insyaAllah akan ambil S2 di Undip (Prodi Magister Kesling) dengan status calon dosen. Sudah daftar Online di PPS tujuan dan Sudah daftar Online BPP-DN jg.
    Sekedar berbagi,
    Kalau di "Undip" sudah jelas masalah Lampiran 4 dan Lampiran 5 itu khusus DOSEN saja.
    sementara Calon Dosen hanya mengurus Lampiran 1.
    Ini link pengumumannya (saya pakai url shortener):
    http://is.gd/UkMwS4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Mas Rahas n Mas Indra
      Saya baru aja daftar Online di BPPDN, tapi aksesnya cuma bisa sampe perguruan tinggi tujuan dan tidak ada instruksi lanjut, yang ada malah kembali. saya belum mengunduh berkas yang diminta.

      Mas Indra Syukron Jzk buat Info n tips-tipsnya.

      Delete
    2. mas rahas, makasih infonya. sangat membantu teman2 di sini.

      Delete
    3. anonymous, coba diulang aja proses daftarnya. mungkin internet kamu sedang bermasalah, sehingga halaman daftarnya tidak muncul sempurna.

      Delete
    4. Mas Rahas, saya juga berniat mendaftar ke UNDIP, oya untuk syaratnya yg point 5 di ketentuan umum itu pengirim harus mengajukan surat usulan permohonan BPP-DN yg ditujukan ke direktur Pasca UNDIP, maksudnya bagaimana ya? Apakah sama dengan surat rekomendasi?

      Delete
    5. Salam kenal buat Mas/Mbak Anonymous 'di atas'.
      Menurut saya, ketentuan no 5 itu adalah untuk Dosen/Calon Dosen yg terikat dengan suatu PTN/PTS (Perguruan Tinggi Sponsor). Bisa dibaca pada kalimat "Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta PENGIRIM....", kalau Mas/Mbak memang dikirim oleh suatu instansi, maka ketentuan di atas berlaku.
      Saya pribadi tidak mengurus berkas poin 5 tersebut, karena saya memang tidak ada PTN/PTS sponsor.

      Delete
    6. Ok salam kenal juga, oo terima kasih banyak ya atas penjelasannya!

      Delete
  4. Sebelum ini kan menurut Beasiswa Unggulan, calon dosen itu dikirim oleh PT asal dan akan kembali ke PT asal.
    Saya baru saja lulus S1 dan kaprodi saya ingin saya melanjutkan studi S2 dan menjadi dosen di prodi saya tersebut.
    Apakah dengan ini berarti saya harus siap ditempatkan di mana pun oleh DIKTI dulu sebelum saya kembali ke almamater saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika prodi kamu memang kekurangan tenaga dosen, setelah kamu lulus nanti, kamu bisa meminta rektor kampus asal kamu menulis surat ke DIKTI, meminta agar DIKTI menempatkan kamu kembali ke kampus asal kamu.

      Delete
    2. Terima kasih Mas Indra atas jawabannya...

      Delete
  5. Mas, kalau untuk calon dosen, surat ijin rektor/koordinator kopertis itu maksudnya lampiran 1, berarti ga perlu tanda tangan rektor ya? dan tanda tangan Bapak Supriadi Rustad juga dikosongkan saja?

    Oya, saat ingin mengubah data, saya tidak bisa kembali ke bagian unggah berkas, hanya ada pilihan "kembali". Kalau saya registrasi lagi apakah tidak apa-apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya permasalahan itu juga saya alami... saya sudah menguplod tapi ternyta tidak teruplod alhasil foto saya kosong... dan ketika ingin merubah data tidak ada pilihan uplod yg ada malah kembali... ap yg harus sy lakukan...? trm ksh...

      Delete
    2. saya juga mengalami masalah yang sama kemarin, permasalahan saya terjadi karena file yang saya upload ukurannya terlalu besar (di ketentuan filenya tidak boleh lebih dr 1MB) setelah menyiapkan file foto dan surat yang saya perlukan saat saya klik ubah data awalnya berhasil sampai terakhir pada laman perguruan tinggi tujuan. Dari sana tidak ada link untuk ke unggah berkas. Tapi setelah saya coba beberapa jam kemudian link tsb bisa muncul. Kesimpulannya mungkin servernya terlalu sibuk karena terlalu banyak yang mengakses sehingga tampilannya tidak sempurna atau koneksi internetnya yang kurang bagus. Saran saya sebaiknya dicoba lagi untuk ubah data dan pastikan koneksi internetnya lancar.

      Delete
    3. kok halamannya gak bisa dibuka yah? apakah ditempat lain juga seperti itu?

      Delete
    4. Mas Anonymous mau tanya nih, kan foto saya jadinya kosong sama seperti kasusnya Ocin, tetapi barusan saya upload berkas2nya ulang, tetapi tidak keluar bukti pendaftaran lagi, apa memang bukti pendaftaran hanya muncul waktu pertama saja? berarti memang tetep gak ada fotonya donk kalau benar seperti itu.

      Delete
    5. Anonymous, saya juga gitu kemarin... bukti pendaftaran itu bisa dilihat di email kita. itu pesan konfirmasi dari Diktinya. Web dikti lagi perbaikan. begitu katanya. coba lihat lagi webnya.

      Infoin dong untuk universitas asal. apa kita mestiu ngurus izin ke Univ asal?

      Delete
    6. Mbak anadyawati kasus saya beda mungkin, saya bermasalah pada saat mencetak bukti pendaftaran kemaren, selalu eror dan di email konfirmasi dari dikti juga error. saya bingung masalah dimana? kira2 kenapa ya mbak. saya hubungi dikti ga ada respon :(

      Delete
    7. Anonymous saya juga mengalami hal yang sama, saya juga barusan upload berkasnya ulang (karena waktu pertam filenya terlalu besar) tetapi bukti pendaftaran nya tidak muncul lagi, alhasilfoto saya tetap kosong, mohon pencerahannya bila ada teman-teman yang sudah menemukan solusinya, thanks

      Delete
    8. eh... soalnya saya udah coba mas Rinaldi dan Nasir. bisa kok, coba aja di cek pada jam2 akses ke dikti ga rame... mungkin agak maleman. atau jaringan nya yang agak bermasalah. hehehehe....
      Maaf cuma bisa bantu segitu aja.^^

      Delete
  6. Assalamualaikum mas indra,
    untuk surat perjanjian dgn dikti sebaiknya diketik atau kita tulis tangan aja? terimakasih
    o iya satu lagi saya bermasalah dalam pengetikan kode pos, itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam wr. wb.
      diketik aja, biar rapi. kan nggak disuruh tulis tangan.. kode pos harus 5 digit, dan angka semua.

      Delete
  7. ass mas indra,, mohon pencerahannya, saya putra, saya sudah mendaftar beasiswa BPPDN di web DIKTI, tetapi ada data yg salah sehingga saya melakukan proses perubahan data tetapi ketika saya mau lanjut ke menu upload surat ijin dan photo tidak bisa, apa saya perlu melakukan proses registrasi ulang utk mendapatkn no reg dan pw baru? apa hal tsb diperbolehkan? mhon pencerhannya

    ReplyDelete
  8. aslmkm mas
    saya udah daftar sbg calon dosen
    tp blm lengkap krn msh bingung ttg ap yg hrs d upload
    di webnya kan yg d upload it surat ijin
    sdgkn yg lampiran 1 it kn perjanjian mas
    jd yg hrs d upload it yg mana mas
    mnrt mas yg paling dibutuhkan oleh dikti it srt perjanjian ato ijin rektor??
    mohon petunjuknya mas
    mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum,,
      Mengenai Lampiran 1,, Apakah yg diunggah di web BPPDN

      lampiran 1
      atau
      surat ijin yg dikeluarkan rektor PT asal yang calon dosen ajukan yg ada di contoh 5

      Sejauh yg saya pahami dr Slide Presentasi, yg d unggah adalah surat ijin rektor/kopertis

      Delete
  9. Mohon bantuannya mas, saya sudah daftar dan melengkapi data di Portal pendaftaran dikti, tapi kartu regitrasi saya error tidak dapat dibuka mas. Jadi tidak bisa diprint, apakah saya daftar ulang lagi mas?

    ReplyDelete
  10. mas terimakasih atas infornya yg sangat membantu.. tapi ada yg ingin saya tanyakan.. formulir pengajuan cados tersebut berasal dari UNversitas semarang.. apakah ada sumber mengenai formulir pengajuan dari ITB?karena saya tidak menemukan ... mohon pencerahannya.. terimakasih banyak

    ReplyDelete
  11. Mas mau tanya untuk pengisian formulir rekomendasi akademik dan referensi itu gmn ya mas? untuk s2 di itb,
    apakah nama yang ada di surat referensi harus yang mengisi rekomendasi akademik??

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sama. jadi kamu minta rekomendasi akademik dulu, setelah ditandatangani oleh yang bersangkutan, baru tulis namanya di referensi.

      Delete
  12. Mas Indra, mau tanya, di lampiran 4 tentang contoh perjanjian antara penerima beasiswa dengan pps penyelenggara, ada catatan di bawah bahwa jika calon dosen tidak mempunyai NIDN maka gunakan nomor NIK.
    Apakah dengan demikian calon dosen juga perlu melampirkan lampiran 4???
    Terima kasih atas perhatian dan jawaban Mas Indra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. calon dosen tidak perlu melampirkan lampiran 4.

      Delete
    2. Kalau sepengetahuan saya dari buku Panduan, Lampiran 4 itu hanya dibutuhkan untuk Penerima BPP-DN saja. Sementara kita saat ini masih Calon Penerima, jadi mungkin Lampiran 4 dibuat ketika kita sudah menjadi Penerima BPP-DN.

      Delete
  13. Salam. mas, saya sudah daftar di web BPPDN untuk calon dosen, tp belum upload dokumen. Saya masih bingung, di bagian upload data meminta dokumen yang diupload adalah surat izin/penugasan rektor tapi di buku panduan, format yang disediakan untuk calon dosen hanya lampiran 1 (surat perjanjian). Mohon informasinya..

    ReplyDelete
  14. Mas, saya sudah daftar di itb yg gel 1. Trus, saat saya cek info kelengkapan berkas, sudah tidak ada lagi. Pilihannya cuma ada hasil seleksi dan logout. Apakah ini artinya berkas saya sudah dinyatakan diterima dan saya bisa ikut tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fyaelisa maaf ikutan daftar bpp-dn juga atau tidak? dipersyaratan daftar ada surat izin yah? itu surat izinnya dari rektor dari PTN/PTs kita kan formatnya ada atau dibuatkan dari kampus yah? mohon share yah..

      Delete
    2. fyaelisa, mungkin datanya direset sama adminnya. ikut tes aja.. klo berkas BPP-DN nya udah siap, segera dimasukin ke SPS.

      Delete
    3. feny, surat izin rektor/koordinator kopertis itu diisi lampiran 1.

      Delete
    4. Untuk kelengkapan berkas yang dimasukkan ke SPS ITB itu terdiri dari apa saja ya Mas Indra?
      Mohon informasinya..

      Delete
  15. ass, temen2 semua ada yg universitas tujuannya IPB gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkenalkan Mbak..
      saya juga univ. tujuan IPB..^^
      Tapi, saya masih bingung apakah calon dosen juga wajib mengirimkan Form. F dan G..?
      Mohon infonya^^

      Delete
  16. Iya.. fya ikut daftar BPPDN dan PPs tujuan fya ITB. Fya ikut pgriman berkas yang gel 1 karena saat itu kabarnya ITB tdk membuka gel 1a. tp ternyata ada. Maka, fya cuma mengirimkan persyaratan untuk pndftran PPs aja. Untuk berkas pendaftaran beasiswa boleh menyusul (dekan SPS said). Kalo dilihat dari buku panduan dr dikti, yg surat izin rektor tu mungkin maksudnya surat perjanjian karena format surat izin/penugasan tidak disediakan dikti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah yang kalo tidak salah pas daftar online sps ada no.pertama itu izin instansi nah itu surat izin perjanjian maksudnya kah? sama formulir pendaftaran sps ak dapetnya yang taun 2012 ga nemu yang 2013 bisa dipakai tidak ya? klo nemu yang 2013 boleh share ga? makasih yh.. ak kebetulan mu daftar juga tapi waktu itu telat info..

      Delete
    2. kalo yg izin instansi emg ga da fen... kita kan calon dosen jadi belum ada surat yg harus dikeluarkan instansi tempat bekerja.
      jadi waktu daftar kemarin, info kelengkapan berkas fya yang tidak ada: surat izin instansi (karena calon dosen), kelengkapan berkas beasiswa (karena pndaftaran dikti belum buka), surat kesanggupan membiayai (karena rencananya kan ikut BPPDN).
      feni udah daftar online n nyerahin berkas?

      Delete
    3. salam kenal,,mba fya setelah pendaftaran online untuk BPP DN, berkas apa saja yang perlu diserahkan ke SPS ITB sebagai kelengkapan beasiswa?

      Delete
    4. salam kenal juga mas. Fya belum menyerahkan berkas beasiswa. Rencananya akan diserahkan saat mengikuti TPA tgl 13 April. Yang diserahkan: Bukti pndaftaran online BPPDN and surat perjanjian (lamp. 1).

      Delete
    5. wah sama kalo gitu, blum tes TPA juga ya? berarti kita hnya menyrahkn 2 berkas saja untuk kelengkapan besiswa? fya di bukti pendaftaran online BPP DN muncul ga fotonya,kalo saya engga eum,,

      Delete
    6. ak belum datar pasca dan beasiswa soalnya baru wisuda 18 april jadi baru ada ijazah pas tgl ersebut api tes tpa aku rencana ikut yg dijakarta bappenasnya lgsung.. beruntung itb ngeluarinn adwal perpanjangan 1A sampe 23 mei jadi masi bisa ikutan

      berarti buat kita calon dosen pas daftar pasca cuma surat izin yg gada yah klo misalnya beasiswa kita dah lengkap berkasnya??? o,iyahpake formulir lamaran magister ga? ak punya yg 2012.. fya punya ta yang 2013nya? lamaran ditulis tgn ajah hya? kecuali tujuan??? bisa mminta emailnya? ak hyde_234@yahoo.com

      Delete
  17. temen2 yang mau ke UNY, tolong share infonya juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kemarin sudah menghubungi pihak UNY katanya utk bisa mendaftar BPPDN harus diterima dulu di UNY baru setelah itu bisa mendaftar BPPDN. Jika ada informasi yang lain mhn di share ya..saya juga masih belum jelas mengenai hal tsb. Trmksh.

      Delete
    2. yap betul betul betul

      form pendaftaran pasca n bppdn dikirim ke uny

      sampai jumpa di medan laga tgl 14 april besok kawan

      Delete
  18. Mohon Informasinya untuk berkas yang dilampirkan di dari PTN atau Kopertis, itu apa yah yang harusnya kita lampirkan? bukannya kita hanya melampirkan surat perjanjian dengan dikti yang bermaterai itu?(sebagaimana pada buku pedoman)

    bagi yang PPsnya IPB, saya juga nih. bareng yuk daftarnya. mari berbagi info^^

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sala kenal mbak anandyawati, saya juga PPsnya IPB, daftar di prodi apa mbk? oh y udah daftar di PPs IPB mbk?

      Delete
    2. salam kenal saya juga daftar d ipb,,ambl jurusan biologi tumbuhan

      Delete
  19. mas indra untuk calon dosen di fformat pendaftaran BPP DN harus mengisi NIP/NIK, kalau belum punya gimana mas...pa sya tidak bisa mendaftar????

    ReplyDelete
  20. salam, mas indra, apakah ada pihak dari dikti yang bisa ditanyai perihal bpp-dn 2013 ini? terutama tentang calon dosen yang sepertinya masih belum jelas.
    mungkin kalau ada, mas indra bisa memberikan contact personnya sehingga teman-teman calon dosen bisa bertanya langsung kepada contact person tersebut dan tidak merepotkan mas indra.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bertanya ke subdit_pk@dikti.go.id atau lihat kontak lainnya di http://www.dikti.go.id/?page_id=2261&lang=id

      Delete
  21. Mohon maaf mas, di lampiran 1, surat perjanjian itu, apa maksud dari pernyataan ini:

    " 2. Pihak Pertama bersedia untuk ditempatkan di salah satu Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia segera setelah menyelesaikan program S2 sekurang-kurangnya satu/dua kali masa studi normal ditambah satu tahun."

    di pernyataan itu ada disuruh memilih satu/dua kali, nah untuk calon dosen yang akan mendaftar S2, maka dipilih satu atau dua kali masa studi normal ditambah satu tahun? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan buku panduan BPP-DN 2013 bagian "Ketentuan bagi Calon Penerima BPP-DN" poin 7 (halaman 9), masa mengabdinya 1n+1 Mba. Jadi dipilih "satu kali masa studi normal ditambah satu tahun"

      Delete
    2. oh begitu mbak. Lantas jika begitu, kenapa ada dibuat opsi satu atau dua ya mbak? thnx.

      Delete
    3. mbak eci... maaf nebeng.. setahu fya, yang opsi satu untuk BPPDN. Kalo yang opsi dua untuk BPPLN

      Delete
    4. iya betul mba, "2n+1'' itu untuk BPP-LN

      Delete
    5. oh begitu. terima kasih banyak yah infonya mbk mimi dan mbk fya ;)

      Delete
  22. Oya, sebagai info, saya juga berencana daftar S2 di IPB :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak eci,, saya juga rencana ke IPB, mau ngambil prodi apa mbk? oh y udah daftarkah ke Pasca IPB?

      Delete
    2. salam kenal juga mbk ria.
      saya ingin mengambil mayor ilmu pangan mbk ria. saya sudah melakukan pembayran dan sudah verifikasi pin saja mbk, belum mengisi data karena paling lambat 5 hari setelah pengisian data, berkas harus uda dikirim ke ipb. jadi saya mengurus pendaftaran ke dikti dulu, baru setelah kelar saya lanjut isi data ke web ipb biar sekalian kirim berkasnya mbk.
      mbk ria mau memilih mayor apa?

      Delete
    3. salam kenal Mbak ria n mbak eci^^
      saya juga ambil di IPB. rencananya mau ambil Ilmu Tanah.
      mari berbagi informasi.

      Delete
    4. salam kenal juga, saya ngambil mayor ilmu produksi dan teknologi peternakan mbak, saya juga sudah bayar dan baru mengisi sebagian data, sisanya tunggu lengkap dulu, oh y udah pernah nanya ke pasca IPB gak terkait dengan surat ijin rektor? sebagai calon dosen kita lampirkan surat perjanjian atau ijin rektor ya? iya salling bgi informasi ya,, boleh minta alamat fb nya gak? biar bisa saling ngasih info?

      Delete
    5. oh y mbak mau tanya ni, utk isian data pekerjaan di wb dikti, utk instansi asal dan alamat di strip aja kan? soalnya ada tmn yg daftar, di bagian data pekerjaan ada ket tmpt bekerja, magang, asisten, dll

      Delete
    6. FB : anandya Wati (inda_anandyawati@ymail.com) or (anandyawati@yahoo.co.id).
      salam kenal semuanya yah^^ saya tunggu Addnya. saya mohon konfirmasi dulu lewat pesan. soalnya saja kadang-kadang agak jarang mengkonfirm kalo ga dikenal. terimakasih^^

      Ini email dr IPB

      Selamat Pagi

      Saudara harus terdaftar dahulu di Sekolah Pascasarjana IPB yaitu di
      website pmbpasca.ipb.ac.id, silahkan ikuti tatacara pendaftarannya,
      setelah saudara sudah memasuki Formulir A Online dihalaman 6. Siapakah
      yang akan menanggung biaya pendidikan di Sekolah Pascasarjana IPB? pilih
      Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN), pilih sesuai dengan
      status saudara: Dosen, Calon Dosen atau Tenaga Kependidikan.
      Setelah itu silahkan saudara mendaftar secara online beasiswa pendidikan
      pascasarjana di http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ per tanggal 1 April 2013.
      Cetak bukti pendaftarannya dan sertakan bersamaan berkas yang harus
      dikirimkan sesuai persyaratan pada website pmbpasca.ipb.ac.id:
      1. Formulir A Online
      2. Formulir B (bagi S3)
      3. Formulir C (3)
      4. Formulir D (dapat digantikan dengan bukti pendaftaran online BPPDN)
      5. Formulir F dan G (bagi Dosen Tetap)
      6. Legalisir Ijazah dan Transkip Pendidikan sebelumnya
      7. Sinopsis Rencana Penelitian

      Semoga membantu.

      kalo mengenai lampirannya belum saya tanyakan. tapi kayaknya cuma yang surat perjanjian kita dengan dikti aja.


      mas/mbak anonymous : iya mas. soalnya kita kan calon dosen^^

      Delete
    7. makasi infonya mbk Anandya :3. Kalau surat perjanjian antara kita dan dikti yang di atas materai, perlu dikirim ke IPB juga mbk? terus yang dikirim itu asli apa fotokopian mbk?

      ini FB saya ;) , eci_maroci@yahoo.com

      Delete
    8. maksih banyak mba infox,, saya juga berencana daftar d ipb ambil mayor biologi tumbuhan dan sudah daftar d BPP,,tinggal daftar d ipb nya,,cuma masih belum jelas dgn formulir D nya,,, mba saya add yah,,nama fb saya Arlinda puspita sari

      Delete
    9. mba eci : setau saya semua berkas BPP memang dikirim termasuk surat perjanjian itu (lamp 1)

      Delete
    10. mba eci : setau saya semua berkas BPP memang dikirim ke ipb termasuk surat perjanjian itu (lamp 1)

      Delete
    11. dari saya :

      > Selamat Pagi,
      > Apakah kami yang mendaftar BPPDN dengan tujuan PPs IPB perlu melampirkan
      surat perjanjian atau izin dari rektor universitas Asal, atau hanya surat perjajnjian kami dengan dikti? terimakasih.


      dari IPB :

      Selamat siang,
      Mohon maaf apakah untuk Dosen atau Calon Dosen?
      Jika Dosen iyah wajib, sedangkan untuk Calon Dosen tidak perlu.


      kesimpulannya : berarti surat rekomendasi dr universitas asal tidak diperlukan sbg mana mesinya.

      untuk perjanjian dengan dikti sedang saya tanyakan. tapi rasanya itu tidak perlu, karena itu antara kita dengan dikti dan sudah kita kirim ke dikti (upload bersama pasphoto) sekian dari saya.

      o iya, IPB kapan terakhir pendaftaran ya? hehehehe

      Delete
    12. untuk lampiran 4 d buku panduan BPP,,calon dosen perlu lampirkan jg atau tdk??

      Delete
    13. mksh infonya mbak :),, sudah saya add ya semuanya di fb,, IPB terkahir pndftrn 30 april ini,,kayaknya lampiran 4 utk dosen mbak arlinda :) kita hanya lampiran 1 saja,, oh y sudah ada yg buat sinopsis rencana penelitian?

      Delete
    14. maaf maksudnya yg lampiran 4 itu sepertinya di proses ketika kita sudah menerima beasiswa karena kalo gak salah surat perjanjian antara penerima beasiswa dengan pasca tujuan,, :)

      Delete
    15. Assalamualaikum. Salam kenal mba eci, mba ria dan yang lainnya juga. Saya reski yang juga berencana mendaftar di PPs IPB, mau ngambil program studi Teknologi Pascapanen. Insya Allah juga rencananya ikut BPP-DN. Semoga kita semua bisa diterima ya,,, :)

      Delete
    16. makasih mba ria atas penjelasanx,sudah saya konfir mba d FB,,salam kenal
      mba riam ambil mayor apa??

      ohh yaa beberapa tmn saya masih ada yg mengurus rekomendasi dr univ sebagai univ pengusul,,,klo mba2 sendri ada yg mengurus juga gak,,???

      Delete
    17. saya tidak mengurus rekomendasi dari universitas pengusul mbk arlinda. Saya juga sudah membuat sinopsis rencana penelitian mbk :).

      Delete
    18. Amin, semoga diterima semua ya :) mayor : ilmu produksi dan teknologi peternakan mbak... udah ngirim berkasnya ke IPB mbak? oh y format sinopsis rncana penelitiannya gmna y? semuanya sudah selesai daftar di web dikti? ada semcam pemberitahuan terkait kelengkapan data gak?

      Delete
  23. Assalamualaikum mas indra,

    mas sya sudah melakukan pendaftaran online, kemudian telah mengupload lampiran 1, tapi ada kesalahan dan ingin saya perbaiki, bagaimana ya cara menghapus file yang sudah terlanjur terupload, mohon pencerahannya mas, terima kasih

    ReplyDelete
  24. teman-teman.... ada yg sudah selesai registrasi?
    bukti cetak registrasi saya ko tidak ada tampil foto y?
    sudah diulang berulang kali tetap saja :(

    ReplyDelete
  25. Maaf, adakah yang pendaftaran online-nya bermasalah dan email yang dikirim ke dikti sudah dibalas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran online saya bermasalah, jadi ketika pertama mendaftar saya sudah upload foto tetapi tidak muncul di kartu/bukti pendaftaran, kemudian saya upload ulang di menu ubah data tetapi belum ada kartu/bukti baru yang sudah ada fotonya. Saya sudah mengirim email ke dikti, mungkin akan dibalas besok pagi, soalnya sekarang sudah bukan jam kantor. kalau boleh tau pendaftaran online mba dewi bermasalah dimana?

      Delete
    2. Masalah pendaftaran saya cukup fatal mas/mbak anonym, saya tidak teliti dalam menuliskan alamat email sehingga ada huruf yang kurang. Akibatnya saya tidak bisa mengakses no.registrasi dan password :(

      Delete
    3. sama. saya juga fotonya nggak keluar padahal sudah dicoba berkali-kali. ini gimana yah? :(

      Delete
  26. Saya ingin bertanya, nama lengkap yang diisi apakah harus sesuai KTP? Pasalnya nama saya di KTP ada yang disingkat

    ReplyDelete
  27. assalamu'alaykum
    saya denny mas
    saat ini saya sudah diterima sebagai mahasiswa baru di UNY, karena dari pihak UNY sendiri mengharuskan pendaftaran Pascasarjana nya selesai dulu baru boleh mendaftar beasiswa BPPDN (yang dulu nya BU)
    oleh karena itu saya daftar dulu untuk memenuhi syarat tersebut

    saya mau tanya:

    1. terkait dengan surat ijin rektor, bagaimana saya mendapatkan nya?

    2. apakah surat ijin rektor sesuai dengan format lampiran 1 atau lampiran 5a (tolong jelaskan tentang lampiran 5a nya juga mas)

    3. kemudian format surat ijin rektor ini formatnya apa ketika di upload nantinya?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trmksh informasinya, sy berencana mendaftar di UNY juga. Berarti lebih aman kalau mendaftar BPPDN itu menunggu sampai diterima dulu di UNY, benarkah demikian? Trmksh

      Delete
    2. Wah sama dong, mas di UNY juga ya?. Kalau saya, surat izin rektor yg diupload menggunakan format surat yang lampiran 1 saja.
      Surat izin rektor hanya untuk dosen (yang ada di lampiran 5A (untuk kopertis) dan 5B (untuk PTN).


      Karena kita sudah diterima berarti harus ada berkas yang masuk ke PPS UNY. Jadi kmrn saya berinsiatif untuk menghubungi Bu Endah (no kontak yg ada d web pps.uny) menanyakan berkas apa yg harus dikirim ke PPS UNY, namun beliau hanya bilang ikuti saja yg ada di panduan. Kalau mas berkas apa yg akan dikirim nanti?

      @succesfullness: di UNY ada sampai gelombang 3, mba (Bulan Mei awal) menurut saya mba daftar BPPDN saja dulu, nanti baru daftar PMB PPS UNY d gelombang 3.

      Delete
    3. @4gp: iya saya di UNY ikut gelombang I di PTK
      mas jurusan apa?

      1. berarti untuk yang calon dosen menggunakan lampiran 1 untuk di upload yang surat ijin rektor itu?
      bukan nya lampiran 1 itu kontrak kerja mahasiswa dengan dikti nya mas?

      2. kalau untuk surat ijin rektornya itu kita dapet format nya dari mana?
      atau setiap univ punya kebijakan sendiri mengeluarkan surat tersebut sesuai dengan format masing2?

      bisa minta nomor HP nya mas? (jeconia.eustacia@gmail.com)
      via email gppa
      buat saling info aja
      :-)

      @succesfullness: setuju dengan 4gp, mba nya ikut gel 3, nanti syaratnya sambil jalan

      Delete
    4. mohn maaf mas Denny, sy juga berencana untuk daftar BPP-DN di prodi UNY, tapi sampai sekarang belum daftar ke PPs, apakah gelombang selanjutnya masih ada ??
      makasih banyak

      Delete
    5. @denny: saya juga PTK, mas. Wah sekelas nih, hehe.
      Ya, menurut mas Indra Azimi dan beberapa teman2 yg lain (Undip) surat izin rektor yg dimaksud adalah surat perjanjian dengan DIKTI. Tanda tangan Bp.Supriadi Rustad dikosongkan saja, mas

      Di panduan pada lampiran 5B itu ada surat izin rektor tapi isinya bahwa rektor mengizinkan kita untuk ikut tes seleksi Magister. Sedangkan kita udah ikut seleksi dan sudah diterima. Jadi menurut saya tidak perlu lagi surat itu. Yang lebih penting adalah (kata senior saya penerima BU 2011) adalah surat rekomendasi Dekan n rektor asal kampus kita untuk penempatan nanti supaya kita kembali ke asal kampus kita. Dan ini bisa diurus nanti setelah kita fix menerima beasiswa ini. Formatnya kebijakan kampus masing2, mas..

      oke, tak kirim via email ya..

      Delete
    6. Kalau kmrn saya menghubungi bu Endah terkait BPPDN dan PPs UNY kita harus diterima dulu di UNY nya, baru stlh itu mendaftar di BPPDN. Begitu katanya. Kalau sudah mendaftar BPPDN tetapi ternyata kita belum tes kita tidak bisa mendaftar di ikut masuk dalam BPPDN nya. Atau mungkin ada yang bisa menghubungi bu Endah lagi terkait hal ini supaya lebih jelas, dan mhn infonya bisa dishare di sini. Trmksh.

      Delete
    7. Saya juga mendaftar Pend Sains di UNY

      saya mencoba menghimpun info dari teman saya yang dulu dapet BU di UNY dan beberapa kontak yang ada di web PPs UNY, beliau mendaftar gelombang 2, dan berkas yang dikirimkan ke UNY tentunya surat perjanjian (lampiran 1) dan form pendaftaran BPPDN online.

      kalau di UNY kita memang harus membayar biaya registrasi terlebih dahulu baru nanti kalau diterima BPPDN uangnya diganti. jadi sistemnya mirip dengan beasiswa PPA atau BBM sewaktu kita s1.

      yang mau share tentang UNY, kontak2an yuk, email saya sherlock.yuki@gmail.com

      Delete
    8. terimakasih infonya mba Julie, makin rame aja nih yg daftar UNY ^^

      Oya, hari ini di website BPPDN sudah ada menu cek registrasi (untuk cetak bukti pendaftaran) saat login, sudah ada foto kita di bawahnya (bagi yg sudah upload) tapi ketika di download kembali, foto tidak muncul juga. Apakah teman2 yg lain terjadi begini juga?

      Delete
    9. terima kasih infonya mas
      iya saya juga sudah mencoba dan berhasil mendownload ulang form nya, tetapi fotonya tetap tidak muncul juga

      1. oh ya mas, untuk lampiran 1 mas upload di bagian surat ijin rektor atau ndak?

      saran saya untuk tmen2 yang UNY, silahkan cantumkan email untuk kontak pribadi, kan bisa saling info atau tanya2 langsung
      saya denny.ramdhany@gmail.com

      Delete
    10. ya, mas...lampiran 1 d upload di bagian surat ijin rektor..

      Delete
    11. makasih banyak infonya mbak, mas .. saya sangat terbantu.
      sy berencana daftar Linguistik Terapan UNY
      sy minta bantuan informasinya mas/mbak untuk berkas yang diperlukan dan alur pendaftaran BPP-DN di UNY untuk calon dosen, apakah kita masih perlu membuat surat rekomendasi/pengantar dari kampus asal??
      oh iy mas, sy juga sudah daftar on-line BPP-DN kemarin setelah upload foto berkali2 tetap sj tdk kelhatan fotonya di bukti registrasi :), 2 teman sy yg ikut daftar fotonya tdk muncul juga mas ..
      @sucsessfulness: kata ibunya yang sy tlpon kmarin, gelombang ke3 pendaftaran pascasarjan UNY insyaAllah akan dibuka dua hari setelah test tanggal 14 bulan ini
      rizky.ismail.j@gmail.com

      Delete
  28. Maaf, saya ingin bertanya lagi. Ada teman saya yang ingin mendaftar beasiswa ini untuk tenaga kependidikan. Apakah beasiswa tenaga kependidikan ini hanya untuk mereka yang sudah bekerja di perguruan tinggi? Apakah bisa mahasiswa yang baru lulus mendaftar beasiswa BPPDN tenaga kependidikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bisa melamar BPP-DN tenaga kependidikan hanya yang statusnya pegawai tetap PTN atau PNS Ditjen Dikti.

      Delete
  29. Bagi yang bermasalah seperti saya. Link cetak bukti pendaftaran yang error ga bisa di unduh dan di print. bisa pakai trik ini, InsyaAllah mujarab
    Copas link ini
    http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/registrasi/regStep09/cetak_form_registrasi/0/NOMOR_REGISTRASI_ATAU_USER

    Nah, bagian NOMOR_REGISTRASI_ATAU_USER itu diganti dengan no registrasi atau user punya mas/mbak sekalian. Kemudian Enter.
    InsyaAllah bisa kebuka bukti pendaftarannya. I hope it can be solved...
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah coba dan alhamdulillah berhasil, tapi masalahnya fotonya tidak muncul, untuk yang rinaldi apakah fotonya muncul di bukti cetak?

      Delete
    2. makasih mas, tak coba dulu ya

      Delete
    3. Ya ini bisa, tapi foto tetap ga tampil.

      Delete
    4. saya mengalami hal yang sama, dan semua yang kawan saya juga seperti itu, udah 7 kali uplod foto hasilnya ga ada bedanya foto ga muncul mas. Jadi foto tempel manual aja pake pas foto kayaknya

      Delete
    5. Mantep lah mas Rinaldi Daswito....

      Delete
    6. mas rinaldi ketika saya sudah selesai upload file di halamn unggah berkas kan ada tombol "selesai" ketika di klik apakah langsung ke halaman "home"? karena sya mengalami itu, tidak masuk ke halaman cetak lagi? apakah mas rinaldi juga sama?

      kemudian tau ga cara menghapus file yang sudah ke upload?

      Delete
    7. Mas nasir daris, memang langsung ke hal home, jadi triknya seperti yang diatas biar bisa download file pdf nya mas. cara menghapus file saya ga tau mas.

      Delete
    8. TERIMAKASIH ATAS INFONYA

      Delete
  30. untuk ubah data, nomer registrasi dan password kog tdk bs dipake ya??,,
    Data Tidak Ditemukan Di Dalam Sistem
    "No Registrasi atau Password" Salah

    padahal no reg dan password udah sesuai yg di email,,,
    apakah ada yg permasalahannya sama?,,

    ReplyDelete
  31. Mas, saya sudah berhasil daftar online dan memang tidak muncul fotonya, dan document memang belum bisa dihapus.
    Lalu saya mau tanya, mengapa saya belum bisa login dibagian admin?
    apakah karena saya belum mendaftar di PPs saya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya loginnya bukan di admin, itu hanya bisa dibuka sama dikti, kalau mau ubah data atau cek data klik di ubah data, nanti masukin pasword yg udah didapat, bisa dicek diemail masing2 kok,, :)

      Delete
    2. Bukan tentang ubah data kok maksud saya ini, kita juga harus login ke admin untuk ngecek tentang PPs.. begitu setau saya yang tercantum di materi sosialisasi BPP-DN 2013..
      mungkin rekan-rekan atau mas Indra bisa menjelaskan tentang login di admin.. :)

      Delete
    3. Yang saya pahami sih Admin itu untuk PPs, bukan pelamar.

      Delete
    4. yang bisa login di admin hanya PPs atau DIKTI. kamu tidak perlu, dan memang tidak bisa, login ke admin.. materi sosialisasi membahas mengenai login admin, karena materi sosialisasi tersebut ditujukan bagi PPs tujuan.

      Delete
    5. mas saya daftar beasiswa calon dosen, di kartu bukti pendaftaran saya nomor tiga nya ada melampirkan surat pernyataan atau kesediaan ditempatkan dimana saja oleh pemerintah di dalam berkas pendaftaran yang di serahkan ke PPs. itu teh lampiran 1 bukan ?

      Delete
    6. thank's mas, udah gitu z berarti?

      Delete
  32. saya mau tanya

    1. bedanya surat ijin rektor yang di upload ketika pendaftaran (yang tercantum di file sosialisasi beasiswa BPPDN)dengan surat kontrak kerja yang tercantum di lampiran 1 (untuk calon dosen), beda nya apa ya?

    2. untuk lampiran 1 ada tanda tangan bapak Supriadi Rustad dari pihak dikti, apakah kita harus melengkapi tanda tangan tersebut?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. untuk calon dosen, yang diupload hanya lampiran 1
      2. cukup ttd qt, untuk pak supriadi dikosongi

      Delete
  33. sy mw tanya,kalau harus diterima dahulu di PPs UNY baru bisa mengurus BPPDN..ketika mendaftar di PPs UNY,kolom isian kesanggupan biaya dipilih yang mana ya? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipilih biaya sendiri ^^V

      sumber
      penerima BU 2012 UNY

      Delete
    2. @juliehatake
      boleh dunk share pengalamannya, dari proses pndaftaran PPs UNY,pngajuan beasiswa,hingga ketrima sbg pnerima beasiswa,,, ^^
      terima kasih

      Delete
    3. oh itu pengalaman teman saya kok ^^

      Delete
    4. terimakasih banyak infonya, sangat membantu ..
      mohn maaf mbak Julie, mau nanya berarti biaya sumbangan dan spp awal dibayarkan sendiri dulu atau bagai mana ??
      makasih ..

      Delete
    5. mas rizki: iya mas, semua biaya registrasi awal kita membayar dulu, baru nanti kalau diterima BPP DN uang kita diganti.

      oia, untuk BU, turunnya dana sering mengalami keterlambatan, jadinya kita juga tetap membayar biaya registrasi dulu baru nanti diganti. hehhe semoga untuk BPP DN tidak seperti itu yah. ;)

      Delete
    6. oh iya mbak .. ^_^
      jadi yang tandatangan di pernyataan mengenai sumber dana pendidikan (hal.8) itu orangtua kita yah mbak ??
      makasih ..

      Delete
  34. Assalamualaikum..

    Saya itan, sudah mendaftar ke Sps ITB program studi Pengajaran kimia dengan sumber dana BPPDN. Untuk itu saya melakukan registrasi BPPDN pada tgl 2 April, namun pada bagian prodi hanya ada kimia. Karena saya pikir masih bisa dilakukan perubahan, saya memilih kimia dan mengklik cetak registrasi sebelum mengunggah foto.

    Apakah kimia sama dengan pengajaran kimia?

    Jika saya ingin melakukan perubahan pada prodi yang dipilih bagaimana caranya?

    Mengapa setelah saya mengunggah foto, registrasi tidak dapat dicetak ulang?

    Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah yang sama dengan saya, saya sudah daftar dengan harapan prodi tujuan s2 pendidikan biologi UPI, namun yang tersedia d web nya hanya pendidikan IPA, padahal di buku panduan tercantum bahwa pendidikan biologi UPI merupakan salah satu penyelenggara BPPDN.
      [Pendidikan biologi dan Pendidikan IPA berbeda prodi dan kedua nya juga terdaftar sebagai penyelenggara BPPDN]

      Karena tidak ada, akhirnya saya memilih prodi pendidikan IPA, dengan harapan nanti ada perbaikan dari sistem web nya, dan bisa d ubah prodi tujuan nya.
      Tapi ternyata setelah d lakukan ubah data malah tidak bisa d ubah prodi tujuannya.

      Bagaimana dengan masalah ini mas ?
      Apakah ini akan jadi bermasalah ke depannya ?

      terima kasih..

      Delete
  35. ada yang disini mencoba bppdn ke UGM? saya S1 di Teknik Informatika Untan dan kebetulan adalah adik tingkat dari Bang Indra admin dari blog ini.. saya berencana ke MTI UGM tapi masih kebingungan dan kekurangan info tentang program studi MTInya.. apakah bisa melamar ke MTI lewat jalur beasiswa ini? Soalnya saya tidak mendapatkan MTI di list prodi pada panduan BPP-DN.. terima kasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya wiwid, s1 teknik informatika juga mas dan insyaallah berencana lanjut ke UGM. untuk lanjut MTI, kita pilih saja prodi teknik elektro karena berdasarkan informasi yang saya dengar disana tu teknik elektro digabung teknologi informasi. jadi namanya teknik elektro dan teknologi informasi. begitu mas info yg saya dapatkan. :)
      mari berbagi informasi lainnya mas

      Delete
    2. halo wiwid, ow gitu ya.. email saya silveriusirwan@gmail.com, kalau boleh minta email wiwid juga untuk tukaran info ttg UGM ini, berencana ambil MTI juga ya??

      Delete
    3. ini mas email saya wiwid.teknik@yahoo.com
      berencana ambil MTI jg, mari berbagi info mas?soalny masih blank

      Delete
  36. ada yg mw daftar k teknik kimia UGM gak?
    share info donk,,
    bagi email ny yaa klo ada..

    ReplyDelete
  37. aslmkm...
    mohon bantuannya, kl kita sdh mngupload foto dan surat izin akan tetapi fotonya belum muncul juga bagaimana ya??? saya mohon info nya, dan terkait PPs yang di tuju tidak bisa di ubah bagaimana ya?? ada solusinya??? mohon pencerahan temen2 ya...

    ReplyDelete
  38. Aslm..
    temen2, ada yang mau lanjut PAUD gak? Pengen temen sharing nih.. buat urus2
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, mas...saya kbetulan ambe jurusan PAUD uga di UNJ....brarti bs saling share kita Mas.......bleh minta no hp@ mas....kalau gak abg add FB saya ja.... yar no hp@ gk terpublikasi
      FB : Elfiadi Samuray
      thanks.........

      Delete
    2. mas elfiadi udah kirim formulirnya ke unj? mas ikut seleksi I ato II?

      Delete
  39. Selamat siang, sy mau tanya bgmn caranya mengubah data perguruan tinggi tujuan?
    sy sudah krm email ke dikti, tapi blm ada respon sampai sekarang dan ternyata ada bbrp teman yg mempunyai masalah yg sama seperti saya.
    mungkin ada salah satu teman disini yg bisa membantu??
    terimakasih.

    Arum.

    ReplyDelete
  40. assalamu'alaikum....
    perkenalkan nama saya Elfiadi......alhamdulullah saya sudah daftar on line, dan saya cuma tinggal daftar di UNJ pada jurusan PAUD...
    oh ya,, di email masuk saya, knpa di buat bahwa saya sudah berhasil mendaftar beasiswa BPPS.....troz kwn saya satu lg di email@ di bls,,Selamat bahwa anda telah berhasil mendaftr Beasiswa BPPDN.....saya jd bingung ne knp saya blasan@ BPPS bukan BPPDN.....ada yang alami seperti saya gak.....mhon bantuan kawan2.....
    thanks sebelumnya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya Elfiadi ada fotonya gak di kartu/bukti pendaftaran?
      punya saya kata pengantarnya seperti ini
      "Selamat,

      Anda telah berhasil melakukan proses pendaftaran BPPS"
      Tapi di kartu/bukti pendaftarannya tertulis BPPDN kok.

      Delete
    2. elfiandi, kamu jurusan waktu S1 apa? Aku juga rencana pengen daftar jurusan PAUD.

      Delete
    3. iya di kartu emg tertulis BPPDN kok....
      oh ya, saya gak da nampak foto uga mas....kwan saya gitu uga,,,gk nampak fotonya...kek@ emg kek tu dy....

      Delete
    4. saya dari S1 PGSD.klw mas dari mana?

      Delete
    5. saya jurusan PLB, sebenarnya pengen lanjut di Pendidikan kebutuhan khusus UPI, cuman pas register gak ada. kok bisa yah??

      Delete
    6. mas saya dapat email BPPS juga, pengaruh atau ga itu ya? padahal jelas2 di klik calon dosen awalnya

      Delete
  41. Mas, nanya lagi. Untuk masalah form registrasi bagi yang terkendala foto tidak muncul, berarti foto ditempel manual saja? Dan setelah itu, berkas mana saja yang ikut dikirim saat mendaftar ke PPS? Terima kasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah coba daftar. dan fotonya memang tidak muncul di bukti pendaftaran. jadi ya ditempel manual aja..

      yang dikirim ke PPs itu lampiran 1 (surat perjanjian) sama bukti pendaftaran.

      Delete
    2. Lampiran 1 yang dikirim ke PPs juga tidak perlu disertakan ttd pihak Dikti ya Mas? Tks.

      Delete
  42. mas indra saya sudah daftar d UI untuk Jurusan Linguistik
    tapi masih bingung gimana pihak kampus bisa tau kalo saya pendaftar BPPDN cz di formulirnya tidak dicantumkan??

    ReplyDelete
  43. S2 UGM JURUSAN MATEMATIKA, ada yang daftar kesana gag? biar bisa sharing info. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas achmad suryadi..saya juga mau daftar S2 UGM Jurusan Matematika prodi matematika mas... :)mari berbagi informasi :)

      Delete
    2. Salam kenal juga mas Achmad dan mba Rara, saya juga Insya Allah daftar S2 UGM Jurusan Matematika... Semoga kita dapat diterima disana dengan BPPDN semua. Aamiin... :)
      Mari berbagi informasi.........

      Delete
    3. oya,. rara dan bili minta emailnya donk? tes UM UGM yg dimana?

      Delete
  44. Yth Mas Indra dan teman-teman seperjuangan BPP-DN 2013,
    saya Fitriyah, tahun ini mencoba mendaftar Beasiswa BPPDN sebagai calon dosen, di lampiran 1 yang kita upload hanya perjanjian dwi-party tanpa kampus asal, sedangkan di kampus yang saya tuju, Universitas Negeri Malang saya diminta membuat rekom pimpinan PTN/PTS (Rektor), sedangkan di Form Rekomendasi dari Univ. Neg Malang tidak mengetahui rektor hanya nama dan jabatan. Lalu apakah saya masih perlu mengurus surat rektor? mohon info dan bantuan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal inilah yang membingungkan. Di ketentuan, semua penerima beasiswa harus mendapat persetujuan dari kampus asal. Bahkan di pendaftaran online pun juga terdapat kolom isian yang berkaitan dengan kampus asal. Bagaimana ini kejelasannya?
      Saya rasa semua harus mendapatkan rekomendasi dari kampus asal dech. Adakah yang bisa menjawab?

      Delete
    2. Assalamualaikum semua temen2 peminat beasiswa BPP-DN. Kemaren saya telah bertanya pada salah satu petugas admisi UGM mengenai rekomendasi dr kampus asal, kalo di UGM khususnya di program teknik elektro UGM, mas sony selaku admisinya berkata bahwa sebaiknya melampirkan semacam surat rekomendasi dr kampus asal. Kebetulan saya juga coba bertanya ke admisi UNY yg mengikuti sosialisasi BPP-DN mengakatan bahwa sebagai pelamar calon dosen, harus ada salah satu universitas sponsor yang mengusulkan "calon dosen" tersebut. Nah biasanya utk bisa dapat sponsor tsb harus ada semacam ikatan dinas dgn universitas tersebut. Sponsor tsb boleh dr kampus asal (maksudnya dari universitas s1) atau univ dibawah Kemdikbud. Jadi kesimpulan yg dpt diambil dr informasi petugas admisi UGM ataupun UNY menyarankan harus memiliki semacam surat rekomendasi dr suatu universitas yg mensponsori "calon dosen" tersebut.

      Delete
    3. mkasih mba saucha utk informasinya.. berarti hanya surat rekomendasi saja yg diurus dkmpus asal ya mba? coz kalau utk surat izin rektor itu hanya utk dosen dan tendik
      lebih baik mempersiapkan lebih daripda kurang..

      Delete
    4. Terima kasih mbak saucha dan anonymous, jadi yang dimaksud surat sponsor itu diupload di lampiran berapa krn di lampiran 1 hanya antara calon dosen dg dikti? Biar bisa memperisapkan, lebih baik drpd kurang

      Delete
    5. iya mba sy jg msh bingung utk yg surat rekomendasi itu apakah msh didiperlukan..
      teman2 ada panduan BPP-DN revisi terbaru, disitu sudah tertera jelas bhwa lampiran 5 hnya utk DOSEN DAN TENDIK

      Delete
  45. Kawan2 semua menu cek registrasi untuk mencetak bukti pendaftaran di web dikti sudah ada, tapi foto masih tetap ga keluar di print out pendaftaran kan? apakah kawan2 semua mengalami hal yang sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, menu cek registerasi udah bisa
      tapi untuk tampilan foto belum ada, aku juga mengalaminya

      _arin_

      Delete
    2. kalo punyaQ tidak bisa upload file lampiran 1, padahal size filenya udah di bawah 1 MB.
      apakah teman2 ada permasalahan yang sama?
      mohon solusinya..
      makacih

      Delete
    3. cek koneksi internet nya mas kurniawan bagus apa ga?

      Delete
    4. Sama, foto di cek regristasi sudah ada, tapi di print outnya tidak muncul,.

      Delete
  46. Mas, saya sudah mengisi formulir online, tapi belum meng-upload lampiran 1, ketika saya ingin mengecek registrasi muncul "Data yang Anda masukkan tidak terdaftar di dalam sistem" itu bagaimana ya mas mohon bantuannya...
    saya tidak bisa ubah data, padahal sudah dikirimi e-mail no reg. dan pswordnya...

    ReplyDelete
  47. teman-teman, caranya menghapus file yang sudah terupload gmn ya??,,,
    yang di menu unggah berkas itu,,, sy terlanjur mengupload file yg salah,,, trimakasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. file yang terlanjur diupload hanya bisa dihapus oleh admin web pendaftaran BPP-DN.

      Delete
  48. mas,,kalo sudah daftar online n sudah dapat Kartu Ujian,,apakah berkas asli and berkas dari BPP DN sprti bukti registrasi dan lampiran 1 dilampirkan di berkas pendataran d pps yg di tuju atau di upload aja?? kalau daftar di UI uploadnya dimana ya... tidak ada ket di webnya..terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkas BPP-DN diupload di web pendaftaran BPP-DN DIKTI, kemudian berkas aslinya dikirim ke PPs kampus tujuan.

      Delete
  49. assalamu'alaikum.kawan2..apakah ada yang mau daftar ke jurusan teknik elektro ITB?
    mohon informasinya, kita berbagi..trims

    ReplyDelete
  50. Mas Indra apakah anda punya info terkait BPP LN? ada ketidak sesuaian antara buku panduan dan form online yang harus diisi. Saya sudah coba email ke beberapa alamat terkait dengan dikti tapi tetap tidak ada tanggapan.
    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketidaksesuaian seperti apa? tolong lebih jelas.

      Delete
  51. aslmkm... ada yang mendaftar S2 GEOGRAFI UGM????
    di saling share info terbaru neh... trmksh....

    ReplyDelete
  52. teman2,ada ga yg daftar ikm ugm
    biar berbagi informasi

    ReplyDelete
  53. mas kalo misalnya yang lampiran 1 isi surat perjanjiannya yang point "Pihak Pertama bersedia untuk ditempatkan di salah satu Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia" saya ganti jadi di PT asal saya aja gimana ya mas?trus kalo misalnya surat rekomendasi dari PT itu harus ditandatangani sama rektor aja ya mas?gabisa cm dari kaprodi/dekan aja gitu..hehe makasih ya mas infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa dan nggak boleh. itu namanya kamu mau enaknya saja.

      Delete
    2. oh jadi form lampiran1 itu udah ga bisa diganti ganti ya?masalah nanti kita ditempatin dimana itu tergantung dari surat rekomendasi dari PT asal kita aja ya mas?
      okedeh makasih mas infonya :)

      Delete
  54. teman2 ada panduan BPP-DN revisi terbaru, disitu sudah tertera jelas bhwa lampiran 5 hnya utk DOSEN DAN TENDIK (hal 8)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ..
      sekedar pemberitahuan untuk teman-teman yang belum smpat melihat pedoman terbarunya.. dalam panduan BPP-Dn revisi terbaru ada beberapa perubahan dari sebelumnya (yg lebih menerangkan pertanyaan kita tentang lampiran 4 dan 5:
      1. halaman 8 poin C ada perubahan dari "permohonan untuk memperoleh BPP-Dn Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti harus mendapatkan persetujuan pimpinan PT asal pelamar" menjadi "dosen dan tenaga kependidikan harus mendapatkan persetujuan .."
      untuk calon dosen "harus menandatangani perjanjian antara pelamar dan direktur dittendik dikti (lampiran 1)
      2. di surat perjanjian lampiran 5 sudah jelas tertulis "perjanjian antara Dosen dan Tendik penerima beasiswa ..."

      thnx

      Delete
    2. Akhirnya semuanya menjadi jelas.
      Selamat berjuang bersama rekan-rekan. :)
      Niat baik kita akan mendapatkan balasan yang baik juga.

      Delete
  55. jadi kesimpulannya bagi calon dosen cuma mengirimkan lampiran 1 n surat kesediaan mengabdi saja
    bener gak??
    ato ada lagi yg perlu d lampirkan??
    mari sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampiran 1 kan memang isinya ketersediaan buat mengabdi mba. jadi yg dilampirkan cuma Lampiran 1 dan foto saja untuk calon dosen. CMIIW.

      Delete