Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Saturday, July 13, 2013

Form Kesanggupan Calon Dosen

Buat kamu yang lulus tapi belum bisa masuk ke menu Kesanggupan, berikut adalah tampilan form kesanggupan calon dosen yang harus kamu isi. Screenshot ini saya dapat dari salah seorang pengunjung blog ini. Semoga dapat memberi gambaran.

Yang dimaksud dengan homebase adalah kampus asal. Jika kamu sudah memiliki homebase maka setelah lulus kuliah nanti, kamu akan mengabdi di kampus tersebut. Namun apabila tidak memiliki homebase, maka setelah lulus kuliah nanti, kamu akan mengabdi di salah satu dari 35 kampus yang ada di form tersebut.


164 comments:

  1. mksd homebase di situ apakah untk pelamar BPPDN katageri dosen yg sudah mengajar ?
    Krn bg kami pelamar BPPDN kategori calon dosen kan sudah mengupload surat brsedia ditmpatkan dimanapun oleh dikti wkt pertma mendaftar, atau memang kami para calon dosen bleh membuat surat baru untk mengusulkan kmpz asal kmi kuliah untk penggabdian,
    mhon penjelasannya...!
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. form di atas cuma untuk calon dosen. sekarang kamu bisa mengabdi di kampus pilihan kamu (homebase), atau mengabdi di salah satu dari 35 kampus yang disediakan DIKTI.

      Delete
    2. Assalaamu'alaikum Mas Indra,,
      Saya Sofiya, mau tanya Di web dikti,disitu disebutkan univ penempatan yang jurusannya hukum,politik,BK,Akuntansi dan Administrasi publik.Apakah univ.tsb juga berlaku untuk diluar jurusan tersebut? terimakasih infonya

      Delete
    3. PILIH SESUAI KONDISI SAUDARA dan perhatikan Petunjuk pada setiap langkah yang terdapat di sebelah kanan.
      Apakah Saudara bersedia ditempatkan di Perguruan Tinggi di bawah ini?: tidak bagi yang punya home base, ya bagi yang belum punya
      Jika Saudara diberi kesempatan memilih Perguruan Tinggi sesuai dengan daftar di atas, Perguruan Tinggi mana yang akan Saudara pilih: ( sepertinya kita diwajibkan memilih baik yang punya homebase ataupun tidak karena semua harus terisi )

      * pahami saja kalimat di atas yang ad di kolom FORM KESANGGUPAN. kalau kita punya home base masukkan surat rektor,

      analisa sederhana saya mkin bgt maksudnya..

      Delete
    4. aslm
      nama saya Muh. Alam Nasyrah Hanafi NIDN: 0901118801
      saya mau nanya mengenai kelengkapan pendaftaran onlinenya, saya tdk bisa melanjutkan kelengkapannya karena bermasalah dengan "PASWORD", saya tdk bisa masuk ke LOGIN pendaftaran selanjutnya. saya lupa berapa PASWORD nya untuk login

      Delete
  2. untuk pemilihan universitasnya apakah harus yg memiliki jurusan yg linier dgn pendidikan kita, atau boleh yg satu bidang keilmuan, saya mengambil s2 jurusan tekno. hasil perkebunan di ugm dan saya kesulitan memilih univ yg memiliki jurusan/fak yg linier (fak. Tekno. Pertanian), apakah bisa memilih univ yg hanya memiliki fak. Pertanian dan jg tdk ada jurusannya yg linier?

    ReplyDelete
  3. Mohon pencerahannya rekan-rekan se perjuangan.
    untuk pemilihan universitas pengabdian harus universitas yang memiliki jurusan sesuai dengan jurusan s-2 kita (linear) atau tidak?.
    Misal jurusan saya ilmu komunikasi apa harus memilih univ yang ada jurusan tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya harusnya kita memilih universitas yang da jurusan kita karena kalo gak ada jurusannya kita gak bisa ngajar,, jadi mas/mbak harus cek satu2 dri 35 univ tsb yg mana ada jurusannya, jadi gak semua univ bisa jadi homebase, itu menurut saya, maaf kalo salah :)
      oh y mbk/mas ini jurusan apa?

      Delete
  4. Jika kita sudah punya homebase, masih harus yaa ngisi 2 pilihan universitas yang telah ditetapkan DIKTI untuk pengabdian nya? atau bagaimana?
    Trimaksih atas informasinya.

    ReplyDelete
  5. assalamu alaikum mas indra,
    jujur zy masih bingung dgn masalah homebase ini, apakah ini diperuntukkan bagi calon dosen atau untuk dosen yang pernah bekerja di kampus asal,krn surat rektor yang di upload kmarin cuman menyatakan memberikan ijin untuk mengikuti beasiswa BPP DN ini, dan kalo memang diperuntukkan bagi calon dosen, bgmn cara memperoleh homebase tsb? atau paling tidak, bagaimana cara mengetahui bahwa sudh punya homebase atau tidak..
    sekian dan terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  6. Teman2 ada gak yang punya format Surat Keterangan Homebase?? Share dong teman2....

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum.
    mas indra, perkenalkan ini Firnaliza
    sebelumnya sangat mngikuti blog mas ttg BPP-DN ini. alhamdulillah saat ini sudah d terima pascasarjana Keperawatan UGM.
    ada yang ingin saya tanyakan mas,mohon infonya.
    saat mendaftar baik di Laman DIKTI maupun di UGM termasuk berkas2 yg dikirim,semua tanpa rekomendasi instansi asal "homebase".
    yang ingin saya tanyakan. jika saat mengisi form kesanggupan ini saya mempunyai rekomendasi (SK) dr universitas/Sekolah Tinggi apakah itu bisa berlaku???
    oh y,jika ada. bolehkan saya meminta contoh SK dr univ ttg penetapan gaji itu.
    terimakasih sebelumnya mas.
    mohon informasinya.

    Wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak,firna salam kenal sebelumnya.mbak sy boleh mint tlng demailkan cth surat rekomendasi/rektor dari universitas seperti yg mbak punya terus surat-surat yang diperlukan apa saja untuk mdnptkannya.mbak,bolen minta almt email atw fb ndak soalnya sy diterima dUGM keperawatan juga

      Delete
  8. Mas Indra, prodi pilihan saya Statistika tidak terdapat pada list 35 PT untuk destinasi nanti, jikalau saya memilih 2 PT yang ada prodi Matematika atau pendidikan Matematika ( misalkan dimana prodi Statistika sebagai minornya ). Apakah hal tersebut dapat dipertimbangkan untuk meluluskan seseorang menadapatkan BPPDN ?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok di mulawarman, statistika monngo dlhat lg

      Delete
    2. OK terima kasih atas infonya.

      Delete
  9. mas indra ada format pembuatan surat komtrak dengan homebase?

    ReplyDelete
  10. bagaimana jika password saya lupa dan hilang sehingga tidak bisa masuk form "kesanggupan"?
    saya harus menghubungi siapa?
    mohon pencerahannya.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek email yang dipake daftar buat beasiswa BPPDN dulu.
      kalo gak salah password&user dikirim ke situ..
      atau kalo masih nyimpen print out daftar online bppdn ada password dan user.

      Delete
    2. iyya, sy juga tidk punya password :(
      sy sudh cek berkli2 di e-mail yang sy gunkn mndftr tp tdk ada, di spamnya jg tdk ada,
      sy jg sudh coba tlpon brkli2 Dikti tp tdk diangkt2
      dikrim ke email diktix jg tdk bsa brhsil dikrim:(
      ada yg bsa ks sran?
      pngsian "kesanggupan" terakhr tnggl 25 juli :(

      Delete
    3. Emailnya hilang mb atw trselip sy g tau tp sy cr2 blm ktemu. Klo di cetak bukti pbdftrn adnya cm no registrasi g da passwordnya. Mhon pncrhnya

      Delete
    4. SY JUGA MENGALAMI,,,SY KE DIKTI SENAYAN,,NGADEP,,,AKHIRNYA DIKASIH AMA STAFFNYA

      Delete
    5. sy juga sma passwordnya hilang....jd harus ke jakatra buat tanyain mhon infonya

      Delete
    6. coba search email dengan kata "bpps" atau cari tanggal anda mendaftar

      Delete
  11. Mas Indra, surat kontrak dengan homebase itu ada contoh dari dikti apa univ homebase yang membuat? kalo contohnya dari dikti, saya minta tolong contoh format surat kontrak dengan homebase ya...
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  12. Assalamua'alaikum. mas indra, jika saya di terima di PT swasta. Apakah stlh 3 thun masa pengabdian tsb. saya bisa pindah mengajar di PT negeri?
    Soalnya, saya kwatir Jika saya sdh menjdi Dosen di salah satu PT swasta , apakah jika sudah punya NIDN, saya tidak bisa lagi mendaftar untuk menjadi dosen di PTN (melamar CPNS)?
    Mhon pencerahannya.s
    trims.

    ReplyDelete
  13. Apakah format home base tersebut ada? atau boleh pakai surat rektor rekomendasi BPPDN yang lama dari rektor. KArena sebagai calon dosen dari home base belum tentu mau lasngung menagangkat jadi dosen tetap. Saya Fathur mas indra dari Pontianak, Universitas pengasal TanjungPura Salam kenal :)

    ReplyDelete
  14. mas tanya mas....apakah homebase itu haruslah PTN atau boleh PTS?? Kalo PTN di bawah kementrian lain bisa ga?

    ReplyDelete
  15. saya masih bingung dengan homebase :( saya adalah pelamar beasiswa BPPDN calon dosen. homebase itu apakah univ asal atau kah boleh dr univ yg mau menerima kita sebgai pegawai ttap ketika kita lulus nanti (bukan univ asal)? mohon pencerahan teman-teman :)

    ReplyDelete
  16. penetepan homebase tahun ini tidak jelas.
    lebih baik sistem yang digunakan tahun lalu...
    jika tahun lalu, homebase universitas sudah bisa ditentukan sejak mendaftar, yaitu pada halaman kesediaan penempatan yang ditandatangani oleh ybs, PR I homebase, dan dikti.
    sedangkan tahun ini, halaman kesediaan penempatan hanya ditandatangani oleh ybs dan dikti. artinya, tidak ada lagi istilah homebase.
    .
    kemudian setelah hasil seleksi keluar, mengapa disinggung lagi mengenai homebase universitas yang tentunya akan sulit untuk didapatkan mahasiswa ybs dengan waktu sangat singkat, hanya 13 hari untuk mendapatkan mou dan harus dari rektor universitas yang akan dijadikan homebase.
    .
    singkat kata, mahasiswa penerima bppdn tahun ini harus siap ditempatkan di kampus yang ditentukan oleh dikti....
    tidak bisa bebas memilih kampus tujuan mengajar sendiri...

    ReplyDelete
  17. Sekedar berbagi informasi pada kawan2.

    Barusan saya menemui pembantu rektor di kampus. Beliau bilang soal surat pernyataan rektor adalah untuk dosen honorer di kampus tersebut yg masih S1 dan mendapatkan beasiswa ini. Jadi untuk mahasiswa yg statusnya hanya alumni tidak bisa mendapatkan surat dari rektor.

    Jadi untuk lulusan S1 yg belum pernah honorer penempatannya bakal ditetapkan oleh dikti. Maka dari itu dari awal kita diminta komitmennya di form kesanggupannya ini.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas atas informasinya...
      saya juga pernah menanyakan kepada WR 1, dan memang kita tidak diperkenankan untuk meminta surat tersebut.
      karena Untuk dapat mengabdi di Universitas, jalurnya lewat rekruitmen.

      Delete
  18. selamat siang,,,

    saya dapat surat rekomendasi yang menjelaskan bhwa sy mnjadi dosen di univ sy skarang bekerja sbagai dosen honorer,,ditandatangi WR I, (an wakil kopertis, dan an Rektor)
    apakah surat ini sesuai dg yg diminta dikti bahwa kita sudah mpy homebase? karena dalam link kesanggupan, tertulis DITANDATANGANI REKTOR, TIDAK BISA DIWAKILKAN.

    mohon masukannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada yang reply ( di-reply sendiri hihihi)
      mungkin pada sibuk...

      sekedar info buat yang lain, sy barusan telp ke pihak dikti (informasi dr DAA UGM)
      bahwa dari dikti meminta surat rekomendasi REKTOR, berisi ikatan kontrak, dan menyatakan univ akan mempekerjakan kita nantinya dg gaji yang tertulis,

      eng ing eng,,, dan saya blum mendapatkan itu, surat perwakilan kopertis sya tetap tidak memenuhi kriteria dikti.
      alhasil ya mari kita mengabdi untuk negeri,
      merintis dan menyebarkan ilmu untuk negeri tercinta, semoga berguna bagi sesama. insyaallah tidak ada yang sia-sia.

      Delete
    2. mba diah, prosedur untuk membuat surat kesanggupan dari rektor itu gimana? melalui kajur ke dekan ke rektor atau gimana? saya sudah jadi dosen tidak tetap di ugm selama 2 tahun. bisa minta tolong contoh suratnya dikirim email ke putri.prat@gmail.com trims..

      Delete
    3. mbak diah, apakah artinya univ tsb boleh bukan univ asal kita (univ S1)? dari pertama daftar saya tidak mempunyai rekomendasi, dan apakah jika skrg saya mendapatkan rekomen dari univ lain(bukan univ asal S1 saya) itu diperbolehkan? terima kasih, mohon bantuannya ya mbk :)

      Delete
    4. @putri: saya memperoleh surat dr jurusan, kemudian ke dekan, dan baru ke rektorat. tepatnya WR I sbagai perwakilan kopertis. tapi pihak dikti sprtinya menginginkan surat yang menyatakan saya terikat kontrak dg univ, dan menerima gaji. layaknya dosen kontrak / dosen tetap. impossible bagi saya dalam waktu yang ada skarang. email akan segera dikirim.

      @eni : menurut saya bisa saja,

      Delete
    5. mba bisa share contoh surat nya? ak baru dapt sms ngisi form. kesanggupan kemarin.. ak daftar ke itb.. email ak hyde_234@yahoo.com. pliss ak tunggu smoga jadi amal ibadah bbuat mba :) aamiin

      Delete
    6. Mb Diah, surat (dengan ttd WR 1) yang mb Diah punya sekarang, rencananya mau diupload tidak mb????
      Iya mb Diah....untuk meminta surat keterangan dari rektor yang didalamnya ada Gaji dan masa kontrak agak sulit. Universitas kadang tidak mau memberinya.

      Dan marilah kita memilih 35 universitas yang telah ditentukan oleh DIKTI. Bismillah......

      Delete
    7. menurut saya akan saya upload aja disertai dengan kesanggupan ditempatkan diseluruh indonesia, karena dari awal saya iklas,, kalo kembali ke univ asal atau nanti mengabdi untuk negeri. Insyaallah semua akan mendapatkan yang terbaik

      Delete
    8. mbak diah: bisa dshare surat nya?
      ke email ku: arek_abenk@yahoo.com
      makasih sblmnya mbak...

      Delete
    9. mba / mas.. mohon dishare format suratnya karena pembantu rektor saya ingin contoh surat dari universtias lain.
      mohon bantuannya.
      email : susilawati_nurdin@yahoo.com

      Delete
  19. ada yang tau?bagaimana kalo kita dapat surat keterangan dari rektor perguruan tinggi tapi kampusnya tidak ada jurusan kita.apakah itu bisa jadi homebase?kampus tersebut siap mengangkat kita menjadi dosen tetap.mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  20. apakah 4045 orang yg lulus sebagai calon penerima beasiswa calon dosen itu tidak diseleksi lagi..?apakah semuanya akan memperoleh beasiswa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu (mungkin) akan diseleksi lagi. Dan (mungkin tidak) semua dapat beasiswa. jadi jangan berhenti berharap

      Delete
    2. jadi seleksi apa lagi yg dilakukan ditjen dikti kpd org2 yg ada d lampiran1? apa seleksi berdasarkan iya bersedia di tematkkan dimn saja dengan yang tidak bersedia? krn d panduan bppdn 2013, tahap setelah lolos seleksi administrasi dan akademik pascasrjn penyelenggra maka tinggal verifikasi oleh dikti. lha verifikasi yg dilakukan dikti itu apa y mksdny? mhn pencerahan y teman2 mkshhh

      Delete
    3. verifikasi yang dimaksud, cuma tim dikti yang tau...
      semuanya serba "mungkin"... hehehe.. ^_^v
      yang jelas...
      mudah2an semua yang di lampiran 1 mendapatkan beasiswa bppdn dan dapet tempat penempatan terbaik buat masing2 dan yang di lampiran 2 mudah2an Allah memberikan rejeki lain yang lebih baik...
      Aaaaamiin...

      Delete
  21. asslamu'alaikum,
    mf sebelumnya, sya yenti juniarti, mahasiswai dari bengkulu,
    sya juga tdak punya password,
    sy sudh cek berkli2 di e-mail yang sy gunkn mndftr tp tdk ada.
    sy jg sudh dua hari ini coba menghubungi brkli2 Dikti tp tdk diangkt2.
    jadi gimana, solusinya??
    sedangkan pengsian "kesanggupan" terakhr tanggal 25 juli

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti punya mbak,, setelah anda mendaftar pada dikti beberapa waktu yang lalu, ada kiriman email berisi no registrasi dan password. silahkan buka email yang ada masukkan pada saat pendaftaran kemaren

      Delete
    2. coba curhat ke sini:
      bpp-dn@dikti.go.id
      temen kasusnya sama,Alhamdulillaah direspon dengan baik oleh dikti (no reg+password dikirim lg)

      Delete
    3. saya juga mengalami kasus yang sama, akan tetapi sekarang sy sudah dapat password sy lg dr saved password di browsernya. cb masukin huruf pertama password pada kotak passwordnya klo passwordnya tersimpan pasti akan muncul dropbox berisi passwordnya. kalau lupa huruf awalnya bisa dicoba dengan mengurutkan setiap huruf dr a-z. syaratnya mencobanya di komputer yang dulu di pakai buat daftar online dikti. kalau di menu kesanggupan tidak muncul coba di menu ubah data. semoga bermanfaat.

      Delete
    4. saya juga mengalami kasus yang sama, saya sudah telfon kedikti tapi tidak ada respon, saya email juga demikian no reply. Mba mohon bantuannya, saya sudah coba dengan cara menggunakan komputer yang sama pada saat daftar kemarin. Anehnya, saya bisa masuk di menu ubah data tidak ada masalah sama sekali tapi pada saat saya gunakan passwor dan no reg yang sama, itu tidak bisa. apa yang harus saya lakukan ? penutupan aplikasi besok hari.. mohon infonya..

      Delete
  22. Selamat pagi.
    Saya Wina pelamar di ITB jurusan Matematika.
    Saya ada sedikit pertanyaan, dr 35 universitas yg ditetapkan oleh dikti, apakah saya harus memilih universitas yg ada "JURUSAN MATEMATIKA" ?
    Atau boleh memilih universitas yg tidak ada jurusan matematika tetapi yg penting ada "MATA KULIAH MATEMATIKA" ?
    Karena saya pikir kita bebas memilih universitas yg disediakan, asalkan ada mata kuliah yg bisa kita ajarkan.

    Mohon dikoreksi jika ada salah.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sip wina. betul

      Delete
    2. Makasi mbak/mas anonymous. :)
      Artinya lebih bnyak pilihan kmpus yg saya pilih.
      Krena sedikit skali yg ada jurusan matematika nya, tp yg ada mata kuliah matematika banyak.

      Delete
  23. aAssalamulaikum teman2 semua, saya telah menanyakan ke DAA UGM Lewat email yang dibalas oleh admin daa mbak Ratna, begini pertanyaan saya:

    Saya: Selamat siang DAA UGM,

    Saya pelamar s2 ugm bppdn dikti, dimana pada web dikti http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ menu unduh terdapat lampiran 1. yang ingin saya tanyakan, apakah pada lampiran 1 tsb sudah final mendapatkan beasiswa bppdn dikti?

    Admin DAA UGM: selamat siang,

    perlu kami infokan bahwa lampiran 1 tersebut berbunyi " Daftar pelamar
    beasiswa calon dosen yang telah dinyatakan lulus oleh pascasarjana
    penyelenggara BPP-DN " bukan SK Penetapan Beasiswa, jadi daftar yang
    diterima oleh program pascasarjana di universitas tujuannya.

    terima kasih,

    ratna

    Jadi bisa teman2 simpulkan sendiri. Just info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg dari kemarin bilang ini sudah final / yg bilang bahwa yg terdapat di lampiran 1 adl penerima beasiswa y hanya oknum2 tak bertanggungjawab. Org jelas2 belum ada kata2 PENERIMA kok ya ngeyel bahwa itu daftar penerima. Sungguh oknum2 itu sudah mempermalukan Guru & Dosen mereka sendiri.

      Delete
    2. Mas/mbak anonymous yg satu ini emang agak ga enak komentarny ya.
      Di bhs indonesia itu ada istilah ambigu, nyatanya kita semua yg d forum ini punya persepsi masing".
      Lampiran 1 ini belum fix karena memang harus ada prosedur lain yaitu mengisi kesanggupan d temppatkan di universitas asal/ yg d tetapkan dikti.
      Jika semua yg ada d lampiran 1 ini mengisi kesanggupan dengan baik, saya rasa semua akan lolos, kecuali memamg ada yg tidak siap d tempatkan, tentu saja tidak akan lolos beasiswa, wong ga siap kok.
      Jadi kita liat pengumuman selanjutnya.
      Ga usah merasa paling benar.
      Oke mas/mbak yg sya tidak tau namany. :)))

      Delete
    3. soalnya kata PELAMAR dan PENERIMA bukanlah dua kata yang AMBIGU, keduanya punya arti yang jelas-jelas berbeda.

      Delete
    4. Sudaah,. jangan diperdebatkan lagi,. lebih baik berdo'a agar kita2 diforum ini di terima bppdn diktinya,. Aamiin,.,

      Delete
    5. maaf sblm nya ikut comment
      kayak SK dari dikti kmren sudah final penerima beasiswa karena saya tadi sudah daftar ulang di ITS,dan tidak membayar uang smesteran,cman biaya masuk yang standart dari kampus,,saya kira ini sudah jelas,SK dikti kmren sudah final menerima beasiswa BPPDN-CD

      Delete
    6. Maaf Mas Amri, saya juga diterima di ITS. Berdasarkan cerita mas Amri, berarti kita hanya bayar biaya penyegaran, IPITS dll y mas?
      terima kasih

      Delete
    7. Betul Mas Amri.
      ITS sudah di nol kan spp ny bagi pelamar yg namany ada d lampiran 1.
      Selain ITS, ITB juga dmikian.
      Saya suda nelpon SPS ITB, katany saya tidak perlu membayar spp.
      Karena sudah di nol kan.

      Delete
    8. Untuk yang diterima di ITS... mohon infonya ya...
      Terima Kasih

      Delete
    9. Maksudnya yang biaya masuk standar dari ITS... itu yang IPITS sama per materi atau gimana maz?

      Delete
    10. iya bener mbak vellin & mbak wina ,,,tadi saya sudah bayar di BNI untuk bayar biaya penyegaran, IPITS dll
      karena gak ada penyegaran jadi saya bayarnya cuman 1,250 jt

      Delete
    11. standarnya 1,25jt tanpa bersyarat,,
      klw mbak zahra kena penyegaran brrti nmbah lagi 300rb per materi dan 400rb ntuk penyegaran bhs inggris

      Delete
    12. Wuihhh...semogaa UPI juga demikian, bahwa nama2 di lampiran 1 sudah final diterima dikti layaknya ITS dan ITB. Aamiin ya Rabb
      *terus berdoa*

      Delete
    13. Betul. :)
      Di itb cuma diminta membayar biaya pelayanan sebesar 347rb saja.
      Semoga yg d lampiran 1 itu memang sudah lulus semua.

      Delete
    14. Tahu tidaknya kena penyegaran gimana maz?
      Setahu saya cuma yang bahasa inggris, toefl dibawah 477 ikut kuliah penyegaran. Selain itu saya gak dapet info tentang itu.
      ITS belum ada pengumuman juga ya.

      Delete
    15. Ya mbak ambil surat keterangan lulus dulu dari pasca,didalam nya ada keterangan mbak kena kuliah penyegaran apa nggak..ntar pas bayar ke BNI, bawa surat tersebut dan di liatin sama teller bank

      Delete
    16. Oh gitu...
      Terima kasih ya maz sudah banyak membantu...

      Delete
    17. Terima kasih banyak mas Amri untuk informasi yang diberikan :)

      Delete
    18. Mudah2an UGM juga di nol kan spp nya yg namanya ada dilamp 1

      Delete
    19. Mudah-mudahan di IPB juga seperti itu. Saya barusan sempat telepon pihak IPB dan kata mereka pengumuman yang dilampiran nomor 1 itu belum fix. Jadi harus menunggu SK resmi dari DIKTI nya. Kira2 pengumuman fix tidaknya penerima beasiswa kapan ya? Mohon infonya

      Delete
    20. Mbak Wina,

      apakah ITB sudah mulai proses pembayarannya?

      Delete
    21. siang... saya mau tanya, saya sudah registrasi ulang tgl 30 Juni kmren, dan masih bayar full semuanya, kalau begitu bagaimana? apakah akan dikembalikan? trus (maaf) ada yang tahu ndak, Dana Pengembangan (DP) itu termasuk yg di biayai Dikti ndak ya? mohon infonya bagi yang kira-kira tahu... dan terimakasih sebelumnya...

      Delete
    22. iya mas/mbak Anonymous,,tadi saya tanya pasca ITS,,itu juga blm fix,,masalah uang SPP itu sebenernya kebijakan kampus PPs masing-masing,,tapi intinya klw mau dapet beasiswa dari dikti kita tinggal ikut aturan dikti insyallah gak ada masalah

      Delete
    23. Ada yang punya format kesanggupan rektor yg di form kesanggupan tersebut tidak? mohon dikirim via email spypuzpa@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya

      Delete
    24. Saya tlpn pasca ITB, pembayaran sudah bisa dngn biaya 374rb saja.
      Mungkin lebih baik di tlpn ulang.
      Saya juga takut salah memberi informasi.
      Tp wkt saya nlpn d beritahu seperti itu.
      Teman saya yg melamar d its juga d beritahu sprti itu.

      Delete
    25. Dikti belum menetapkan lampiran 1 sebagai penerima sesuai pembaritahuannya
      http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/read/keterangan-lebih-lajut-mengenai-lampiran-1-dan-2

      Delete
    26. saya baru tlp di pascah ITS untuk menanyakan kejelasan apakah sudah fix atau belum,,,, Pihak pascah menjawab bahwa sudah fix,,, karena SPP sudah tidak mbayar.....

      Delete
    27. di nolkan sppnya krn waktu pembayaran spp dengan pengumuman final penerima bpp dn itu berbeda...jadwal spp lebih duluan dibanding hal tsb shg semua pps penyelenggara bpp dn memberikan keringanan bagi pelamar bpp dn tsb diberikan penagguhan pembayaran spp sp tau mereka lolos, sehingga kl tdk lolos ya akan tetap bayar spp dan kejadian terakhir ini banyak terjadi...

      Delete
    28. mbak Wina, saya solikhin pendaftar d SPS ITB juga jurusan MATEMATIKA, boleh minta nonya SPS ITB mbk? trus mbk sudah dftar ulang? kan daftar ulang jadwalnya baru tanggal 14 agustus sampai 21 agustus y klo tidak salah? klo salah mhon dibenarkan mbak... terima kasih mbak wina... salm kenal... :)
      oh y mbak syarat daftar ap aj y mbak? trm kasih... :D

      Delete
  24. Assalamualaikum mas Indra..
    saya alhamdulillah masuk dalam daftar penerima BPP DN 2013 ini, saya mau tanya, saya sudah isi form kesanggupan dan upload surat keterangan ketua dari homebase saya, dan utk "Apakah Saudara bersedia ditempatkan di Perguruan Tinggi di bawah ini?" saya isi tidak dan "Jika Saudara diberi kesempatan memilih Perguruan Tinggi sesuai dengan daftar di atas, Perguruan Tinggi mana yang akan Saudara pilih: * " tidak saya isi, setelah itu bisa lgsg saya save, apakah berarti data saya sudah lengkap? soalnya tidak ada petunjuk apa-apa setelah saya SAVE tadi, saya khawatir kalau saya isi 2 pilihan universitas tadi saya betul-betul ditempatkan disana, soalnya saya sudah punya homebase,
    sekian dan mohon keterangannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar PENERIMA BPP-DN 2013 belum keluar mas/mba. Kalimat pengantarnya dibaca baik2 dan dengan teliti, itu baru daftar PELAMAR, bukan daftar PENERIMA. Jangan mengada-adakan hal yg belum ada mas/mba.

      Delete
    2. Simple saja sih penentuan kelulusannya. Bagi yang ingin lulus, ya isi tuh form kesanggupan. Tapi kalo tidak, ya gak usah diisi. Toh pihak dikti tidak akan menyeleksi lagi baik dari kemampuan TPA maupun TOEF karena waktunya tidak memungkinkan. yang sudah mengisi formnya, tinggal nunggu SK nya saja.

      Delete
  25. ASW.WR.WB..mas/mbak....numpang tanya....apakah Penerima Beasiswa Unggulan 2011 wajib mengisi form kesanggupan juga?mengingat kami sudah selesai melaksanakan studi tahun ini.thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam.. yang Penerima BU 2011 tidak wajib mengisi. form di atas itu hanya untuk yang 2013.

      Delete
    2. thanks mas.jadi untuk BU 2011 akan dikembalikan ke instansi asal ya mas?

      Delete
    3. Bagaimana ne penerima bu 2011.kapan kluar sk penempatan mengabdi?thanks

      Delete
  26. asswrwb.. saya sudah mendapatkan surat kontrak dari kampus saya, tetapi tidak ada kalimat ttg gaji, hanya ttg pengangkatan sebagai dosen tetap. apakah harus dibuat surat satu lg tentang pemberian gaji? karena WR1 mengatakan tidak perlu lagi.
    dan satu lg, jika kita mengisi telah memiliki homebase, maka pilihan utk penempatan kita isi bersedia atau tidak? trims untuk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. mas Anonymous : boleh minta format atau screen shoot surat kontrak nya?
      klw boleh kirim ke email : arek_abenk@yahoo.com

      Klw menurut SK yg dikeluarin DIKTI kmren, hanya surat pernyataan Rektor yg akan mengangkat kita menjadi dosen tetap setelah menyelaikan Studi,,
      klw masalah gaji negosiasi nya kan setelah selesai studi....
      klw sudah ada home base pilihan kedua boleh di isi boleh nggak mas,,kmren saya tanya di pasca ITS...
      bgtu info yg saya dapatkan

      Delete
    3. mas anonymous, kalau berkenan tolong formatny dikirimkan juga kealamat email saya: jfitraha@gmail.com
      terima kasihbsebelumnya.

      Delete
    4. mohon dkrim formatnya ke email saya: uya.ayrus@gmail.com

      Delete
    5. mas anonymous, kalau berkenan mohon juga untuk dapat dikirimkan ke email saya: eddyswinata@gmail.com
      terimakasih

      Delete
    6. Mas anonymous atau all yang sudah punya surat kontrak dengan rector... bisa saya minta formatnya di myhadiyah88@gmail.com? terimaksih sebelumnya dan semoga menjadi amal shaleh

      Delete
    7. mas/mbak anonymous atau siapa saja yg telah memiliki format surat kontrak dengan rektor, tolong di share juga ksini, inspirasi_mataharipagi@yahoo.com. butuh banget. makasih sebelumnya..

      Delete
    8. tolong kirimkan formmat homebase ke arini_pure@ymail.com
      trmksh bny sblmnya

      Delete
    9. format surat kontrak itu sudah disiapkan oleh universitas, jd saya tidak membuat sendiri suratnya..

      Delete
    10. saya minta jg dong formatnya,,,, tolong kirim ke nur.desi@gmail.com

      Delete
  27. Ingin tanya, adakah dari teman2 pembaca yang mengambil Pendidikan Bahasa Jepang UPI ?? Saya bingung harus memilih kampus apa, karna dari ke 35 kampus yang disediakan dikti itu tidak ada yang membuka jurusan bahasa jepang. Sedangkan saya tidak memiliki homebase, what should I do ? >___<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai nhinis.. waktu ngisi form pendaftaran BPPDN, instansi asal diisi apa di-strip?? mungkin ngaruh..krna dikira sudah punya homebase

      Delete
    2. mba ada beberapa univ yg ada materi kuliah bhasa jepang, spt di politeknik , mungkin bisa jd referensi

      regards
      chasterblue

      Delete
  28. ass..saya mau tanya, surat pernyataan rektor yang harus di upload mengenai akan mengangkat kita menjadi dosen tetap serta akan diberikan gaji apakah boleh ditandatangani oleh PR 1 ? rektor saya lagi umrah..mohon informasi nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mr/miss anonymous..minta tolong krimin aku formatnya 'surat pernyataan rektor' dong...
      michael.wuisan@gmail.com
      terima kassih sebelumnya

      Delete
    2. mas anonymous, kalau berkenan mohon juga untuk dapat dikirimkan ke email saya: eddyswinata@gmail.com
      terimakasih

      Delete
    3. mr/mss anonymous mohon juga dikirim ke email saya nini.kshe44@gmail.com semoga menjadi amal shalih.aamiin

      Delete
    4. tolong kirimkan format homebase ke arini_pure@ymail.com
      trmksh bny sebelumnya

      Delete
  29. Mohon pencerahan..
    Saya pelamar BPP-DN kategori Calon Dosen. Tapi ketika mendaftar BPP-DN online, saya mengisikan INSTANSI ASAL dengan nama universitas saya ketika S1 padahal saat ini saya belum memiliki homebase (karena halaman tidak bisa dilanjutkan jika tidak diisi dan saya baru tahu kalau bisa diisi dengan tanda "-")
    Kebetulan universitas asal saya masuk ke dalam salah satu dari 35 Universitas yang ditetapkan DIKTI untuk penempatan.. Apa yang sebaiknya saya lakukan? (saya sudah masuk k menu "Ubah Data" dan mengubah Instansi Asal dengan "-" tapi setelah disave, data tidak berubah..)
    Saya harus mencoba meminta surat kesanggupan dari rektor atau tidak perlu? Mohon ada yang bersedia memberi komentar.. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus yang sama spt yang saya alami..
      mhon pencerahan..

      Delete
  30. Saya mau nanya nih ke mbak wina.
    1. Apa yang membedakan antara yg spp dinolkan dengan yg tidak dinolkan?
    2. Adakah surat keterangan dari itb yang menyatakan bahwa nama yang ada di lampiran satu tidak perlu membayar spp?
    3. Ada pembayaran lain kah selain yang 347rb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. SPP dinolkan jika kita pelamar bppdn yg namany sudah ada d lampiran 1, yg sudah mendapatkab beasiswa lain (selain bppdn) mungkin saja sudah d nolkan juga.
      Dan yg tidak dinolkan tentu saja pelamar yg namany tidak ada dilampiran 1, ato tidak lulus beasiswa lain ny.
      2. Surat keterangan ny smpe skrg juga saya belum tau ada atau tidak, krna saya tau informasi ini hanya lewat telpn saja.
      Kebetulan 3x saya menelpon SPS ITB , dan selalu d jawab spp dinolkan jika nama ada d lampiran 1.
      3. Selain spp, yg perlu d bayar hanya biaya pelayanan sebesar 374 saja.

      Itu saja setau saya.
      Maaf jika ada salah informasi, saya mnyampaikan apa yg dikatakan dr ITB lewat tlpn.
      Jika tau informasi lain, mohon dikoreksi, :) :)

      Delete
    2. iya, barusan saya telpon ke SPS ITB,
      untuk yang penerima BPPDN memang cuma bayar yang biaya pelayanan&almamater (374rb) *tapi tadi bilangnya 400rb.. hehehe

      lalu, saya tanya gimana dengan yang lampiran 1 yang ternyata belum fix.
      dari pihak kampus itu sudah fix dan sudah dikirimin sms untuk daftar ulang online kan ya, dan gak mengerti bagaimana kelanjutan proses di dikti dan kurang tau juga kapan SK dikti keluar.

      demikian yang saya tau..

      Delete
    3. Hai myra, aku wina (Queena) yg email km kemaren. :p
      Betul.
      Dan kata ny yg dpt sms dr itb suruh dftr ulang OL itu sudah pasti dapat.
      Ga tw itu bener apa ga, tp wkt saya nlpn SPS ITB, kata ny seperti itu.
      Semoga bener ya. :D

      Untuk sk dr dkti, sudah ada yg menanyakan ke dikti langsung siang td.
      Kata ny SK ny keluar akhir juli atau awal agustus,

      Delete
    4. Ini dr Iwan Kurniawan.
      Tmn seperjuangan kita buat nyari beasiswa. :)

      Assalamu'alaikum...
      Izin share info yg saya dapat dari DIKTI tdi siang;mudah2n mnjwab semua prtnyaan tmn2 dan klo kurang puas bisa datang lagi lngsung aja ke DIKTI-nya atau email serta telp krena disana pun keadaannya lagi sibuk jadi waktu terbatas juga saya bertanya kpd orng yg brwenang mngenai BPPDN (Ibu Dias):

      1. Perkara Home-Base
      Home-Base itu bersifat optional, klo tdak punya, pilih tdk dan tdk usah meng-uplod...yg punya silahkan pilih ya dan disertai surat dari rektor...jadi pilih saja sesuai perintah yang tertera di menu "kesanggupan" web BPPDN Dikti

      2. Perkara waktu SK dikeluarkan
      SK akan dikeluarkan stelah yg kesanggupan itu beres semuanya diinputkan sampai batas waktu yg ditentukan (tgl 25 Juli), dan prediksi sekitar akhir Juli atau awal bulan Agustus...

      3. Masalah Kuota Penerima BPPDN yg diambil ketika SK dikeluarkan.
      Sebagaimana qta tahu yg lolos ada 4000-an pd lampiran 1, akan diseleksi lagi (entahlah seleksinya itu seperti apa) dan katanya tiap tahun beda-beda, 2011 ada 1000an, 2012 ada 2000-an, entahlah klo 2013.

      4. Masalah INPUT Data
      Tadi saya ktemu beberp calon mhswa s2, bila ada masalah mngnai input bisa datangi langsung ke DIKTI-nya biar dproses, dan juga ktemu dngn seorng mhsw yg memiliki mslh seperti ini, dia kterima dua Univ melalui seleksi yaitu UI dan IPB, tapi dia pelamar BPPDN di Pasca IPB, dia ingn memindhkan jdi ke UI, pihak DIKTI mnjawab "tdk bisa dialihkan ke UI".

      Itu saja tmn2 yg bisa saya sharekan.Mohon Maaf bila ada kekurangan atas informasi yg saya sharekan ke tmn2, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih...

      Delete
    5. Oh gitu ya wina...
      iya, mudah2an begitu ya..
      Ok2... semangat semuanya!!!!

      Delete
    6. Berarti kemungkinan ada info selanjutnya lagi setelah tgl 25 yah ??

      Delete
    7. Mbak Myra Wardati, punten mau tanya,, bener kah ITB sudah di-0 kan spp nya yg masuk k lampiran 1?

      makasih mbak sebelumnya

      Delete
    8. sps itb bilangnya kurang lebih gini.. yang udah diterima BPPDN-nya di-nol-kan SPP-nya...

      lalu saya tanya lagi, tapi ternyata yang lampiran 1 belum fix pak, bagaimana?

      beliau menjawab, nah itu lah kita gak tau bagaimana.


      jai, kesimpulan yang saya petik..
      karena menurut info, SK keluar awal agustus, berarti kan sebelum daftar ulang berkas,
      jadi insya Allah sudah ada keputusan tuh sebelum daftar ulang berkas, kita diterima BPPDN atau enggak...
      jadi ditunggu saja, pengumuman SK-nya.. kecuali kalo mas/mbak mau tetep kuliah walaupun belum rejeki tahun ini di bppdn, berarti sambil disiapkan yang uang SPP..
      begitu..

      Mudah2an tidak salah ya..

      Delete
    9. mmmm gt..
      makasih infonya mbak Myra..

      Delete
  31. mbak/mas bisa minta tlng format surat kontrak ke email saya khumairaira@yahoo.com. terima kasih

    ReplyDelete
  32. To all, bagi yg sudah dapat surat keterangan/kontrak dari rektor... bisa saya dapatkan (myhadiyah88@gmail.com)?!. Terimakasih sebelumnya dan semoga menjadi amal shaleh

    ReplyDelete
  33. univeritas trunojoyo itu dimana? ada yg tahu...
    please....
    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Universitas trunojoyo itu di kabupaten bangkalan madura

      Delete
    2. oke terima kasih ya tom cruise

      Delete
  34. to all, mau tanya tentang surat pernyataan rektor, apakah calon dosen yang udah punya perjanjian dengan universitas tertentu harus diangkat langsung menjadi dosen tetap? karena awalnya perjanjian saya dengan universitas tersebut adalah sbagai dosen honorer/kontrak selama 1n+1/2n+1 sesuai dengan rumusan dari dikti,,
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas/mba anonymous..boleh saya minta contoh surat perjanjian dengan rektor yang anda sudah dapatkan? Saya sangat berterimakasih kalau Anda mau mengirimkannya ke email ini: sride_aas@yahoo.co.id
      Terimakasih

      Delete
  35. Maaf sebelumnya mengenai form kesanggupan ini. Saya menerima email balasan dari bahwa "SAMPAI SAAT INI WAJIB UPLOAD SURAT PERJANJIAN" padahal saya sudah bilang tidak ada perjanjian dengan universitas asal saya alias saya tidak punya homebase? Apakah ada juga yang pernah mengirim ke email ini? Atau karena dulu saya menulis instansi asal saya jadi berpengaruh gitu? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas/Mb Anonymous memang mengemail apa???, terus email balasan tersebut apakah dari diktikah????

      Delete
    2. sebenarnya yg benar tu gmn? kalo kita emg tdk pny homebase apa kita harus upload surat perjanjian/gaji? menurut saya jika semua wajib meng upload surat prjnjian/gaji alias pny homebase brarti semua akan mengabdi ke kampus asal masing2 dong? lalu knp dikti mngeluarkan 35 kampus untuk mengabdi? mohon penjelasan lbh lanjut

      Delete
    3. Saya email pertama seperti ini, ke email : bpp-dn@dikti.go.id

      "Maaf Bapak/Ibu di DIKTI

      Saya ingin bertanya mengenai form kesanggupan yang harus diisi untuk Calon Dosen yang sudah dinyatakan lulus akademiknya di universitas tujuan
      1. Jika saya tidak ada ikatan/perjanjian dengan universitas asal saya berarti saya memilih "Tidak" untuk homebase bukan? Jadi saya tidak perlu mengupload surat perjanjian pembayaran gaji kan?


      2. Untuk pilihan universitas, apakah saya harus memilih universitas yang mempunyai jurusan seperti jurusan saya? Soalnya saya lulus di Prodi S2 ....... UGM dan saya memilih ............ (Setahu saya tidak ada jurusan matematika tapi ada mata kuliah matematika tentunya untuk teknik) dan Univ. ......... (yang setahu saya universitas ini swasta dan saya belum yakin ada jurusan saya apa tidak?). Apakah ini tidak masalah?
      Mohon pencerahannya, karena jika memang salah, saya akan mengeditnya kembali"

      trus blasannya begini :
      "Homebase wajib"

      karena saya bingung, maka saya kirim email balasan seperti ini:

      "maaf sebelumnya maksudnya wajib bagaimana yach? Wajib dipilih ada atau tidak? Atau wajib upload surat perjanjian dengan rektor?Soalnya kan saya tidak ada perjanjian kontrak dengan universitas saya setelah selesai nanti karena saya calon dosen dan bukannya ada perjanjian dengan DIKTI yg sudah ditandatangani untuk kesediaan ditempatkan dimana saja? "

      Trus dibalas::
      "Sampai saat ini wajib uplaod. Terima kasih"

      Ini membuat saya bingung...ada yang pernah email ke bpp-dn@dikti.go.id tidak???


      Delete
    4. IMHO yg bales e mail mungkin cuma lihat form di web, krn ada tanda " * " jadi WAJIB DI ISI. dia gak berani ngomong "boleh gak di isi" krn takut malah salah. jadi cm liat apa yg tertera di web. Itu tipikal birokrat kita, gak mau repot-repot mempelajari sesuatu atau tanya ke pihak yg terkait.
      NB: mas mungkin satu2nya orang di sini yang email dibales sama DIKTI, kec. mas Indra. pemilik blog ini

      Delete
    5. saya juga mengrm email ke dikti mengenai homebase,,dan jawabannya juga "home base wajib" begitupula dgn 2 orang teman saya yang mengirim email dengan pertanyaan yang sama...padahal saya pribadi tidak memiliki home base dan hanya memilih 2 univ dari 35 pilihan yang diberikan oleh dikti.. seingat saya kita kan sdh menandatangani perjanjian dgn dikti d awal pendaftaran yg menyatakan bersedia d t4 kan d seluruh indonesia,,tp knp skrg malah mewajibkan homebase,,jd makin bingung :(

      Delete
    6. kalau homebase wajib, trus apa artinya ke 35 universitas tsb? trus apa artinya kolom pertanyaan "apakan anda mamiliki homebase" di web yg dpt diisi "ya/tidak"?. kalau homebase wajib, harusnya tdk ada pertanyaan tsb. dan hanya ada form utk mengupload perjanjian. saya kemarin tanya ke pejabat di slh satu universitas, kata dia ke 35 univ. tsb rata2 universitas baru, atau univ swasta yang akan di negerikan, jadi butuh tmbahan tenaga pengajar utk akreditasi, kmudian difasilitasi oleh DIKTI melalui beasiswa ini.

      Delete
    7. Mungkin yang di maksud "Homebase wajib di isi" itu,,,bahwa Homebase wajib diisi baik yang sudah memiliki homebase..maupun yang belum memiiliki homebase mengISI pilihan yang ada...bgitu

      Delete
    8. sangat masuk akal, tapi yang jadi permasalahan disini kita semua terlalu khawatir kalau-kalau salah penafsiran dan salah isi data, buntutnya nama kita tidak masuk dalam daftar SK, sungguh akan jadi penyesalan besar karena sebuah kesalahan yang tampak kecil....
      harus terus berdoa smoga kita ada di jalan yang benar....
      aamiin

      Delete
  36. kl mau minta password lagi buat ngisi kesanggupan minta kmn yaa..mhn infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek email dulu.. Kalo gak ada, bisa email ke bpp-dn@dikti.go.id
      ^_^

      Delete
  37. kira-kira hal apa yang membuat pelamar BPP-DN tidak ditetapkan statusnya menjadi penerima oleh Dikti? karena tahun kemarin di UM Malang ada sekitar 28 mahasiswa gagal menjadi penerima padahal sudah diusulkan PPs asal?
    mohon penjelasnnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor nasib kayanya. . . soalnya kriteria penetapannya g jelas, selanjutnya proses vverifikasinya sendiri juga tidak transparan

      Delete
    2. kalau seperti yg dialami senior saya tahun lalu,,dia tdk dlloloskan pd beasiswa BPP-DN (thn lalu msh beasiswa unggulan) krn ada sangkutan dgn pihak dikti yaitu pertanggung jawaban PKM nya,,PKM itukan yg didanai oleh dikti sementara waktu itu senior saya blm menyelesaikan pertanggung jawabannya sehingga tdk d loloskan beasiswax

      Delete
    3. mba/mas anonymous, jdi yang blm menyelesaikan pertanggung jawaban PKM ga dapat ya? seniornya kedudukannya dalam PKM itu sebagai ketua ato anggota? menyelesaikan pertanggungjawaban dlm hal apa? apakah dlm monev ato blm mengupload laporan akhir? terimakasih infonya

      Delete
    4. senior saya waktu itu sbg ketua,,dia kebetulan lulus PKMK (kewirausahaan) tp krn dan dr diktix juga telat akhirx usahax tdk jalan dan tdk ada laporan pertanggung jawaban

      Delete
  38. http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/read/keterangan-lebih-lajut-mengenai-lampiran-1-dan-2

    ReplyDelete
  39. kalo udah ngisi pilihan 1 dan 2 (tanpa homebase), jika lulus sebagai penerima nanti, adakah kemungkinan ditempatkan BUKAN di kedua pilihan tsb? mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, seandainya kuotanya melebihi

      Delete
    2. kayaknya diprioritaskan yang ngisi lebih dulu pilihannya deh cz ga ada tes lagi. makanya siapa cepat, dia dapat><>< (klo lulus)

      Delete
    3. Salam Mas Indra..
      Salam juga bwt temen2 sudah ditetapkan..
      Mas indra, mohon pencerahan, karena akhir-akhir ini banyak koment2 dari temen2 yang lain yang menyatakan bahwa home base itu WAJIB.
      kalaupun benar, wajib, bagaimana dengan calon dosen yang tidak punya homebase, dan memang dari awal bersedia ditempatkan di 35 kampus yang telah ditunjuk?? apakah kita harus tetap mengupload surat tersebut??
      mohon mas indra memberikan gambaran, mengingat deadline waktu yang mendesak, agar kami bisa mengambil langkah.
      terima kasih banyak mas.

      Delete
    4. iya mas indra, apakah bnar homebase itu WAJIB? padahal kan dikti sendiri sudah memberkan pilihan jg dr 35 univ.

      Delete
  40. teman2 kalo menurut kesimpulan saya
    di form kesanggupan calon dosen.
    poin 1 *) wajib diisi
    terus kmd ad pertanyaan apakah sudah memiliki homebase *) : disini tentu qt wajib mengisi dgn ya ato tidak
    point 2. jika memiliki homebase (yg menjawab ya pada poin 1) dan ada *) menurut sy yg menjawab ya harus mengunggah form tsb tp yg menjawab tidak tentu tidak usah menunggah file tsb

    *menurut saya lho*
    regards

    chasterblue

    ReplyDelete
  41. kalo yg udah ada homebase, berarti boleh pilih TIDAK untuk kesediaan di tempatkan di 35 provinsi yg disediakan ya?

    ReplyDelete
  42. idem mas/mbak Anonymous, apakah yang sudah punya homebase boleh jawab TIDAK untuk kesediaan ditempatkan dan pilihan 2 universitas itu dikosongi saja? atau jawab TIDAK tapi tetap mengisi 2 universitas pilihan? karena semuanya ada tanda *)

    NB: kira-kira mempengaruhi hasil verifikasi tidak ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak/mas udah ada homebasenya?

      Delete
    2. sudah ada, udah kerja 2 tahun lebih ngajar disini...

      Delete
  43. kalo pengisian formulir kesanggupannya tgl 25 juli masih bisa nggak ya? mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disana dituliskan dengan jelas batas waktunya mulai 11 - 25 Juli 2013. berarti batasnya sampai tgl 25 pukul 23:59 terakhirnya.
      Begitu mungkin pendapat saya.trims

      Delete
  44. Kalo Dikti masih menyeleksi lagi dari lampiran 1. Kulifikasi yang ditetapkan Dikti apa aja ya? di Pedoman sepertinya gak ada deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kayaknya bakal tidak fair kalo ada yang digugurkan..karena tidak ada kejelasan dalam hal apa si pelamar digugurkan. Tidak ada dalam buku panduan.

      Delete
  45. Hari ini terakhir isi kesanggupan BPPDN DIKTI, kira2 ada kesempatan diterimatidak ya, klo diisi tidak memiliki homebase tetapi juga tidak bersedia ditempatkan di universitas yang 35 itu????

    ReplyDelete
    Replies
    1. DIKTI hanya memilih mahasiswa2 yg benar2 mau ditempatkan jika memang tidak memiliki homebase, karena kebutuhan dosen di 35 PT itu mendesak. Jadi jika tidak bersedia ditempatkan mending cari beasiswa lain yg tanpa ikatan kerja saja mba. toh kayaknya nyari beasiswa lebih mudah jika kita aktif mencari informasinya.

      Delete
  46. Salam kenal semua,
    Nama saya Syahfii Salam (beasiswa unggulan dikti 2011), sy di tempatkan di unsoed untuk pengamdiannya,saya binggung harus seperti apa proses berikutnya! apakah harus menunggu SK dikti terlebih dahulu? atau saya langsung ke unsoed? atau seperti apa?

    ReplyDelete
  47. Assalamu'alaikum
    Mas Indra, Form kesanggupan calon dosen ini bs kita dapat dr mana ya? (menu kesanggupan ada dimana ya?)

    Saya cari di web studi.dikti.go.id kok tidak ada (posisi sudah log in)

    Sy fikir, jika kita tdk meng-upload srt pernyataan rektor dari homebase (univ asal), maka secara otomatis kita sdh menerima penempatan dr Dikti, gt mas...

    mohon penjelasannya
    makasih

    ReplyDelete