Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Thursday, February 13, 2014

BPPDN 2014 Ditjen Dikti

Mau lanjut kuliah tapi belum punya cukup uang? Mau setelah selesai kuliah bisa langsung dapat pekerjaan? Jika demikian, beasiswa ini pas buat kamu. BPPDN adalah singkatan dari Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri. BPPDN merupakan salah satu program beasiswa dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BPPDN ini hanya diperuntukkan bagi yang akan mengambil kuliah S2 dan S3 (master dan doktor). Untuk tingkat S2, uang beasiswa yang akan kamu terima sebesar Rp. 3.250.000,- per bulan, sedangkan untuk tingkat S3, uang beasiswanya sebesar Rp. 3.500.000,- per bulan. Besar kan?

Selain mendapat uang beasiswa per bulan seperti di atas, kamu juga akan dibebaskan dari kewajiban membayar uang SPP. Kemudian, kamu akan mendapatkan penggantian biaya transportasi. Uang yang kamu keluarkan untuk pergi dari kota tempat tinggal kamu sekarang menuju kota tempat kampus tujuan kamu berada akan diganti oleh DIKTI. Sama halnya ketika kamu selesai kuliah nanti. Uang yang kamu keluarkan untuk kembali ke kota asal tempat tinggal kamu juga akan diganti oleh DIKTI.

Setelah kamu selesai kuliah menggunakan beasiswa ini, DIKTI akan langsung memberi kamu pekerjaan sebagai dosen. Kamu akan ditugaskan mengajar di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Masa penugasan atau pengabdian untuk tingkat S2 selama 3 tahun dan untuk tingkat S3 selama 4 tahun. Status kamu pada saat itu adalah sebagai dosen tetap non-PNS. Setelah masa penugasan selesai, kamu bebas memilih apakah tetap menjadi dosen, atau pindah ke pekerjaan lain.

Nah, apa saja syarat untuk mendapatkan beasiswa ini? Untuk calon master, kamu hanya perlu memiliki IPK S1 minimal sebesar 3,00 (dari skala 4) dan berusia maksimal 26 tahun pada 1 September tahun ini. Sedangkan untuk calon doktor, kamu hanya perlu memiliki IPK S2 minimal sebesar 3,25 (dari skala 4) dan berusia maksimal 28 tahun pada 1 September tahun ini. Dan yang terpenting, kamu harus diterima di program pascasarjana salah satu kampus yang ada di sini.

Kapankah BPPDN 2014 ini akan dibuka pendaftarannya? Saya rasa hanya DIKTI yang tahu jawabannya. Kita tunggu saja.. Tapi yang jelas, sekarang sudah bulan Februari. Artinya sebentar lagi pengumuman mengenai BPPDN 2014 akan dikeluarkan oleh DIKTI. Soalnya tahun lalu, pengumuman resmi beasiswa ini keluar pada bulan Maret, tepatnya pada tanggal 27.

Cek secara berkala web DIKTI dan blog ini untuk informasi terbaru mengenai BPPDN.

51 comments:

  1. Mas Apakah Mahasiswa Fresh Graduate dari institusi KEMENAG seperti UIN bisa mendaftar Beasiswa DIKTI? Karena saya dengar ISU kalo UNIVERSITAS Selain dibawah lingkungan KEMENDIKBUD tidak diperbolehkan Mendaftar BPP-DN, Mohon pencerahannya mas.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja.. yang penting jurusan yang diambil pas S2/S3 termasuk dalam bidang keilmuan strategis DIKTI dan linier sama jurusan kamu di UIN. trus pada saat pengabdian, mengabdinya harus ke universitas di bawah Kemdikbud.

      Delete
    2. Wahhh Yang bener Mas??? Kmarin-kmarin udah ta'jelajahi blog ini ada yg blg gtu soale :D :D :D :D wah (seneng) Makasih mas, semoga selalu diberkahi

      Delete
    3. kemarin itu waktu ngisi form kesanggupan calon dosen, mereka ngumpulin surat dari rektor universitas di bawah Kemenag / Kemenkes. dengan demikian, artinya kan mereka setelah lulus kuliah mau mengabdi nya ke universitas di bawah Kemenag / Kemenkes tersebut. itu yang nggak boleh.. makanya jadi nggak lulus.

      bisa juga seperti ini.. waktu S1-nya dia ambil jurusan bidang agama. nah, agama kan tidak termasuk bidang keilmuan strategis BPPDN. jadi dia nggak bisa ambil jurusan agama buat S2-nya.. akhirnya dia pindah jurusan. ambil jurusan lain yang ada di bidang keilmuan strategis BPPDN. tapi jadinya kan yang S1 dan S2 nggak linier. tetap aja nggak lolos.

      Delete
    4. Saya dari UIN Mas, trus mau lanjut ke S2 Univ.Negeri Malang Rencananya kalo dapat beasiswa ini :D kbtulan UM itu dibawah Kemendikbud, jadi saya bisa, syukur Alhamdulillah :)

      Delete
    5. aslm
      nama saya Muh. Alam Nasyrah Hanafi NIDN: 0901118801
      saya mau nanya mengenai kelengkapan pendaftaran onlinenya, saya tdk bisa melanjutkan kelengkapannya karena bermasalah dengan "PASWORD", saya tdk bisa masuk ke LOGIN pendaftaran selanjutnya. saya lupa berapa PASWORD nya untuk login

      Delete
  2. assalamualaikum wr wb...
    mas, kira2 bppdn 2014 trbkny kpn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun lalu sih bukanya 1 April - 15 Juni. untuk tahun ini kita tunggu aja pengumuman resminya dari DIKTI.

      Delete
  3. pak sy s1 pend.kimia,s2 pend.ipa terkonsentrasi pend. kimia. kalau s3 nya mw ambil ilmu kependidikan atw managemen pendidikan linier gk?

    ReplyDelete
  4. Mas mau nanya ni tmn sy s1 sy jurusan PKn (pendidikan kewarganegaraan) jika s2 mengambil jurusan yg lain nya bgmn mas apakah bisa lolos utk BPPDN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bantu ikut jawb, bisa kok temenku pkn unesa ambil HI di ugm diterima, dan dikti lolos.... Nggag linier asalkan multydisiplin bisa kok..

      Delete
    2. maksudnya multidisiplin apa ya mas?

      Delete
  5. aslm. kak indra istri salah satu penerima beasiswa dikti. dan baru-baru in kami menikah. gmana nanti soal penempatannya ? apa ad kebijakan dari dikti atau pertimbangannya bagaimana ? sedangkan saya jg punya kerjaa tetap ?

    mksh kak.

    ReplyDelete
  6. Salam mas,
    Untuk surat rekomendasi yang menjadi salah satu syaratnya, hrus berapa rekomendasi ya pak?
    Selama kita mengikuti beasiswa ini boleh tidak kita cuti.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum..
    sy mau nanya nih mas..apa benar bpp dn dikti tahun ini gak buka buat calon dosen tp cuma buat dosen dan tendik aja? gini loh mas..kemaren sy udah daftar S2 di unhas yah tentunya sambil nunggu pndaftaran dr dikti..tp ternyata kata staf pasca di sana dikti gak nerima buat caldos tahun ini padahal kan sy udah terlanjur registrasi krna udah trlanjur ngarepin bppdn dikti..
    apa info trsebut benar atau bagaimana yah? mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  8. Asslmlkm.Mas..saya mau tanya apakah jurusan untuk S2 harus linier dengan jurusan ketika S1??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salam.. sebaiknya linier. agar tidak bermasalah saat sudah menjadi dosen nantinya.

      Delete
  9. mas, mau tanya, apakah kalau ingin kuliah S2 jalur bppdn harus diluar kota tempat saya tinggal? saya di semarang, harus ambil kampus yang di jogja atau di jakarta (pokoknya yang luar semarang) gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus. tapi sebagai konsekuensinya, kamu tidak menerima tunjangan biaya domisili sebesar 500rb per bulan.

      Delete
  10. Assalamualaikum.. Mas sy dpt info klo tahun 2014 ini syarat pendftar besiswa BPPDN harus memiliki NIDN ya mas? Sy Mahasiswa Fresh Graduated, apa saya masih bisa mengikuti BPPDN?

    ReplyDelete
  11. salam mas. saya pernah baca disalah satu blog katanya slh satu syarat utk dpt beaiswa dikti yaitu dgn memiliki surat rekom ikatan kerja dgn universitas yg akan kita ajar nantinya. apakah benar seperti itu mas? kalo gak ada gimama ya?

    ReplyDelete
  12. mas mau tanya, saya dari UNISNU, kampus saya mempunyai 2 induk DIKTIS dan DIKTI, karena leburan 3 kampus menjadi satu UNIVERSITAS, dulu rektornya mbah sahal mahfudz (alm)..yang mau saya tanyakan, saya kan ambil fakultas syari'ah tepatnya Ahwalus syahsiyah, misal s2 ambil MH bisa ndak mas,? tetap linier g mas?...mohon penceraha dan saran terbaik
    nya mas..

    ReplyDelete
  13. Syarat nya apa ya? Rekomendasinya itu berupa apa isinya?

    ReplyDelete
  14. Asslamu'alaikm...
    Sy khaerunnisa, alhmdulillah snenag skali mmbaca blog in, dpt banyak ilmu :). Big thanks to pemilik blog in.
    Sy jg mau ikut bertanya, sy kuliah di UIN makassar, jurusan sy Jurnalistik di fakults dakwah dan komunikasi, sy rencna mau lnjut S2 ambil jurusan Ilmu Komunikasi. Bsa g kra-kira? Mohon penjlsn n pencerhan jika berkenan.
    Terima kasih banyak.
    Wassalam

    ReplyDelete
  15. Ass mas saya azmy sudah diterima program s3 ilmu manajemen unj tp program non reguler apakah bisa dapat beasiswa bppdn dari dikti saya udh py nidn di salah satu univ swasta dijakarta? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  16. numpang nanya klw unm makassar masuk atau tidak daftar kampus penerima bppdn. terima kasih

    ReplyDelete
  17. makasih banget ya mas sudah memberikan ilmu yang bermanfaat, sehingga banyak yang tahu. terima kasih juga telah menjawab pertanyaan saya. semoga Allah membalas kebaikan mas, aamiin3x.

    ReplyDelete
  18. Numpang tanya juga nih.. Apa betul untuk program S3 di batasi umur 40 thn..? trus gimana link antara universitas yang di tuju (IPB) dengan BPPDN..?

    ReplyDelete
  19. salam. mas apa bener tahun 2014 bppdn gak buka buat calon dosen???

    ReplyDelete
  20. saya dosen di kampus di bawahnya kemenag..
    kalo saya ikut bppdn, nantinya pengabdiannya apa kembali ke kampus saya sendiri?
    trimakasih, mohon jawabannya

    ReplyDelete
  21. mohon kepastian untuk dikti calon dosen apakah memang benar adanya untk ditiadakan ????//

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum wr. wrb.
    Mas Indra saya mau tanya, saya sudah buka alamat beasiswa.dikti.go.id, pas ketika saya klik di bagian daftar, namun gak keluar apa-apa. Apa itu artinya beasiswa DIKTI ini belum dibuka? Mohon jawabannya
    Jazakallah...

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum wr. wrb. Saya mau tanya pak. Yang dimaksud dengan rekomendasi dari 2 orang dosen itu apa? apakah dosen sewaktu kuliah dulu atau calon pembimbing nanti. Mohon jawabannya.
    Wassalamualiaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  24. Mas mau tanya jg,saya S1nya kimia murni fakultas mipa tapi penelitiannya di biokimia unand,jadi saya mau nanyain bisa ga saya ikut beasiswa BPPDN kalau lanjutnya S2 jurusan biomedik biokimia fakultas kedokteran ui,itu multidisiplin atau linier mas? Mohon jawabannya mas,terimaksih sebelumnya mas...

    ReplyDelete
  25. Bagi yg sudah dosen,syarat umur untuk lanjut S2 itu adalah 45thn.dan untuk yg mau lanjut S3 itu adalah 50thn

    ReplyDelete
  26. Semoga semua urusan dan keinginan kawan2 bisa tercapai.. Aaamiiin

    ReplyDelete
  27. kalau yang sudah kuliah apakah ada beasiswa on going ?

    ReplyDelete
  28. ada yg bilang tahun ini BPPDN ngga ada?

    ReplyDelete
  29. ass.. Mas indra mau nanya ni..
    klo untuk daftar BU itu harus punya sertifikat prestasi ya...

    saya lulusan s1 matematika dengan ipk 3.50 tapi ga' punya sertifikat prestasi..
    apa bisa daftar BU..
    tolong konfirnya mas indra..
    trims..

    ReplyDelete
  30. Asssalamu'alaikum wr wb
    saya sudah daftar untuk beasiswa BPPDN bahkan sudah mendapatkan username dan fassword tapi email yang didaftarkan salah, gimana tindaklanjutnya?

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum..wr..wb

    Saya mau tanya :
    1. Kalau beasiswa "on going" apa aja persyaratanya?
    2. Gimana cara dapat Besiswa "on Going" itu?
    3. Tahun 2014 ini, beasiswa "on going" di buka tidak?

    terima kasih...

    ReplyDelete
  32. Bagaimana cara daftar online BPPDN untuk tenaga kependidikan, karena ada isian NIDN dalam form tersebut, sementara step memasukkan NIDN tsb tdk bisa di skip

    ReplyDelete
  33. aslm
    nama saya Muh. Alam Nasyrah Hanafi NIDN: 0901118801
    saya mau nanya mengenai kelengkapan pendaftaran onlinenya, saya tdk bisa melanjutkan kelengkapannya karena bermasalah dengan "PASWORD", saya tdk bisa masuk ke LOGIN pendaftaran selanjutnya. saya lupa berapa PASWORD nya untuk login

    ReplyDelete
  34. Koq saya ndak bisa daftar beasiswa Dosen S2 ya, padahal sudah punya NIDN = 3402047802

    ReplyDelete
  35. Tanya, saya sedang study di NCKU taiwan dan dapat beasiswa dari kampus tapi sekarang beasiswa saya habis, saya sudah punya NIDN.... Kapan program beasiswa dikti on going di buka? Apa syarat-syaratnya? Terimakasih

    ReplyDelete
  36. Mas mau info dunk... saya kan sudah melakukan pendaftaran yang beasiswa caldos di dikti... kemudian d minta unt melengkapi data diri pada desk yang d sediakan tetapi setelah saya log in tidak tersedia form unt melengkapinya.... yang ada hanya panduan cara melengkapi nya saja .... bagaimana ya it mas.... saya seharusnya mengkonfirmasi kemana ya.... terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
  37. Mas .. saya mau nanya.. saya adalah salah satu penerima beasiswa bppdn 2013.. saya mendengar kabar jika penempatan nanti dikti tidak menanggug gaji dan menyerahkan penuh ke universitas tempat mengabdi.Apakaha benar demikian pak? Dan kemudia jika saya ingin ikut suami bagaimana jalan keluarnya mas?

    ReplyDelete
  38. Mas, saya mau nanya, apa benar beasiswa BPPN, kita lulus di universtas tujuan dlu baru urus beasiswa bppdn nya? Atau setelah qt daftr, baru ikut ujian di pasca univests? Ato gmana mas? Mohon jawaban nya :-)

    ReplyDelete
  39. mas, mo nanya, apabila sy gak dftr ulang di univ tujuan (soalnya harus bayar sndri dulu) dan nanti pas pengumuman bppdn nama saya ada, artinya saya gak ambil bppdn thn ini. apa thn depan sy masih bisa dftr bppdn lagi? makasih. mohon infonya.

    ReplyDelete
  40. kalau untuk beassiswa on going 2014 ada infonya tidak?

    ReplyDelete