Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Tuesday, March 25, 2014

Pendaftaran BPPDN 2014 dibuka 31 Maret - 30 Mei

Berdasarkan surat resmi dari DIKTI pada tanggal 17 Maret tentang penyelenggaraan BPPDN 2014, pendaftaran BPPDN tahun ini akan dibuka pada 31 Maret sampai 30 Mei. Namun, sebagaimana yang telah saya tulis di artikel ini, BPPDN 2014 tidak menerima pelamar calon dosen.

Mengutip surat resmi dari DIKTI tersebut, program beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tenaga kependidikan tetap pada perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PNS kantor Kopertis, dan PNS kantor pusat Ditjen DIKTI.

Berikut surat resmi dari DIKTI tersebut.

Nah, buat teman-teman yang tadinya ingin mendaftar BPPDN 2014 sebagai calon dosen, jangan terlalu kecewa. Masih ada beberapa beasiswa lain yang bisa teman-teman lamar, misalnya Beasiswa LPDP Kemenkeu, Beasiswa Unggulan Kemdikbud, beasiswa kementerian lainnya, beasiswa khas kampus (misalnya di ITB ada beasiswa voucher), beasiswa dari pemerintah daerah tempat teman-teman berasal, beasiswa dari lembaga/yayasan non pemerintah, dll.

Tetap semangat!

22 comments:

  1. Ya Allah.. Mungkin itu tulisannya kurang lembar selanjutnya..
    Bahwa penerimaan calon dosen masih ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi barusan ak cek di websitenya tidak ada pilihan untuk calon dosen, persyaratannya harus punya NIDN dan dosen tetap/aktif di PTN/swasta.

      Delete
    2. iya...mmg tdk menerima calon dosen mbak/ mas. krna yg punya NIDN kan mrka2 yg sdh berstatus sbgai dosen. jd calon dosen gak bs...krn gak punya NIDN

      Delete
  2. Terima kasih infonya Pak. Semoga bapak selalu mendapat kebaikan .Amin

    ReplyDelete
  3. it tenaga pendidiknya harus di perguruan tinggi ya? bukannya klo tenaga pendidik di perguruan tinggi pasti udh S2? huhu... untuk tenaga pendidik di sekolahan bs ga ya daftar?

    ReplyDelete
  4. sungguh sangat kecewa, mungkin memang masih bisa ikutan LPDP ataupun BU. tapi saya rasa prosesnya lebih ribet, wawancara harus ke jakarta, bagaimana dengan kami yang mempunyai keterbatasan dana itu pasti akan memberatkan. sedangkan teman2 saya yg ikut BPPDN tahun lalu yg ngambil di IPB tesnya cukup di kampus asal saja. jadi tak berminat lagi nyari bewasiswa, mendingan kerja kumpulin duit kalau emang rezeki bisa lanjut kuliah dengan biaya sendiri kalau tidak emang udah nasib.

    ReplyDelete
  5. maaf pak, saya mau bertanya, apakah dikti tidak membuka beasiswa saintek pra S2 untuk tahun ini?

    ReplyDelete
  6. min kenapa website www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id ngga bisa diakses ya. saya mau ikutan BU 2014, sudah buka apa belum?

    ReplyDelete
  7. Trmksi at as infonya pak. Sy mau bertanya APA bisa menerima beasiswa jk S2 dan S3 TDK linear,S1 sy Bahasa Inggris,S2 Manajemen pendidikan,utuk S3 sy may kmbli k home base sy,apa be nngurus beasiswa ya? Trmksi sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. untuk memiliki NIDN syaratnya hrs jd dosen. syarat jd dosen rata2 hrs sudah S2. Jd jika syarat BPPDN hrs punya NIDN dulu, ini = PHP. --" *ini sy copas kata2 seseorang yg sgt mewakili perasaan sy saat ini*. Knp pendaftarannya hrs dibatasi dgn NIDN? pdhl banyak loh PTN dan PTS yg msh membutuhkan dosen dan mereka bersedia memberikan rekomendasi utk melanjutkan ke jenjang pendidikan yg lebih tinggi agar nantinya bs mengabdi pd PTN/PTS tsb..

    ReplyDelete
  9. admin saya mau mendaftar beasiswa unggulan.
    1. apa bedanya mandiri dengan provider?
    2. untuk dalam negeri apakah wajib mempunyai LoA? (daftar dulu d universitasnya setelah dinyatakan lulus baru mendaftar di BU) atau pendaftaran yg untuk dalam negeri pendaftaran online di universitas sekalian di BU tanpa mengupload LoA,Apakah nanti tidak jadi masalah?
    3. dimana saya dapat mendownload panduan BU 2014? saya sudah cari di webnya tapi yg ada cuma panduan 2011.
    mohon bantuannya admin.

    ReplyDelete
  10. admin mohon bantuannya, saya sudah coba mendaftar di web BU, rencananya saya ambil dalam negeri, cuma pas pengisian data diwajibkan mengupload LoA serta memasukka NIM.Sedangkan saya baru mau mendaftar ke universitasnya. bagaimana ini,
    1. apabila pendaftaran BU harus punya LoA dan NIM, berarti kita sudah terdaftar di universitas tujuan, sedangkan saya jujur saja tidak mempunyai biaya untuk pendaftaran ulang apabila sudah diterima.
    2. saya jadi tidak minat lagi mendaftar, mengingat kita sudah punya NIM terlebih dahulu. Padahal saya berminat sekali ikut beasiswa.
    3. bagaimna ini admin, saya sudah coba kirim email ke BU tapi tidak ada tanggapan. apakah wajib punya NIM, bagaimana dengan kami yg kurang mampu apabila sudah diterima di universitas tujuan tapi belum pasti lulus di BU.
    mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  11. Iya mas/mba. Betul untuk bu tidak bisa mendftr kalo blm d trima di univ yg d tuju. Syaratnya aja hrs ada ktm. Brrti ini beasiswa bgi yg sudah kuliah. Kalo mw ikutan lpdp yg bsa apply sblm d trima diuniv yg d tuju

    ReplyDelete
  12. saya coba lihat di pengumuman web dikti http://studi.dikti.go.id/study/page-12-persyaratan-bpps.jsp

    disitu tertera tanggal 01-04-2014 ada persyaratan untuk calon dosen juga

    Oleh S. P. Diassari 01-04-2014 12:36:17

    Sesuai dengan tujuannya, beasiswa ini diperuntukan untuk dosen yang telah memiliki NIDN. Secara rinci persyaratan calon penerima BPP-DN untuk dosen adalah sebagai berikut :
    a) Dosen tetap pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang telah mempunyai NIDN;
    b) Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009. Surat Keputusan Tugas Belajar (sebagaimana tercantum pada peraturan tersebut) harus diperolehnya maksimal satu tahun sejak diterima sebagai mahasiswa. Segala konsekuensi yang diakibatkan oleh tidak diurusnya SK Tugas Belajar tersebut menjadi tanggung jawab dosen yang bersangkutan dan perguruan tinggi yang mengirimnya.

    Bagi calon dosen harus memenuhi:

    Tidak berstatus CPNS/PNS dan tidak memiliki sertifikat pendidik
    Memiliki minat menjadi dosen
    Memiliki skor TOEFL minimal 500 saat dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa
    Memiliki ikatan kerja atau bersedia menjalin ikatan kerja dengan PTP atau PTM
    Bersedia menjalani ikatan kerja selama satu kali masa studi normal plus satu tahun (n + 1)

    Persyaratan lebih lengkap dapat dibaca pada Panduan BPP-DN.

    padahal Surat Keputusan itu tertanggal 17 maret 2014.
    Maksudnya apa ini? informasi yang di web dan di SK kok rancu.

    Trus untuk persyaratan Dosen yang mau lanjut Magister/S2 harus punya NIDN. Bukannya syarat untuk jadi dosen harus S2, S1 pun hanya akan jadi asisten dosen dan apa mungkin bisa didaftarkan NIDN nya kl masih S1?. apa itu diperuntukkan bagi dosen2 tua yang belum kualifikasi S2.
    Mohon pencerahannya teman-teman

    Perubahan kebijakan yang menggelikan. Semoga masih dibuka untuk calon dosen. kasihan teman2 yang sudah semangat dan mempersiapkan segalanya, walaupun masih ada beasiswa lain.

    ReplyDelete
  13. Dosen yang masih bergelar S1 masih ada dan jumlahnya lumayan, persiapkan untuk beasiswa yang lain. Masih banyak yg lebih menjanjikan.

    ReplyDelete
  14. aslm
    nama saya Muh. Alam Nasyrah Hanafi NIDN: 0901118801
    saya mau nanya mengenai kelengkapan pendaftaran onlinenya, saya tdk bisa melanjutkan kelengkapannya karena bermasalah dengan "PASWORD", saya tdk bisa masuk ke LOGIN pendaftaran selanjutnya. saya lupa berapa PASWORD nya untuk login

    ReplyDelete
  15. assalamualaikum. saya mau tanya kalau mau melakukan edit data pada data pendaftaran beasiswa S2 untuk dosen, karena saya salah dalam melakukan entri data, mohon pencerahan bagaimana saya melakukan edit data,? trims

    ReplyDelete
  16. mas,mbak, saya dapat info
    monggo dibuka link-nya,,

    http://www.dikti.go.id/id/2014/06/20/tawaran-beasiswa-pendidikan-pascasarjana-dalam-negeri-untuk-calon-dosen-tahun-2014/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tgl lahir nya tdk muncul, Sebenarnya tahun ini ada tdk Bppdn nya ya?

      Delete
  17. Ayoo BPPDN masih ada buat caldos belum telat. Dapat diakses tanggal 18 Juni - 18 Juli 2014.
    http://www.dikti.go.id/id/2014/06/20/tawaran-beasiswa-pendidikan-pascasarjana-dalam-negeri-untuk-calon-dosen-tahun-2014/

    ReplyDelete
  18. Beasiswa calon dosen thn 2015 msh ada g mas? Makasih

    ReplyDelete