Forum Diskusi

Mau diskusi seputar BPPDN dan BPPLN?
Segera daftar dan gabung ke Forum BPPDN | BPPLN | BU.

Monday, March 18, 2013

Daftar PPs Dulu, atau Daftar BPP-DN Dulu?

Sebenarnya saya ingin membahas masalah ini setelah pengumuman pendaftaran dan buku panduan Beasiswa Pendidikan Program Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) 2013 resmi dikeluarkan oleh DIKTI. Tapi karena banyak di antara kamu yang menanyakan hal ini, maka niat itu saya majukan.

Oleh karena buku panduan BPP-DN 2013 belum keluar, maka tulisan ini akan mengacu pada buku panduan BU tahun lalu. Dan oleh karena itu pula, saya tidak menjamin informasi di tulisan ini akan akurat 100% untuk BPP-DN tahun ini. Paling tidak tulisan ini bisa memberikan gambaran bagi kamu.

Menurut buku panduan BU 2012 (panduannya bisa dilihat di sini), di bab 4 mengenai Mekanisme Pendaftaran, tertulis bahwa prosedur pendaftaran BU Dalam Negeri adalah mendaftar beasiswa dulu secara online (poin 4), baru kemudian mendaftar ke PPs Penyelenggara (poin 5), setelah itu mengikuti proses seleksi (poin 6), dan terakhir, menunggu hasil (poin 7). Sampai di sini, jelas bahwa prosedur yang benar adalah mendaftar beasiswa dulu.

Argumen berikutnya adalah, jika kamu mendaftar ke PPs sekarang, untuk sumber dana, tentu saja kamu tidak bisa mengisi atau memilih BPP-DN, karena beasiswa ini resminya masih belum keluar. Kamu harus memilih sumber dana biaya sendiri atau pribadi, kemudian membuat Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Pascasarjana (jika diminta oleh PPs).

Terhadap dua argumen di atas, kemudian ada yang menyatakan kekhawatirannya, karena ada kampus penyelenggara yang gelombang pendaftarannya sudah mau tutup. ITB misalnya, gelombang pertama pendaftarannya sudah akan tutup 9 hari dari sekarang, yaitu pada tanggal 27 Maret. Mengenai hal ini, jawaban saya adalah: kejadian tahun ini kurang lebih sama dengan kejadian 2 tahun lalu.

Saat itu, pengumuman BU 2011 baru keluar beberapa hari setelah tes masuk ITB gelombang pertama diadakan. Akhirnya, di ITB diadakan gelombang pendaftaran baru (gelombang 1A), khusus untuk para pelamar BU. Saya rasa tahun ini kejadiannya akan kurang lebih sama juga. Jadi kamu tidak perlu kuatir.. Tapi jika kamu masih merasa kuatir, silahkan lihat jadwal ujian masuk PPs UGM tahun ini di sini. Di situ terlihat jelas bahwa ada gelombang khusus untuk para pelamar BPP-DN.

Nah, bagaimana untuk yang terlanjur sudah mendaftar di PPs? Saya sarankan kamu banyak-banyak berdoa. Supaya kamu bisa lolos di seleksi masuk PPs yang kamu ikuti. Setelah kamu mendapat surat tanda diterima di PPs, dan pendaftaran BPP-DN telah dibuka, segeralah mendaftar beasiswa tersebut online. Kemudian pergilah ke PPs kamu, dan mohonlah kepada mereka agar kamu dipindahkan dari biaya sendiri/pribadi ke BPP-DN. Tunjukkan bukti bahwa kamu telah diterima, dan serahkan berkas pendaftaran BPP-DN kamu.

Jika kamu beruntung, mereka akan memindahkan kamu dari biaya sendiri/pribadi ke BPP-DN. Saya menceritakan hal ini karena ada pelamar BU yang berhasil mendapatkan BU dengan mekanisme yang seperti ini (daftar PPs dulu baru daftar beasiswa). Saya salah satunya. Hehe..

Update:
Untuk kamu yang kampus tujuannya Institut Teknologi Bandung (ITB), ternyata gelombang pendaftaran 1A tidak ada. Dekan Sekolah Pascasarjana (SPS) ITB mengatakan kamu bisa mendaftar di gelombang 1 atau gelombang 2. Selengkapnya baca di sini.

32 comments:

  1. Dear all;

    silahkan buka http://beasiswa.dikti.go.id/dn
    sudah ada sosialisasi, bentunya berupa slide. bisa untuk pencerahan.
    SIlahkan di download.

    ReplyDelete
  2. Sama seperti mas mfsidiq, barusan saya mencoba download file sosialisasi Beasiswa BPPDN DIKTI 2013 (FINAL) di web pendaftaran online. saya tidak tahu apakah ini sosialisasi atau panduan,yang pasti ini memberikan pencerahan dan pemberitahuan lebih lanjut tentang keberadaan BPPDN. mungkin bisa ditelaah lagi mas dan di share kepada kawan-kawan yang lain mas. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, itu adalag sosialisasi karena beentuknya slide, seperti tahun-tahun sebelumnya, panduan pastinya bentuknya buku.

      Setelah saya baca, BPP-DN ini untuk dosen, calon dosen, dan tendik.
      Karena BPP-DN ini adalah gabungan BPPS dan BU (lihat di surat undangan sosialisai paragraf pertama, dibold). Disitu jelas tertulis "mulai tahun 2013 Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan akan menggabungkan dua skema beasiswa pascasarjana dalam negeri yang ada saat ini, yaitu BPPS dan BU Dalam Negeri menjadi BPP-DN untuk dosen, calon dosen, dan tendik."

      Oiya mas indra, sekedar info aja, RSS dari post ini, tadi tidak masuk ke email saya, makanya masih sepi comment ni mas, byk yg belum tau kalau mas indra ngepost.

      Delete
    2. Iya mas sidiq tapi kemungkinan buku panduannya tidak terlalu berbeda dengan sosialisasi tadi. Karna sangat lengkap dijelakan dan alur pendaftarannya sama seperti Panduan BU tahun 2012

      Delete
    3. file tersebut adalah slide presentasi, turunan dari buku panduan. karena buku panduan bentuknya pasti buku.. setelah menelaah materi sosialisasi itu, barusan saya menulis artikel baru. artikelnya bisa dibaca di sini.

      untuk RSS, dijadwalkan dikirim antara pukul 05.00 - 07.00 WIB. kayaknya saya publish artikel yang ini melewati jadwal pengiriman, sehingga mungkin baru masuk ke email sidiq besok pagi.

      Delete
  3. Di slide sosialisasi pendaftaran online akan dilakukan tanggal 1 april-30 mei 2013

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan Mas, saya sari.
    Saya mau nanya ttg yang di ITB.
    Berarti mas, kita menunggu dlu pengumuman gelombang 1A?
    Klu thun 2011 dulu,, kira22 berapa hari Gel. 1A diumumkan setelah pendaftaran gel. 1 ditutup??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. menurut saya ditunggu saja dulu.. sudah baca pengumuman SPS ITB tanggal 18 Maret kemarin belum? di situ dikatakan bahwa prosedur BPP-DN di ITB baru akan diinformasikan setelah ada informasi dari DIKTI. pengumumannya bisa dilihat di http://www.sps.itb.ac.id/ind/wp-content/uploads/file/BPP-DN.pdf

      saya tidak ingat berapa lama. yang jelas waktu itu, DIKTI baru mengeluarkan pengumuman BU 2011 beberapa hari setelah tes gelombang 1 di ITB selesai. dan saya baru mendaftar BU setelah hasil tes gelombang 1 keluar.

      Delete
    2. tadi saya dapat email dari dekan SPS ITB. kata beliau, yg mau daftar BPP-DN bisa di gelombang 1 maupun di gelombang 2. selengkapnya baca di sini.

      Delete
  5. kalau yang di UI gmna mas?
    pndftran ujian msuk prgram master kan sdah dibuka.
    jdi kta msti ikut itu dlu atau gmna?
    soalnya kan di draft pendaftaranny tidak ada yang sperti UGM dimana yang BPPDN ada ujian masuk khusu yang beda dengan jadwal lainnya.
    mohon penjelasannya.
    terima kasih.

    (nury, universitas andalas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba langsung ditanya ke PPs UI saja, harus gimana. karena hanya mereka yang bisa memberi jawaban pasti..

      kalau UGM, sudah jelas ada gelombang khusus untuk BPP-DN. kalau ITB, kemungkinan juga sama. tapi kepastiannya masih menunggu pengumuman selanjutnya. karena di pengumuman tanggal 18 Maret kemarin, katanya prosedur BPP-DN di ITB baru akan diinformasikan setelah ada informasi dari DIKTI.

      Delete
  6. Saya bingung dengan masalah saya
    Saya lulus tahun 2011, kemudian mendaftar di institusi di bandung. Kemudian saya diangkat menjadi dosen tetap bulan Maret 2012. Tapi saya tidak punya NIDN, karna persyaratan dosen itu harus S2, lalu saya diajukan oleh pihak kampus ke Kopertis dan mendapat NUPN (Nomor Urut Pengajar Nasional untuk dosen junior).NIDN beda dgn NUPN. Dan yang saya bingungkan adalah :
    saya tidak bisa mendaftar beasiswa BPPS yg skrg digabung dgn BU mjd BPP-DN, karna persyaratannya harus mpunyai NIDN. Lalu apa bisa saya mendaftar BU??karna dilihat dari usia dan ipk saya masih bisa memenuhi persyaratannya.padahal BU diperuntukkan bagi calon dosen?bagaimana ya, ada yang bisa menjelaskan.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang masih memenuhi syarat sebagai calon dosen, ikut sebagai calon dosen saja. tapi mas harus minta ijin dulu (secara resmi) ke institusi tempat mas bekerja saat ini. supaya ada alasan jika dikemudian hari ada masalah.

      Delete
    2. apa beasiswa itu harus linier??
      saya lulusan dari D4 Kebidanan, kalau saya melanjutkan ke s2 promosi kesehatan atau magister kesehatan masyarakat, apa bisa dikatakan linier??
      karna s2 kebidanan yang di unpad, padahal persyaratan di unpad, harus ada pengalaman kerja minimal 2 tahun setelah lulus?lalu bagaimana??tidak mungkin saya bisa mendaftarv di s2 kebidanan unpad, karna secara administrasi saya tidak lulus diunpad..bisakah saya mengambil s2 promosi kesehatan, atau kesehatan reproduksi atau kesmas?terimakasih.

      Delete
    3. sebaiknya linier. apalagi jika memang ingin menjadi dosen.. saya sarankan mbak berkonsultasi dengan pimpinan institusi mbak karena beliau pasti lebih tahu dan mengerti tentang ini.

      Delete
  7. dapat balasan dari admin sps itb,,

    Semua beasiswa ditutup tgl 27 Maret 2013, lengkapi dulu persyaratan yang
    dari ITB dan persyaratan beasiswa jika sudah ada tinggal disusulkan.

    Trim

    Salam

    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekan Sekolah Pascasarjana (SPS) ITB mengatakan kamu bisa mendaftar BPP-DN di gelombang 1 atau gelombang 2. Selengkapnya baca di tulisan terbaru saya.

      Delete
  8. aslkum mas..
    saya sekrang lagi kuliah pascasarjana di salah satu universitas negeri di indonesia, kalau saya boleh tau untuk Beasiswa On-Going tahun ini masih ada ngak mas ? dan apakah masih ada beasiswa yang lain agar dapat membantu saya dalam studi ini..
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. oia sekalian mau tanya mas, dari artikel anda saya dapat menanggapi berarti saya yang sudah terdaftar di PPS dan masuk di semster 2 bisa ikutan Beasiswa ini ya mas..?
    mohon bimbinganya mas...

    ReplyDelete
  10. Mas indra....mau nanya, seperti yg ditanyakan saudara azwar..kmren saya sempat bertanya mengenai BPPDN di bagian kemahasiswaan di salah satu universitas penyelenggara..tp mereka tidak tau tentang yg berkaitan tentang on going atau yang tentang semester 2 boleh mengajukan. Mohon arahan dan infonya mas.. Apakah yg sudah semester 2 boleh juga mengajukan??trima kasih..

    ReplyDelete
  11. Aslmkm...

    sya ingin mengikuti BPPDN tahun ini.
    sya ingin masuk PPs IPB yang sekarang telah dibuka pendaftaran untuk IPB. saya mau menanyakan, apakah saya dftr PPs atau BPPDN dulu?? karena untuk beasiswa kan belum dibuka pndftrnnya..

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum..
    saya ingin bertanya, kmaren sy sudah mendaftar ke PPs IPB, tp baru sampai tahap pendaftaran awal untuk mendapatkan no pendaftaran (tapi belum bayar uang pendaftaran via bank untuk formulir). langkah selanjutnya bagaimana ya mas? apakah sama kejadiannya dgn penulis ini? atau apakah sy bisa ikut BPP DN dulu?
    mohon infonya ya jika buku panduan BPP DN 2013 sudah terbit.
    trims atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ass, slam kenal mbak ella, saya ria, saya juga berencana daftar di pps ipb dan sama halnya seperti mbak baru daftar untuk mendapatkan no pendaftaran ttpi blm byar dan tadi ktika saya mau bayar no pendfatarnnya gak bisa diakses dgn ket belum terdaftar, bgmn dg mbak? apa terdapat masalah yg sama? trims

      Delete
    2. Wassalam.. Salam kenal kembali mbak Ria. Kalau Mbak Ria mau ikut Program BPP DN, mungkin lebih baik kita daftar dulu ke BPP DN nya Mbak, setelah itu baru ke pps penyelenggara (Sesuai saran dari Admin). saya sendiri belum bayar setelah daftar di pps IPB beberapa waktu lalu (kira-kira sebulan yang lalu). Kalau ket Mbak Ria belum terdaftar. mungkin kita bisa daftar ulang dari awal lagi..

      Delete
  13. salam kenal saya suri. saya ingin mengikuti beasiswa BPPDN untuk s3 di IPB. akan tetapi ketika saya mendaftar secara online ke BPP DN setelah sampai tahap konfirmasi kok selalu error ya sistemnya??? apakah memang pernah kejadian begitu ya di tahun2 sebelumnya???

    ReplyDelete
  14. saya sovie. saya mau nanya soal kabupaten id. kabupaten id itu dimasukkan disebelah mana ya? soalnya kalo d kolom kabupaten / kota tidak bisa memasukkan angka. setiap kali coba dafta saya selalu bemasalah sama kabupaten id.

    mohon penjelasannya
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  15. mas, sya irma mau tanya untuk persyaratan yng diesrahkan ke PPS tujuan bis adiposkan kan??

    ReplyDelete
  16. salam kenal mas, saya rifki. saya telah diterima di PPS UI,saya sudah mendaftar di PPS dengan ketentuan biaya pribadi stelah itu saya juga telah terdaftar di BPPDN, selanjutnya langkah apa yang perlu saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga telah diterima di pps ui. Anda hrs mengirimkan konfirmasi beasiswa bppdn ke ui lgsg. Maks tgl 3 juni. Smga bisa membantu. http://simak.ui.ac.id/pengumuman/konfirmasi-pelamar-beasiswa-bpp-dn-ditjen-dikti-t-a-2013.html

      Delete
  17. ass. sy mw nanya d ketentuan BPPDN calon dosen 2013 disebutkan batas usia maksimal 26 tahun pada 1 septmber tahun berjalan. Maksudnya gmana aya?klo sya pada 18 agustus 2013 usia saya 26 tahun, apakah amsih bisa ikut?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa boleh,. yang gg boleh itu umur 27 setelah 1 september 2013,.

      Delete
    2. oh begitu ya,,terima kasih atas infonya.

      Delete